Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Monday 13 May 2024

PKP PGSD UT MAPEL IPA KELAS IV

 

 

 


 

MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN ..........................

 

 

 

 

Laporan ini Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas

Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501)

pada Program Studi S1 PGSD FKIP-UT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Oleh

 

..........................

NIM. ..........................

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS TERBUKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UPBJJ ..........................

2023

LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN HASIL PERBAIKAN

 

 

Nama Mahasiswa                        :    ..........................

N I M                                          :    ..........................

Program Studi                             :    S1 PGSD

Tempat Mengajar                        :    SDN ..........................  

Jumlah Siklus Pembelajaran        :    2 (dua) siklus

Hari dan Tanggal Pelaksanaan    :    Siklus 1  : …………………………….

                                                                         …………………………….

                                                         Siklus 2  : …………………………….

                                                                         …………………………….

Masalah yang menjadi fokus perbaikan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah:

1.    Bagaimana peningkatan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD?

2.    Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe STAD?

 

 

..........................,       Mei 2023

Menyetujui

Supervisor I

 

 

 

 

.......................................

NID. ........................

Mahasiswa,

 

 

 

 

 

..........................  

NIM. ..........................


LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT

 

 

Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka (UT) seluruhnya merupakan hasil karya saya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dalam sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila di kemudian hari  ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

           

 

..........................,      Mei 2023

Yang membuat pernyataan,

 

 

 

 

..........................  

NIM. ..........................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Segala syukur dan puji hanya bagi Tuhan Yesus Kristus, oleh karena
anugerah-Nya yang melimpah, kemurahan dan kasih setia yang besar akhirnya
peneliti dapat menyelesaikan penulisan laporan perbaikan perbelajaran yang merupakan tugas
tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).

Penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini tidak terlepas dari dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini,  ijinkanlah peneliti menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada, Yth:

1.        ……………………………….., selaku Rektor Universitas Terbuka

2.        ……………………………….., selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka

3.        ……………………………….., selaku Kepala UPBJJ-UT  .......................... yang telah memberikan ijin penelitian dan fasilitas dalam menempuh pendidikan di program S1 PGSD

4.        ....................... selaku Dosen  Pembimbing yang telah membimbing mahasiswa dengan sabar.

5.        Kepala SDN ..........................  beserta rekan-rekan guru yang telah memberi dorongan dan dukungan selama pelaksanaan kegaitan PKP;

6.        Teman sejawat yang telah membantu dalam pengumpulan data;

7.        Siswa-siswi kelas IV SDN .......................... ; dan

8.        Semua pihak yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu, yang telah membantu tersusunnya laporan ini.

Akhirnya peneliti berharap, semoga laporan ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di sekolah dasar.

..........................,        Mei 2023

 

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

 

Halaman

LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i

LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii

LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.................................................. iii

KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iv

DAFTAR ISI .................................................................................................. ...... v

DAFTAR TABEL ........................................................................................... ..... vi

DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... .... vii

DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii

ABSTRAK ...................................................................................................... ..... ix

 

BAB I     PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah  ............................................................ ...... 1

     1. Identifikasi Masalah....................................................................... 2

     2. Analisis Masalah ............................................................................ 3

     3. Alternatif Pemecahan Masalah ...................................................... 3

B. Rumusan Masalah  ............................................................................. 5

C. Tujuan Penelitian ............................................................................... 5

D. Manfaat Penelitian ............................................................................. 6

 

BAB II    KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori ....................................................................................... 7

B.  Kerangka Berpikir.......................................................................     19

C.  Hipotesis Tindakan .......................................................................... 20

 

BAB III   PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

A.  Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian, Pihak yang Membantu.. .... 21

B.  Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran......................................... 22

C.  Teknik Analisa Data ........................................................................ 30

 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran.......................... 35

B. Pembahasan  Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran.................... 47

 

BAB V    SIMPULAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT

A. Simpulan  .................................................................................... .... 55

B. Saran dan Tindak Lanjut ............................................................ .... 55

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel 2.1 Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)                      15

Tabel      3.1     Jadwal Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas...................           22

Tabel      3.2     Kriteria Penilaian Observasi Siswa.......................................           33

Tabel      4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal....................           36

Tabel      4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran pada Kondisi Awal..............................................................           36

Tabel      4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada  Siklus I                 39

Tabel      4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran pada Siklus I.........................................................................           40

Tabel      4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada Siklus II                 44

Tabel      4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Pada Siklus II.......................................................................           45

Tabel      4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II             51

Tabel      4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II                     52

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas..........................      20

Gambar    3.1  Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2020 : 46)...................      23

Gambar    4.1 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Siswa pada Studi Awal dan Siklus I                     48

Gambar    4.2 Diagram Batang Peningkatan Hasil dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Studi Awal dan Siklus I...................................................................................................      48

Gambar    4.3 Diagram Batang Peningkatan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan Siklus II...................................................................................................      50

Gambar    4.4 Diagram Garis Peningkatan Hasil dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Siklus I dan Siklus II...................................................................................................      50

Gambar    4.5 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      51

Gambar    4.6 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II         ................................................................................................... 52

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran      1   Surat Kesediaan Supervisor 2 Sebagai Pembimbing PKP

Lampiran      2 Perencanaan PTK (Fakta/Data Pembelajaran yang terjadi di kelas, Identifikasi Masalah, Analisis Masalah, Alternatif Pemecahan Masalah, dan Rumusan  Masalah)

Lampiran      3   Berkas RPP Prasiklus, RPP Perbaikan Siklus I, RPP Perbaikan Siklus II

Lampiran      4   Lembar Hasil Tes Formatif, Lembar Observasi/Pengamatan Siswa dan Guru Prasiklus, Siklus I dan Siklus II

Lampiran      5   Jurnal Pembimbingan / Kartu Kendali

Lampiran      6   Hasil Pekerjaan Siswa Terbaik dan Terburuk per Siklus

Lampiran      7   Foto Dokumentasi Kegiatan PKP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SDN ..........................

 

 

Oleh

 

..........................

..........................

………………………….. @gmail.com

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN .......................... melalui penerapan model kooperatif tipe
STAD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. V
aliditas data dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar pada kondisi awal  sebesar 16,67% atau 1 siswa, meningkat 66,67% atau 4 siswa s dan pada siklus II menjadi 6 siswa atau 100% siswa dinyatakan tuntas, sedangkan  ketuntasan dan prestasi belajar  sebanyak 1 siswa atau 16,67%, meningkat pada siklus I menjadi 3  siswa (50,00%), pada siklus II meningkat menjadi 6 siswa (100%) dengan perolehan nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 58,33, pada siklus I sebesar 73,33 meningkat menjadi 85,00 pada siklus II. Kesimpulannya adalah penerapan penerapan model kooperatif tipe
STAD
dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci : keaktifan,  hasil  belajar, STAD

 

 

BAB I
PENDAHULUAN

 

A.      Latar Belakang Masalah

IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah ilmu yang mengkaji tentang alam yaitu segala sesuatu yang terdapat di alam dan peristiwa-peristiwa yang terjadi didalamnya. Ilmu pengetahuan alam ini sangat penting dipelajari, karena segala keaktifan manusia yang selalu berhubungan erat dengan alam. Sehingga hidup manusia tergantung di alam, maka IPA dijadikan mata pelajaran mulai dari jenjang SD hingga SMA (Kusumaningrum, 2018:59). IPA juga merupakan ilmu yang bersifat empirik serta membahas tentang fakta dan gejala alam. Fakta dan gejala gejala alam tersebut bisa menjadikan pembelajaran IPA tidak hanya berbentuk verbal namun juga faktual. Hakikat IPA sebagai proses diharapkan mampu membentuk pembelajaran IPA yang empirik dan faktual (Wedyawati & Lisa, 2019:156).

Menurut Urbafani & Rozie (2022:2) pada pembelajaran IPA di SD tidak hanya menekankan konsep-konsep IPA saja, namun menenakankan juga pada proses penemuan. Dengan demikian, setelah siswa mengikuti pembelajaran IPA, siswa tidak hanya paham saja tetapi juga paham dan mengetahui keterampilan serta perilaku ilmiah pada pembelajaran IPA. Serupa dengan pendapat Nurbaeti & Sunarsih (2020:109-116) pada jenjang SD, pembelajaran IPA tidak hanya belajar tentang pemahaman konsep dan prinsip alam. Namun juga siswa belajar menemukan dan memecahkan masalah, serta bersikap ilmiah. Pembelajaran IPA SD bisa menyesuaikan situasi belajar siswa yaitu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata sehari-hari siswa dengan cara melakukan kegiatan praktikum.

Berdasarkan hasil observasi yang berkaitan dengan pembelajaran IPA kelas IV di SDN .......................... ditemukan  permasalahan yaitu prestasi belajar IPA yang kurang memuaskan. Ditandai dengan siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar, proses kegiatan belajar mengajar masih cenderung berpusat pada guru atau menggunakan metode ceramah saja, sebagian siswa terlihat bosan dan tidak tertarik pada materi pembelajaran IPA yang sedang disampaikan oleh gurunya, serta guru kurang melibatkan pengalaman nyata siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal dan belum bervariasi, menyebabkan siswa kurang aktif dan siswa hanya menerima tanpa mencari sendiri materi yang diajarkan oleh guru, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang masih rendah. Hal ini mengakibatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IV masih tergolong rendah. Senada dengan pendapat Permatasari dalam Azila, dkk (2019:155-156) guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif dalam kegiatan proses pembelajaran dan merasa bosan ketika kegiatan proses pembelajaran berlangsung. Sejalan juga dengan hasil observasi yang dilakukan oleh Annisa & Wakijo (2019:77-83) bahwa guru cenderung memakai metode ceramah serta tanya jawab. Kurangnya keinginan siswa bertanya kepada pengajar tentang materi yang belum dipahami. Sedangkan menurut hasil observasi Prastya, Sudarmiatin, & Sumarmi dalam Fauhah (2021:322) menyatakan bawah model yang dipergunakan oleh guru pada saat proses pembelajaran masih bersifat konvensional, proses pembelajaran berlangsung satu arah yaitu berasal dari guru ke siswa saja.

Hasil kegiatan awal yang telah peneliti lakukan masih terdapat perbedaan antara harapan dengan kenyataan yang terjadi dalam pembelajaran IPA. Harapan yang demikian itu nyata belum bisa dipenuhi oleh seluruh siswa kelas IV SDN ...........................  Hal ini dibuktikan dengan hanya 1 siswa yang mencapai nilai standar KKM (75) ke atas dari 6  siswa atau 16,67%%, dengan keaktifan belajar siswa yang hanya mencapai angka 16,67% atau hanya 1 siswa dari 6 siswa serta perolehan nilai rata-rata prestasi belajar secara klasikal sebesar 75.

1.    Identifikasi  Masalah

Upaya untuk mengatasi hal sebagaimana uraian di atas, peneliti mencoba berkolaborasi dengan kepala sekolah, rekan sejawat. Dari hasil diskusi dapat teridentifikasi beberapa masalah sebagai berikut :

a.    Siswa yang tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar

b.    Proses kegiatan belajar mengajar masih cenderung berpusat pada guru atau menggunakan metode ceramah saja, sebagian siswa terlihat bosan dan tidak tertarik pada materi pembelajaran IPA yang sedang disampaikan karena penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal dan belum bervariasi, menyebabkan siswa kurang aktif dan siswa hanya menerima tanpa mencari sendiri materi yang diajarkan oleh guru

c.    Guru kurang melibatkan pengalaman nyata siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja

2.    Analisis Masalah

Melalui refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dapat diketahui bahwa kemungkinan faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah

a.    Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru tidak kondusif, dalam arti tidak memberikan kesan menyenangkan siswa saat dibelajari materi pembelajaran.

b.    Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat adalah yang menjadi pemicu perilaku guru saat mempelajari siswa hingga tidak banyak berbuat sesuatu demi keberhasilannya.

c.    Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.

3.    Alternatif Pemecahan Masalah

Rendahnya  hasil  belajar dan keaktifan  belajar  IPA  dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran.

Diantara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing.  Model  ini  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  belajar  secara  bersama-sama  atau  gotong  royong  sehingga  makna  kebersamaan  sangat  dominan.  Selain  itu,  model  ini  dapat  mengaktifkan  siswa  dalam  belajar  karena  siswa  didorong  untuk mengemukakan pendapat atau menyanggah berbagai masalah  yang diajukan oleh  rekan sekelompoknya.

Dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif metode STAD ini, Menurut Slavin (2015;143) bahwa ada lima komponen utama yang perlu diperhatikan, yaitu : tahap penyajian kelas (class presentation), belajar dalam kelompok (teams), tes/kuis (quis tes), skor kemajuan individu (individual invromenti scores), penghargaan kelompok (teams recognition) Pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat memperhatikan kelompok yang beragam. Hal tersebutxdilakukan untuk menciptakan kerjasama yang baik diantara berbagai peserta didik dalam kelompok dengan mempertimbangkan latar belakang peserta didik berdasarkan prestasi belajar akademis, jenis kelamin, dan suku. Tipe ini juga memandang bahwa setiap kelompok layaknya terdiri atas 4-5 orang. Pentingnya pembagian kelompok seperti ini didasarkan pada pemikiran bahwa peserta didikxlebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika masalah itu dipelajari bersama (Priansa, 2017:320).

Pembelajaran kooperatif diharapkan peserta didik mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang mereka kuasai untuk meningkatkan kemampuan berpikir, meningkatkan wawasan, mempertajam kepekaan perasaan dalam berbagai peristiwa komunikasi, meningkatkan kemampuan mengapresiasi nilai-nilai estetik dalam berbahasa, sesuai dengan harapan pembelajaran IPA karena terbentuk dari kebiasaan saling bekerjasama, saling menghargai dan saling toleran di dalam kelompoknya.

Berdasarkan uraianxtersebut, dianggap perlu untukxmelakukan tindakanxnyata oleh guruxdalam mewujudkanxhal tersebutxdalam prosesxbelajar mengajarxdi kelas. Tindakanxkelas yang dimaksudxberupa penerapan tindakanxpembelajaran yang tepatisesuai dengan kondisi dan kebutuhanxgaya belajar siswaxdan pendekatanxdimaksud adalah pembelajaranxkooperatif model StudentxTeams AchievementxDivision (STAD).

B.     Rumusan Masalah

Dari penjelasan pada latar belakang dan identifikasi masalah di atas, maka dapat disusun rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini, yaitu :

1.    Bagaimana peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN .......................... pada pembelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD?

2.    Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN .......................... pada pembelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD?

 

C.    Tujuan Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Upaya melakukan penelitian perbaikan pembelajaran ini tidak lepas dari tujuan yang diharapkan, yaitu sebagai berikut.

1.    Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa mata kelas IV SDN .......................... pelajaran IPA materi  mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD

2.    Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN .......................... mata pelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD.

D.    Manfaat Penelitian Perbaikan Pembelajaran

Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :

  1. Manfaat Teoritis

Melalui  kegiatan  penelitian  ini  diperoleh  alat  dan  teknik  penunjang  yang lebih realistis dan aplikatif untuk keperluan optimalisasi penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD pada kelas dan mata pelajaran yang berbeda.

  1. Manfaat Praktis

a.       Siswa dapat meningkatkan keaktifan, kreativitas, dan prestasi belajar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta menumbuhkembangkan sikap kritisnya terhadap keaktifan, kreativitas, dan prestasi belajar yang telah diperolehnya.

b.      Guru dapat memperbaiki kinerjanya secara profesional, karena itu rasa percaya dirinya akan meningkat dan ikut serta berperan aktif dalam rangka mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya untuk bidang studi IPA.

c.       Membantu sekolah untuk terus berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan siswa yang menunjukkan lebih unggul baik dari segi kuantitas maupun kualitas dari sekolah lain.

 

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.      Kajian Teori

1.    Keaktifan Belajar Siswa

a.    Pengertian Keaktifan Belajar

Kamus Besar Bahasa Indonesia keaktifan berasal dari kata aktif yang memiliki arti giat (bekerja, berusaha), sedangkan keaktifan itu sendiri merupakan kegiatan atau kesibukan. Jadi, keaktifan dapat dikatakan sebagai kegiatan atau usaha yang dilakukan siswa untuk memahami materi pelajaran. Sardiman (2018:98) berpendapat bahwa keaktifan adalah kegiatan yang bersifat fisik maupun mental, yaitu berbuat dan berfikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. Dalam hal ini keaktifan siswa dapat dilihat dari kesungguhan mereka mengikuti pembelajaran. Menurut Rumiyati (2021:8) keaktifan siswa dalam belajar merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun nonfisik siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif.

Pada proses pembelajaran diperlukan metode untuk mengembangkan keaktifan dan interaksi siswa dalam pembelajaran. Menurut Sareong & Supartini (2020:82) keaktifan belajar merupakan kemampuan siswa untuk membangun dan menemukan pengetahuannya melalui kegiatan belajar. Keaktifan belajar juga dapat digunakan sebagai indikator kualitas implementasi proses pembelajaran. Proses belajar harus melibatkan beberapa keaktifan antara lain keaktifan fisik dan psikis. Keaktifan fisik adalah sesuatu yang dilakukan oleh tubuh dan melibatkan gerakan fisik, sedangkan keaktifan psikis merupakan keaktifan yang melibatkan pikiran dan perasaan siswa.

Keaktifan belajar dapat diciptakan melalui desain pembelajaran yang bervariatif dan menarik namun harus tetap sejalan dengan tujuan awal yang sudah ditentukan oleh guru. Hal ini selaras dengan pendapat Dimyati dan Mujiono (2015:95) yang menyebutkan bahwa keaktifan belajar adalah kegiatan fisik dan mental seseorang dalam melaksanakan sesuatu sebagai usaha mencapai tujuan. Guru dalam mengajar perlu menentukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu. Tujuan ini merupakan sebuah hal yang harus dicapai oleh siswa. Keaktifan belajar ini digunakan untuk mengkonstruksikan pengetahuan siswa. Siswa akan menjadi lebih memperkuat pemahamannya melalui keaktifan belajar. Guru harus berusaha sedemikian rupa untuk menciptakan keaktifan belajar siswa yang baik. Hal ini dapat diupayakan melalui desain metode, media pembelajaran dan model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, dapat pula dengan membangun komunikasi interpersonal yang baik dengan siswa. Harapannya melalui upaya yang dilakukan guru dapat tercapai keaktifan belajar yang sesuai dengan harapan guru.

Jadi, menurut pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa keaktifan itu merupakan suatu usaha yang ditunjukkan dan dilakukan oleh siswa baik secara fisik ataupun non fisik pada saat pembelajaran guna memahami materi pelajaran yang diajarkan sehingga dapat tercapainya tujuan dari pembelajaran.

b.    Jenis Keaktifan belajar

Keaktifan belajar tidak hanya berkaitan dengan interaksi di dalam kelas tetapi juga mencakup hal yang lain. Sudjana (Hartika & Mariana, 2019) menyatakan keaktifan siswa dapat dilihat dalam hal:

1)   Berpartisipasi dalam memenuhi tugas belajar

2)   Berperan dalam memecahkan suatu masalah

3)   Bertanya kepada guru atau siswa lain jika mengalami kesulitan dalam mencermati persoalan yang sedang dihadapi

4)   Mencoba mencari referensi atau informasi yang dibutuhkan dalam memecahkan suatu permasalahan

5)   Melakukan diskusi kelompok sesuai instruksi yang diberikan guru

6)   Mengevaluasi dan menilai kemampuan serta hasil yang didapatkan

7)   Berlatih menyelesaikan soal atau permasalahan yang sejenis

8)   Kesempatan untuk mengimplementasikan hal yang didapat dalam menyelesaikan tugas atau persoalan.

Melalui pendapat tersebut dapat dilihat bahwa keaktifan belajar juga meliputi dalam hal memperhatikan, memahami, melaksanakan perintah dan lain-lain. Keaktifan belajar sangat bervariasi, disini peran guru sangat dibutuhkan untuk mencapai keaktifan belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.

Diedrich (dalam Sardiman (2018:101) mengategorikan kegiatan yang menunjukkan keaktifan siswa dalam belajar sebagai berikut:

1)   Visual activities, misalnya memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan dan membaca.

2)   Oral activities, misalnya mengemukakan pendapat, memberi pertanyaan dan saran, menyatakan dan terlibat diskusi.

3)   Listening activities, misalnya mendengarkan penjelasan, pidato dan mendengarkan musik.

4)   Writing activities, contohnya menulis laporan, membuat cerita dan menyalin.

5)   Drawing activities, misalnya menggambar, membuat diagram dan grafik serta membuat sketsa.

6)   Motor activities, misalnya membuat konstruksi dan melakukan percobaan untuk menguji hipotesis.

7)   Mental activities, contohnya memecahkan soal, menganalisa, menanggapi permasalahan dan mengambil keputusan.

8)   Emotional activities, misalnya bersemangat, bergairah, gembira dan tenang.

Keaktifan belajar sangat kompleks sehingga diperlukan upaya yang tinggi untuk mencapai hal tersebut. Guru harus memberi ruang kepada siswa untuk aktif dalam mencari dan memperoleh informasi agar tercapai keaktifan belajar yang diinginkan. Melalui pemberian ruang kepada siswa untuk aktif dapat membuat siswa merasa bebas mengeluarkan potensi-potensinya sehingga akan terjadi komunikasi interpersonal yang baik dan dapat memengaruhi keaktifan siswa. Tidak hanya dengan memperbaiki komunikasi interpersonal saja melainkan masih banyak hal yang dapat diupayakan oleh guru seperti memberi motivasi dan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan.

c.    Indikator Keaktifan Belajar

Berdasarkan kajian pustaka yang telah disebutkan dapat dikatakan bahwa keaktifan belajar adalah sebuah keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Keterlibatan yang dimaksud adalah keterlibatan pada berbagai aspek seperti diskusi, pengerjaan tugas, presentasi, memecahkan masalah dan lain-lain (Yuwono & Andriani, 2020). Pada penelitian ini indikator yang digunakan mengacu pada indikator keaktifan belajar yang dikemukakan oleh Sudjana (Hartika & Mariana, 2019) yaitu:

1)   Berpartisipasi dalam memenuhi tugas belajar, artinya siswa berperan aktif mengerjakan tugas yang telah disampaikan oleh guru.

2)   Berperan dalam memecahkan suatu masalah, siswa mencari penyelesaian soal yang sudah disampaikan baik secara individu maupun kelompok.

3)   Bertanya kepada guru atau siswa lain apabila mengalami kesulitan dalam mencermati persoalan yang sedang dihadapi, apabila siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi siswa berani bertanya kepada guru atau siswa lain yang dirasa mampu memberikan pengertian dan pemahaman kepada siswa.

4)   Mencoba mencari referensi atau informasi yang dibutuhkan dalam memecahkan suatu permasalahan, artinya siswa aktif dalam mencari informasi untuk permasalahan yang sedang dihadapinya seperti mencari referensi di perpustakaan atau sumber internet.

5)   Melakukan diskusi kelompok sesuai instruksi yang diberikan guru, artinya siswa terlibat aktif dalam melaksanakan diskusi kelompok baik untuk berpendapat maupun mengerjakan tugas kelompok hingga selesai.

6)   Mengevaluasi dan menilai kemampuan beserta hasil yang didapatkan, maksudnya siswa mampu mengetahui apakah dirinya itu mampu atau tidak dalam menyelesaikan soal yang diberikan dan kemudian siswa tahu bagaimana cara menyikapi hal tersebut.

7)   Berlatih menyelesaikan soal atau permasalahan yang sejenis, siswa terlibat aktif dalam menyelesaikan soal yang sama dengan materi yang sudah diberikan guru.

8)   Kesempatan untuk mengimplementasikan hal yang didapat dalam menyelesaikan tugas atau persoalan, artinya siswa menggunakan atau menerapkan rumus yang sudah diajarkan untuk menyelesaikan persoalan dan tugas yang dimilikinya.

Indikator tersebut digunakan dalam penelitian ini dan melalui indikator tersebut dapat dilihat bahwa cakupan keaktifan belajar lebih luas. Ketercapaian indikator dapat dilihat pada proses pembelajaran apakah siswa sudah melakukan kegiatan yang terdapat pada indikator tersebut atau belum.

2.    Prestasi Belajar

Prestasi belajar terdiri dari dua kata, yaitu prestasi dan belajar. Pada setiap kata tersebut memiliki makna tersendiri. Prestasi sebagai hasil yang telah di raih, dilakukan, diperoleh baik oleh individu atau kelompok. Menurut Dahar yang dikutip oleh Djamarah (Rosyid, 2019:6) “prestasi adalah apa yang telah dapat diciptakan, hasil pekerjaan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan keuletan kerja”. Sedangkan menurut Purwodarminto (Rosyid, 2019:6) “prestasi adalah hasil sesuatu yang telah dicapai”. Prestasi berdasarkan pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan menjadi suatu kegiatan yang menghasilkan.

Makna belajar, sebagai suatu pandangan untuk memperoleh ilmu, atau perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman, artinya belajar merupakan suatu proses suatu kegiatan. Menurut (Rosyid, 2019:19) “belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya”. Sedangkan Menurut Gagne (Susanto, 2016:1) “belajar dimaknai sebagai suatu proses untuk memperoleh motivasi dalam pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, dan tingkah laku”. Berdasarkan pendapat di atas, belajar sebagai suatu proses keseluruhan untuk memperoleh perubahan pengetahuan, tingkah laku dan keterampilan.

Prestasi dalam belajar sebagai hasil dari proses belajar yang dilakukan siswa untuk memperoleh perubahan kognitif, afektif dan psikomotor. “Prestasi belajar adalah penilaian pendidikan tentang kemajuan siswa dalam segala hal yang dipelajari di sekolah yang menyangkut pengetahuan atau keterampilan yang dinyatakan sesudah hasil penelitian” (Rosyid, 2019:9). Sedangkan Menurut Sutratinah Tirtonegoro (Rosyid, 2019:9) “prestasi belajar sebagai penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu”.

Berdasarkan beberapa pendapat ahli diatas, dapat disimpulkan prestasi belajar merupakan penilaian hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam proses belajar yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif dalam periode tertentu.

3.    Pembelajaran IPA

a.    Pengertian IPA

Putu Yulia Angga Dewi, dkk. (2021:3) menyatakan IPA adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai gejala-gejala alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah. Hisbullah dan Nurhayati Selvi (2018:1) menyatakan IPA adalah sekumpulan pengetahuan tentang objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan dengan keterampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah. Trianto (2015:136-137) menyatakan IPA adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam, lahir dan berkembang melaluli metode ilmiah seperti observasi dan eksperimen serta menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, jujur, dan sebagainya.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa IPA adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada objek dan fenomena alam yang menuntut sikap ilmiah seperti rasa ingin tahu, terbuka, dan jujur.

b.    Pengertian Pembelajaran IPA

 Ilmu Pengetahuan Alam adalah salah satu mata pelajaran di sekolah dasar (SD) yang memegang peranan penting dalam membentuk siswa menjadi berkualitas. IPA merupakan pembelajaran alam yang memiliki hubungan yang luas terhadap dengan kehidupan manusia. Wahab jufri (2017:132) “Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah pelajaran yang berorientasi pada fakta, prinsip, generalisasi, hukum, teori tentang alam yang menarik untuk dikaji, bermamfaat, selalu berkembang, dan berlaku global”. Samidi dan Istarani (2016:5) “Ilmu Pengetahuan Alam adalah ilmu yang berhubungan dengan gejala-gejala alam dan kebendaan yang sistematis yang tersusun secara teratur, berlaku umum yang berupa kumpulan dari hasil observasi dan eksperimen. Ahmad Susanto (2016:165) “Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia termasuk jenjang sekolah dasar”.

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA adalah ilmu yang berorientasi pada fakta, prinsip, generalisasi, hokum, teori tentang alam dengan hokum yang pasti dan umum.

c.    Tujuan Pembelajaran IPA

 Tujuan pembelajaran IPA adalah untuk memahami konsep-konsep lingkungan alam dengan benar dan bias menjawab persoalan-persoalan yang terjadi di lingkungan sekitar. Ahmad Susanto (2016:171) tujuan pembelajaran IPA di sekolah dasar adalah:

1)   Memperoleh keyakinan terhadap kebesarab Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaanya.

2)   Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

3)   Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.

4)   Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.

5)   Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam

6)   Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan tuhan

7)   Memperoleh bekal pengetahuan, konsep, dan keterampiln IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP .

Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran IPA adalah seseorang dapat memahami dan mengembangkan konsep pembelajaran IPA mengenai alam

4.    Model Cooperative Learning

Pembelajaran kooperatif (group learning) merupakan kelompok pembelajaran yang didalamnya terdapat interaksi antar anggotanya. Anggota dalam kelompok tersebut dipilh secara heterogen atau acak. Pembelajaran kooperatif memungkinkan setiap anggotanya berpartisipasi aktif bekerja sama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru. Selain itu anggota dalam suatu kelompok juga berinteraksi dengan kelompok lain dalam pembelajaran di kelas (Warsono, 2017:161).

Pembelajaran kooperatif adalah salah satu bentuk pembelajaran yang berdasarkan paham konstruktivisme. Secara filosofis, belajar menurut teori konstuktivisme adalah membangun pengetahuan sedikit demi sedikit, yang kemudian hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong konyong. Pembelajaran kooperatif menurut Eggen and Kauchak dalam Trianto (2018:58) merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama. Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan memnuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama siswa yang berbeda latar belakangnya. Jadi dalam pembelajaran kooperatif siswa berperan ganda yaitu sebagai siswa ataupun sebagai guru. Dengan bekerja secara kolaboratif untuk mencapai sebuah tujuan bersama, maka siswa akan mengembangkan keterampilan berhubungan dengan sesame manusia yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan di luar sekolah. Menurut Ibrahim, dkk dalam Trianto (2018:59) Tujuan pembelajaran ini mencakup 3 (tiga) tujuan penting, yaitu prestasi belajar akademik, penerimaan terhadap keberagaman, dan pengembangan keterampilan sosial.

Terdapat enam langkah utama atau tahapan didalam pelajaran yang menggunakan pembelajaran kooperatif. Langkah-langkah tersebut disajikan dalam bentuk table sebagai berikut:

Tabel 2.1 Langkah-langkah Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)

 

Fase

Kegiatan Guru

Fase-1

Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa

Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.

Fase-2

Menyajikan /menyampaikan informasi

Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasikan atau lewat bahan bacaan

Fase -3

Mengorganisasikan siswa dalam kelompok kelompok belajar

Menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.

Fase-4

Membimbing kelompok bekerja dan belajar

Membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka

Fase-5

Evaluasi

Mengevaluasi prestasi belajar tentang materi uang telah diajarkan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya

Fase-6Memberikan penghargaan

Mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun prestasi belajar individu dan kelompok

 

5.    Konsep Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD

a.    Pengertian Model Student Team Achievment Division (STAD)

Pembelajaran kooperatif tipe STAD ini merupakan salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang peserta didik secara heterogen. Diawali dengan penyampaian tujuan pembelajaran, penyampaian materi, kegiatan kelompok, kuis, dan penghargaan kelompok (Trianto, 2018:52-54). bahwa pada STAD siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi belajar, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pelajaran, dan kemudian peserta didik bekerja dalam tim mereka memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Kemudian, seluruh peserta didik diberi tes tentang materi tersebut, pada saat tes ini mereka tidak diperbolehkan saling membantu Slavin dalam (Handayani, 2019: 3).

Seperti halnya pembelajaran lainnya, pembelajaran kooperatif tipe STAD ini juga membutuhkan persiapan yang matang sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Persiapan-persiapan tersebut antara lain:

1)   Perangkat pembelajaran

Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran ini perlu dipersiapkan perangkat pembelajarannya, yang meliputi rencana pembelajaran (RP), buku peserta didik, lembar kegiatan peserta didik (LKS) beserta lembar jawabnya.

2)   Membentuk kelompok kooperatif

Menentukan anggota kelompok diusahakan agar kemampuan peserta didik dalam kelompok adalah heterogen dan kemampuan antar satu kelompok dengan kelompok lainnya relatif homogen. Apabila memungkinkan kelompok kooperatif perlu memperhatikan ras, agama, jenis kelamin, dan latar belakang sosial.

3)   Menentukan skor awal

Skor awal yang dapat digunakan dalam kelas kooperatif adalah nilai ulangan sebelumnya.Skor awal ini dapat berubah setelah ada kuis. Misalnya pada pembelajaran lebih lanjut dan setelah diadakan tes, maka hasil tes masing masing individu dapat dijadikan skor awal.

4)   Pengaturan tempat duduk

Pengaturan tempat duduk dalam kelas kooperatif perlu juga diatur dengan baik, hal ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran kooperatif apabila tidak ada pengaturan tempat duduk dapat menimbulkan kekacauan yang menyebabkan gagalnya pembelajaran pada kelas kooperatif.

5)   Kerja kelompok

Untuk mencegah adanya hambatan pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, terlebih dahulu diadakan diadakan latihan kerjasama kelompok.Hal ini bertujuan untuk lebih jauh mengenalkan masing-masing individu dalam kelompok (Trianto 2018:54).

Ciri khas model pembelajaran STAD adalah menggunakan kelompok kelompok kecil dengan jumlah anggota tiap kelompok 4-5 orang peserta didik secara heterogen serta penyampaian materi dilakukan oleh guru. Model ini dirancang agar peserta didik dapat bekerjasama dengan anggota kelompoknya atau antar kelompok sehingga melatih interaksi sosial.

b.    Keunggulan Dan Kelemahan STAD

Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) ini mempunyai kelebihan dan kekurangan menurut (Sanjaya, 2016:69), yaitu:

1)   Pelajaran kooperatif membantu siswa mempelajari isi materi pelajaran yang sedang di bahas. Adanya anggota kelompok lain yang menghindari kemungkinan siswa mendapatkan nilai rendah, karena dalam penetesan lisan siswa di bantu oleh anggota kelompoknya.

2)   Pembelajaran kooperatif menjadikan siswa mampu belajar berdebat, belajar mendengarkan pendapat orang lain, dan mencatat hal-hal yang bermanfaat untuk kepentingan Bersama-sama.

3)   Pembelajaran kooperatif menghasilkan pencapaian belajar siswa yang tinggi menambah harga diri siswa dan memperbaiki hubungan dengan teman sebaya.

4)   Hadiah atau penghargaan yang di berikan akan memberikan dorongan bagi siswa untuk mencapai hasil yang lebih tinggi

5)   Siswa yang lambat berpikir dapat di bantu untuk menambahkan ilmu penggetahuanya. Pembentukan kelompok kecil memudahkan guru untuk memonitor siswa dalam bekerja sama. ((Sanjaya, 2016:69)

 Disamping itu mengulas beberapa kendala dan kelemahan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai berikut:

1)   Pembelajaran kooperatif tipe STAD bukanlah obat yang paling mujarab untuk memecahkan masalah yang timbul kelompok kecil

2)   Adanya ketergantungan sehingga siswa yang lambat berpikir tidak dapat berlatih belajar mandiri

3)   Memerlukan waktu yang lama sehingga target pencapaian kurikulum tidak dapat di penuhi

4)   Tidak dapat menerapkan materi pelajaran secara cepat

5)   Penilaian terhadap individu dan kelompok serta pemberian hadiah menyulitkan bagi guru untuk melaksanakanya

6)   Kerja kelompok hanya melibatkan mereka yang mampu memimpin dan mengarahkan mereka yang kurang pandai dan kadang-kadang menuntut tempat yang berbeda dan gaya-gaya mengajar berbeda (Sanjaya, 2016:89).

B.       Kerangka Berpikir

Model pembelajaran merupakan suatu setrategi pembelajaran dimana dalam pembelajaran itu akan mengajak peserta didik untuk belajar lebih aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi keaktifan pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari dalam kehidupan nyata.dengan pembelajaran aktif ini, pesrta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental tetapi juga melibatkan fisik.

Rendahnya  hasil  belajar dan minat  belajar IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dipengaruhi oleh  berbagai  faktor.  Faktor  yang  mendukung  pelaksanaan  pembelajaran  pada  dasarnya sangat kompleks dan bisa ditinjau dari berbagai aspek. Adapun hal yang  paling mendasar dan menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran diantaranya  sarana  dan  prasarana  yang  memadai,  situasi  dan  kondisi  yang  kondusif,  faktor  guru, faktor siswa, termasuk pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Sebagai upaya perbaikan maka perlu pemilihan dan penggunaan model pembelajaran yang tepat agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Di antara  berbagai  model  pembelajaran,  satu  diantaranya  adalah  model  cooperative learning tipe STAD, yaitu pembelajaran berkelompok dimana siswa dapat saling  membantu dalam proses pembelajaran sehingga siswa yang kurang dapat dibantu  oleh  teman  kelompoknya  selain  oleh  guru  sebagai  pembimbing. 

Model Pembelajaran STAD yaitu, guru menjelaskan materi sebagai pengantar, kemudian guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan materi yang diberikan. Kemudian setiap kelompok diminta untuk melakukan presentasi secara suka rela. Dan kelompok mengirimkan anggota mereka untuk membagikan hasil diskusi kelompok mereka. Kemudian kembali pada keadaan semula dan materi diakhiri dengan membuat kesimpulan yang dipandu oleh guru. Pada dasarnya model pembelajaran apapun lebih mudah diterapkan pada siswa yang memiliki tingkat keaktifan, intelegensi dan motivasi yang tinggi. Pada Model Pembelajaran STAD dimana peserta didik diberikan kebebasan untuk mengutarakan pendapat, maka yang terjadi ialah siswa yang memiliki keaktifan lebihlah yang akan mendominasi kelas itu. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat di gambarkan paradigma penelitian ini sebagai berikut..

Adapun bagan kerangka berpikir dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.      Hipotesis Tindakan

Berdasarkan pada uraian di atas peneliti dapat merumuskan hipotesis tindakan, yaitu penggunaan model Cooperative Learning Tipe STAD dalam pembelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia diduga  dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN .......................... semester 2 tahun pelajaran 2022/2023.

 

 

 

BAB III

PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN

 

A.  Subjek, Tempat dan Waktu Penelitian, Pihak yang Membantu

1.    Subjek Penelitian

Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa terdiri dari siswa laki-laki  4 siswa dan perempuan  2 siswa.

2.    Tempat dan Waktu Penelitian

a.    Tempat Penelitian

Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SDN .......................... yang beralamat di RT 14 Dusun Tanjung Pasir Desa Rambutan Masam Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batang Hari Provinsi Jambi.

b.    Waktu Penelitian

Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah 3 bulan, yaitu dari bulan Maret 2023 sampai Mei 2023 dengan perhitungan waktu kurang lebih 12 minggu. Secara lebih rinci dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel 3.1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas

 

No

Kegiatan

Minggu Ke

Maret

April

Mei

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

I.

Persiapan













1

Perencanaan












II.

Pelaksanaan













1

Proses pembelajaran









2

Evaluasi











3

Analisis Data












4

Penyusunan Hasil












III.

Laporan













1

Pelaporan Hasil











 

 

3.    Pihak yang Membantu

Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Selama proses pengambilan data, peneliti dibantu oleh teman sejawat.

Nama                             :     ……………………….

NIP                                :     …………………….

Pekerjaan/Jabatan          :     Guru Kelas IV

Tugas                             :     Sebagai teman sejawat yang telah membantu dalam hal pengamat, teman diskusi, membantu dalam mengumpulkan data dan menganalisis masalah.

B.     Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran

PTK merupakan kegiatan perbaikan pembelajaran yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yang saling berkaitan dan berdaur atau siklus dengan empat langkah utama yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tahapan PTK di sini sebenarnya merupakan reflektif guru pada permasalahan yang dihadapi dalam kelasnya. Dari sinilah penelitian tindakan kelas akan dilakukan. Penjelasan secara rinci mengenai daur siklus PTK sebagaimana gambar 3.1 di bawah ini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.1  Daur PTK (dimodifikasi dari Arikunto, 2020 : 46)

 

Prosedur sebagaimana dijelaskan pada daur PTK di atas, selanjutkan ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan :

1.      Perencanaan

Perencanaan selalu mengacu kepada tindakan apa yang dilakukan, dengan mempertimbangkan keadaan dan suasana objektif dan subyektif. Dalam perencanaan tersebut, perlu dipertimbangkan tindakan khusus apa yang dilakukan, apa tujuannya. Mengenai apa, siapa melakukan, bagaimana melakukan, dan apa hasil yang diharapkan. Setelah pertimbangan itu dilakukan, maka selanjutnya disusun gagasan-gagasan dalam bentuk rencana yang dirinci. Kemudian gagasan-gagasan itu diperhalus, hal-hal yang tidak penting dihilangkan, pusatkan perhatian pada hal yang paling penting dan bermanfaat bagi upaya perbaikan yang dipikirkan. Sebainya perencanaan tersebut didiskusikan dengan Guru yang lain untuk memperoleh masukan.

2.      Pelaksanaan Tindakan

Jika perencanan yang telah dirumuskan sebelumnya merupakan perencanaan yang cukup matang, maka proses tindakan semata-mata merupakan pelaksanaan perencanaan itu. Namun, kenyataan dalam praktik tidak sesederhana yang dipikirkan. Oleh sebab itu, pelaksanaan tindakan boleh jadi berubah atau dimodifikasi sesuai dengan keperluan di lapangan. Tetapi jangan sampai modifikasi yang dilakukan terlalu jauh menyimpang. Jika perencanaan yang telah dirumuskan tidak dilaksanakan, maka Guru hendaknya merumuskan perencanaan kembali sesuai dengan fakta baru yang diperoleh.

3.      Pengamatan

Hal yang tidak bisa dilupakan, bahwa sambil melakukan tindakan hendaknya juga dilakukan pemantauan secara cermat tentang apa yang terjadi. Dalam pemantauan itu, lakukan pencatatan-pencatatan sesuai dengan form yang telah disiapkan. Catat pula gagasan-gagasan dan kesan-kesan yang muncul, dan segala sesuatu yang benar-benar terjadi dalam proses pembelajaran. Secara teknis operasional, kegiatan pemantauan dapat dilakukan oleh Guru lain. Di sinilah letak kerja kolaborasi antar profesi. Namun, jika petugas pemantau itu bukan rekanan peneliti, sebaiknya diadakan sosialisasi materi pemantauan untuk menjaga agar data yang dikumpulkan tidak terpengaruh minat pribadinya. Untuk memperoleh data yang lebih obyektif,

4.      Refleksi

Refleksi adalah suatu upaya untuk mengkaji apa yang telah terjadi, yang telah dihasilkan, atau apa yang belum dihasilkan, atau apa yang belum tuntas dari langkah atau upaya yang telah dilakukan. Dengan perkataan lain, refleksi merupakan pengkajian terhadap keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan

Prosedur yang dilaksanakan peneliti melalui pendekatan kolaboratif terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tindakan. Penelitian tindakan kelas melalui pendekatan kolaboratif terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penjelasan kegiatan pada setiap siklusnya sebagaimana diuraikan di bawah ini.

  1. Siklus I

Pelaksanaan siklus I dibagi dalam dua pertemuan. Masing-masing
pertemuan dialokasikan selama dua jam pelajaran (
70 menit). Pada setiap
pertemuan, peneliti akan menggunakan dua jam pelajaran untuk menerapkan
model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dan pada akhir siklus, peneliti akan mengadakan tes formatif. Tindakan yang akan dilaksanakan pada siklus I antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.

a.    Perencanaan

Perencanaan dilakukan oleh peneliti sebelum penelitian dilaksanakan. Dalam tahap ini, peneliti mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dan melaksanakan beberapa tindakan untuk mendukung jalannya penelitian. Tindakan yang dilaksanakan peneliti pada tahap perencanaan antara lain: (1) mengidentifikasi masalah yang dihadapi peneliti dan siswa dalam proses pembelajaran; (2) merancang skenario pembelajaran yang mengarah pada model cooperative learning tipe STAD siklus I; (3) merancang alat peraga, media, lembar kegiatan siswa dan kisi-kisi tes formatif siklus I; (4) menyusun lembar pengamatan akivitas siswa siklus I; (5) menyusun tes formatif siklus I.

b.    Pelaksanaan

Tindakan yang dilakukan guru saat pelaksanaan penelitian antara lain: (1) menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan, dibuat dengan model cooperative learning tipe STAD; (2) menyiapkan media dan lembar kegiatan siswa; (3) melakukan presensi siswa sebelum memulai pelajaran; (4) memberikan pelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan ceramah diselingi tanya jawab; (5) membagi siswa menjadi 4 kelompok sesuai dengan nilai awal siswa; (6) membimbing siswa dalam kerja kelompok; (7) mengkonfirmasi jawaban setiap kelompok; (8) memberikan kuis dan piagam penghargaan; (9) menyimpulkan materi pembelajaran; (10) siswa mengerjakan tes formatif I pada akhir siklus I. Pada pembagian kelompok, nilai awal diambil dari nilai tes formatif siswa pada prasiklus. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa yang heterogen. Masing masing kelompok akan menerima lembar kegiatan siswa yang berbeda dari kelompok lainnya. Konfirmasi jawaban setiap kelompok dilaksanakan dengan cara setiap kelompok maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain dipersilakan untuk mengomentari jawaban dari kelompok yang sedang melakukan presentasi. Dalam hal ini guru bertugas meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat. Setelah pengkonfirmasian jawaban, guru memberikan kuis. Kuis diberikan guru dalam bentuk tes individu dengan mengerjakan soal evaluasi, kemudian dari nilai tes individu tersebut guru menentukan skor perkembangan siswa. Skor perkembangan siswa yang baru, digunakan untuk pembentukan kelompok pada pertemuan selanjutnya.

 

c.    Pengamatan

Pengamatan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan indikator yang telah ditentukan. Pengamatan dilaksanakan oleh peneliti pada setiap pertemuan selama siklus penelitian. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka pengamatan difokuskan pada:

1)        Prestasi belajar

Pengamatan prestasi belajar dilakukan dengan menggunakan tes formatif 1 yang diberikan guru pada akhir siklus I. Pengamatan prestasi belajar ini meliputi: (1) nilai rata-rata kelas; (2) banyaknya siswa yang tuntas belajar; (3) persentase tuntas belajar klasikal.

2)        Keaktifan siswa

Pengamatan keaktifan siswa meliputi (1) berpartisipasi dalam memenuhi tugas belajar, (2) berperan dalam memecahkan suatu masalah, (3) bertanya kepada guru atau siswa lain, (4) mencoba mencari referensi atau informasi yang dibutuhkan, (5) melakukan diskusi kelompok, (6) mengevaluasi dan menilai kemampuan beserta hasil yang didapatkan, (7) berlatih menyelesaikan soal atau permasalahan yang sejenis dan (8) kesempatan untuk mengimplementasikan hal yang didapat dalam menyelesaikan tugas atau persoalan

d.   Refleksi

Refleksi ini merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan dalam pemberian tindakan saat penelitian berlangsung. Refleksi dilakukan dengan menganalisis hasil pengamatan terhadap hasil semua kegiatan pada siklus I dan hasil diskusi yang dilakukan bersama pengamat untuk memperoleh gambaran berupa hal apa saja yang perlu diperbaiki Melalui pengamatan terhadap tindakan yang sudah dilakukan, dapat diketahui hal-hal yang perlu diperbaiki agar prestasi belajar, keaktifan siswa  dapat mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk merencanakan tindakan selanjutnya padasiklus II.

  1. Siklus II

Siklus II dilaksanakan dalam dua pertemuan. Masing-masing pertemuan dilaksanakan dalam dua jam pelajaran. Tes Formatif akan dilaksanakan pada akhir siklus II. Diharapkan pada siklus ke II ini, ada peningkatan hingga memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan baik dari prestasi belajar siswa, keaktifan siswa dalam pembelajaran. Tindakan yang akan dilaksanakan dalam siklus II ini antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

a.    Perencanaan

Perencanaan yang dilakukan pada siklus II sama dengan perencanaan pada siklus I. Perencanaan pada siklus II lebih dimatangkan agar prestasi belajar, keaktifan siswa meningkat hingga memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan. Tindakan yang dilaksanakan peneliti pada tahap perencanaan antara lain: (1) merancang skenario pembelajaran yang mengarah pada model cooperative learning tipe STAD siklus II (2) merancang alat peraga, media, lembar kegiatan siswa, dan kisi-kisi tes formatif siklus II (3) menyusun lembar pengamatan akivitas siswa siklus II; (4) menyusun tes formatif siklus II sesuai dengan kisi-kisi yang telah dibuat guru. Tindakan perencanaan disusun berdasarkan refleksi pada siklus pertama, sehingga ada perbaikan-perbaikan dari siklus I yang akan diterapkan pada siklus ke II.

b.    Pelaksanaan

Pelaksanaan tindakan merupakan implementasi atau penerapan isi
rancangan, yaitu menggunakan tindakan kelas. Tindakan yang
dilakukan guru saat pelaksanaan penelitian antara lain: (1) menyiapkan rencana pembelajaran. Rencana pembelajaran yang telah disiapkan dibuat dengan model cooperative learning tipe STAD; (2) menyiapkan media dan lembar kegiatan siswa; (3) melakukan presensi siswa sebelum memulai pelajaran; (4) memberikan pelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia dengan ceramah diselingi tanya jawab; (5) membagi siswa menjadi 4 kelompok sesuai dengan nilai awal siswa; (6) membimbing siswa dalam kerja kelompok; (7) mengkonfirmasi jawaban setiap kelompok; (8) memberikan kuis dan piagam penghargaan; (9) menyimpulkan materi pembelajaran; (10) siswa mengerjakan tes formatif pada akhir siklus II. Pada pembagian kelompok berdasarkan nilai awal, diambil dari nilai tes formatif siswa pada prasiklus. Setiap kelompok terdiri dari 3-4 siswa yang heterogen. Masing-masing kelompok akan menerima lembar kegiatan siswa yang
berbeda dari kelompok lainnya.
Konfirmasi jawaban setiap kelompok dilaksanakan dengan cara setiap kelompok maju mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Kelompok lain dipersilakan untuk mengomentari jawaban dari kelompok yang sedang melakukan presentasi. Dalam hal ini guru bertugas meluruskan jawaban siswa yang kurang tepat. Setelah pengkonfirmasian jawaban, guru memberikan kuis. Kuis diberikan guru dalam bentuk tes individu dengan mengerjakan konfirmasi jawaban soal evaluasi, kemudian dari nilai tes individu tersebut guru menentukan skor perkembangan siswa.

c.    Pengamatan

Pengamatan yang dilakukan pada siklus II sama seperti yang dilakukan pada siklus I. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat perubahan dan perkembangan yang terjadi pada siklus I. Alat pengukuran pengamatan juga sama yaitu: prestasi belajar siswa menggunakan tes formatif, keaktifan belajar siswa menggunakan lembar pengamatan keaktifan siwa berdasarkan deskriptor yang telah dibuat peneliti.

d.   Refleksi

Pada refleksi ini dimaksudkan untuk mengkaji semua tindakan baik pada siklus I maupun siklus II. Pada tahap ini peneliti membandingkan prestasi belajar siswa, keaktifan siswa pada siklus II dengan prestasi belajar siswa, keaktifan siswa pada siklus I. Hasil perbandingan tersebut, kemudian dianalisis sebagai upaya untuk mengetahui tingkat perubahan yang terjadi selama penelitian. Jika selama proses penelitian terjadi peningkatan prestasi belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan, maka dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi mengenal keanekaragaman hewan langka di Indonesia.

 

C.    Teknik Analisis Data

1.                Data dan Sumber Data

a.    Data

Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas:

1)        Proses belajar mengajar berupa data hasil observasi baik terhadap guru maupun siswa.

2)        Data prestasi belajar / tes formatif pra siklus, siklus I dan siklus II.

b.    Sumber Data

Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan siswa  kelas IV SDN .......................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa terdiri dari siswa laki-laki  4 siswa dan perempuan 2 siswa

2.                Teknis Pengumpulan Data

a.    Tes

Menurut Sudjiono dalam Dadang dan Narsim (2015:48), tes adalah (cara yang dapat dipergunakan) atau prosedur (yang perlu ditempuh) dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan (yang harus dijawab), atau perintah perintah (yang hasrus dikerjakan) oleh testee, sehingga (atas dasar data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut) dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkah laku prestasi testee; nilai mana dapat dibandingkan dengan nilai-nilai tertentu. Arikunto dalam Dadang dan Narsim (2015:48) menyatakan bahwa tes yaitu serentetan pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan atau kelompok. Dengan kata lain tes merupakan alat yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan kemampuan individu atau kelompok. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes maupun non tes merupakan serangkaian pertanyaan yang di dilakukan peneliti untuk mengetahui hasil dari suatu perubahan proses penelitian tindakan kelas.

b.    Observasi

Menurut Arikunto dalam Dadang dan Narsim (2015:49) observasi sebagai sutau aktivitas yang sempit yakni memperhatikan sesutu dengan mata. Di dalam pengertian psikologik, observasi atau disebut pula pengamatan meliputi kegiatan pemuatan perhatian terhadap suatu objek dengan menggunakan seluruh alat indera. Nana Sudjana dalam Dadang dan Narsim (2015:50) observasi atau pengamatan sebagai alat penilaian banyak digunakan untuk mengukur tingkah laku individu ataupun proses terjadinya suatu kegiatan yang dapat diamati, baik dalam situasi yang sebenarnya maupun dalam situasi buatan. Observasi dalam penelitian tindakan kelas hendaknya dilakukan secara langsung oleh peneliti dan observer dalam kegiatan pembelajaran. Margono dalam Dadang dan Narsim (2015:50) menyatakan bahwa pada dasarnya teknik observasi digunakan untuk melihat dan mengamati perubahan fenomena-fenomena social yang tumbuh dan berkembang yang kemudian dapat dilakukan perubahan atas penilaian tersebut, bagi pelaksana observer untuk melihat objek moment tertentu, sehingga mampu memisahkan antara yang diperlukan dengan yang tidak diperlukan. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa observasi adalah suatu tindakan mengamati dengan alat indera yang digunakan sebagai alat penilaian untuk mengukur proses keberhasilan suatu tindakan penelitian tindakan kelas..

c.    Dokumentasi

Nawawi dalam Dadang dan Narsim (2015:50) menyatakan bahwa studi dokumentasi adalah cara pengumpulan data melalui peninggalan tertulis terutama berupa arsip-arsip dan termasuk juga buku mengenai pendapat, dalil yang berhubungan dengan masalah penyelidikan. Sementara menurut Sugiyono dalam Dadang dan Narsim (2015:51), dokumentasi merupakan catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen bisa berbentuk tulisan, gambar, atau karya-karya monumental dari seseorang. Dokumentasi dalam penelitian tindakan kelas dilakukan dengan mengumpulkan dokumen yang berasal dari arsip-arsip baik itu berupa tulisan, gambar, ataupun elektronik yang merupakan suatu produk yang dihasilakan oleh peneliti maupun subjek dan objek penelitian selama proses penelitian tindakan kelas berlangsung.

3.                Validasi Data

Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan maksud untuk mengecek kebenaran data yang diperoleh dan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Kebenaran hasil wawancara dengan wali kelas dapat dibandingkan dengan arsip atau dokumen maupun melalui pengarnatan ketika proses belajar berlangsung. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data dari guru kelas maupun anak. Sedangkan triangulasi metode dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data yang sama. Observasi dapat dicek kebenarannya dari arsip atau dokumen dan wawancara.

4.                Analisa Data

Analisis dilakukan dengan menggunakan hasil pengumpulan informasi yang telah dilakukan dalam tahap pengumpulan data. Pada proses analisis dibahas apa yang diharapkan terjadi, apa yang kemudian terjadi, mengapa terjadi tidak seperti yang diharapkan, apa penyebabnya atau ternyata sudah terjadi seperti yang diharapkan, dan apakah perlu dilakukan tindaklanjut. Analisis data terhadap hasil penelitian dijelaskan sebagai berikut:

a.    Analisis data hasil penelitian yang tergolong data kuantitatif berupa prestasi belajar (pre test dan post test) dengan cara persentase yaitu dengan menghitung peningkatan ketuntasan belajar siswa secara individual jika siswa tersebut mampu mencapai nilai 75 dan ketuntasan klasikal jika siswa yang memperoleh nilai 75 ini jumahnya sekitar 85% dari jumlah seluruh siswa dan masing-masing dihitung dengan menggunakan rumus : Analisis tersebut dilakukan  dengan menghitung ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dengan rumus sebagai berikut:

Ketuntasan individual   =      x  100 %

Ketuntasan klasikal    =    x  100 %

Keterangan:

Ketuntasan indiviual : Jika siswa mencapai ketuntasan  > 75

Ketuntasan klasikal : Jika  > 85% dari seluruh siswa mencapai ketuntasan  > 85

 

b.    Data Observasi Keaktifan Siswa

Komponen-komponen yang diamati atau dinilai dari keaktifan siswa adalah kegiatan belajar mereka selama mengikuti pembelajaran dengan kriteria penilaian sebagai berikut :

Tabel 3.2 Kriteria Penilaian Observasi Siswa

 

No

Rentang Nilai

Kriteria Nilai

Ketuntasan

Ket

1

≥90

Sangat Baik

Tuntas


2

70-89

Baik

Tuntas


3

50-69

Cukup

Belum Tuntas


4

<50

Kurang

Belum Tuntas


 

Kriteria keberhasilan yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan proses pembelajaran melalui upaya perbaikan pembelajaran sebagai berikut :

1.         Proses perbaikan pembelajaran  dinyatakan berhasil apabila siswa dapat menguasai minimal 85% dari materi pembelajaran atau mendapat nilai minimal sama dengan KKM=75.

2.         Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa tuntas belajar.

3.         Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa mengalami peningkatan keaktifan belajarnya selama proses pembelajaran berlangsung.

 

 

 

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih