Lencana Facebook

banner image

Tuesday 5 August 2014

LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH






PANDUAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
(TAHAP I)


 LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
TAHUN 2014
















KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT PEMBINAAN  SEKOLAH  DASAR
2 0 1 4



I.     PANDUAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
 LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TAHUN 2014


A.      Konsep Dasar
Penilaian administratif lomba Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)  adalah mengukur kinerja sekolah dalam bidang MBS. Kinerja sekolah yang disusun berupa naskah laporan dalam bentuk deskripsi dan dokumentasi mengenai kinerja sekolah bidang MBS, sebagai hasil kajian dan asesmen yang mendalam dan bersifat internal sekolah. Laporan tersebut disusun secara komprehensif, lengkap, sistematis, dan mudah dipahami oleh Tim Penilai dan siapa pun yang membaca.
Laporan  disiapkan oleh sekolah dalam bentuk naskah yang harus diserahkan kepada Tim Penilai sebagai bahan seleksi administratif sesuai jadwal yang ditentukan dan disiapkan sebagai bahan asesmen lapangan ketika visitasi oleh Tim Penilai. Ketika tim penilai melakukan visitasi, laporan MBS yang disusun sekolah tersebut digunakan pula sebagai bahan rujukan utama dalam mengkaji keadaan dan kinerja sekolah yang sebenarnya.
Laporan diawali abstraksi, yang merupakan rangkuman isi laporan lengkap, dan dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh, jelas dan singkat, sehingga pembaca laporan dapat menangkap apa yang dilaporkan, tanpa membaca keseluruhan laporan lengkap.

B.  Sistematika Laporan Kinerja Sekolah Lomba Budaya Mutu MBS

Sistematika laporan kinerja sekolah Lomba Budaya Mutu MBS sebagai berikut.
I.              BAGIAN AWAL
·         Judul laporan
·         Kata pengantar
·         Daftar isi
·         Daftar lampiran
·         Profil sekolah
·         Abstraksi
II.           BAGIAN INTI
A.     Komponen manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah;
B.     Komponen manajemen peserta didik berbasis sekolah;
C.     Komponen manajemen pendidik dan tenaga kependidikan berbasis sekolah;
D.    Komponen manajemen sarana dan prasarana berbasis sekolah;
E.     Komponen manajemen pembiayaan berbasis sekolah;
F.      Komponen manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis sekolah;
G.    Komponen manajemen budaya dan lingkungan berbasis sekolah;
III.        BAGIAN AKHIR
Lampiran-lampiran

C.  Perwajahan/Layout Laporan

Perwajahan atau layout laporan kinerja sekolah bidang MBS mengikuti ketentuan sebagai berikut.
1.     Kertas A-4;
2.     Spasi: 1.5;
3.     Bentuk huruf (font): Times New Roman;
4.     Ukuran huruf: 12;
5.     Mengikuti sistematika yang ditentukan Panitia Lomba;
6.     Heading/pengepalaan konsisten, menggunakan angka dan huruf dan ditulis secara konsisten untuk seluruh naskah;
7.     Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 






D. Contoh/Penjelasan Sistematika Laporan Kinerja Sekolah Bidang MBS
CONTOH HALAMAN JUDUL

(LOGO)

LAPORAN KINERJA SEKOLAH DASAR
LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)



Disusun dalam rangka Lomba Manajemen Berbasis Sekolah
di Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2014


 OLEH
PROVINSI
:
.....................................................................
KABUPATEN/KOTA(*)
:
.....................................................................
KECAMATAN
:
.....................................................................
SD
:
.....................................................................
ALAMAT SD
:
.....................................................................

.....................................................................
.....................................................................



SEKOLAH DASAR .....................................................
KECAMATAN .........................KABUPATEN/KOTA ..............................
PROVINSI ..................................................

2014

II. PENJELASAN

A. PENJELASAN KATA PENGANTAR

KATA PENGANTAR

·         Paragraf pertama: puji syukur kepada Tuhan
·         Paragraf kedua: judul laporan dan tujuan laporan
·         Paragraf ketiga: ucapan terima kasih
·         Paragraf keempat: terbuka terhadap masukan/saran/kritik dan kemanfaatan laporan




Kota, tanggal-bulan-tahun
Penyusun,


nama kepala sekolah
NIP kepala Sekolah



B. PENJELASAN DAFTAR ISI
DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR ...................................................................................

DAFTAR ISI .............................................................................................

DAFTAR LAMPIRAN ..................................................................................

PROFIL SEKOLAH ....................................................................................

ABSTRAKSI .............................................................................................


A.     KOMPONEN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN  ............


B.     KOMPONEN MANAJEMEN PESERTA DIDIK ………………......................


C.     KOMPONEN MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ...


D.    KOMPONEN MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA……….................


E.     KOMPONEN MANAJEMEN PEMBIAYAAN ..........................................


F.      KOMPONEN MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT...


G.    KOMPONEN MANAJEMEN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH.......


LAMPIRAN-LAMPIRAN .............................................................................

 


C. PENJELASAN DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                             Halaman
1.     MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

1.a
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas 1 dan atau 2  dan kelas 4 atau atau 5

1.b
Kalender pendidikan/sekolah

1.c
Peraturan akademik sekolah

1.d
Jadwal pelajaran

1.e
Dokumen bukti pelaksanaan supervisi pembelajaran

1.f
Contoh alat/instrumen evaluasi pembelajaran buatan guru yang menggambarkan penilaian autentik

1.g
Program/upaya yang telah dilakukan dan akan dilakukan sekolah untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran.

1.h
Data prestasi sekolah untuk 3 tahun terakhir


2.     MANAJEMEN PESERTA DIDIK

2.a
Dokumen pendataan/sensus calon siswa baru

2.b
Dokumen proses penerimaan siswa baru

2.c
Program pengenalan/orientasi siswa baru

2.d
Program pembinaan karakter siswa

2.e
Program penyelenggaraan layanan khusus siswa (ekstra kurikuler, dll): Pramuka, bidang kesenian (tari, musik, dll),  bidang olahraga (sepakbola, futsal, dll), bidang kesehatan (UKS)

2.f
Tata tertib siswa/ peraturan penegakan disiplin siswa

2.g
Dokumen asesmen akademik (kemampuan calistung) siswa

2.h
Program sekolah membantu pengembangan siswa.


3.     MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

3.a
·       SK pengangkatan kepala sekolah (foto kopi)
·       SK pengangkatan guru (foto kopi)
·       Sertifikat pendidik (foto kopi)

3.b
Deskripsi tugas  pendidik dan tenaga kependidikan

3.c
Program kerja kepala sekolah

3.d
Dokumen pembagian tugas guru

3.e
Dokumen pengiriman guru untuk mengikuti kegiatan dalam rangka pengembangan profesional

3.f
Dokumen (boleh foto atau uraian/deskripsi) pemberian motivasi berupa pemberian penguatan positif dan negatif kepada guru

3.g
Dokumen instrumen pemantauan dan penilaian kepada guru

3.h
Dokumen proses pemberhentian guru

3.i
Buku rekapitulasi absensi pendidik dan tenaga kependidikan

3.j
Jadwal pelaksanaan supervisi di sekolah

3.k
Daftar prestasi guru dan tenaga administrasi sekolah

3.l
Daftar kegiatan pembinaan guru.




4.     MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA

4.a
Dokumen bukti analisis kebutuhan sarana dan prasarana sekolah

4.b
Bukti kepemilikan tanah sekolah

4.c
Rekap inventaris sekolah

4.d
Dokumen SOP tata cara penggunaan sarana dan prasarana sekolah

4.e
Dokumen bukti penghapusan sarana dan prasarana

4.f
Dokumen bukti perencanaan  dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah


5.     MANAJEMEN PEMBIAYAAN

5.a
Dokumen RKJM

5.b
RKAS

5.c
RKS

5.d
Rangkuman buku kas


6.     MANAJEMEN HUBUNGAN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT

6.a
Program kerja humas

6.b
Dokumen bukti keterlibatan masyarakat/komite sekolah/ orangtua siswa/lembaga sosial/dunia usaha dalam menyusun rencana kerja sekolah (RKAS, RKT, RKJM) (misalnya daftar hadir rapat, notulen rapat, dll)

6.c
Dokumen bukti kerjasama sekolah dengan masyarakat/komite sekolah/ orangtua siswa/lembaga sosial/dunia usaha dalam rangka pengembangan kegiatan di sekolah (misalnya MoU, daftar hadir rapat, notulen rapat, dll)

6.d
Program kerja  meningkatkan hubungan/komunikasi  sekolah dengan orangtua/komite


7.     MANAJEMEN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH

7.a
Program kerja yang memuat 12 target karakter yang menunjukkan budaya yang harus dimiliki siswa di sekolah

7.b
Kode etik kepala sekolah, guru, siswa

7.c
Dokumen pembiasaan siswa (regulasi dalam 1 Minggu), yang bisa dilengkapi foto







D. PENJELASAN PROFIL SEKOLAH

PROFIL SEKOLAH

Catatan: panjang naskah profil sekolah antara 10 – 40 halaman

Sistematika profil sekolah:
A.    Identitas sekolah (NISN)
B.     Visi seklolah
C.     Misi sekolah
D.    Struktur organisasi sekolah
E.     Data umum keadaan siswa/peserta didik
F.      Data umum pendidik dan tenaga kependidikan
G.    Data umum sarana dan prasarana sekolah
H.    Deskripsi/uraian praktik keunggulan sekolah di bidang manajemen
I.       Deskripsi/uraian penerapan prinsip MBS untuk budaya mutu
J.       Deskripsi/uraian upaya yang telah dan akan terus dilaksanakan untuk mempertahankan keunggulan/budaya mutu MBS
K.    Data prestasi sekolah untuk 3 tahun terakhir (siswa, guru/kepala sekolah, sekolah)



E. PENJELASAN ABSTRAKSI
ABSTRAKSI

Catatan: panjang naskah abstraksi antara 5 – 10 halaman

Sistematika abstraksi:
A.     Abstraksi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran.
B.     Abstraksi Manajemen Peserta Didik.
C.     Abstraksi Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
D.    Abstraksi Manajemen Sarana dan Prasarana.
E.     Abstraksi Manajemen Pembiayaan.
F.      Abstraksi Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat.
G.    Abstraksi Manajemen Budaya dan Lingkungan.

F. PENJELASAN ISIAN INSTRUMEN 7 KOMPONEN MBS
·         Instrumen 7 komponen MBS yang diserahkan adalah instrumen yang digunakan untuk bahan visitasi lapangan

G. PENJELASAN LAMPIRAN
·         Lampiran yang harus disertakan dalam naskah penilaian desk evaluation lihat daftar lampiran

File lengkap, silahkan hub. 081327121707.