Lencana Facebook

banner image

Sunday 30 March 2014

PTK TAMAN KANAK-KANAK : UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI DENGAN METODE CANTOL ROUDHOH DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK......................



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Pendidikan  adalah  suatu  proses  untuk  mengembangkan  kemampuan dan  mencerdaskan  individu.  Pendidikan  dapat  mengembangkan  potensi  diri individu  untuk  memiliki  kekuatan  spiritual  keagamaan,  pengendalian  diri, kecerdasan,  serta  keterampilan.  Pendidikan  sangatlah  penting  bagi  seluruh warga  negara.  Begitupun  dengan  anak-anak  berkebutuhan  khusus,  mereka memerlukan pendidikan yang layak dan bermutu seperti yang tertulis dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 1 “Setiap warga negara mempunyai  hak  yang  sama  untuk  memperoleh  pendidikan  yang  bermutu”.
Dalam UU No.20 tahun 2003 mengenai Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Dengan berpedoman UU No. 20 Tahun 2003 disebutkan bahwa PAUD dilaksanakan sebelum jenjang pendidikan dasar pada anak sejak lahir hingga usia kurang lebih enam tahun (Santoso, 2007:2.10).
Perkembangan bahasa merupakan salah satu dari kemampuan dasar yang harus dimiliki anak, yang terdiri dari beberapa tahapan sesuai dengan usia dan karakteristik perkembangannya. Perkembangan adalah suatu perubahan yang berlangsung seumur hidup dan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berinteraksi seperti biologis, kognitif dan sosioemosional sedangkan bahasa adalah suatu sistem simbol untuk berkomunikasi. Dengan bahasa, anak dapat mengkomunikasikan maksud, tujuan, pemikiran, maupun perasaannya pada orang lain (Nurbiana, 2007:3.1).
Menurut Nurbiana (2007:3.3), perkembangan bahasa anak meliputi empat aspek yaitu perkembangan berbicara, perkembangan menulis, perkembangan membaca, dan perkembangan menyimak. Pemahaman tentang karakteristik perkembangan bahasa anak secara natural diperlukan dalam rangka memberikan pengalaman bahasa yang tepat pada anak sesuai dengan kebutuhannya. Syafi’ie menyatakan bahwa sebagai bagian dari keterampilan berbahasa, keterampilan membaca mempunyai kedudukan yang sangat penting dan strategis, karena melalui membaca, orang dapat memahami kata yang diutarakan seseorang. Selain itu melalui membaca, seseorang dapat mengetahui berbagai peristiwa secara cepat yang terjadi di tempat lain.
Membaca merupakan suatu kesatuan kegiatan yang terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenali huruf dan kata-kata, menghubungkannya dengan bunyi, maknanya serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan (Nurbiana, 2007:5.5). Menurut Tarigan (2008:9), manfaat utama membaca adalah untuk mencari serta memperoleh informasi, mencakup isi, dan memahami makna bacaan sedangkan manfaat membaca untuk anak usia dini adalah belajar membaca dini akan memenuhi rasa keingintahuan anak. Dengan membaca seorang anak akan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan anak yang tidak membaca (Steinberg dalam Nurbiana, 2007:5.3).
TK ................. adalah sebuah Taman Kanak-kanak yang berada di wilayah Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Berdasarkan hasil observasi awal pada saat pembelajaran membaca di TK ................. pada anak usia dini kelompok B. Kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di TK ................. dalam hal membaca huruf vokal dan konsonan, membaca huruf yang dirangkai menjadi suku kata, membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata, dan membaca kata yang dirangkai menjadi kalimat masih kurang dan perlu dikembangkan lagi,terbukti pada observasi awal dari 10 siswa yang ditunjuk guru untuk maju ke depan dan membaca hanya 3 siswa yang dapat membaca dan mengenal huruf, 5 siswa belum dapat membaca tetapi sudah mengenal huruf dan 2 siswa belum dapat membaca dan belum mengenal huruf. Metode yang digunakan untuk pembelajaran membaca di TK ................. ini menggunakan metode konvensional berupa buku paket membaca, majalah, dan pengenalan huruf secara terpisah, guru hanya memberi contoh membaca dan siswa disuruh menirukan sehingga ketika siswa disuruh membaca secara bergantian, mereka hanya sekedar mengingat ucapan guru tanpa memperhatikan rangkaian huruf yang ada dan apa yang diucapkan oleh siswa tidak sesuai dengan rangkaian huruf yang dibaca, bahkan ada yang belum hafal simbol huruf.

1.     Identifikasi Masalah
Melalui hasil diskusi, diperoleh beberapa masalah  yang menjadi penyebab ketidakberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran, yaitu
a.      Anak taman kanak-kanak memiliki kesulitan dalam belajar secara abstrak, mudah jenuh saat pembelajaran sehingga membutuhkan media pembelajaran yang kongkrit dan menyenangkan
b.     Dalam pembelajaran membaca permulaan pada anak taman kanak-kanak diperlukan pendekatan visual, suara, dan linguistik.
c.      Penggunaan alat, media dan metode pembelajaran yang kurang bervarasi sehingga anak menjadi jenuh dan bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
2.     Analisis Masalah
Dalam menganalisis masalah yang sedang terjadi, peneliti menempuh refleksi terhadap kinerja yang telah dilakukan, mengkaji literatur, serta diskusi dengan supervisor dan teman sejawat. Hasil analisis masalah yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kemungkinan yang menjadi faktor penyebab rendahnya minat baca anak didik di TK .................  adalah sebagai berikut.
a.    Guru kurang mampu memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat
b.    Metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan karakteristik siswa.
c.    Penjelasan materi terlalu cepat, sehingga kurangnya model dialog yang interaktif, efektif dan kreatif.
d.   Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga hanya terjalin komunikasi satu arah.
3.     Alternatif Pemecahan  Masalah
Berdasarkan pertimbangan tersebut maka kemampuan membaca anak usia dini dalam hal membaca huruf vokal dan konsonan, membaca huruf yang dirangkai menjadi suku kata, membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata, dan membaca kata yang dirangkai menjadi kalimat dikembangkan dengan metode cantol roudhoh. Dalam penerapannya, metode ini menggunakan media vcd cantol roudhoh yang berisi lagu 21 cantolan suku kata ba-bi-bu-be-bo sampai dengan za-zi-zu-ze-zo, vcd cantol roudhoh yang berisi cerita petualangan Zahra di pulau membaca dan permainan jam warna dengan membaca kartu kata. Anak usia dini membutuhkan suasana baru dalam belajar, tidak selalu disuguhkan kegiatan belajar yang monoton dan membosankan. Oleh karena itu, metode cantol roudhoh digunakan untuk membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membacanya karena dengan digunakannya metode ini akan menimbulkan ketertarikan anak untuk mengikuti pembelajaran. Setelah anak merasa tertarik, maka akan lahir kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan dan penuh semangat. Pembelajaran yang menarik diharapkan akan memotivasi anak untuk berkonsentrasi menyimak materi yang diberikan guru sehingga memudahkan anak belajar membaca
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka perlu dilakukan kajian tentang peningkatan minat baca untuk anak usia dini dengan menggunakan metode cantol roudhoh yang disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan anak untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini. Untuk itu perlu penelitian tentang metode cantol roudhoh terhadap peningkatan minat baca anak usia dini kelompok B di TK ..................
B.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya meningkatkan minat baca siswa kelompok B TK ........................................ Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan penerapan metode cantol roudhoh?”
C.   Tujuan Penelitian
  1. Tujuan Umum
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cantol Roudhoh terhadap peningkatan minat baca siswa kelompok B TK ........................................ Tahun Pelajaran 2013/2014.
  1. Tujuan Khusus
Secara  khusus  dilaksanakannya  penelitian tindakan kelas  ini  memiliki  beberapa tujuan yaitu :  
a.       Meningkatkan minat baca siswa kelompok B TK ........................................ Tahun Pelajaran 2013/2014.
b.      Mengetahui seberapa besar peningkatan minat baca siswa kelompok B TK ........................................ Tahun Pelajaran 2013/2014.
D.   Manfaat Penelitian
1.   Manfaat Teoritis
Secara teori hasil penelitian ini dapat memberikan informasi peningkatan minat baca siswa kelompok B TK ........................................ Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode Cantol Roudhoh.
2.   Manfaat Praktis
Adapun  manfaat  penelitian  ini  adalah  sebagai berikut:
a.      Bagi anak
Dapat mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini dalam hal menyebutkan huruf vocal dan konsonan, membaca huruf yang dirangkai menjadi suku kata, membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata, dan membaca kata yang dirangkai menjadi kalimat melalui metode cantol roudhoh.
b.     Bagi guru
Dapat dijadikan sebagai rujukan dalam memilih metode belajar yang tepat untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini terutama dalam kemampuan membaca.
c.      Sekolah
1)     Hasil penelitian dapat memberikan kontribusi positif pada sekolah dalam rangka perbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran
2)     Dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki perilaku inovatif dan kreatifitas tinggi.
3)     Dapat menghasilkan peserta  didik  yang  mampu  mengaplikasikan pengalamannya dalam kehidupan
d.     Bagi peneliti
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebuah acuan yang lebih konkret apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya dalam mengembangkan kemampuan membaca bagi pendidikan anak usia dini dengan menggunakan metode cantol roudhoh.


Konfirmasi file secara utuh, silahkan hub. 081327121707 (SMS only)
Mohon tidak disadur secara utuh, hanya sebagai referensi penulisan. Terima kasih atas kerjasamanya.