Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Monday 13 May 2024

PKP PGSD UT MATEMATIKA KELAS II SD

 


 

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI ................... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

Laporan ini Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501)

pada Program Studi S1 PGSD FKIP-UT

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

...................

NIM.  ...................

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS TERBUKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UPBJJ ...................

2023

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

 

 

Nama Mahasiswa                        :    ...................

N I M                                          :    ...................

Program Studi                             :    S1 PGSD

Tempat Mengajar                        :    SD Negeri ...................

Jumlah Siklus Pembelajaran        :    2 (dua) siklus

Hari dan Tanggal Pelaksanaan    :    Siklus 1  : ……………………………….

                                                                         ……………………………….

                                                         Siklus 2  : ……………………………….

                                                                         ………………………………          

Masalah yang menjadi fokus perbaikan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah:

1.    Bagaimanakah peningkatan keterampilan berhitung siswa pada pembelajaran matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar?

2.    Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran   matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar?

 

 

 

...................,       Mei 2023

Menyetujui

Supervisor I

 

 

 

 

....................................

NID. ..................

Mahasiswa,

 

 

...................

NIM. ...................


LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

 

 

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila di kemudian hari  ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

           

 

...................,       Mei 2023

Yang membuat pernyataan,

 

 

 

 

...................

NIM. ...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur Alhamdulillah kami ucapkan kepada Allah SWT.yang telah melimpahkan rahmat, taufik serta hidayahNya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan pemantapan kemampuan professional ini.

Penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini,  ijinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada :

1.        …………………………..,, selaku Rektor Universitas Terbuka

2.        …………………………..,, selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

3.        ………………………….., selaku Kepala UPBJJ-UT  ................... yang telah memberikan ijin penelitian dan fasilitas dalam menempuh pendidikan di program S1 PGSD

4.        ....................... selaku Dosen  Pembimbing yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.

5.        Kepala SD Negeri ................... beserta rekan-rekan guru yang telah memberi dorongan dan dukungan selama pelaksanaan kegiatan PKP;

6.        Teman sejawat yang telah membantu dalam pengumpulan data;

7.        Siswa-siswi kelas II SD Negeri ...................; dan

8.        Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah membantu tersusunnya laporan ini.

Akhirnya penulis berharap, semoga laporan ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di sekolah dasar.

...................,     Mei 2023

 

Penulis

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i

LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii

LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.................................................. iii

KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iv

DAFTAR ISI .................................................................................................. ...... v

DAFTAR TABEL ........................................................................................... ..... vi

DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... .... vii

DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii

ABSTRAK ...................................................................................................... ..... ix

 

BAB I     PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah  ............................................................ ...... 1

     1. Identifikasi Masalah....................................................................... 3

     2. Analisis Masalah ............................................................................ 3

     3. Alternatif Pemecahan Masalah ...................................................... 4

B. Rumusan Masalah  ...................................................................... ...... 5

C. Tujuan Penelitian ............................................................................... 5

D. Manfaat Penelitian ............................................................................. 5

 

BAB II    KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori ................................................................................ ...... 7

B.  Kerangka Berpikir.......................................................................     21

C.  Hipotesis Tindakan .......................................................................... 23

 

BAB III   PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A.  Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian, Pihak yang Membantu........ 24

B.  Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran......................................... 25

C.  Teknik Analisa Data ........................................................................ 28

 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran.......................... 32

B. Pembahasan  Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................... 45

 

BAB V    SIMPULAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT

A. Simpulan  .................................................................................... .... 54

B. Saran dan Tindak Lanjut ............................................................ .... 54

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      3.1     Jadwal Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas...................           24

Tabel      4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada  Kondisi Awal                   33

Tabel      4.2     Rekapitulasi Keterampilan Berhitung Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA pada Kondisi Awal.....................................................................................           33

Tabel      4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada  Siklus I                 36

Tabel      4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Pembelajaran IPA pada Siklus I.........................................................................           37

Tabel      4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA i pada Siklus II               42

Tabel      4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa Pembelajaran IPA pada  Siklus II......................................................................           43

Tabel      4.7     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II                       45

Tabel      4.8     Rekapitulasi Hasil Observasi Keterampilan Berhitung Belajar Siswa pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II............................................................           49

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas..........................      23

Gambar    3.1 Model Penelitian Tindakan Kelas (Arikunto, 2019:63).............      25

Gambar    4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      45

Gambar    4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    46

Gambar    4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keterampilan berhitung Siswa Pada Siklus I dan II................................................................................................      50

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

 

Lampiran    1   Surat Kesediaan Supervisor 2 Sebagai Pembimbing PKP

Lampiran    2   Perencanaan PTK (Fakta/Data Pembelajaran yang terjadi di kelas, Identifikasi Masalah, Analisis Masalah, Alternatif Pemecahan Masalah, dan Rumusan  Masalah)

Lampiran    3   Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan Siklus I, RPP Perbaikan Siklus II

Lampiran    4   Lembar Hasil Tes Formatif, Lembar Observasi/Pengamatan Siswa dan Guru Prasiklus, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    5   Jurnal Pembimbingan / Kartu Kendali

Lampiran    6   Hasil Pekerjaan Siswa Terbaik dan Terburuk per Siklus

Lampiran    7   Foto Dokumentasi Kegiatan PKP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II

SD NEGERI ................... SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

...................

NIM.  ...................

…………………………@gmail.com

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yaitu rendahnya keterampilan kerhitung dan hasil belajar siswa membandingkan 2 pecahan.  Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri ................... sebanyak 29 siswa. Teknik pengumpulan data  meliputi  observasi, dokumentasi, dan  tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berhitung dari 34,48% atau  10 siswa  pada studi awal menjadi, 65,52% atau 19 siswa pada siklus I, meningkat menjadi 93,10% atau 27 siswa pada akhir siklus kedua, serta nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal terus mengalami peningkatan dari 63,45 pada studi awal menjadi 73,10 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 83,10, sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dimana pada studi awal hanya 8 orang siswa (27,59%) menjadi 51,72% atau 15 siswa, meningkat lagi menjadi 26 siswa atau 89,66% serta pada akhir siklus kedua.  Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa  penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika materi membandingkan 2 pecahan dapat meningkatkan keterampilan berhitung dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri ................... pada semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci : keterampilan berhitung, hasil belajar, media gambar

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Berhitung merupakan bagian dari matematika, diperlukan untuk menumbuhkembangkan keterampilan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,terutama konsep bilangan yang merupakan juga dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar. Kemampuan berhitung diperlukan untuk mengetahui konsep bilangan dengan benda-benda yang didalamnya terdapat membandingkan 2 pecahan. Kemampuan berhitung dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuannya, karakteristik perkembangannya dimulai dari lingkungan yang terdekat dari dirinya sejalan dengan perkembangan yang dapat meningkat ketahap pengertian tentang jumlah yakni tentang membandingkan 2 pecahan (Ahmad Susanto, 2016:98).

Kemampuan berhitung adalah penguasaan terhadap ilmu hitung dasar yang merupakan bagian dari matematika yang meliputi penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian (Masykur & Fathani, 2017:11). Menghitung merupakan cara belajar mengenai angka kemudian menggunakan nama benda tersebut untuk mengidentifikasi jumlah benda. Menghitung merupakan kemampuan akal untuk menjumlahkan. Kemampuan berhitung merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berhitung memerlukan penalaran dan keterampilan aljabar termasuk operasi hitung (Huda, 2020:5).

Dari observasi awal yang sudah peneliti lalukan sebelumnya di kelas 2 sekolah SD Negeri .................... Penulis menemukan permasalahan yang terdapat pada pembelajaran matematika tepatnya pada materi membandingkan 2 pecahan. Kurangnya pemahaman siswa pada materi berhitung disebabkan guru jarang menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah terutama pada pembelajaran matematika, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran terkesan satu arah, membosankan dan akhirnya siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Untuk mengatasi masalah di atas, maka guru perlu mengupayakan suatu pendekatan dengan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran sangat penting terutama dalam mengajar peserta didik sekolah dasar yang rata – rata berusia 7-12 tahun. Media merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan.

Dalam dunia pendidikan, media bukanlah suatu hal yang baru digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penggunaan media akan membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan adannya media maka proses belajar mengajar akan berjalan dengan lancar. Sesuai dengan UU RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 20  yang berbunyi media pembelajaran merupakan salah satu komponen pendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Berdasarkan teori perkembangan Jean Piaget dalam Ibda (2015:33) Pada tahap ini, anak sudah cukup matang untuk menggunakan pemikiran logika atau operasi, tetapi hanya untuk objek fisik yang ada saat ini. Dalam tahap ini anak telah hilang kecenderungan terhadap animism dan artcialisme. Egosentrisnya berkurang dan kemampuannya dalam tugas-tugas konservasi menjadi lebih baik. Namun, tanpa objek fisik di hadapan mereka, anak-anak pada tahap operasional konkret masih mengalami kesulitan besar dalam menyelesaikan tugas-tugas logika. (Mei Fita, 2017, Vol 3 No 4, hal 377 ).

Pada  kenyataannya  di  kelas II SD Negeri ................... Tahun Pelajaran 2022/2023, penggunaan  media  pembelajaran relatif  jarang digunakan  oleh  guru  pada  saat  pembelajaran.  Guru  menyampaikan  pelajaran hanya  secara  verbalistik,  sehingga  terjadi  kurangnya  perhatian  siswa  pada  saat pembelajaran,  dan  kurangnya  siswa  bertanya  saat  pembelajaran  berlangsung. Pembelajaran  seperti  itu  mengakibatkan  hasil  belajar  siswa  yang  kurang memuaskan.  Pada  mata  pelajaran  matematika  nilai  rata-rata  siswa  hanya  mencapai 53,45  padahal  nilai  rata-rata  yang  diharapkan  minimal  mendapat nilai sama dengan KKM ≥75  sesuai  dengan  ketuntasan individu yang diharapkan oleh sekolah (KKM). Penjelasan ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa atau 27,59% dinyatakan tuntas sedangkan selebihnya sebanyak 21 siswa atau 72,41% dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai hasil minimal sama dengan KKM ≥75 .

Sehubungan  dengan  gejala  di  atas  perlu    dicari  alternatif    agar  proses  dan hasil  belajar  siswa  meningkat.  Peneliti  berhipotesis  bahwa  penerapan  media gambar dalam proses pembelajaran akan dapat membantu siswa dalam mengenal bentuk benda yang asli melalui gambar dan melatih siswa agar dapat mengamati, menggambarkan dan menyimpulkan, sehingga pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan dapat tercapai.

1.      Identifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor, kepala sekolah dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :

a.    Kurangnya pemahaman siswa pada materi berhitung disebabkan guru jarang menggunakan media pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam menyelesaikan masalah terutama pada pembelajaran matematika, guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran terkesan satu arah, membosankan dan akhirnya siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah

b.    Guru  menyampaikan  pelajaran hanya  secara  verbalistik,  sehingga  terjadi  kurangnya  perhatian  siswa  pada  saat pembelajaran,  dan  kurangnya  siswa  bertanya  saat  pembelajaran  berlangsung. Pembelajaran  seperti  itu  mengakibatkan  hasil  belajar  siswa  yang  kurang memuaskan.

2.      Analisis Masalah

Berdasarkan hasil analisis masalah dapat diketahui bahwa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya hasil belajar, motivasi, dan kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas, terjadi karena hal-hal sebagai berikut:

a.    Guru belum menggunakan  media pembelajaran yang tepat sehingga belum dapat membuat siswa aktif dan kreatif

b.    Metode pembelajaran yang diambil tidak tepat dan penjelasan materi terlalu cepat, sehingga berakibat pada berkurangnya penyerapan materi siswa terhadap materi pembelajaran dan berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa.

3.      Alternatif Pemecahan Masalah

Penggunaan  media  gambar  sangat  diperlukan  dalam  upaya  memperjelas dan  memperluas  pengertian  kepada  siswa.  Diharapkan  dengan  menggunakan media  gambar  dapat  menarik  dan  mengarahkan  perhatian  siswa  untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran. Sehingga masalah pembelajaran yang dialami siswa dapat teratasi dengan meningkatnya hasil belajar.

Berbicara mengenai prestasi belajar siswa dan kualitas hasil belajar tidak terlepas dari media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, maka dalam hal ini penulis akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) mengenai penggunaan media gambar dalam meningkatkan  keterampilan berhitung dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi membandingkan 2 pecahan.  Penggunaan media gambar atau foto ini termasuk dalam media grafis (media visual), media gambar ini salah satu media pembelajaran yang cukup efektif dan efisien diterapkan pada anak usia sekolah dasar yang berfungsi untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, mengilustrasikan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan bila tidak digrafiskan (Sadiman, 2018:29).

Berdasarkan  identifikasi dan analisis masalah  di atas  maka  penulis  tertarik  untuk melakukan  penelitian  dengan  judul “Upaya Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Berhitung dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas Ii SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023”.

 

 

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan  latar  belakang  yang  telah  di  uraikan  diatas  rumusan  masalah penelitian ini adalah : 

1.    Bagaimanakah peningkatan keterampilan berhitung siswa kelas II SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar?

2.    Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar?

C.    Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Secara  umum,  tujuan  penelitian  perbaikan pembelajaran ini  adalah sebagai berikut:

1.   Untuk mengetahui peningkatan keterampilan berhitung siswa kelas II SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar.

2.   Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 pada pembelajaran matematika  materi membandingkan 2 pecahan melalui  penggunaan  media  gambar.

D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Dengan  tercapainya  tujuan  dari  penelitian  ini  maka  diharapkan  dapat bermanfaat untuk berbagai pihak  yang terkait.Terutama pihak guru dan siswa. Kegiatan belajar mengajar (KBM) yang lebih efektif bisa menghasilkan output (siswa)  yang  bermutu.  Hasil  penelitian  ini  bisa  menjadi  acuan  untuk  kegiatan pembelajaran  berikutnya,  baik  yang  dilakukan  oleh  guru  yang  bersangkutan atau pihak lainnya. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat untuk :

 

1.   Ilmu Pengetahuan

Menambah khasanah pembelajaran matematika melalui penggunaan media gambar  

2.   Praktik Pembelajaran

a.  Bagi Siswa

1)   Siswa memahami apa yang mereka pelajari dengan apa yang telah mereka ketahui sebelumnya.

2)   Menumbuhkan  rasa  percaya  diri  untuk  bertanya  pada  saat pembelajaran di kelas

3)   Mengembangkan cara belajar siswa aktif.

4)   Mengalami pembelajaran yang baru melalui penggunaan media gambar.

b.  Bagi Guru

1)   Membantu  menghasilkan  pengetahuan  yang  relevan  untuk kepentingan pembelajaran.

2)   Meningkatkan kualitas pembelajaran.

3)   Meningkatkan  wawasan,  pengetahuan,  dan  profesionalisme  guru dalam mengajar.

4)   Memperoleh  informasi  tentang  kelebihan  penggunaan media gambar khususnya dalam pembelajaran mata pelajaran matematika

c.  Bagi Sekolah

1)   Menambah variasi pembelajaran yang dilakukan di sekolah

2)   Menjadi  sumbangan  pemikiran  serta  pemerkaya  yang  dapat dijadikan  bahan  kajian  dan  pengembangan  dalam  penelitian berikutnya baik di sekolah itu maupun di sekolah lainnya.

3)   Meningkatkan  kualitas  pendidikan  di  sekolah  khususnya  pada mata pelajaran matematika

 

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

A.    Kajian Teori

1.      Keterampilan Berhitung

Pengertian keterampilan dalam pembelajaran matematika terkait dengan materi membandingkan dua pecahan. Bell (dalam Sumarsih, 2020:105) mengemukakan bahwa: Keterampilan dalam operasi atau prosedur yang diharapkan dapat dikuasai siswa secara cepat dan tepat. Siswa dikatakan menguasai ketarmpilan apabila ia dapat menunjukkan keterampilan secara tepat, dapat menyelesaikan berbagai jenis maslah yang memerlukan keterampilan tersebut. Dan menerapkan keterampilan tersebut dalam berbagai situasi. Istilah keterampilan berasal dari kata dasar terampil yang berarti pandai melakukan sesuatu dalam bentuk tindakan. Keterampilan diambil dari kata terampil (skill full) yang artinya kecapakan melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan cakap, cepat dan tepat. Keterampilan merupakan kemampuan melakukan pola-pola tingkah laku yang kompleks dan tersusun rapi secara mulus dan sesuai dengan keadaan untuk mecapai hasil tertentu. Istilah keterampilan mengacu kepada kemampuan agar melakukan sesuatu dalam cara efektif. Keterampilan ditentukan bersama dengan belajar dan keturunan. Keterampilan merupakan pengetahuan ekseriensial yang dilakukan secara berulang dan terus menerus secara berstruktur sehingga membentuk kebiasaan dan kebiasaan baru seseorang.

Berdasarkan uraian diatas keterampilan adalah kemampuan melakukan sesuatu melalui belajar yang berupa tindakan dengan cepat, secara efektif untuk menempati isi tertentu.

Berhitung menurut kamus besar bahasa Indonesia ialah, berawal dari kata dasar “hitung” yang mempunyai makna membilang yang terdiri dari menjumlahkan, mengurangi, membagi dan memperbanyakan dsb. Menghitung sendiri mendapatkan imbuhan-meng yang memiliki makna mencari jumlahnya (sisa pendapatannya) dengan menjumlahkan, mengurangi dsb. Keterampilan dapat diperoleh seseorang dengan cara belajar atau latihan yang berulang-ulang. Hal tersebut senada dengan pendapat Bambang Kaswanti Purwo (dalam Nofrini. 2020:42) yang mengatakan bahwa keterampilan tidak dapat diperoleh melalui kegiatan menghafal, tetapi diperoleh melalui kegiatan yang terus menerus. Demikian dengan keterampilan berhitung dlam pembelajaran matematika, siswa dapat memiliki keterampilan berhitung apabila siswa belajar atau berlatih berulang kali sehingga siswa mahir dalam perhitung.

Dari beberapa pengertian diatas dengan ini disimpulkan bahwa keterampilan menghitung adalah salah satu ilmu yang berkaitan dengan usaha untuk melatih kecerdasan siswa khususnya dalam mengerjakan soal yang memerlukan perhitungan.

Adapun tujuan mengajarkan berhitung di sekolah dasar sebagai berikut:

a.    Menanamkan pengertian dan kecakapan berhitung

b.    Menumbuh dan mengembangkan kemampuan fikir logis dan kritis dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari baik pada masa sekarang atau masa yang akan datang.

c.    Mengembangkan sikap rasional, ekonomis, dan menghargai waktu

d.   Meletakkan landasan berhitung yang kuat untuk mempelajari pengetahuan lebih lanjut.

Dari beberapa penjelasan diatas tentang mengenai keterampilan menghitung ditetapkan beberapa indikator keterampilan menghitung yaitu:

a.    Mampu menyelesaikan soal

Siswa mampu atau bisa mengerjakan soal-soal tes yang diberikan oleh guru, terkait dengan mampu adalah biasa, cakap dalam mengerjakan penugas dan cekatan.

b.    Terampil menyelesaikan soal menggunakan media gambar

Selain mampu mengerjakan yang diberikan oleh guru, siswa juga diharapkan terampil mengerjakan soal menggunakan media gambar secara mandiri.

c.    Mampu menggunakan konsep dalam praktek

Siswa mampu menggunkan konsep dalam prakter yang disediakan oleh guru media tersebut agar siswa mudah menyelesaikan konsep dalam praktek.

d.   Mampu membandingkan dua pecahan

Siswa mampu mengetahui dan mampu memahami penjelasan yang dijelaskan oleh guru. Selai itu siswa juga mampu menyebutkan dan mengetahui maksud penjelasan oleh guru

2.      Hasil Belajar Siswa.

Belajar dan mengajar merupakan dua konsep  yang tidak dapat dipisahkan satu  sama  lain.  Belajar  menunjuk  pada  apa  yang  harus  dilakukan  seseorang sebagai  subjek  yang  menerima  pelajaran  (sasaran  didik),  sedangkan  mengajar menunjuk pada apa yang harus dilakukan oleh guru sebagai pengajar. Belajar bukan merupakan kegiatan menghafal dan bukan pula mengingat. Belajar  adalah  suatu  proses  yang  ditandai  dengan  adanya  perubahan  pada  diri seseorang.  ”Perubahan  sebagai  hasil  proses  belajar  dapat  ditunjukkan  dalam berbagai  bentuk  seperti  berubah  pengetahuannya,  pemahamannya,  sikap  dan tingkahlakunya, keterampilannya, kecakapan dan kemampuannya, daya reaksinya, daya penerimaannya, dan lain-lain aspek yang ada pada individu” (Sudjana, 2017: 28). 

Dalam proses belajar dan mengajar terjadi interaksi antara guru dan siswa. Interaksi  guru  dan  siswa  sebagai  makna  utama  proses  pembelajaran  memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.  Kedudukan  siswa  dalam  proses  belajar  dan  mengajar  adalah  sebagai subjek  dan  sekaligus  sebagai  objek  dalam  pembelajaran,  sehingga  proses  atau kegiatan  belajar  dan  mengajar  adalah  kegiatan  belajar  siswa  dalam  mencapai suatu  tujuan  pembelajaran.  Hasil  belajar  dalam  kontesktual  menekankan  pada proses  yaitu  segala  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  siswa  dalam  mencapai  tujuan pembelajaran.  Nilai  siswa  diperoleh  dari  penampilan  siswa  sehari-hari  ketika belajar. ”Hasil belajar diukur dengan berbagai cara misalnya, proses bekerja, hasil karya, penampilan, rekaman, dan tes” (Febryananda, 2019:172). 

Pembelajaran  merupakan  suatu  usaha  sadar  yang  dilakukan  oleh  guru dengan tujuan untuk membantu siswa agar dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan minatnya, sehingga perubahan tingkah laku yang diharapkan dapat terwujud. Proses belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran,  sedangkan  hasil  belajar  adalah  kemampuan-kemampuan  yang dimilki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. 

Dengan demikian hasil belajar dapat dilihat dari hasil yang dicapai siswa, baik  hasil  belajar  (nilai),  peningkatan  kemampuan  berpikir  dan  memecahkan masalah  perubahan  tingkah  laku  atau  kedewasaannya.  Horward  Kysley  dalam Sudjana (2017: 22) membagi tiga macam hasil belajar, yakni (a) keterampilan dan kebiasaan, (b) pengetahuan dan pengertian, (c) sikap dan cita-cita. Masing-masing jenis  hasil  belajar  dapat  diisi  dengan  bahan  yang  telah  ditetapkan  dalam kurikulum  sedangkan  Gagne  membagi  lima  kategori  hasil  belajar,  yakni  (a) informasi verbal, (b) keterampilan intelektual, (c) strategi kognitif, (d) sikap, dan (e) keterampilan motorik. Dalam  sistem  pendidikan  nasional  rumusan  tujuan  pendidikan,  baik tujuan  kurikuler  maupun  tujuan  instruksional,  menggunakan  klasifikasi  hasil belajar dari Bloom yang secara garis besar membaginya menjadi tiga ranah, yakni ranah  kognitif,  ranah  afektif,  dan  ranah  psikomotorik.  Ranah  kognitif  berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri atas enam aspek, yakni: pengetahuan atau  ingatan,  pemahaman,  aplikasi,  analisis,  sintesis,  dan  evaluasi.  Kedua  aspek pertama  disebut  kognitif  tingkat  rendah  dan  keempat  aspek  berikutnya  termasuk kognitif  tingkat  tinggi.  Ranah  afektif  berkenaan  dengan  sikap  yang  terdiri  atas lima  aspek  yakni  penerimaan,  jawaban  atau  reaksi,  penilaian,  organisasi,  dan internalisasi.  Ranah  psikomotorik  berkenaan  dengan  hasil  belajar  keterampilan dan  kemampuan  bertindak.  Ada  enam  aspek  ranah  psikomotorik,  yakni  gerakan refleks,  keterampilan  gerakan  dasar,  kemampuan  perseptual,  keharmonisan  atau ketetapan,  gerakan  keterampilan  kompleks,  dan  gerakan  ekspresif  dan interpretative.

Hasil  belajar  biasanya  dapat  diketahui  melalui  kegiatan  evaluasi  yang bertujuan untuk mendapatkan data pembuktian yang akan menunjukkan sampai di mana  tingkatkemampuan  dan  keberhasilan  siswa  dalam  pencapaian  tujuan pembelajaran.

Hasil belajar  yang dicapai oleh siswa dipengaruhi dua faktor utama  yakni faktor dari dalam diri siswa itu dan faktor yang datang dari luar siswa atau faktor lingkungan.  Faktor  yang  datang  dari  diri  siswa  terutama  kemampuan  yang dimilikinya.  Faktor  kemampuan  siswa  besar  sekali  pengaruhnya  terhadap  hasilbelajar yang dicapai. Seperti dikemukakan oleh Clark bahwa hasil belajar siswa di sekolah  70%  dipengaruhi  oleh  kemampuan  siswa  dan  30%  dipengaruhi  oleh lingkungan.  Di  samping  faktor  kemampuan  yang  dimiliki  oleh  siswa,  juga  ada faktor  lain,  seperti  motivasi  belajar,  minat  dan  perhatian,  sikap  dan  kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis .

Adanya  pengaruh  dari  dalam  diri  siswa,  merupakan  hal  yang  logis  dan wajar,  sebab  hakikat  perbuatan  belajar  adalah  perubahan  tingkah  laku  individu yang  diniati  dan  disadari.  Salah  satu  lingkungan  belajar  yang  paling  dominan mempengaruhi  hasil  belajar  di  sekolah,  ialah  kualitas  pengajaran  yaitu  tinggi rendahnya  atau  efektif  tidaknya  proses  belajar  dan  mengajar  dalam  mencapai tujuan  pembelajaran.  Oleh  karena  itu  hasil  belajar  siswa  di  sekolah  dipengaruhi oleh kemampuan siswa dan kualitas pembelajaran. 

3.      Pembelajaran Matematika

a.    Pengertian Matematika

Matematika (dalam bahsa Inggris mathematics) berasal dari perkataan latin mathematica, yang mulanya diambil dari perkataan Yunani, matematike, yang berarti “relating to learning”. Perkataan ini mempunyai akar kata mathema yang berarti knowledge, science (pengetahuan, ilmu). Mata pelajaran matematika merupakan satu diantara mata pelajaran yang sangat vital dan berperan strategi dalam pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), karena mempelajari matamatika sama halnya melatih pola inovatifdalam memecahkan masalah. Afidah Khairunnisa (2014:2) “mengemukakan bahwa Matematika berperan sebagai bahasa simbolik yang adalah sarana ilmiah untuk mengembangkan cara berfikir logis”.

Matematika berasal dari beberapa bahasa, istilah mathematics
(Inggris), matmematik (Jerman), mathematique (Perancis), matematico
(Italia), matematiceski (Rusia), atau mathematick (Belanda), yang awalnya diambil dari perkataan Yunani mathematike yang berarti relating to learning, yang berarti pengetahuan atau ilmu dan berhubungan erat dengan sebuah kata lain yang serupa (Fahrurrozi & Syukrul, (2017: 1). Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga jenjang yang lebih tinggi. Mata pelajaran matematika merupakan salah satu komponen kurikulum dalam pendidikan dasar menengah maupun atas, hal ini karena mata pelajaran matematika diperlukan proses perhitungan dan proses berpikir yang sangat dibutuhkan manusia dalam menyelesaikan masalah.

Sejalan dengan pernyataan tersebut, bahwa matematika merupakan disiplin ilmu yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan berargumentasi, memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah sehari-hari dan dunia kerja, serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi( Susanto dalam Luthfi. 2022:170). Sedangkan Rohmah (2021:7) menyatakan matematika pada dasarnya merupakan ilmu yang bersifat deduktif. Setiap preposisi yang diturunkan dari aksioma yang telah disepakati dan prinsip yang diturunkan darinya untuk membentuk teorema, kemudian diaplikasikan dalam mengekploitasi fenomena alam. Matematika memiliki peran penting dalam menumbuhkembangkan cara berpikir logis, sistematis, dan kritis untuk memecahkan masalah yang tumbuh dan berhubungan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menyelesaikan masalah dengan baik di dalam matematika maupun ilmu-ilmu yang lain. Sehingga pelajaran tersebut dapat dilaksanakan dan dihubungkan dalam kehidupan sehari-hari di luar kelas.

Definisi tentang matematika telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan yang diperlukan proses perhitungan dan proses dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dan dunia kerja, serta memberikan dukungan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

b.    Karakteristik Matematika

Matematika menurut Isrok’atun & Amelia (2018: 4-5) memiliki beberapa karakteristik diantaranya:

1)    Memiliki objek kajian yang abstrak yang sulit untuk dipelajari. Objek abstrak ini meliputi fakta, konsep, operasi dan prinsip.

2)    Bertumpu pada kesepakatan. Pembahasan matematika menggunakan suatu kesepakatan yang berisi fakta untuk dikomukasikan dengan mudah menggunakan Bahasa matematika.

3)    Berpola pikir deduktif. Berarti pola pengerjaan matematika yang berdasarkan pada pembuktian kebenaran.

4)    Konsisten dalam sistem yang berprinsip pada matematika, yang saling terkait ataupun tidak saling terkait. Sistem matematika yang saling terkait yaitu sistem dalam pembahasan contohnya sistem pada aljabar. Sedangkan sistem yang tidak terkait yaitu sistem yang tidak memiliki hubungan prinsip antara sistem satu dengan yang lain, contohnya hubungan prinsip antara sistem aljabar tidak terkait dengan sistem geometri.

5)    Memiliki simbol yang kosong dari arti, yaitu simbol matematika yang tidak memiliki arti apabila simbol tersebut tidak dikaitkan dengan konteks tertentu. Simbol abstrak pada matematika tidak memiliki arti sehingga perlu konteks pembahasan untuk mengartikan simbol tersebut.

6)    Memperhatikan semesta pembicaraan. Suatu pernyataan matematika harus ada lingkup yang dibicarakan atau dituju. Lingkup yang dibicarakan dalam pernyataan matematika dinamakan semesta pembicaraan.

Berdasarkan uraian di atas dapat dilihat bahwa matematika memiliki beberapa karakteristik yang sangat luas. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan karakteristik matematika merupakan suatu ilmu yang penting dalam kehidupan bahkan dalam perkembangan ilmu pengetahuan.

c.    Ruang Lingkup Pembelajaran Matematika

Kemampuan dalam bidang matematika berkaitan dengan berbagai konteks nyata yang ada di dalam lingkungan. Berikut ini ruang lingkup pembelajaran matematika menurut Jamaris (2015: 184) yaitu:

1)    Konsep angka. Konsep angka merupakan kemampuan dasar di bidang matematika yang berkembang secara bertahap, dimulai dari kemampuan anak dalam mengeksplorasi dan memanipulasi objek dan selanjutnya diikuti kemampuan anak dalam mengorganisasi objek dan mengkomunikasikan lingkungan melalui logika.

2)    Menghitung merupakan kemampuan awal dari pemahaman konsep bilangan. Anak usia dua tahun sudah mulai menghitung dan memulai mengingat urutan angka. Kegiatan ini dapat dioptimalkan dengan berbagai aktivitas seperti menyanyi, permainan jari dan hal lainnya. Ini dilakukan agar kemampuan menghitung anak dapat berkembang dengan cepat sesuai dengan kemampuannya.

3)    Korespondensi satu-satu. Berarti menghubungkan jumlah objek dengan lambang bilangan yang sesuai. Memulai kegiatan mengkorespondensi benda yang dihitung dengan bendanya untuk melatih kecermatan anak dalam mengitung, karena anak terkadang menghitung suatu objek dua kali.

4)    Pola dan hubungan-hubungannya. Pola merupakan susunan objek, bentuk dan bilangan. Pemahaman terhadap pola membentuk anak dalam memahami hubungan-hubungan yang ada diantara objek, bentuk dan bilangan yang telah dikombinasikan ke dalam pola-pola tertentu.

5)    Geometri dan kepekaan spatial. Ini berkaitan dengan kemampuan memahami berbagai bentuk dan struktur yang ada di dalam lingkungan anak. Anak belajar untuk memahami bentuk tiga dimensi dengan menggunakan balok-balok kecil.

6)    Pengukuran. Pengembangan kemampuan mengukur anak difokuskan pada kegiatan pemahaman terhadap prinsip-prinsip dalam pengukuran.

7)    Pengumpulan, organisasi dan representasi data, berkaitan dengan kegiatan memilih, mengklasifikasikan, membuat grafik, menghitung, mengukur dan membandingkan. Kegiatan pembelajaran ini terkait dengan aktivitas yang mendorong anak untuk melakukan berbagai pengamatan yang diperlukan dalam menumbuhkembangkan matematika, sains dan seni.

Dari uraian di atas dapat dikatakan bahwa dalam matematika memiliki satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari ketujuh hal di atas. Untuk menjadikan siswa dapat memahami dan menguasai ketujuh hal yang menjadi dasar dalam matematika.

d.   Tujuan Pembelajaran Matematika

Tujuan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar secara umum adalah agar siswa mampu dan terampil menggunakan matematika yaitu:

1)   Melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian beserta operasi campurannya, termasuk melibatkan pecahan.

2)   Menentukan sifat dan unsur berbagai bangun datar dan bangun ruang sederhana termasuk penggunaan sudut, keliling, luas dan volume.

3)   Menentukan sifat simetri, kesebangunan, dan sistem koordinat.

4)   Menggunakan pengukuran satuan, kesetaraan antarsatuan dan penaksiran pengukuran.

5)   Menentukan dan menafsirkan data sederhana seperti ukuran tertinggi, terendah, rata-rata, modus mengumpulkan dan menyajikan

6)   Memecahkan masalah, melakukan penalaran dan mengkomunikasikan gagasan secara matematika (Rohmah, 2021: 3-5)

4.      Media Gambar

Media gambar termasuk ke dalam media visual. Sama dengan media lain, media  gambar  berfungsi  untuk  menyalurkan  pesan  dan  penerima  sumber  ke penerima  pesan.  Pesan  yang  akan  disampaikan  dituangkan  ke  dalam  simbol-simbol  komunikasi  visual.  Supaya  proses  penyampaian  pesan  dapat  berhasil  dan efisien,  simbol-simbol  tersebut  perlu  dipahami  benar.  Secara  khusus  gambar berfungsi pula untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan atau diabaikan bila tidak digrafiskan.

Media  gambar  berbentuk  dua  dimensi  (grafis)  karena  hanya  memiliki ukuran  panjang  dan  lebar.  Yang  termasuk  media  gambar  adalah  gambar,  foto, grafik, bagan atau diagram, kartun, komik, poster, peta dan lain-lain. Media  gambar  telah  berkembang  sesuai  dengan  kemajuan  teknologi seperti  gambar fotografi. Gambar fotografi bisa diperoleh dari berbagai sumber : surat  kabar,  majalah,  brosur,  dan  buku-buku.”  Gambar,  lukisan,  kartun,  ilustrasi, foto  yang  diperolah  dari  berbagai  sumber  tersebut  dapat  dipergunakan  oleh  guru secara  efektif  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  pada  tiap  jenjang  pendidikan  dan berbagai disiplin ilmu ” (Sudjana, 2017:78).

Di samping itu gambar/fotografi juga sangat mendorong para siswa untuk membangkitkan  minatnya  pada  pelajaran,  membantu  mengembangkan kemampuan  berbahasa,  kegiatan  seni,  melukis,  menggunakan  serta  membantu mereka menafsirkan dan mengingat-ingat isi materi bacaan dari buku-buku teks. Kriteria  dalam  pemilihan  media  gambar  adalah  berdasarkan  persyaraitan artistik. Media gambar yang memiliki kriteria artistik adalah media gambar grafis.  

Media  memiliki  unsur-unsur  adalah  gambar  dan  tulisan.  Media  ini  dapat digunakan  untuk  mengungkapk,an  fakta  atau  gagasan  menggunakan  kata-kata, angka,  serta  bentuk  simbol  (lambang).  Media  grafis  merupakan  gambar  yang sederhana untuk menggambarkan data kuantitatif yang akurat dan mudah untuk di mengerti.  Media  pembelajaran  gambar  mempunyai  beberapa  kelebihan  yaitu sifatnya konkrit, gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu. Media gambar juga dapat mengatasi keterbatasan pengamatan manusia, dapat memperjelas suatu masalah, gambar juga dapat digunakan tanpa memerlukan alat khusus.

Di  samping  itu  media  gambar  atau  foto  juga  mempunyai  beberapa kelemahan  yaitu  gambar  hanya  menekankan  persepsi  indra  mata,  gambar  benda yang  terlalu  kompleks  kurang  efektif  untuk  kegiatan  pembelajaran,  ukurannya sangat  terbatas  untuk  kelompok  besar.  Ada  beberapa  syarat  harus  terpenuhi supaya  gambar  itu  baik  sebagai  media  pendidikan  setidaknya  gambar  itu  akan cocok  dengan  tujuan  pendidikan.  Gambar  tersebut  harus  otentik,  sederhana  dan ukurannya  relatif  serta  gambar  sebaiknya  mengandung  gerak  atau  perbuatan, gambar  juga  hendaknya  bagus  dari  sudut  seni  dan  sesuai  dengan  tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

a.   Pengertian Media

Media  pembelajaran  telah  dikenal  sejak  lama,  sejak  pendidikan  formal atau  pengajaran  itu  ada.  Terdapat  banyak  pengertian  atau  definisi  tentang  media. Namun  definisi-definisi  yang  dimunculkan  mengandung  makna  yang  hampir sama.  Secara  etimologis,  kata  “media”  adalah  bentuk  jamak  dari  medium,  yang dalam  bahasa latin  berarti  alat,  sarana,  dan  perantara.  Media  adalah  sarana  yang digunakan  untuk  menampilkan  pelajaran  dan  dalam  pengertian  yang  lebih  luas disebut  media  pendidikan,  dengan  pengertian  bahwa  pendidikan  bukan  hanya mencakup pengajaran saja tetapi juga pendidikan dalam arti yang lebih luas. 

Media  pendidikan  dalam  arti  sempit  terutama  hanya  memperhatikan  dua unsur  dari  model  kawasan  keseluruhan  yakni  bahan  dan  alat,  walaupun  juga memberi  catatan  bahwa  persoalan  yang  dihadapi  disekolah  bukan  Cuma menyangkut  kedua  unsur  tetapi  juga  melibatkan  orang-orang  yang  menyediakan dan  mengoperasikannya,  masalah  rancangan,  produksi,  pemanfaatan, pengorganisasian,  dan  pengelolaannya,  sehingga  bahan  dan  alat  itu  dapat berinteraksi  dengan  siswa.  Proses  belajar  mengajar  adalah  proses  komunikasi yang  diciptakan  oleh  guru  dan  siswa,  dimana  kadang  terjadi  gangguan  atau hambatan.  Untuk  mengatasi  hambatan  itu  diperlukan  adanya  media  pengajaran yang  dapat  untuk  meningkatkan  efektivitas  belajar  mengajar.  Menurut  Hamalik  (2016:23)  media  pendidikan  dapat  berfungsi  sebagai  alat,  metode  dan teknik  yang  digunakan  dalam  rangka  lebih  mengefektifkan  komunikasi  dan interaksi  antara  guru  dan  siswa  dalam  proses  pendidikan  dan  pengajaran  di sekolah.

Menurut  Arsyad  (2020:11-13)    ada  beberapa  kemampuan  media pengajaran  peristiwa,  (2)  kemampuan  manipulatif  yaitu  kemampuan memindahkan suatu objek yang disesuaikan dengan keperluan, kemampuan dalam mengefektifkan proses belajar mengajar antara lain: (1) kemampuan fiksasi, yaitu media  mempunyai  kemampuan  menangkap  sesuatu  objek  atau  distributive  yaitu memungkinkan kita mentransfer atau memindahkan suatu objek melalui ruang.

Media  pembelajaran  mempunyai  fungsi  yaitu:  (1)  media  pembelajaran dapat  memperjelas  penyajian  pesan  dan  informasi  sehingga  dapat  memperlancar dan  meningkatkan  proses  dan  hasil  belajar,  (2)  media  pembelajaran  dapat meningkatkan  dan  mengarahkan  perhatian  anak  sehingga  dapat  menimbulkan motivasi  belajar,  (3)  media  pembelajaran  dapat  mengatasi  keterbatasan  indera, ruang  dan  waktu,  (4)  media  pembelajaran  dapat  memberikan  kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka. 

Ada bermacam-macam media pembelajaran dalam pendidikan, yaitu:

1)   Model

Model  adalah  alat  bantu  mengajar  sejarah  yang  berupa  bentuk-bentuk  khusus yang  bersifat  tiga  dimensi  yang  merupakan  tiruan  dari  unsur-unsur  peristiwa sejarah.

2)   Bagan waktu

Bagan  waktu  berfungsi  memberikan  kerangka  kronologis  dalam  mana  peristiwa dan  unsur  perkembangannya  bisa  ditunjukkan  dengan  jelas.  Selain  itu,  bagan waktu  juga  bisa  menggambarkan  unsur-unsur  sebab  akibat  dari  peristiwa  sejarah dan  bahkan  saling  hubungan  antara  peristiwaperistiwa  dalam  berbagai  aspek kondisionalnya.

3)   Peta

Penggunaan  peta  sebagai  media  pengajaran  sejarah,  merupakan  bagian  integral dari  materi  pengajaran  itu  sendiri,  disebabkan  karena  suatu  peristiwa  sejarah di samping unsur waktu juga punya unsur tempat atau ruang. 

4)   Gambar

Gambar  digunakan  dan  diperagakan  disusun  pada  dinding  peraga.  Gambar  harus cukup jelas, agar siswa dapat melihat dengan jelas. 

 

 

b.   Prinsip-prinsip Penggunaan Media

Media merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Oleh karena  itu,  agar  pemanfaatannya  dapat  maksimal,  maka  harus  memperhatikan beberapa  hal  bahwa  sebagian  bagian  integral  dari  proses  belajar  mengajar.

Apabila  memilih  suatu  media  pembelajaran  hendaknya  memperhatikan  beberapa prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran sebagai berikut: 

1)      Harus diketahui dengan jelas media itu bertujuan untuk apa,

2)      Pemilihan media harus secara obyektif,

3)      Tidak  ada  satu  pun  media  yang  bisa  dipakai  untuk  semua  tujuan  karena masing-masing media mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing,

4)      Pemilihan media hendaknya disesuaikan dengan metode mengajar serta materi pengajaran yang akan disampaikan,

5)      Untuk  mengenai  media  dengan  tepat,  guru  hendaknya  mengenal  ciri-ciri media,

6)      Pemilihan media supaya disesuaikan dengan kondisi fisik lingkungan, dan

7)      Pemilihan  media  juga  harus  didasarkan  pada  kemampuan,  dan  pola  belajar

8)      siswa.

5.      Penerapan  Media  Gambar  dalam  Pembelajaran  Matematika

Dalam  pembelajaran  apabila    guru  menggunakan  media  pendidikan sebagai  alat  bantu  mengajar,  dan  dapat  berkomunikasi  dengan  baik  pada  saat menyajikan  pelajaran,  siswa  akan  lebih  mudah  menerima  materi  yang disampaikan  oleh  guru.  Dalam  hal  ini  media  gambar  menjadi  salah  satu  media pembelajaran yang diharapkan akan menjadi media yang dapat menggugah minat, perasaan dan pola pikir kritis bagi siswa kelas II sekolah dasar. Sehubungan  dengan  penggunaan  media  gambar  dalam  pembelajaran maka ada beberapa langkah yang perlu ditempuh guru, yaitu:

a.   Tahap  persiapan,  langkah  ini  dilakukan  sebelum  menggunakan  media gambar, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan supaya penggunaan media  gambar  dapat  disiapkan  lebih  baik  yaitu  :  siapkan  peralatan untuk  menggunakan  media  gambar  yang  dimaksud,  kemudian merumuskan  tujuan  pembelajaran  dan  menyiapkan  berbagai  media gambar yang berhubungan dengan pokok bahasan yang diajarkan.

b.  Tahap  pelaksanaan,  kegiatan  inti  merupakan  inti  dari  pelaksanaan pembelajaran  yang  meliputi  pendahuluan,  dalam  kegiatan  ini  terdiri dari  tahapan  eksplorasi  yaitu  menggali  pengetahuan  anak  dilanjutkan dengan  tahap  elaborasi,  pelaksanaan  adalah  inti  dari  kegiatan pembelajaran  kemudian  tahapan  terakhir  dalam  kegiatan  inti  yaitu konfirmasi  yaitu  tindak  lanjut  atau  refleksi  dari  kegiatan  sebelumnya, lalu  kegiatan  penutup,  satu  hal  yang  perlu  diperhatikan  selama menggunakan  media  gambar  yaitu  hindari  kejadian-kejadian  yang dapat mengganggu ketenangan ,perhatian dan konsentasi siswa.

c.  Tahap  tindak  lanjut,  kegiatan  ini  bertujuan  untuk  memantapkan pemahaman siswa terhadap pokok-pokok materi atau pesan pengajaran yang hendak disampaikan melalui media gambar tersebut. Tahap tindak lanjut  ini  umumnya  ditandai  dengan  kegiatan  diskusi,  tes,  percobaan, observasi, latihan, dan remedial. Namun  dalam  pelaksanaan  penelitian  yang  dilakukan,  kegiatan  tindak lanjut hanya meliputi kegiatan diskusi, tes, dan observasi saja.

B.     Kerangka Berpikir

Berdasarkan kajian teori yang telah diuraikan maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan memperhatikan langkah-langkah pengembangan media yang benar, memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap hasil belajar siswa. pengembangan media pembelajaran yang baik menjadi salah satu faktor penting yang sangat menentukan berhasil tidaknya proses pembelajaran.

Dalam mengajarkan suatu konsep pada diri siswa, guru harus pandai memilih, mengembangkan dan menggunakan media pembelajaran secara bijaksana agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan hasil belajar siswa tinggi. Terutama pada mata pelajaran matematika yang abstrak, sangat membutuhkan objek yang konkret untuk mengajarkan konsep yang abstrak dalam matematika, sehingga siswa akan lebih mudah memahami konsep apa yang disampaikan oleh guru dengan bantuan media yang konkret, dan hasil belajar siswa menjadi tinggi.

Pemilihan dan pengembangan media harus sesuai dengan materi dan tingkat perkembangan siswa. Mengingat karakteristik siswa kelas rendah yang masih pada tahap operasional konktret awal, Sehingga dalam proses pembelajarannya masih membutuhkan suatu perantara yang bisa menggambarkan hal-hal yang abstrak kedalam bentuk yang konkret, yaitu yang bisa ditangkap oleh panca indera agar siswa mudah memahami konsep yang diajarkan oleh guru. Maka pengembangan media yang menarik akan memberikan pengaruh yang cukup besar dalam proses pembelajaran.

Banyak sekali jenis media pembelajaran yang bisa dikembangkan oleh guru. Salah satu media yang paling sering dipakai dan bahasa umum, serta bisa dinikmati dimana saja adalah media gambar. Media gambar merupakan salah satu media yang cukup efektif yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran matematika yang abstrak. Karena media gambar media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas dan kuat melalui suatu kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar-gambar. Dengan memperhatikan gambar siswa akan tertarik untuk belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa akan tinggi, karena konsep yang diajarkan oleh guru cepat dipahami oleh siswa.

Adapun kerangka berpikir dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas sebagaimana Gambar 2.1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

 

 

C.    Hipotesis Tindakan

Dengan mempertimbangkan dan merujuk kepada beberapa pendapat para pakar di atas, disusunlah hipotesis sebagai berikut : diduga penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar berhitung siswa pada pembelajaran matematika materi membandingkan 2 pecahan di kelas II SD Negeri ................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

 

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih