Lencana Facebook

banner image

Monday 23 September 2013

PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MERANGKAI HURUF MELALUI KARTU HURUF PADA TAMAN KANAK-KANAK ...........................................



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan Taman Kanak-Kanak merupakan salah satu bentuk Pendidikan anak usia dini yaitu anak yang berusia empat sampai dengan enam tahun. Pendidikan TK memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta mempersiapkan mereka untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Dengan kata lain, Pendidikan usia dini Khususnya TK sangat mengutamakan pendidikan yang berpusat pada anak atau “child centre”. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (2003) pada pasal 1 ayat (14) menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan agar anak memasuki pendidikan lebih lanjut. Tugas utama TK adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap/perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar yang sesungguhnya di sekolah dasar.
Pandangan ini mengisyaratkan bahwa TK merupakan lembaga Pendidikan pra-skolastik dan pra-akademik. Dengan demikian TK tidak mengemban tanggungjawab utama dalam membina kemampuan skolastik atau akademik anak seperti kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Namun alur pemikiran tersebut tidak selalu sejalan dan terimplementasikan dalam praktek kependidikan di Indonesia. Pergeseran tanggung jawab pengembangan kemampuan skolastik (akademik) dari sekolah dasar ke Taman Kanak-Kanak terjadi dimana-mana baik secara terang-terangan maupun terselubung, dengan mengajarkan anak cali stung dan beberapa TK yang memberikan bentuk penugasan “pekerjaan rumah” pada anak-anak.
TK yang harusnya berfungsi sebagai tempat bermain yang indah, nyaman, gembira dan menarik bagi anak untuk mewujudkan berbagai aktifitasnya dalam masa bermain, bersosialisasi dengan teman sebaya, beradaptsi dengan lingkungan baru setelah rumah, dan mengembangkan potensi dasar yang anak miliki, menjadi tempat yang kurang nyaman bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Anak-anak merasa tertekan, dan merasakan beban yang berat, sehingga keceriaan mereka berkurang, dan mengalami ketidakseimbangan perkembangan pada aspek keterampilan dan kreatifitasnya.
Dari 20 orang siswa di Taman Kanak-kanak ..................... Tahun Pelajaran ....................., pada studi pendahuluan ternyata hanya 3 orang  siswa  atau 15% yang minat dan kemampuan merangkai huruf  dengan menggunakan media kartu huruf sesuai dengan harapan, sehingga masih terdapat 17 orang siswa atau 85% yang minat dan kemampuan merangkai huruf  kurang baik.
Melihat kondisi awal sebagaimana awal sebagaimana tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga minat dan kemampuan anak didik dapat tercapai dengan melaksanakan perbaikan pembelajaran merangkai huruf melalui pengguna media kartu huruf.
Teknik pengembangan kemampuan berbahasa bagi anak usia dini cukup beragam. Satu hal yang harus diingat dalam memberikan tugas untuk anak adalah kesesuaian tugas dengan tahapan perkembangan anak dan tetap tidak melupakan unsur bermain seraya belajar dalam mengerjakan tugas, pendidik harus berusaha agar anak tetap berminat dan antusias sampai pengerjaan tugas selesai. Guru harus pintar memilih media atau sumber belajar harus menarik dan mudah dimengerti oleh anak. Oleh karena itu, gurulah sebagai fasilitator dalam mengembangkan kemampuan berbahasa merangkai huruf menjadi kata, salah satunya dengan cara mengenalkan huruf pada anak didik. Pada saat penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak ....................., penulis menyadari ada permasalahan dalam bidang bahasa, yaitu mengenal huruf. Hal ini perlu mendapat perhatian dari guru karena yang terjadi pada anak sangat berhubungan dengan kinerja guru dalam melaksanakan program pembelajaran. Berdasarkan kondisi awal TK ..................... dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas, kemampuan anak dalam kegiatan membaca dini masih rendah, anak baru memasuki pengenalan huruf, beberapa anak belum bisa mengenal perbedaan huruf, anak belum bisa merangkai huruf menjadi kata, dan belum bisa membaca kata sederhana. Kegiatan selama ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca dini di TK ..................... adalah melalui pemberian tugas seperti kegiatan mengambil satu huruf atau dua huruf menjadi satu kata. Kegiatan membaca dini belum terlihat pencapaian maksimal karena para guru belum menemukan cara yang terbaik untuk proses pembelajaran anak.
Prioritas masalah yang menjadi tujuan perbaikan, proses pembelajaran adalah memperbaiki pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan penggunaan alat bantu pembelajaran berupa media kartu huruf pada upaya peningkatan minat dan kemampuan merangkai huruf. Kondisi ideal yang diharapkan adalah untuk meningkatkan minat dan kemampuan merangkai huruf siswa sehingga diharapkan dapat memperbaiki proses pembelajaran dan memberikan pengalaman nyata kepada siswa tentang sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik serta tercapainya tujuan pelaksanaan proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran untuk meningkatkan minat dan kemampuan merangkai huruf dengan menggunakan media kartu huruf pada siswa TK .....................  Tahun Pelajaran ......................  

B.     Identifikasi Masalah
Dari uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas permasalahan yang ada pada pelaksanaan pembelajaran merangkai huruf dapat diidentifikasi sebagai berikut:
1.   Metode yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga anak mangalami kebosanan.
2.   Adanya kenyataan bahwa media kartu huruf yang kurang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
3.   Adanya beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan merangkai huruf baik faktor dari dalam diri anak maupun faktor luar diri anak, salah satunya adalah faktor metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar.
C.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka akan muncul berbagai masalah. Agar penelitian ini lebih efektif, efisien dan terarah, maka pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah :
1.   Media yang digunakan pada kegiatan pembelajaran merangkai huruf adalah kartu huruf.
2.   Indikator dalam adalah peningkatan minat dan kemampuan siswa dalam merangkai huruf menggunakan media kartu huruf.
3.   Penelitian tentang peningkatan inat dan kemampuan siswa dalam merangkai huruf menggunakan media kartu huruf ini terbatas pada anak didik di Taman Kanak-kanak ..................... Tahun Pelajaran ......................
D.    Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka dapat ditentukan rumusan masalah dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, yaitu : apakah penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan minat dan kemampuan merangkai huruf di Taman Kanak-kanak ..................... Tahun Pelajaran .....................?

E.     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran dengan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatkan minat dan kemampuan anak didik di Taman Kanak-kanak ..................... Tahun Pelajaran ..................... dalam merangkai huruf dengan menggunakan media kartu huruf.
F.     Manfaat Penelitian
Diharapkan  penelitian ini juga dapat memberikan manfaat khususnya bagi :
1.      Anak Didik / Siswa TK
a.       Memperbaiki kekurangan siswa dalam merangkai huruf  menggunkana media kartu huruf
b.      Meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam merangkai huruf menggunkana media kartu huruf
c.       Menjadi model bagi siswa untuk menyikapi kinerjanya
d.      Meningkatkan kreativitas siswa
2.      Guru TK
a.       Guru dapat berkembang secara profesional karena dapat menunjukkan kemampuannya untuk menilai dan memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
b.      Meningkatkan kreativitas kinerja
c.       Meningkatkan wawasan dalam kegiatan belajar mengajar
d.      Mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri dalam kegiatan belajar mengajar.
3.      Sekolah/ Lembaga Pendidikan/ TK
a.       Mengembangkan mutu dan hasil belajarnya
b.      Meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa
c.       Mempunyai kesempatan untuk berkembang pesat
d.      Menciptakan hubungan kolegial yang sehat
e.       Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif
f.       Mempunyai kesempatan yang besar untuk berubah secara menyeluruh
4.      Bagi Masyarakat
a.       Memiliki generasi yang terampil
b.      Memiliki generasi yang kreatif
c.       Memiliki calon generasi penerus yang dapat mandiri
d.      Memiliki potensi untuk mengembangkan potensi daerah secara swakelola


 BAB 2 dst....
termasuk lampiran siklus 1 dan 2, SKH, dll dapat anda dapatkan dengan cara meng-klik  cara mendapatkan file atau download pada pojok kanan atas blog.
terima kasih.