PANDUAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
(TAHAP I)
LOMBA BUDAYA
MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
TAHUN 2014
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT
JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT
PEMBINAAN SEKOLAH DASAR
2 0 1 4
I.
PANDUAN PENYUSUNAN PORTOFOLIO
LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) TAHUN 2014
A.
Konsep
Dasar
Penilaian administratif
lomba Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
adalah mengukur kinerja sekolah dalam bidang MBS. Kinerja sekolah yang disusun
berupa naskah laporan dalam bentuk deskripsi dan dokumentasi mengenai kinerja sekolah bidang MBS, sebagai hasil kajian dan
asesmen yang mendalam dan bersifat internal sekolah. Laporan tersebut disusun secara komprehensif, lengkap, sistematis, dan
mudah dipahami oleh Tim Penilai dan siapa pun yang membaca.
Laporan disiapkan oleh sekolah dalam bentuk naskah yang harus diserahkan
kepada Tim Penilai sebagai bahan seleksi administratif sesuai jadwal yang
ditentukan dan disiapkan sebagai bahan asesmen lapangan ketika visitasi oleh Tim Penilai. Ketika
tim penilai melakukan visitasi, laporan MBS yang disusun sekolah tersebut digunakan pula sebagai
bahan rujukan utama dalam mengkaji keadaan dan kinerja sekolah yang
sebenarnya.
Laporan diawali abstraksi, yang merupakan rangkuman isi laporan lengkap,
dan dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh, jelas dan singkat, sehingga pembaca laporan dapat
menangkap apa yang dilaporkan, tanpa membaca keseluruhan laporan lengkap.
B. Sistematika Laporan Kinerja Sekolah Lomba Budaya Mutu MBS
Sistematika laporan
kinerja sekolah Lomba Budaya Mutu MBS
sebagai berikut.
I.
BAGIAN AWAL
·
Judul
laporan
·
Kata
pengantar
·
Daftar
isi
·
Daftar lampiran
·
Profil sekolah
·
Abstraksi
II.
BAGIAN INTI
A. Komponen manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis
sekolah;
B. Komponen manajemen peserta didik berbasis sekolah;
C. Komponen manajemen pendidik dan tenaga kependidikan berbasis sekolah;
D. Komponen manajemen sarana dan prasarana berbasis
sekolah;
E. Komponen manajemen pembiayaan berbasis sekolah;
F. Komponen manajemen hubungan sekolah dan masyarakat berbasis sekolah;
G. Komponen manajemen budaya dan lingkungan berbasis
sekolah;
III.
BAGIAN AKHIR
Lampiran-lampiran
C. Perwajahan/Layout Laporan
Perwajahan
atau layout laporan kinerja sekolah bidang MBS mengikuti ketentuan sebagai berikut.
1. Kertas A-4;
2. Spasi: 1.5;
3. Bentuk huruf (font): Times New Roman;
4.
Ukuran
huruf: 12;
5. Mengikuti sistematika yang ditentukan Panitia Lomba;
6. Heading/pengepalaan konsisten, menggunakan angka dan huruf dan ditulis secara
konsisten untuk seluruh naskah;
7.
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
D. Contoh/Penjelasan Sistematika Laporan Kinerja Sekolah Bidang MBS
CONTOH HALAMAN
JUDUL
(LOGO)
LAPORAN KINERJA SEKOLAH DASAR
LOMBA BUDAYA MUTU MANAJEMEN
BERBASIS SEKOLAH (MBS)
Disusun dalam rangka Lomba Manajemen Berbasis
Sekolah
di Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun
2014
OLEH
PROVINSI
|
:
|
.....................................................................
|
KABUPATEN/KOTA(*)
|
:
|
.....................................................................
|
KECAMATAN
|
:
|
.....................................................................
|
SD
|
:
|
.....................................................................
|
ALAMAT SD
|
:
|
.....................................................................
|
.....................................................................
|
||
.....................................................................
|
SEKOLAH DASAR
.....................................................
KECAMATAN
.........................KABUPATEN/KOTA
..............................
PROVINSI
..................................................
2014
II. PENJELASAN
A. PENJELASAN KATA
PENGANTAR
KATA PENGANTAR
·
Paragraf pertama: puji
syukur kepada Tuhan
·
Paragraf kedua:
judul laporan dan tujuan laporan
·
Paragraf ketiga: ucapan
terima kasih
·
Paragraf keempat:
terbuka terhadap masukan/saran/kritik dan kemanfaatan laporan
Kota, tanggal-bulan-tahun
Penyusun,
nama kepala sekolah
NIP kepala Sekolah
|
B. PENJELASAN
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ...................................................................................
|
|
DAFTAR ISI
.............................................................................................
|
|
DAFTAR LAMPIRAN
..................................................................................
|
|
PROFIL SEKOLAH
....................................................................................
|
|
ABSTRAKSI
.............................................................................................
|
|
A. KOMPONEN
MANAJEMEN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN ............
|
|
B. KOMPONEN
MANAJEMEN PESERTA DIDIK ………………......................
|
|
C. KOMPONEN
MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN ...
|
|
D. KOMPONEN
MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA……….................
|
|
E. KOMPONEN
MANAJEMEN PEMBIAYAAN ..........................................
|
|
F. KOMPONEN
MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT...
|
|
G. KOMPONEN
MANAJEMEN BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH.......
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
.............................................................................
|
C. PENJELASAN
DAFTAR LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Halaman
1. MANAJEMEN
KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
|
||
1.a
|
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas 1 dan atau 2 dan kelas 4 atau atau 5
|
|
1.b
|
Kalender pendidikan/sekolah
|
|
1.c
|
Peraturan akademik sekolah
|
|
1.d
|
Jadwal pelajaran
|
|
1.e
|
Dokumen bukti pelaksanaan supervisi pembelajaran
|
|
1.f
|
Contoh alat/instrumen evaluasi pembelajaran buatan guru yang menggambarkan
penilaian autentik
|
|
1.g
|
Program/upaya yang telah
dilakukan dan akan dilakukan sekolah untuk pengembangan kurikulum dan
pembelajaran.
|
|
1.h
|
Data prestasi sekolah untuk 3
tahun terakhir
|
|
2. MANAJEMEN
PESERTA DIDIK
|
||
2.a
|
Dokumen pendataan/sensus calon siswa baru
|
|
2.b
|
Dokumen proses penerimaan siswa baru
|
|
2.c
|
Program pengenalan/orientasi siswa baru
|
|
2.d
|
Program pembinaan karakter siswa
|
|
2.e
|
Program penyelenggaraan layanan khusus siswa (ekstra kurikuler, dll):
Pramuka, bidang kesenian (tari, musik, dll),
bidang olahraga (sepakbola, futsal, dll), bidang kesehatan (UKS)
|
|
2.f
|
Tata tertib siswa/ peraturan penegakan disiplin siswa
|
|
2.g
|
Dokumen asesmen akademik (kemampuan
calistung) siswa
|
|
2.h
|
Program sekolah membantu pengembangan
siswa.
|
|
3. MANAJEMEN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
||
3.a
|
· SK
pengangkatan kepala sekolah (foto kopi)
· SK
pengangkatan guru (foto kopi)
·
Sertifikat pendidik (foto kopi)
|
|
3.b
|
Deskripsi tugas pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
3.c
|
Program kerja kepala sekolah
|
|
3.d
|
Dokumen pembagian tugas guru
|
|
3.e
|
Dokumen pengiriman guru untuk mengikuti kegiatan dalam rangka
pengembangan profesional
|
|
3.f
|
Dokumen (boleh foto atau uraian/deskripsi) pemberian motivasi berupa
pemberian penguatan positif dan negatif kepada guru
|
|
3.g
|
Dokumen instrumen pemantauan dan
penilaian kepada guru
|
|
3.h
|
Dokumen proses pemberhentian guru
|
|
3.i
|
Buku
rekapitulasi absensi pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
3.j
|
Jadwal pelaksanaan supervisi di sekolah
|
|
3.k
|
Daftar prestasi guru
dan tenaga administrasi sekolah
|
|
3.l
|
Daftar
kegiatan pembinaan guru.
|
|
4. MANAJEMEN
SARANA DAN PRASARANA
|
||
4.a
|
Dokumen bukti analisis kebutuhan sarana dan prasarana sekolah
|
|
4.b
|
Bukti kepemilikan tanah sekolah
|
|
4.c
|
Rekap inventaris sekolah
|
|
4.d
|
Dokumen SOP tata cara penggunaan sarana dan prasarana sekolah
|
|
4.e
|
Dokumen bukti penghapusan sarana dan prasarana
|
|
4.f
|
Dokumen bukti perencanaan dan pengadaan sarana dan prasarana sekolah
|
|
5. MANAJEMEN
PEMBIAYAAN
|
||
5.a
|
Dokumen RKJM
|
|
5.b
|
RKAS
|
|
5.c
|
RKS
|
|
5.d
|
Rangkuman buku kas
|
|
6. MANAJEMEN
HUBUNGAN HUBUNGAN SEKOLAH DAN MASYARAKAT
|
||
6.a
|
Program kerja humas
|
|
6.b
|
Dokumen bukti keterlibatan masyarakat/komite sekolah/ orangtua
siswa/lembaga sosial/dunia usaha dalam menyusun rencana kerja sekolah (RKAS,
RKT, RKJM) (misalnya daftar hadir rapat, notulen rapat, dll)
|
|
6.c
|
Dokumen bukti kerjasama sekolah dengan masyarakat/komite sekolah/
orangtua siswa/lembaga sosial/dunia usaha dalam rangka pengembangan kegiatan
di sekolah (misalnya MoU, daftar hadir rapat, notulen rapat, dll)
|
|
6.d
|
Program kerja meningkatkan hubungan/komunikasi sekolah dengan orangtua/komite
|
|
7. MANAJEMEN
BUDAYA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH
|
||
7.a
|
Program kerja yang memuat 12 target karakter yang menunjukkan budaya
yang harus dimiliki siswa di sekolah
|
|
7.b
|
Kode etik kepala sekolah, guru,
siswa
|
|
7.c
|
Dokumen pembiasaan siswa
(regulasi dalam 1 Minggu), yang bisa dilengkapi foto
|
D. PENJELASAN
PROFIL SEKOLAH
PROFIL SEKOLAH
Catatan: panjang naskah profil sekolah antara 10 – 40
halaman
Sistematika profil sekolah:
A. Identitas
sekolah (NISN)
B. Visi
seklolah
C. Misi
sekolah
D. Struktur
organisasi sekolah
E. Data umum
keadaan siswa/peserta didik
F. Data umum pendidik
dan tenaga kependidikan
G. Data umum
sarana dan prasarana sekolah
H. Deskripsi/uraian
praktik keunggulan sekolah di bidang manajemen
I. Deskripsi/uraian
penerapan prinsip MBS untuk budaya mutu
J. Deskripsi/uraian
upaya yang telah dan akan terus dilaksanakan untuk
mempertahankan keunggulan/budaya mutu MBS
K. Data prestasi sekolah untuk 3 tahun terakhir (siswa, guru/kepala
sekolah, sekolah)
E. PENJELASAN
ABSTRAKSI
ABSTRAKSI
Catatan:
panjang naskah abstraksi antara 5 – 10 halaman
Sistematika
abstraksi:
A.
Abstraksi Manajemen Kurikulum dan
Pembelajaran.
B.
Abstraksi Manajemen Peserta Didik.
C.
Abstraksi Manajemen Pendidik dan Tenaga
Kependidikan.
D.
Abstraksi Manajemen Sarana dan Prasarana.
E.
Abstraksi Manajemen Pembiayaan.
F.
Abstraksi Manajemen Hubungan Sekolah dan
Masyarakat.
G.
Abstraksi Manajemen Budaya dan Lingkungan.
F. PENJELASAN
ISIAN INSTRUMEN 7 KOMPONEN MBS
·
Instrumen 7 komponen MBS yang diserahkan
adalah instrumen yang digunakan untuk bahan visitasi lapangan
G. PENJELASAN LAMPIRAN
·
Lampiran yang harus
disertakan dalam naskah penilaian desk
evaluation lihat daftar lampiran
File lengkap, silahkan hub. 081327121707.