LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUTANSI PERUSAHAAN DAGANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI B SMK NEGERI 1 .................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Disusun sebagai salah satu syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari Golongan III/c ke III/d
Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Oleh
....................
NIP.
....................
SMK NEGERI 1 ....................
Jl. ………………………………. Kecamatan ....................,
Kabupaten ……………….. Provinsi Kalimantan ………………..
2023
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)
1. a. Judul Penelitian : Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Komputer Akutansi Perusahaan Dagang Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023
b. Kategori Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2. Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap : ....................
b. NIP : ....................
c. Pangkat / Golongan : Penata, III/c
d. Jabatan : Guru Mata Pelajaran
e. Sekolah : SMK Negeri 1 ....................
3. Jumlah peneliti : 1 orang
4. Lokasi : SMK Negeri 1 ....................
5. Jangka waktu : 3 bulan (Februari 2023 s.d bulan April 2023)
Mengetahui ...................., 10 April 2023
Kepala Sekolah Peneliti
………………………….. ....................
NIP. ………………….. NIP. ....................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
………………………….
NIP. …………………….
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUTANSI PERUSAHAAN DAGANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS XI AKUTANSI B SMK NEGERI 1 .................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Oleh
....................
NIP.
....................
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi rendahnya hasil pembelajaran Komputer Akutansi yang sebagian besar belum mencapai KKM. Upaya yang dilakukan dengan melaksanakan kegiatan PTK melalui penerapan metode discovery. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan motivasi dah hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar pada studi awal hanya 9 siswa atau 37,50%, naik menjadi 18 siswa atau 75,00% pada siklus pertama, serta 91,67% atau 22 siswa pada akhir siklus kedua., dan peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 62,50 naik menjadi 73,33 pada siklus pertama, 85,83 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa (20,83%) pada studi awal, 62,50% atau 15 siswa pada siklus pertama, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50%, atau 21 siswa dan masih terdapat 3 siswa yang belum tuntas belajarnya atau 12,50%, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa XI Akutansi B SMK Negeri 1 .................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: discovery, motivasi, hasil belajar
KATA PENGANTAR
Puji syukur Allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat dari golongan III/c ke golongan III/d.
Peneliti menyadari dengan terselesaikannya penelitian laporan penelitian tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang telah bekerjasama dengan baik pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini.
Penulis berharap semoga Allah SWT. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu Karya Tulis ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.
...................., April 2023
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 5
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 5
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 6
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 8
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 19
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 21
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 22
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 22
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 23
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 23
E. Validasi Data............................................................................... 24
F. Analisis Data................................................................................ 25
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 26
H. Indikator Keberhasilan ................................................................ 29
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 30
B. Hasil Penelitian............................................................................ 44
C. Pembahasan................................................................................. 47
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 50
B. Saran ........................................................................................... 50
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria Penilaian Motivasi Belajar Siswa................................... 25
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Ulangan Formatif Kondisi Awal.................. 32
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal 33
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siklus I......................................................................................... 36
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siklus I............................................... 37
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Materi Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siklus II....................................................................................... 41
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Komputer Akuntansi Perusahaan Dagang pada Siklus II............................................. 42
Tabel 4.7 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II 45
Tabel 4.8 Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II 46
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Diagram Alur Kerangka Pikir................................................... 21
Gambar 3.1 Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17) 23
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 45
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 45
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II .................................................................................................. 47
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1. Surat Ijin Penelitian
2. Jurnal Kegiatan Penelitian
3. a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
4. a. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b. Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Motivasi Siswa
5. Analisis Data HasilPenelitian
a. Hasil Tes Formatif Kegiatan Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II
b. Hasil Penilaian Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kegiatan Pra-Siklus, Siklus I, dan Siklus II
6. Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
a. Hasil Kerja Siswa Siklus I
b. Hasil Tes Formatif Siklus I
c. Hasil Kerja Siswa Siklus II
d. Hasil Tes Formatif Siklus II
7. Daftar Hadir Siswa
a. Daftar Hadir Siswa Kegiatan Pra-Siklus
b. Daftar Hadir Siswa Kegiatan Siklus I
c. Daftar Hadir Siswa Kegiatan Siklus II
8. a. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c. Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
9. Berkas/Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Didasarkan temuan dan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan sebgai berikut :
1. Penggunaan model pembelajaran discovery terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang. Hal tersebut terindikasi dari peningkatan motivasi siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 9 siswa atau 37,50%, naik menjadi 18 siswa atau 75,00% pada siklus pertama, serta 91,67% atau 22 siswa pada akhir siklus kedua.
2. Penggunaan model pembelajaran discovery terbukti dapat meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang. Hal tersebut dibuktikan oleh peningkatan prestasi hasil belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 62,50 naik menjadi 73,33 pada siklus pertama, 85,83 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 5 siswa (20,83%) pada studi awal, 62,50% atau 15 siswa pada siklus pertama, dan pada siklus terakhir menjadi 87,50%, atau 21 siswa dan masih terdapat 3 siswa yang belum tuntas belajarnya atau 12,50%, namun secara keseluruhan semua kriteria keberhasilan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua.
B. Saran
Saran yang dapat diberikan dengan adanya penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1. Bagi Guru
a. Guru hendaknya membuat rencana pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran.
b. Guru harus menghindari kecenderungan mengejar target pencapaian kurikulum, karena muatan kurikulum sudah di perhitungkan berdasarkan alokasi waktu dan hari efektif. Kecenderungan ini menyebabkan pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang menjadi monoton sehingga membosankan siswa.
c. Guru dituntut lebih kreatif mengembangkan model pembelajaran serta mencari informasi-informasi terkini yang berkaitan dengan pembelajaran komputer akutansi perusahaan dagang.
2. Bagi Siswa
a. Siswa perlu dilibatkan secara aktif dengan dukungan alat peraga, media pembelajaran dan metode yang mengaktifkan siswa.
b. Suatu keberhasilan dalam bentukan prestasi belajar tidak bergantung pada orang lain tetapi lebih banyak ditentukan oleh diri sendiri. Untuk itu siswa harus terlibat secara penuh baik secara fisik maupun mental dalam proses belajar mengajar, hal ini akan mempermudah tercapainya tujuan belajar.
3. Bagi Sekolah
Dalam upaya mengembangkan pembelajaran yang efektif dan efisien. Model pembelajaran discovery perlu diterapkan terutama dalam pembelajaran lainnya di SMK Negeri 1 Tulin Onsoi.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah Sani, Ridwan. 2017. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. 2013. Jakarta:Bumi Aksara
Afifah, R., Rusilowati, A., Supriyadi, 2014 Keefektifan Model Pembelajaran Guided Discovery Dengan Media Question Bervisi SETS dalam Membelajarkan Kebencanaan Alam Terintegrasi dalam IPA, Unnes Physics Education Journal, 2014, 6-11.
Aisyah, S. dkk. 2020. Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka Vol. 2 1 hlm. 62-65.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
B. Uno, H. 2020. Teori Motivasi dan Pengukurannya 16th ed.. Bumi Aksara.
Bahri, Syaiful. 2016. Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Dalyono. 2017. Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Fahrurrozi dan Hamdi, S. 2017. Model Pembelajaran Matematika. Universitas
Hamzanwadi Press.
Fauziah, Ami. 2017. Hubungan
Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar
Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota
Tanggerang. Jurnal JPSD Vol.
4 No. 1 Tahun 2017. ISSN 2356-3896 print, 2614-0136
Hadininsih, Rahayu. 2009. Tesis: “Keefektifan Metode Penemuan Terbimbing dan Metode Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas 8” Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Hafizah, Dini Yuli. 2021. Analisis Strategi Pembelajaran Active Learning Terhadap Perkembangan Sains Anak Di Pendidikan Anak Usia. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol. 5 No. 02, Juni 2021, Hal. 233-237
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. Pembelajaran Discovery
Strategy dan Mental
Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Irwadi, Maulan, dkk. 2015. Modul Pembelajaran Komputer Akuntansi. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.
Karina, Sa’diah M. Amrihati, Endang Titi. 2020. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan: Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan
Kurniasih Imas dan Berlin Sani, 2014. Teknik dan Cara Mudah. Memuat Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Kata Pena
Larasati, A. D. 2020. Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis
Higher
Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah
Ilmu Pendidikan. 111, 40-46.
Manik, T. 2017. Komputer Akuntansi Perspektif Praktik dan Studi Kasus.pdf. Umrah Press.
Mubarok, C., & Sulistyo, E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 32, 1996–1997.
Mustakim. 2020. Efektivitas
Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online
Selama Pandemi Covid-19 pada Mata
Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education Vol. 2, No. 1.
Nasrah. 2020. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 2, 2020 207-213
Nasrah. 2020. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia. Jurnal Riset Pendidikan Dasar 03 2, 2020 207-213
Ni Kadek, S., I Nyoman, S., & Ni Made, W. 2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta didik Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga. 41: 86 – 96.
Nugraha, A., & Nestiyarum, Y. 2020. Modul 09
Pembuatan Media Video
Pembelajaran Berbasis TIK A. Darmawan ed.; LEVEL 2 –, p. 35. Pusdatin
kemendikbud
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. 2019.
Journal On Education,. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk
Aljabar Pada
Peserta didik SMP Kelas VII. 0102: 323 – 334.
Punto Wicaksono & Ajeng Wind. 2012. Komputer
Akuntansi Untuk Pemula &
Orang Awam. Jakarta: Niaga Swadaya.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem
Based Learning itu
Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ruswandi. 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung. CV. CiptaPesona Sejahtera Riduwan dan Sunarto. 2012. Pengantar statistic Pendidikan, Sosial, Ekonom
Sardiman, A.M.. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sari, Tri Maniarta, Susriyati Mahanal, and Siti Zubaidah. 2018. “Empowering Critical Thinking with Ricosre Learning Model.” Jurnal Pendidikan Sains 6, no. March 2018 2018: 1–5.
Sintawana, Nisya, Diana Putri Lazirkha, dan Siti Nurindah Sari. 2021 “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis E-Learning pada Aplikasi Zenius Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA.” Ji-Tech
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama
Sudjana. Nana. 2019. Media Pengajaran Penggunaan dan. Pembuatannya. Edisi 8. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sujarweni, Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis
dan Ekonomi
Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Supriyono, Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Trianto. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group
Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press
Wulandari, Y., & Jannah, M. 2021. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN 38 Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 793– 797.
Zaenuri, Mochamad. 2013. Penerapan Aplikasi Software MYOB pada Perusahaan Dagang Toko Angkasa Komputer. INFOKAM .
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih