Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN GABUNGAN PADA SISWA KELAS IV SDN ................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....
Oleh
…………………………..
NIP. ........................................
SEKOLAH DASAR NEGERI ................
Alamat : ......................................................................................
Kabupaten ................ Provinsi ................
2021
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan Pada Siswa Kelas IV SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022
b. Jenis Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………………………
b. NIP : ……………………………
c. Pangkat / Golongan : ……………………………
d. Jabatan : ……………………………
e. Instansi : SD Negeri ................
f. Tempat Penelitian : SD Negeri ................
3. Lama Penelitian : 3 bulan (Bulan Juli 2021 sampai dengan Bulan September 2021)
4. Sumber Biaya : Swadaya
Mengetahui ................, September 2021
Kepala Sekolah Peneliti
…………………………. ………………………
NIP. …………………. NIP. .......................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
………………………..
NIP. …………………….
PENERAPAN METODE DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN GABUNGAN PADA SISWA KELAS IV
SDN ................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh
…………………………..
NIP. ........................................
ABSTRAK
Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun gabungan pada siswa kelas IV SDN ................ semester 1 tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas ini yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdapat dua pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 10 siswa atau 62,50%, naik menjadi 11 siswa atau 68,75% pada siklus pertama, dan serta 100% pada siklus kedua, serta meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 64,38 naik menjadi 71,88 pada siklus pertama, dan 84,38 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (50,00%) pada studi awal, 56,29% atau 9 siswa pada siklus pertama, 15 siswa atau 93,75% dinyatakan tuntas belajarnya dan satu siswa (6,25%) belum tuntas belajarnya namun semua kriteria keberhasilan telah tercapai sehingga proses perbaikan dinyatakan selesai pada siklus kedua dan kepada siswa yang belum tuntas akan diberikan program remidial.
Kata Kunci : discovery, aktivitas, hasil belajar
KATA PENGANTAR
Penulis bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisan laporan penelitian tindakan kelas berjudul “Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan Pada Siswa Kelas IV SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022” dapat terselesaikan. Laporan penelitian tindakan kelas ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari ........ ke ........ Peneliti mengakui, dengan terselesaikannya penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak.
Penelitipun menyadari, bahwa penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap semoga penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
................, September 2021
Peneliti
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ........................................................ 1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 3
C. Pembatasan Masalah ............................................................. 4
D. Rumusan Masalah ................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 6
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 22
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 23
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian................................................................... 25
B. Metode dan Rancangan Penelitian ........................................ 25
C. Subjek Penelitian.................................................................... 27
D. Teknik Pengumpulan Data .................................................... 27
E. Validasi Data.......................................................................... 28
F. Analisis Data.......................................................................... 29
G. Prosedur Penelitian ................................................................ 30
H. Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...................................... 35
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data ....................................................................... 36
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 48
B. Pembahasan Hasil Penelitian.................................................. 53
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ................................................................................ 56
B. Saran....................................................................................... 56
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 4.1 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Kondisi Awal 37
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal .................................................................................................. 38
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika pada Siklus I 40
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus I 42
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus II.. 45
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus II 47
Tabel 4.7 Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II........ 48
Tabel 4.8 Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................................. 52
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berfikir Penelitian Tindakan Kelas........................... 23
Gambar 3.1 Bagan siklus pelaksanaan penelitian tindakan kelas (Aqib 2007:22) 25
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Tes Formatif pada Konsidi Awal, Siklus I dan II................................................................ 49
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 50
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II .................................................................................................. 53
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 : Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 6 : Daftar Hadir Siswa
Lampiran 7 : Daftar Hadir Peneliti dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 : Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Berkas Seminar PTK
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Pendidikan bukanlah sekedar wacana untuk membentuk anak-anak muda dapat menjadi generasi yang kompeten, melainkan pendidikan menekankan bagaimana proses tersebut dapat diterapkan. Pendidikan merupakan suatu proses interaksi yang mendorong terjadinya peristiwa belajar. Karena dengan adanya belajar, terjadilah perkembangan jasmani dan mental siswa. (Dimyati dan Mudjiono, 2009).
Proses belajar merupakan upaya perubahan tingkah laku, sementara belajar sebagai suatu aktivitas mental atau psikis berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan sikap dalam pengetahuan dan pemahaman, keterampilan serta nilai dan sikap (Suprihatiningrum, 2013).
Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa belajar selain memerlukan konsep juga memerlukan tindakan praktis. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang tampak dari tertinggalnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi menjadi permasalahan yang cukup rumit untuk diselesaikan. Perbaikan untuk mengejar ketinggalan Indonesia dari negara-negara maju lainnya perlu dilakukan terutama di sektor pendidikan, karena pendidikan dapat menjadi cerminan kualitas seseorang maupun suatu negara.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri ................, dapat dilihat dua aspek penting saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena saat belajar siswa lebih suka mengandalkan pada penjelasan dari gurunya saja tanpa mencari informasi untuk membangun pengetahuan sendiri.
Hasil tes formatif pada studi awal mata pelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan ternyata hanya 50,00% atau 8 siswa dari 16 siswa yang mencapai tingkat penguasaan materi 85% ke atas atau mendapat nilai di atas KKM sebesar 75. Untuk itulah guru perlu mempelajari dan mempertimbangkan masalah metode mengajar yang tepat yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak.
Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru dalam membuat strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa, yang tidak mengharuskan menghafal fakta-fakta, tetapi strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak siswa itu sendiri.
Untuk menciptakan suasana belajar yang dapat menarik, seorang guru membutuhkan suatu pendekatan yaitu pendekatan discovery dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan discovery dapat membantu kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery ini selalu mengusahakan agar siswa menemukan sendiri konsep-konsep materi yang sedang dipelajari. Siswa diprogramkan agar selalu aktif secara mental maupun secara fisik. Materi yang disajikan guru, bukan begitu saja diberitahukan dan diterima oleh siswa. Siswa dikondisikan sedemikian rupa sehingga mereka memperoleh berbagai pengalaman dalam rangka “menemukan sendiri” konsep-konsep yang direncanakan oleh guru dan dibantu dengan sedikit bimbingan dari guru. Dengan demikian mereka akan memperoleh serta menyimpan konsep tersebut dengan lebih baik.
Untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa, guru harus dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Salah satunya adalah dengan menggunakan pendekatan discovery yang dapat memberikan siswa suasana baru dalam proses pembelajaran. Kegiatan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan discovery diantaranya siswa menyelesaikan tugas-tugas dalam kelompok, berusaha menemukan konsep materi yang dipelajari secara kelompok, dan siswa mengemukakan apa yang diperoleh dalam kegiatan tersebut.
Dari uraian tersebut di atas tentang latar belakang masalah maka penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Gabungan Pada Siswa Kelas IV SDN ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”.
B. Identifikasi Masalah
Melalui pengamatan dan diskusi terindentifikasi beberapa masalah yang mempengaruhi pembelajaran antara lain :
1. Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar didominasi dengan penggunaan metode konvensional, sehingga pembelajaran di kelas masih terpusat dengan guru (teacher centered),
2. Guru kurang memotivasi siswa agar siswa membangun pengetahuannya sendiri dan
3. Guru kurang memanfaatkan potensi siswa yang telah ada agar menjadi aktif dan mandiri dalam pembelajaran.
4. Siswa kurang mampu membangun pengetahuannya sendiri dan lebih suka mendengar ceramah dari guru,
5. Hanya sebagian kecil orang siswa di kelas yang mampu dan berani mengemukakan pendapatnya mengenai materi pembelajaran, dan
6. Siswa seringkali terlihat ribut dan melakukan berbagai aktivitas yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran.
Berdasarkan permasalahan di atas maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebagai upaya perbaikan yang peneliti lakukan pada matematika materi luas dan keliling bangun gabungan siswa kelas IV SD Negeri ................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan penerapan metode discovery.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, dapat disimpulkan rumusan masalah fokus perbaikan adalah :
1. Bagaimana upaya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri ................ pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan dengan penerapan metode discovery?
2. Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ................ pada pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan dengan penerapan metode discovery?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, agar memiliki arah yang jelas, ditentukan tujuan dari penelitian ini, yaitu :
1. Untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas IV SD Negeri ................ dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan melalui penerapan metode discovery.
2. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri ................ dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun gabungan melalui penerapan metode discovery.
E. Manfaat Penelitian
Diharapkan hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini juga dapat memberikan manfaat baik secara teroris maupun praktis, yaitu :
- Manfaat Teoris
a. Secara teoritis penelitian ini diharapkaan dapat berguna sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya, yaitu penelitian yang berhubungan dengan metode discovery.
b. Sebagai bahan kajian untuk meningkatkan pemahaman konsep dasar luas dan keliling bangun gabungan melalui metode discovery.
- Manfaat Praktis
a. Bagi Siswa
1) Peserta didik dapat membiasakan diri berpikir logis mengenai hubungan sebab akibat serta dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran pada materi luas dan keliling bangun gabungan
2) Peserta didik dapat lebih mudah dan semangat dalam memahami mata pelajaran. Dengan cara pembelajaran yang menarik, dan tidak membosankan.
3) Peserta didik akan lebih aktif belajar dan mereka bisa lebih mudah dalam memahami pelajaran.
4) Peserta didik dapat menyimak pelajaran dengan semangat sehingga peserta dididik akan memperoleh hasil yang baik.
b. Bagi Guru
1) Meningkatkan kinerja guru karena dengan metode discovery dapat mengefektifkan waktu pembelajaran.
2) Menciptakan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga dapat menarik perhatian siswa.
3) Guru dapat mengetahui permasalahan-permasalahan peserta didik, sehingga dapat mempermudah guru untuk mengatasi masalah-masalah apa yang timbul dalam pembelajaran.
c. Bagi Sekolah
1) Dengan penelitian ini diharapkan sekolah dapat lebih meningkatkan pemberdayaan metode discovery agar hasil belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pembelajaran lain.
2) Dengan penelitian ini diharapkan sekolah dapat memperoleh alat peraga di sekolah.
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih