BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
merupakan mata pelajaran
yang berhubungan dengan
cara mencari tahu
tentang alam secara
sistematis. Pengetahuan IPA menjadi penting dikuasai siswa karena dengan
dikuasainya ilmu ini secara bermakna
oleh seorang siswa
akan menjadikan diri
siswa menjadi pribadi yang survive karena mampu
menyelesaikan permasalahan yang
ada dan yang tak kalah penting
adalah menjadikan seorang siswa dapat mengenal Tuhan-nya lebih baik.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam mempunyai potensi besar untuk memainkan peran
strategis dalam menyiapkan
sumber daya manusia
untuk menghadapi era industrialisasi dan
globalisasi. Potensi ini
dapat terwujud jika pendidikan IPA
mampu melahirkan siswa
yang cakap dalam
IPA dan berhasil menumbuhkan kemampuan
berpikir logis, bersifat
kritis, kreatif, inisiatif
dan adaptif terhadap perubahan
dan perkembangan. Kualitas
sumber daya manusia seperti ini
menjamin keberhasilan upaya
penguasaan teknologi untuk pembangunan di Indonesia.
Kenyataannya
pelajaran IPA masih
dianggap menjadi suatu mata
pelajaran yang sulit, Ketidaktahuan
peserta didik mengenai kegunaan IPA
dalam praktik sehari-hari
menjadi penyebab mereka
lekas bosan dan
tidak tertarik pada pelajaran
IPA, disamping pengajar
IPA yang mengajar
secara monoton dan hanya berpegang teguh pada diktat-diktat atau
buku-buku paket saja.
Demikian
pula yang terjadi
di sekolah kami, hasil tes pendahuluan menunjukkan hasil
hanya 4 siswa (18,18%) dari 22 siswa dinyatakan tuntas belajarnya, sedangkan 18
orang siswa (81,82%) tidak tuntas belajarnya. Jumlah tersebut sangatlah besar,
dan bisa simpulkan bahwa proses pembelajaran tidak berhasil. Hasil refleksi menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri ..................
masih dilakukan secara konvensional
(pembelajaran berpusat pada
guru) dan nilai
rata-rata pada mata pelajaran IPA
yang diperoleh adalah 56,82, hal ini menunjukan belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) yang ditentukan yaitu 65.
Upaya mengatasi
permasalahan yang terjadi,
diperlukan suatu upaya untuk
memperbaiki kualitas pembelajaran
agar dapat meningkatkan
pembelajaran yang lebih
menitikberatkan pada model
pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan
kepada siswa untuk
mengembangkan dan Salah satu
upaya yang diharapkan
dapat memperbaiki kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri .................. adalah
pembelajaran dengan menggunakan
Model Sains Teknologi
Masyarakat.
Alasan
digunakannya model ini
sebagai upaya memperbaiki
pembelajaran IPA adalah karena
model ini memberikan
pengalaman yang lebih
banyak kepada siswa, karena
siswa sendiri yang
mengkonstruksi konsep IPA
berdasarkan interaksinya dengan berbagai sumber yang ada. Selain itu
model ini memberikan kesempatan
pada siswa untuk
dapat berbuat sesuatu
untuk alam sekitar
melalui pengajuan solusi dan
tindakan yang nyata.
sehingga pembelajaran IPA
melalui model Sains Teknologi Masyarakat akan menjadi lebih berarti dan
bermakna bagi siswa. Dengan lebih
berarti dan bermakna
nya pembelajaran IPA,
diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA, sebab itu Model Sains Teknologi Mayarakat akan menjadi salah satu model
pembelajaran yang bisa
dipertimbangkan, dimana dengan
model Sains Teknologi Masyarakat.
siswa dituntut untuk:
1) Aktif mencari
informasi untuk menemukan jawaban
permasalahan 2) mengajukan
solusi, dan 3)
mengambil tindakan.
Berdasarkan
data tersebut di atas, maka peneliti meminta bantuan teman sejawat dan kepala
sekolah untuk membantu mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang
dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam
pembelajaran, yaitu :
- Siswa kurang menguasai konsep tentang energi alternatif dan cara penggunaannya sehingga hasil belajar siswa rendah.
- Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru
- Siswa tidak mencatat hal-hal penting kalau tidak disuruh
- Tidak ada media atau alat peraga yang mendukung materi pembelajaran.
- Siswa tidak mampu mengaplikasikan materi yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari.
Melalui
refleksi diri, kaji literatur dan diskusi dengan supervisor dapat diketahui
bahwa kemungkinan faktor penyebab timbulnya masalah di atas adalah :
1. Pendekatan
pembelajaran yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa
sekolah dasar
2. Penggunaan alat peraga pembelajaran yang
kurang bervariasi
3. Guru tidak melibatkan siswa untuk aktif
dalam pembelajaran dan penemuan informasi
4. Guru kurang memotivasi siswa dalam
pembelajaran
5. Guru dalam menjelaskan materi terlalu
cepat.
Melihat
permasalahan pembelajaran yang ada, peneliti perlu melakukan upaya perbaikan
karena jika hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan menjadi
sumber utama penyebab turunnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu
perlu diupayakan solusi alternatif dari persoalan tersebut dengan melaksanakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi berbagai energi
alternatif dan cara penggunaannya melalui pendekatan model sains teknologi
masyarakat pada siswa kelas IV SDN ...................
Perumusan Masalah
Dari uraian
sebagaimana latar belakang masalah di atas, maka dapat ditentukan perumusan
masalahnya yaitu :
Bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model
Sains Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi berbagai
energi alternatif dan cara penggunaannya?
Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Sains
Teknologi Masyarakat dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi berbagai
energi alternatif dan cara penggunaannya?
Tujuan Penelitian
Berdasarkan
rumusan masalah di atas, dan agar memiliki arah yang jelas, maka ditetapkan
tujuan dari perbaikan tersebut sebagai berikut :
1.
Untuk
memperbaiki pembelajaran IPA materi berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya melalui pendekatan model Sains
Teknologi Masyarakat sehingga motivasi belajar siswa meningkat.
2.
Untuk
memperbaiki pembelajaran IPA materi berbagai energi alternatif dan cara
penggunaannya melalui pendekatan model
Sains Teknologi Masyarakat sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Manfaat Penelitian
Diharapkan
dengan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
1.
Siswa
a.
Meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa.
b.
Memberi pengalaman belajar siswa dengan berbagai macam
pendekatan.
c.
Meningkatkan minat serta pemahaman dalam pembelajaran IPA.
d.
Meningkatkan
dan mengembangkan kualitas
siswa dalam pembelajaran IPA.
e.
Merangsang penemuan dan penyelidikan mandiri di dalam
dan di luar kelas.
f.
Peka
terhadap
permasalahan-permasalahan
yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Bagi
Guru
a.
Membantu dan memperlancar proses belajar siswa.
b.
Memberikan
dasar ilmiah bagi
guru sekolah gunamengembangkan dan
melaksanakan pembelajaran yangberorientasi pada siswa.
c.
Sumbangan pemikiran dalam mengembangkan dan
meningkatkanmutu serta kualitas pendidikan.
3.
Bagi
Sekolah
a.
Memberikan landasan
dan argumentasi bagi
kebijakan yang akan
diambil guna meningkatkan mutu
pendidikan nasional melalui
model dan metode pembelajaran yang tepat di sekolah.
b.
Meningkatkan
kualitas pendidikan bagi siswa
c.
Mengembangkan
mutu dan hasil belajarnya
d.
Mempunyai
kesempatan untuk berkembang pesat
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih