Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Friday, 4 August 2023

PTK PENJASKES MATERI ZAT-ZAT ADITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SD

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI ZAT-ZAT ADITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING  PADA SISWA

KELAS V SDN 1 ..................... SEMESTER 2

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi

Syarat Kenaikan Pangkat golongan III/c ke III/d

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

.....................

NIP. .....................

 

 

 

 

 

 

 

 

SD NEGERI 1 .....................

Jl. ………………………. ....................., Kecamatan ....................., Kabupaten ……………… Provinsi …………….

2022

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjaskes Materi Zat-zat aditif menggunakan Model Pembelajaran Problem solving pada Siswa Kelas V SDN 1 ..................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022

      b.   Bidang Ilmu                         : Penjaskes

      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Ketua Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : .....................

      b.   NIP                                      :  .....................

      c.   Pangkat / Golongan             : Penata, III/c

      d.   Jabatan                                 : Guru

      e.   Instansi                                 : SDN 1 .....................

      f.    Tempat Penelitian                :  SDN 1 .....................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2022 sampai dengan Bulan Maret 2022)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

 

                        Mengetahui                                  ....................., 7 Maret 2022

                     Kepala Sekolah                                                Peneliti

 

 

 

 

                   ………………….                                         .....................

                NIP. ……………….                                  NIP. .....................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah 

 

 

 

 

……………………

NIP…………………..

 

 

 

 

ABSTRAK

 

 

Pembelajaran Penjaskes selama ini masih didominasi oleh pembelajaran konvensional dimana siswa diposisikan sebagai objek pembelajaran, siswa dianggap tidak tahu atau belum mengerti apa-apa, sementara guru memposisikan diri sebagai seorang yang mempunyai pengetahuan. Sehingga guru terkesan memiliki otoritas tertinggi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode pembelajaran Problem solving (PBL) sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Penjaskes siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisa data menggunakan teknik desktiptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 ..................... . Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran Problem solving (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Penjaskes siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan pemberian masalah pada lembar LKS yang digunakan dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar dari 14 siswa atau 43,75%,  siklus I ada 22 siswa atau 68,75%, dan pada siklus II ada 30 siswa atau 93,75% dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa. Kenyataan di atas didukung pula oleh peningkatan hasil belajar siswa, di mana nilai rata-rata hasil belajar terus mengalami peningkatan dari 55,00 pada kondisi awal, menjadi 66,88 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 78,44 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 10 orang siswa (31,25%) pada kondisi awal, menjadi 53,46% atau 17 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50% atau 28 siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa indikator kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua, sehingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan selesai dan tuntas pada siklus kedua.

 

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, problem solving

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

Puji syukur peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada peneliti sehingga peneliti menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas (PTK)  di SDN 1 .....................   dengan judul “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Penjaskes Materi Zat-zat aditif Menggunakan Model Pembelajaran Problem solving Siswa Kelas V SDN 1 ..................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022”, yang Alhamdulillah tepat pada waktunya. Penelitian disusun dalam rangka memenuhi penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan III/c ke III/d.

Pada kesempatan ini peneliti mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini. Akhir kata, peneliti sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan penelitian ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Aamiin.

 

 

 

.....................,    Maret 2022

 

 

Peneliti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

           

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3

C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     4

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   20

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   21

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   22

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   22

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   24

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   24

E.   Validasi Data...............................................................................   25

F.   Analisis Data................................................................................   26

G.  Prosedur Penelitian......................................................................   27

H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan............................................   31

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   32

B.  Hasil Penelitian............................................................................   48

C.  Pembahasan.................................................................................   51

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   54

B.  Saran ...........................................................................................   54

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

 

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1    Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa...................................      26

Tabel   3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................      26

Tabel   4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal................................................      32

Tabel   4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Kondisi Awal                     33

Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus I...........................      38

Tabel   4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Siklus I                   39

Tabel   4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus II..........................      45

Tabel   4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Siklus II                  46

Tabel   4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II..      48

Tabel   4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................................................................................      50

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar      2.1    Bagan Kerangka Pikir.............................................................      21

Gambar      3.1    Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas.................................      23

Gambar      4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                       49

Gambar      4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                     50

Gambar      4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II             51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

a.       Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

b.      Lembar Observasi Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    7     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    8     Daftar Hadir Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    10   Berita Acara Pelaksanaan Seminar PTK

 

 

 

BAB IV

HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN

A.     Deskripsi Data

  1. Deskripsi Kondisi Awal

Dari hasil observasi awal ini dapat diketahui bahwa pada saat pembelajaran materi zat-zat aditif  berlangsung siswa terlihat pasif dalam menanggapi materi dan kurang bersemangat, hal ini karena metode yang digunakan masih bersifat konvensional sehingga banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang sudah ditetapkan dalam mata pelajaran penjaskes yaitu ≥ 70.

Dari observasi kelas yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa metode ceramah kurang memberikan keatifan kepada siswa sehingga kompetensi dan kemampuan berfikir kurang maksimal pada proses pembelajaran. Dari permasalahan pembelajaran tersebut maka perlu diadakan perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dikelas, atas kesadaran tersebut maka peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Metode tersebut merupakan metode yang berdasarkan masalah untuk dipecahkan dengan langkah-langkah memecahkan masalah. Data  perolehan  Tes  formatif tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Tabel     4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal

 

No

Kriteria Ketuntasan

Kondisi Awal

Ket

Jumlah

%

1

Tuntas

10

31,25


2

Belum Tuntas

22

68,75



Jumlah

32

100,00



Nilai terendah

30,00



Nilai tertinggi

70,00



Rata – rata

55,00



Ketuntasan

31,25


 

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata sebesar 55,00 dengan siswa tuntas sebesar 31,25% atau 6 siswa, dengan siswa belum tuntas atau mendapat nilai kurang dari KKM sebesar 70,00 sebanyak 22 siswa atau 68,75% dan angka ketuntasan klasikal sebesar 31,25%.

Penjelasan mengenai aspek aktivitas belajar yang dinilai menggunakan lembar observasi dengan 10 indikator, yaitu perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasamanya dalam kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, memberi gagasan yang cemerlang, membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang, keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain, memanfaatkan potensi anggota kelompok, saling membantu dan menyelesaikan masalah. Hasil pengamatan pada kondisi awal sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Tabel     4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Kondisi Awal

 

No

Rentang Nilai

Ketuntasan

Ket

Tuntas

%

Blm Tuntas

%

1

50

-

-

15

46,88


2

51-69

-

-

3

9,38


3

70-89

14

43,75

-

-


4

>=90

0

0,00

-

-



Jumlah

14

43,75

18

56,25


 

Dari penjelasan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa masih rendah, hal tersebut dibuktikan hanya terdapat 14 siswa atau 43,75% yang dinyatakan tuntas karena masuk dalam kriteria penilaian aktif, sedangkan sisanya yaitu 18 siswa atau 56,25% dinyatakan belum tuntas.

Berdasarkan data-data tersebut di atas maka peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan dalam masalah pembelajaran yang akan dilaksanakan pada siklus I.  Dari  hasil  analisis  data  awal  dari  nilai  Tes  formatif  serta  observasi  yang dilakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut:

a.       Metode  yang  digunakan  guru  tidak  membuat  siswa  tidak  belajar mengalami  langsung.  Dalam  penelitian  ini  guru  masih  menggunakan metode  ceramah  dalam  pembelajaran ,  meskipun  sesekali  diselangi dengan  metode  yang  lainnya  sehingga  kesan  yang  timbul  dalam  proses belajar  mengajar  tersebut  ternyata  proses  transfer  informasi  yang disampaikan secara lisan dari guru kepada siswa.

b.      Aktivitas  siswa  dalam  proses  belajar-mengajar  tampak  masih  statis, sekedar  mengejar  target  kurikulum  yang  telah  ditentukan  interaksi  guru dengan siswa bersifat satu arah dari guru kepada siswa sehingga interaksi antara siswa dengan siswa jarang terjadi.

c.       Tidak adanya penggunaan alat peraga, sehingga kesan  yang timbul dalam kegiatan belajar mengajar tersebut siswa tidak bersemangat

d.      Dalam  pelaksanaan  pembelajaran  pada  siklus  I,  peneliti  merumuskan rencana  pembelajaran/silabus  untuk  mata  pelajaran    dengan  materi zat-zat aditif .

  1. Deskripsi Siklus Pertama

Pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Penjelasan mengenai pelaksanaan kegiatan pembelajaran sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

a.       Perencanaan

Sebelum  masuk  ketahapan  pelaksanaan  tindakan  terlebih  dahulu  peneliti merumuskan  perencanaan  tindakan,  yaitu  dengan  berkonsultasi  dengan  rekan sejawat selaku mitra yang bertindak sebagai observer khususnya berkaitan dengan konsepsi awal siswa sebagaimana terungkap dalam kondisi awal. Selain  itu  dalam  tindakan  pembelajaran  dengan  mengunakan  metode problem  solving  menuntut  peran  aktif  siswa,  sehingga  diperlukan  adanya  sedikit pengetahuan/penguasaan  siswa  terhadap  konsep  materi  yang  dipelajari,  oleh karenanya  peneliti  berencana  memberikan  pemahaman  awal  mengenai  konsep ilmiah yang akan dipelajari, tujuannya untuk membantu siswa memahami materi, sebelum memasuki fase pemecahan masalah. Dan bilamana peneliti beranggapan bahwa  penjelasan  awal  yang  diberikan  menurut  pengamatan  peneliti  tidak berjalan  efektif,  maka  akan  ditindaklanjuti  dengan  menyuruh  siswa  membaca buku pelajaran.

Dalam  metode  pembelajaran  dengan  problem  solving  terkait  dengan proses  memberi  pertanyaan/permasalahan  dan  jawaban/pemecahan  masalah, maka peneliti juga harus menyiapkan suatu pertanyaan/permasalahan  yang  mesti dipecahkan  oleh  siswa,  dan  terkait  dengan  pemberian  pertanyaan/permasalahan kepada siswa ada beberapa hal yang mesti direncanakan oleh peneliti, yaitu antara lain : Permasalahan  yang  dikemukan  harus  bersifat  sederhana,  menarik  dan proporsional, sesuai dengan tingkat pemahaman dan kemampuan siswa, sesekali  peneliti  akan  mengemukakan  suatu  permasalahan  yang  tidak lengkap, permasalahan yang akan dikemukan adalah permasalahan yang membutuhkan banyak jawaban, memberi kesempatan kepada siswa dengan membantu seperlunya saja, dan peneliti akan mengunakan metode dikusi dan tanya jawab.

Mengingat dalam pelaksanaan Siklus I peneliti mengunakan model diskusi dan tanya jawab dalam proses pemecahan masalah dan menarik kesimpulan maka sangat  dituntut  peran  aktif  siswa,  oleh  karenanya,  peneliti  sedapat  mungkin menciptakan penguasaan kelas dan situasi belajar yang kondusif, sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif

b.      Pelaksanaan

Dalam  kegiatan  awal  subjek  penelitian  yaitu  kelas  V  melakukan pembiasaan  seperti  biasanya  yaitu  berdoa  yang  dipimpin  oleh  ketua  kelas. Siswa  memberikan  salam  kepada  guru  (peneliti),  suasana  kelas  cukup kondusif.  Sebelum  pelajaran  dimulai  peneliti  mengecek  kehadiran  siswa, dan semua siswa hadir pada hari itu. 

Sebelum  melaksanakan  pembelajaran  terlebih  dahulu  peneliti melakukan  apersepsi,  yang  ditujukan  untuk  mengetahui  pengetahuan  awal yang  dimiliki  siswa  tentang  pokok  bahasan  yang  akan  dipelajari  yaitu tentang zat-zat aditif .  Pada  awalnya  siswa  kurang  teraktivitas,  bahkan kurang  merespon.  Hal  ini  terlihat  dari  antusias  siswa  menjawab  pertanyaan dari  peneliti.  Setelah  peneliti  melakukan apersepsi kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berikutnya. Setelah  melaksanakan  apersepsi,  guru  (peneliti)  menjelaskan  apa  saja yang  akan  dipelajari  dalam  pembelajaran  hari  itu.  Sebelum  kegiatan  yang mengarah  ke  metode  problem  solving  dilaksanakan,  peneliti  banyak melakukan  tanya  jawab  dengan  siswa  terutama  beberapa  pertanyaan  yang diajukan dalam apersepsi yang belum terjawab. 

Setelah  dirasa  cukup,  peneliti  mulai  menjelaskan  prosedur pembelajaran  yang  akan  dilaksanakan.  Kemudian  peneliti  membagi  siswa menjadi  empat  kelompok  secara  acak    dan  setiap  kelompok  terdiri  dari  8 orang  siswa.  Tujuan  dibuat  kelompok  tersebut  adalah  agar  siswa mampu bekerjasama dalam menyelesaikan dan memecahkan masalah. Siswa mulai  teraktivitas  hal  ini  terlihat  dari    antusias  siswa  dalam  melaksanakan pembelajaran terutama  secara berkelompok.   

Peneliti  meminta  siswa  untuk  mengatur  tempat  duduk  kelompok. Dalam kegiatan belajar secara berkelompok peneliti membagikan LKS yang memuat  permasalahan  yang  harus  diselesaikan  bersama.  Pada  saat  proses pembelajaran  secara  berkelompok  berlangsung  ternyata  masih  terdapat siswa    yang  acuh  dan  tidak  menunjukan  aktivitasnya  dalam  bekerja kelompok,  hal  ini  mungkin  disebabkan  karena  mereka  masih  bingung dengan kondisi belajar seperti hari itu.  Untuk itu guru memberikan aktivitas dengan : Orientasi, merupakan salah satu tahap dalam langkah pembelajaran  Problem Solving. Dalam tahap ini, guru mengajak siswa untuk memecahkan  suatu  permasalahan.  Serta  memberikan  aktivitas  agar  siswa  fokus  pada  permasalahan  yang  disajikan.

Siswa  diarahkan  untuk  untuk  menyelesaikan  LKS dengan tahapan-tahapan : 1) Dari LKS siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah apa saja yang terjadi,  peneliti  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk mengungkapkan  masalah  yang  muncul.  Peneliti  membimbing  dan mengarahkan  siswa  untuk  mengidentifikasi  masalah  tersebut  dengan  cara mengamati  fenomena  yang  diberikan  sehingga  siswa  dapat  mengemukakan pertanyaan berdasarkan masalah yang didapat. Dalam tahapan ini hanya ada beberapa  siswa  yang  berani  mengajukan  pertanyaan  dalam  setiap kelompoknya  ketika  mereka  mengalami  kesulitan  dalam  mengidentifikasi masalah.  Tapi  pada  dasarnya  siswa  sudah  dapat  mengenali  permsalahan yang disajikan. 2) Mencari alternatif pendekatan untuk memecahkan masalah. Dalam  tahap  ini  peneliti  memberikan  waktu  kepada  semua  kelompok untuk  mengumpulkan  ide  menyelesaikan  masalah  baik  dengan  membuka buku ataupun materi yang telah diberikan peneliti. guru berkeliling ke setiap kelompok  dan  memberikan  arahan  yang  diperlukan.  Dalam  mencari alternatif  untuk  memecahkan  masalah  siswa  membutuhkan  waktu  yang banyak,  mereka  mencari  dari  berbagai  sumber  yang  ada.  Pada  tahap  ini hanya  beberapa  siswa  yang  aktif,  sedangkan  yang  lainnya  masih  kurang aktif. 3) Memilih pendekatan pemecahan masalah. Dalam  tahapan  ini  siswa  diminta  untuk  mengambil  dan  memilih keputusan  mengenai  alternatif    pemecahan  masalah  yang  akan  dipilihnya. Setelah  menemukan  beberapa  alternatif,  siswa  diminta  untuk  memilih alternatif  terbaik  yang  dibutuhkan  dalam  pemecahan  masalah  tersebut. Dalam tahapan ini hanya sebagian siswa yang bisa memilih alternatif terbaik untuk memecahkan permasalahan yang ada. 4) Mencapai kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada  tahap  ini  siswa  diminta  untuk  mempresentasikan  dan menyimpulkan  hasil  diskusi  kelompoknya.  Sama  seperti  memilih  alternatif untuk  memecahkan  masalah,  dalam  membuat  kesimpulan  siswa  masih kurang  terlatih  dalam  menilai  dan  menyimpulkan.  Mungkin  karena pembelajaran dengan menerapkan Problem Solving bagi siswa masih belum terbiasa,  akan  tetapi  dalam  mempresentasikan  hasil  diskusi  kelompoknya ada  beberapa  siswa  yang  kurang  aktif  dalam  berdiskusi  berani  untuk presentasi ke depan kelas. Kemudian  guru  meminta  salah  satu  kelompok  untuk mempresentasikan hasil diskusi. Kelompok yang lain mendengarkan dan ada kelompok  yang  memberikan  tanggapan  kepada  kelompok  yang  presentasi. Setelah  diskusi  kelompok  berakhir,  posisi  duduk  siswa  kembali  pada keadaan semula.  Sebelum melaksanakan tahap akhir  yaitu Tes akhir, guru bersama-sama dengan  siswa  menyimpulkan  materi  yang  telah  dipelajari,  hal  ini  dilakukan agar siswa ingat kembali dan bisa menyimpulkan sendiri.

Adapun  hasil  tes formatif pada akhir siklus pertama dijabarkan pada tabel berikut ini 

Tabel     4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus I

 

 

 

No

Kriteria Ketuntasan

Kondisi Awal

Ket

Jumlah

%

1

Tuntas

17

53,13


2

Belum Tuntas

15

46,88



Jumlah

32

100,00



Nilai terendah

40,00



Nilai tertinggi

80,00



Rata – rata

66,88



Ketuntasan

53,13


 

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata sebesar 66,88 dengan siswa tuntas sebesar 53,13% atau 17 siswa, dengan siswa belum tuntas atau mendapat nilai kurang dari KKM sebesar 70,00 sebanyak 15 siswa atau 46,88% dan angka ketuntasan klasikal sebesar 53,13%. Data di atas menunjukkan dalam siklus I ini menunjukkan bahwa  hasil penelitian pada siklus pertama belum sesuai dengan indikator yaitu minimal 85% dari jumlah seluruh siswa dinyatakan tuntas atau mendapat nilai minimal sama dengan KKM 70.

Penjelasan mengenai aspek aktivitas belajar yang diamati adalah perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasamanya dalam kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, memberi gagasan yang cemerlang, membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang, keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain, memanfaatkan potensi anggota kelompok, saling membantu dan menyelesaikan masalah. Kegiatan pengamatan ini dilakukan oleh observer selama kegiatan perbaikan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format observasi yang telah dipersiapkan. Hasil observasi pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus I sebagaimana tabel di bawah ini :

Tabel     4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Siklus I

 

No

Rentang Nilai

Ketuntasan

Ket

Tuntas

%

Blm Tuntas

%

1

50

-

-

2

6,25


2

51-69

-

-

8

25,00


3

70-89

18

56,25

-

-


4

>=90

4

12,50

-

-



Jumlah

22

68,75

10

31,25


 

Dari penjelasan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah meningkat dari kondisi awal, hal tersebut dibuktikan  terdapat 22 siswa atau 68,75% yang dinyatakan, sedangkan sisanya yaitu 10 siswa atau 31,25% dinyatakan belum tuntas.. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melanjutkan pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II  dengan harapan pada siklus II aktivitas belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan indikator dan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.

c.       Observasi

Pada  kegiatan  apersepsi,  guru  sekaligus  peneliti  berusaha  menarik perhatian  siswa  agar  aktif  mengikuti  pembelajaran  tetapi  masih  ada  siswa yang kurang aktif, padahal dalam metode pembelajaran Problem Solving peran aktif  siswa  merupakan  suatu  keharusan,  karena  peran  guru  hanya  sebagai fasilitator.

Dalam  tahapan  pemecahan  masalah  melalui  kegiatan  diskusi kelompok, ada beberapa siswa yang kurang aktif untuk memberikan masukan atau  pendapat  mengenai  permasalahan  yang  dipecahkan,  selain  itu  beberapa siswa  kesulitan  memberikan  komentar  atau  mengemukakan  pendapat  yang sesuai dengan konsep ilmiah. kendala yang dihadapi dalam penerapan metode Problem Solving  adalah  susahnya  menuntut  peran  aktif  siswa  dalam  pembahasan  dan penyelesaian permasalahan dan di samping itu dari proses tanya jawab ternyata belum  juga  memberikan  hasil  yang  maksimal  untuk  membantu  siswa memberikan  jawaban  kesimpulan  akhir  dari  permasalahan  yang  telah dipecahkan. penerapan  metode  pembelajaran  problem  solving dalam  pembahasan  dan  pemecahan  permasalahan  dengan  materi . zat-zat aditif ,  peneliti  mengunakan  model  diskusi kelompok dan tanya jawab, sehingga dituntut peran aktif siswa untuk berpikir dalam  pembahasan  dan  penyelesaian  permasalahan  dengan  caranya  sendiri. Dan  temuannya  adalah,  secara  kualitatif  terdapat  kemajuan  atas  kemampuan berpikir siswa dalam memberikan jawaban permasalahan  yang sesuai dengan konsep ilmiah atas materi yang dipelajari

d.      Refleksi

Setelah  melakukan  ketiga  tahapan  di atas,  peneliti  bersama  observer  mulai  merefleksi,  merenungkan  hal-hal  /  kendala  apa  saja  yang  di  temukan dalam pelaksanaan  yang telah dilakukan. Selain  dilihat dari hasil Tes siswa, peneliti juga melihat dari hasil pengamatan (observasi) yaitu aktivitas siswa dan beberapa wawancara yang telah dilakukan guru dengan siswa disela-sela waktu  jam  istirahat,  serta  hasil  pengisian  angket  setelah  pembelajaran berlangsung.

Dari hasil diskusi dengan observer disimpulkan bahwa kegiatan dalam pembelajaran  yang  mengarah  pada  problem  solving  sudah  nampak  atau sesuai.  Peneliti  perlu  mengemas  masalah  secara  baik  sesuai  dengan  pokok bahasan.  Pada  kegiatan  diskusi  kelompok  masih  ada  beberapa  siswa  yang kurang  aktif,  hal  ini  harus  lebih  diperhatikan  lagi.  Adapun  kendala  lainnya adalah  mengenai  pengaturan  waktu  yang  melebihi  waktu  yang  telah ditentukan,  penggunaan  media  harus  lebih  dimaksimalkan    serta  peneliti harus  lebih  memotivasi  siswa  agar  lebih  aktif  dalam  kegiatan  kelompok untuk memecahkan permasalahan.

Jadi kesimpulannya dalam siklus kedua nanti peneliti  (guru)    harus  memperhatikan  hal-hal  sebagai  berikut  untuk perbaikan dalam pembelajaran:

1)      Untuk  kegiatan  dalam  pemecahan  masalah  (problem  solving),  guru hendaknya  mengemas  masalah/peristiwa  yang  berkaitan  dengan  tema secara baik. 

2)      Lebih  mengefektifkan  waktu,  terutama  kegiatan  siswa  dalam  mencari informasi, data untuk pemecahan masalah.

3)      Penggunaan media yang harus di maksimalkan. 

4)      Memotivasi siswa yang kurang antusias dalam siklus pertama terutama dalam kegiatan secara berkelompok untuk memecahkan masalah.

  1. Deskripsi Siklus kedua

Pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus II dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Setelah mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus pertama, maka pada siklus kedua peneliti mencoba menyempurnakan pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Hal tersebut  sebagaimana diuraikan pada penjelasan di bawah ini :

a.       Perencanaan

Dalam  Tindakan  Siklus  I  peneliti  merencanakan  dengan  mengunakan model diskusi kelompok dan tanya jawab untuk pemecahan masalah, maka dalam Tindakan Siklus II peneliti akan mengunakan model tanya jawab kemudian untuk justifikasi jawaban dan penarikan kesimpulan akan ditindaklanjuti dengan diskusi kelas dan Tes tertulis.  Sama  halnya  dengan  Tindakan  Siklus  I,  untuk  memberikan  sedikit pengetahuan/pemahaman  siswa  terhadap  konsep  materi  yang  dipelajari,  maka peneliti  juga  berencana  memberikan  pemahaman  awal  mengenai  konsep  ilmiah  yang akan dipelajari melalui penjelasan di depan kelas, tujuannya untuk membantu siswa  memahami  materi,  sebelum  memasuki  fase  pemecahan  masalah.  Dan bilamana  peneliti  beranggapan  bahwa  penjelasan  awal  yang  diberikan  menurut pengamatan  peneliti  tidak  berjalan  efektif,  maka  akan  ditindaklanjuti  dengan menyuruh siswa membaca buku pelajaran.  Mengingat  model  diskusi  dan  tanya  jawab  dalam  proses  pemecahan masalah  dan  menarik  kesimpulan  maka  sangat  dituntut  peran  aktif  siswa,  oleh karenanya,  peneliti  sedapat  mungkin  menciptakan  penguasaan  kelas  dan  situasi belajar yang kondusif, sehingga proses belajar mengajar menjadi efektif

 

 

b.      Pelaksanaan

Subyek  penelitian  yaitu  kelas  V  seperti  biasa  melakukan  pembiasaan yaitu  berdoa  yang  dipimpin  oleh  ketua  kelas.  Siswa  memberikan  salam kepada  guru  (peneliti),  suasana  kelas  cukup  kondusif.  Sebelum  pelajaran dimulai  peneliti  mengecek  kehadiran  siswa,    dan  semua  siswa  hadir  pada hari itu. 

Sebelum  melaksanakan  pembelajaran  terlebih  dahulu  peneliti melakukan  apersepsi,  yang  ditujukan  untuk  mengetahui  pengetahuan  awal serta  mengulas  materi  yang  telah  dipelajari  sebelumnya.  Pada siklus II siswa lebih antusias hal ini terlihat dari pertanyaan  yang  dilontarkan  oleh  peneliti  mendapatkan  respon  yang  baik dari  para  siswa.  Peneliti  lebih  memotivasi  lagi  siswa  yang  pada  siklus  I kurang  antusias.  dan  akhirnya  siswa  yang  berada  pada  barisan  disebelah kanan  lebih  berani  untuk  menyatakan  pendapatnya  serta  menjawab pertanyaan dari peneliti. 

Setelah  melaksanakan  apersepsi,  peneliti  menjelaskan  apa  saja  yang akan  dipelajari  dalam  pembelajaran  hari  itu.  Sebelum  kegiatan  yang mengarah  ke  metode  problem  solving  dilaksanakan,  peneliti  banyak melakukan  tanya  jawab  dengan  siswa  terutama  beberapa  pertanyaan  yang diajukan dalam apersepsi yang belum terjawab.  Pada  kegiatan  selanjutnya,  siswa  sudah  mulai  tahu  dan  paham apa yang harus dilakukan selanjutnya.  Sebelum peneliti membagi siswa menjadi 8 kelompok,  siswa  sudah  mengatur  posisi  duduk  seperti  pada  siklus sebelumnya.  tidak  ada  perubahan  anggota  kelompoknya  karena  peneliti menetapkan  kelompok  sesuai  pada  siklus  sebelumnya. 

Dalam kegiatan belajar secara berkelompok peneliti membagikan LKS yang memuat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan bersama. Pada saat  proses  pembelajaran  secara  berkelompok  berlangsung  siswa  banyak menunjukan  perubahan  yang  semula  acuh  dan  tidak  menunjukan aktivitasnya dalam bekerja kelompok, sudah menunjukan peningkatan yaitu dengan  aktif    memberikan  pendapatnya  pada  kelompok  tersebut.  Pada  siklus  II  ini  peneliti  membimbing  siswa  untuk  menyelesaikan  LKS  dengan tahapan-tahapan yang sama pada siklus kedua yaitu sebagai berikut:  1) Mengenali masalah. Dari LKS siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah apa saja yang terjadi,  peneliti  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk mengungkapkan  masalah  yang  muncul.  Semua  kelompok  peneliti membimbing  dan  mengarahkan  siswa  untuk  mengidentifikasi  masalah tersebut  dengan  cara  mengamati  fenomena  yang  diberikan  sehingga  siswa dapat  mengemukakan  pertanyaan  berdasarkan  masalah  yang  didapat.  Pada tahap  ini  siswa  sudah  memperlihatkan  kemajuan  atau  peningkatan  dalam mengenali  masalah  yang  diberikan.  Terlihat  dari  meningkatnya  siswa  yang aktif dalam setiap kelompok belajarnya, bahkan ada siswa yang semula tidak pernah  bertanya  sebelumnya  pada  guru,  pada  siklus  II  ini  mulai  berani bertanya. 2) Mencari alternatif pendekatan untuk memecahkan masalah itu. Dalam  tahap  ini  peneliti  memberikan  waktu  kepada  semua  kelompok untuk  mengumpulkan  ide  menyelesaikan  masalah  baik  dengan  membuka buku ataupun materi yang telah diberikan peneliti. guru berkeliling ke setiap kelompok dan memberikan arahan  yang diperlukan. Dalam kegiatan inipun siswa  terlihat  aktif  dengan  membuka-buka  berbagai  sumber  yang  ada. Terutama yang sudah mereka persiapkan. 3) Memilih dan menerapkan pendekatan pemecahan masalah. Dalam  tahapan  ini  siswa  diminta  untuk  mengambil  dan  memilih keputusan  mengenai  alternatif    pemecahan  masalah  yang  akan  dipilihnya. Sama halnya dengan tahapan mencari  alternatif pemecahan masalah, dalam memilih  alternatif  pemecahan  masalah  pun  sudah  mulai  menunjukan peningkatan yang cukup baik.  4) Mencapai kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Pada  tahap  ini  siswa  diminta  untuk  mempresentasikan  dan menyimpulkan  hasil  diskusi  dengan  kelompoknya.  Pada  siklus II  stiap kelompok  rata-rata  mengajukan  untuk  mempresentasikan  hasil  diskusinya didepan.  Tetapi  untuk  mengefektifkan  waktu,  kelompok  yang  maju  hanya satu kelompok dengan di undi secara acak. Tetapi yang lainpun memberikan tanggapan atas hasil presentasi kelompok yang di depan. Setelah  diskusi  kelompok  berakhir,  posisi  duduk  siswa  kembali  pada keadaan  semula.  Sebelum  peneliti  memberikan  Tes  terakhir,  peneliti bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

Pada siklus kedua ini dalam tahap pelaksanaan sudah menunjukkan  adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini :

 

Tabel     4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus II

 

No

Kriteria Ketuntasan

Kondisi Awal

Ket

Jumlah

%

1

Tuntas

28

87,50


2

Belum Tuntas

4

12,50



Jumlah

32

100,00



Nilai terendah

60,00



Nilai tertinggi

90,00



Rata – rata

78,75



Ketuntasan

87,50


 

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa nilai rata-rata sebesar 78,75 dengan siswa tuntas sebesar 87,50% atau 28 siswa, dengan siswa belum tuntas atau mendapat nilai kurang dari KKM sebesar 70,00 sebanyak 4 siswa atau 12,50% dan angka ketuntasan klasikal sebesar 87,50%. Data di atas menunjukkan dalam siklus I ini menunjukkan bahwa  hasil penelitian pada siklus kedua telah memenuhi indikator yaitu minimal 85% dari jumlah seluruh siswa dinyatakan tuntas atau mendapat nilai minimal sama dengan KKM 70 sehingga proses perbaikan pembelajaran melalui kegiatan penelitian tindakan kelas dinyatakan selesai dan tuntas pada siklus kedua.

Penjelasan mengenai aspek aktivitas belajar yang diamati adalah perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasamanya dalam kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, memberi gagasan yang cemerlang, membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang, keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain, memanfaatkan potensi anggota kelompok, saling membantu dan menyelesaikan masalah. Kegiatan pengamatan ini dilakukan oleh observer selama kegiatan perbaikan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format observasi yang telah dipersiapkan. Hasil observasi pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus I sebagaimana tabel di bawah ini :

Tabel 4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa  pada Siklus II

 

No

Rentang Nilai

Ketuntasan

Ket

Tuntas

%

Blm Tuntas

%

1

50

-

-

0

0,00


2

51-69

-

-

2

6,25


3

70-89

14

43,75

-

-


4

>=90

16

50,00

-

-



Jumlah

30

93,75

2

6,25


 

Dari penjelasan tabel di atas dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah meningkat dari siklus pertama, hal tersebut dibuktikan  terdapat 30 siswa atau 93,75% yang dinyatakan tuntas karena masuk dalam kriteria penilaian aktif. Dari penjelasan data di atas dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa berdasarkan aktivitas belajar telah tercapai, karena sudah melebihi angka 85%.

c.       Observasi

Pada  kegiatan  apersepsi,  guru  sekaligus  peneliti  berusaha  menarik perhatian siswa agar aktif mengikuti pembelajaran tetapi masih ada siswa yang  kurang  aktif,  padahal  dalam  metode  pembelajaran  problem  solving peran  aktif  siswa  merupakan  suatu  keharusan,  karena  peran  guru  hanya sebagai fasilitator.

Dalam  tahapan  pemecaham  permasalahan  melalui  kegiatan  tanya  jawab hanya  sebagian  siswa  yang  aktif  bertanya  atau  memberikan  pendapatnya mengenai  permasalahan  yang  dipecahkan,  dan  sebagian  dari  pertanyaan siswa menunjukan siswa kurang memahami konsep permasalahan.

Dalam kegiatan diskusi kelas, ada beberapa siswa yang kurang aktif untuk memberikan  masukan  atau  pendapat  mengenai  permasalahan  yang dipecahkan,  selain  itu  terlihat  jika  siswa  kesulitan  memberikan  komentar atau mengemukakan pendapat yang sesuai dengan konsep ilmiah.

Kesimpulan yang diberikan siswa terkait dengan permasalahan yang telah dipecahkan juga belum sesuai dengan konsep ilmiah. Karena dengan metode tanya jawab dan diskusi, ternyata siswa juga belum juga berhasil memberikan kesimpulan sesuai dengan konsep ilmiah, maka ditindaklanjuti  dengan  Tes  tertulis  untuk  merestorasi  pemahaman  siswa agar dapat memberikan kesimpulan sesuai dengan konsep ilmiah. 

d.      Refleksi

Setelah  melakukan  ketiga  tahapan  di atas,  peneliti  mulai  merefleksi, merenungkan  hal-hal  apa  saja  yang  di  temukan  dalam  pelaksanaan  yang telah  dilakukan.  Baik  dari  siklus  1  sampai  siklus  II.  Dengan  berpedoman pada  hasil  pengamatan  (observasi)  dari  beberapa  wawancara  yang  telah dilakukan  peneliti  dengan  para  siswa  disela-sela  waktu  jam  istirahat  dan  hasil  pengisian  angket  setelah  pembelajaran  berlangsung.  Selain  dari  hasil pengamatan selama pembelajaran, dilihat pula hasil Tes siswa pada siklus I siklus II.   Dari hasil diskusi dengan observer disimpulkan bahwa kegiatan dalam pembelajaran  pada  siklus  ketiga  berjalan    dengan  baik.  Siswa  sudah menunjukan aktivitas selama pembelajaran berlangsung.   Jadi kesimpulannya dari hasil refleksi dalam siklus II ini,  peneliti dan observer  memutuskan  untuk  melaksanakan  penelitian  sampai  siklus  II.

Keputusan ini diambil dengan pertimbangan  yaitu dari hasil angket, lembar observasi  serta  wawancara  dan  hasil  Tes  siswa  telah  menunjukan  perbaikan dalam  pembelajaran  dimana  hasil  belajar  yang  diperoleh  siswa  telah mengalami  peningkatan  yang  signifikan.  Pertimbangan  lainnya  adalah subjek  penelitian  sedang  berkonsentrasi  untuk  persiapan  menghadapi  ujian akhir,  maka  peneliti  dan  observer  memutuskan  untuk  melaksanakan penelitian ini sampai siklus II. 

B.     Hasil Penelitian

Pada studi awal dimana peneliti menggunakan metode pembelajaran klasikal, ternyata hasil ketuntasan belajar sangat mengecewakan, yaitu 4 siswa atau sebesar 20,00% yang tuntas belajar dari  20 siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran. Upaya perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan   metode Problem Solving  akan  sangat  membantu  dalam  membangkitkan    aktivitas  belajar  siswa,  ini  terbukti  dari  hasil  belajar  yang  diberikan  pada  setiap  siklusnya  mengalami  peningkatan di mana pada  siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  studi awal sebesar 55,00, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  66,88 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 78,75.  Rekapitulasi  nilai  hasil  Tes formatif siswa  dari kondisi awal, siklus  I  sampai dengan siklus II dapat dilihat dari tabel di bawah ini.

 

Tabel 4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II

 

Siklus

Nilai

Ketuntasan

Ket

Tuntas

%

Belum Tuntas

%

Awal

55,00

10

31,25

22

68,75


Siklus I

66,88

17

53,13

15

46,88


Siklus II

78,75

28

87,50

4

12,50


Sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam perbaikan pembelajaran bahwa siswa yang dinyatakan tuntas belajar jika mendapat nilai tes formatif sebesar 70 ke atas dan jika 85% dari siswa telah tuntas belajarnya.  Untuk memperjelas kenaikan ketuntasan belajar siswa dan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar   4.1       Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II

 

Dari grafik dan tabel di atas menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran penjaskes di kelas V Tahun Pelajaran 2021/2022 dapat meningkatkan hasil belajar ini ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan hasil  belajar per siklus nya dimana pada kondisi awal hanya 10 siswa atau 31,25%,  siklus I ada 17 siswa atau 53,13%, dan pada siklus II ada 28 siswa atau 87,50%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85 % dari jumlah seluruh siswa. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari 55,00 menjadi 66,88 dan 78,75 pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus kedua rata-rata hasil belajar juga sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu minimal sama dengan KKM sebesar 70,00

Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam bentuk grafik sebagaimana gambar di bawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Gambar   4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II

 

Data aktivitas siswa diperoleh dari lembar observasi yang telah diisi oleh observer selama perbaikan pembelajaran berlangsung. Fokus observasi difokuskan pada aspek-aspek perhatian siswa terhadap penjelasan guru, kerjasamanya dalam kelompok, kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok, memberi kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok, mendengarkan dengan baik ketika teman berpendapat, memberi gagasan yang cemerlang, membuat perencanaan dan pembagian kerja yang matang, keputusan berdasarkan pertimbangan anggota yang lain, memanfaatkan potensi anggota kelompok, saling membantu dan menyelesaikan masalah. Hasil observasi pada pelaksanaan kegiatan perbaikan pembelajaran menunjukkan hasil yang positif, dan dibuktikan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklusnya.

Secara rinci penjelasan mengenai peningkatan aktivitas siswa dalam proses perbaikan pembelajaran sebagaimana tabel di bawah ini :

 

Tabel 4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II

 

 

 

Siklus

Ketuntasan

Tuntas

%

Belum Tuntas

%

Awal

14

43,75

18

56,25

Siklus I

22

68,75

10

31,25

Siklus II

30

93,75

2

6,25

 

Secara jelas peningkatan aktivitas siswa selama proses perbaikan pembelajaran sebagaimana dijelaskan pada gambar di bawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar   4.3       Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II

 

Dari hasil observasi mengenai aktivitas siswa tersebut berdasarkan kriteria keberhasilan perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil karena peningkatan aktivitas belajar per siklus nya dimana pada kondisi awal hanya 14 siswa atau 43,75%,  siklus I ada 22 siswa atau 68,75%, dan pada siklus II ada 30 siswa atau 93,75%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni kategori aktif dan aktif sekali yang mencapai 85%.

Atas dasar pertimbangan sebagaimana diurakan di atas, maka peneliti dan observer sepakat memutuskan bahwa kegiatan perbaikan pembelajaran diakhiri pada siklus II.

C.     Pembahasan

Dari hasil pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan problem solving pada kondisi awal, siklus I dan II, peneliti menemukan beberapa temuan penelitian yang akan dibahas sebagai berikut. Hasil belajar yang diperoleh pada kondisi awal rata-rata hasil belajar yang di dapat dalam kelas sebesar 55,00. Angka tersebut masih tergolong kurang baik karena belum mencapai target yang telah ditetapkan yakni ≥70. Selain itu, hanya terdapat 10 siswa  (31,25%) yang mencapai nilai yang telah ditetapkan tersebut, selebihnya yakni 22 siswa (68,75%) masih berada di bawah rata-rata. Adapun penjelasan mengenai peningkatan aktivitas belajar menunjukkan 14 siswa (43,75%)  dinyatakan meningkat aktivitas belajarnya sementara 18 siswa (56,25%) dinyatakan belum meningkat. Pada siklus pertama menunjukkan hasil 18 siswa  (56,25%) yang mencapai nilai yang telah ditetapkan tersebut, dan 14 siswa (43,75%) dinyatakan belum tunyas. Adapun penjelasan mengenai peningkatan aktivitas belajar menunjukkan 22 siswa (68,75%)  dinyatakan meningkat aktivitas belajarnya sementara 10 siswa (31,25%) dinyatakan belum meningkat

Hal ini menunjukkan bahwa penelitian belum berhasil dan harus dilanjutkan ke siklus berikutnya yakni siklus II. Dari hasil diskusi dengan observer disimpulkan bahwa kegiatan dalam pembelajaran  yang  mengarah  pada  problem  solving  sudah  nampak  atau sesuai.  Peneliti  perlu  mengemas  masalah  secara  baik  sesuai  dengan  pokok bahasan.  Pada  kegiatan  diskusi  kelompok  masih  ada  beberapa  siswa  yang kurang  aktif,  hal  ini  harus  lebih  diperhatikan  lagi.  Adapun  kendala  lainnya adalah  mengenai  pengaturan  waktu  yang  melebihi  waktu  yang  telah ditentukan,  penggunaan  media  harus  lebih  dimaksimalkan    serta  peneliti harus  lebih  memotivasi  siswa  agar  lebih  aktif  dalam  kegiatan  kelompok untuk memecahkan permasalahan.

Jadi kesimpulannya dalam siklus kedua nanti peneliti  (guru)    harus  memperhatikan  hal-hal  sebagai  berikut  untuk perbaikan dalam pembelajaran (1) untuk  kegiatan  dalam  pemecahan  masalah  (problem  solving),  guru hendaknya  mengemas  masalah/peristiwa  yang  berkaitan  dengan  tema secara baik, (2) lebih  mengefektifkan  waktu,  terutama  kegiatan  siswa  dalam  mencari informasi, data untuk pemecahan masalah, (3) penggunaan media yang harus di maksimalkan, (4) Memotivasi siswa yang kurang antusias dalam siklus pertama terutama dalam kegiatan secara berkelompok untuk memecahkan masalah.

Dari siklus I tersebut guru beserta observer menganalisis dan berdiskusi untuk merencanakan tindakan yang dapat memperbaiki siklus I tersebut melalui proses pembelajaran pada siklus II. Adapun perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh guru adalah lebih memahami dan memberikan perhatian lebih kepada siswa yang terlihat kurang aktif selama pembelajaran, lebih meningkatkan langkah-langkah pembelajaran problem solving kepada siswa. Lebih banyak memberikan pertanyaan yang sifatnya memancing keaktifan siswa untuk dapat berpikir lebih keras dalam menyelesaikan masalah yang dalam hal ini adalah soal yang diberikan oleh guru. Guru lebih sering lebih berkeliling untuk mengecek ataupun mamastikan bahwa materi yang telah disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Selain itu, guru pun memberikan tugas kelompok kepada siswa agar lebih aktif di kelas dan terjadi transfer ilmu dari siswa yang sudah faham kepada siswa yang masih belum memahami materi yang dipelajari. Pemberian reward untuk siswa yang turut berpartisipasi aktif pun cukup meningkatkan semangat belajar siswa di kelas.

Dari siklus II ini di dapatkan hasil rata-rata hasil belajar  yakni 78,75 dan siswa yang mencapai KKM sudah lebih dari 85% yakni 87,50%. Hanya sekitar 15,63% siswa yang dinyatakan belum tuntas. Hal ini di dukung oleh tingkat aktivitas belajar yang meningkat pada siklus II mencapai angka 93,75%

Maka dari itu peneliti memutuskan untuk mencukupkan penelitian hanya pada siklus II. Alasan mengapa pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yang cukup siginifikan adalah karena siswa memang sudah terbiasa dengan pembelajaran problem solving dan faham dengan tahap-tahap penyelesaiannya, siswa sudah terbiasa berinteraksi dengan peneliti yang dalam hal ini sebagai guru di kelas tersebut, dan siswa lebih banyak mengerjakan latihan-latihan soal yang diberikan dengan tahapan pemecahan masalah. Selain itu, peneliti berusaha agar pembelajaran yang diterapkan benar-benar dapat diterima oleh siswa yaitu dengan lebih berkomunikasi kepada siswa, mencari tahu apa saja kesulitan yang dihadapi siswa, memberikan latihan terbimbing kepada siswa yang mengalami kesulitan tersebut dan berusaha menciptakan suasana kelas yang nyaman agar siswa tetap senang dengan pembelajaran  walaupun materi yang dipelajari cukup sulit.

 

 

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

A.    Simpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan temuan-temuan yang didapatkan peneliti selama proses perbaikan pembelajaran  yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa :

1.      Penggunaan metode  Problem  Solving  dapat meningkatkan proses pembelajaran materi zat-zat aditif pada siswa kelas V SDN 1 ..................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan proses pembelajaran tersebut terlihat dengan adanya perubahan ke arah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Penggunaan metode problem solving pembelajaran materi zat-zat aditif dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar dari 14 siswa atau 43,75%,  siklus I ada 22 siswa atau 68,75%, dan pada siklus II ada 30 siswa atau 93,75% dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 siswa.

2.      Penggunaan metode problem solving pembelajaran materi . zat-zat aditif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 55,00 pada kondisi awal, menjadi 66,88 pada siklus pertama, dan pada akhir siklus kedua menjadi 78,44 dengan tingkat ketuntasan belajar yang juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu 10 orang siswa (31,25%) pada kondisi awal, menjadi 53,46% atau 17 siswa, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50% atau 28 siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa indikator kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua, sehingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan selesai dan tuntas pada siklus kedua.

B.      Saran 

Berdasarkan simpulan penelitian yang telah dikemukakan, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut :

 

1.    Bagi Siswa

a.    Pembelajaran menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, siswa dapat berpikir positif aktif, kreatif dan menyenangkan.

b.    Lebih aktif berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan memiliki keterampilan-keterampilan sosial dalam bekerja sama, berbagi tugas, bertanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain.

c.    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, siswa hendaknya lebih mempersiapkan diri agar fokus ketika mengikuti pelajaran. Apabila ada materi yang belum dipahami diharapkan untuk ditanyakan kepada guru atau teman sehingga siswa mendapat materi pembelajaran lebih maksimal. Siswa juga diharapkan lebih aktif saat mengikuti pelajaran dan tidak tergantung pada guru.

2.    Bagi Guru

a.         Pendekatan metode problem solving tidak hanya diterapkan untuk
pembelajaran Penjaskes saja, tetapi dapat diterapkan pada pembelajaran
mata pelajaran lain yang ada pemecahan masalahnya.
.

b.         Sebaiknya metode problem solving dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif peningkatan motivasi dan belajar belajar di kelas karena penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode problem solving pada pembelajaran Penjaskes lebih efektif.

3.    Kepala Sekolah

a.    Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan/input dalam rangka pembinaan guru agar guru lebih berkualitas di masa yang akan datang.

b.    Laporan hasil penelitian dapat digunakan dalam rangka Penilaian Kinerja Guru yang meliputi empat kompetensi, salah satunya kompetensi profesi.

c.    Mengusahakan fasilitas yang bisa mewadahi agar proses pembelajaran dapat bermutu.

d.   Menambah koleksi perpustakaan dengan buku-buku metode problem solving

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

A.M., Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ahmadi Abu, Joko Tri Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV.Pustaka Setia.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Taxonomy for learning, teaching
and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. New York, NY: Longman.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmani, 2011, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan : Jakarta, Diva Press.

David W. Johnson, Roger T. Johnson, and Mary Beth Stanne. 2000. Cooperative
Learning Methods: A Meta-Analysis. Minnesota : University of Minnesota

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Husdarta, J.S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta.

Kusmawan, W.S., 2002. Ergonomi dan K3. PT Remaja Rosdakarya. Bandung

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas.
Jakarta: PT INDEKS.

Mulyanto, Respaty. 2014. Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI.Rukmana, 2009

Safari, Indra. (2014). Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Bandung: CV. Bintang WarliArtika.

Simon, Rochdi., Saputra, Yudha. (2007). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: UPI PRESS.

Sriyono. 1992. Tehnik Belajar Mengajar CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, N. dan Tabrani, A. 1987. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Karya

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winarni, R. dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Vol. 1.no.1.P.1 -6.

 

 

 

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih