Lencana Facebook

banner image

Monday 28 August 2023

PTK IPA KURIKULUM MERDEKA KELAS VIII SMP

 


LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGENALAN SEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 8-A SMPN ...................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

 

Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat

Kenaikan Pangkat dari Golongan III/b ke III/c

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

 

..........................

NIP. ..........................

 

 

 

 

 

 

SMPN ......................

Jl. ……………………………… Kecamatan .......................... 

Kabupaten ……………….. Provinsi ………………………..

2022

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pengenalan sel melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023

      b.   Bidang Kajian                      : IPA

      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ..........................

      b.   NIP                                      :  ..........................

      c.   Pangkat / Golongan             : Penata Muda Tingkat I / III.b

      d.   Jabatan                                 : Guru Mata Pelajaran

      e.   Instansi                                 : SMPN ......................

      f.    Tempat Penelitian                :  SMPN ......................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Juli 2022 sampai dengan Bulan September 2022)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                   Mengetahui                                  ..........................,  19 September 2022

                Kepala Sekolah                                                       Peneliti

 

 

 

 

          ……………………….                                          ..........................

      NIP………………………..                                  NIP. ..........................

 

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………..

NIP……………………

 

 

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PENGENALAN SEL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 8-A SMPN ...................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerepan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 25 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan motivasi siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 5 siswa atau 20,00%,  siklus I ada 17 siswa atau 68,00%, dan pada siklus II ada 24 siswa atau 96,00%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni mencapai minimal 85% siswa dinyatakan tuntas. Peningkatan ketuntasan belajar siswa dari kondisi awal hanya 4 siswa atau 16,00%,  siklus I ada 15 siswa atau 60,00%, dan pada siklus II ada 22 siswa atau 88,00%, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yakni minimal siswa tuntas mencapai 85% dari jumlah seluruh siswa. Rata-rata hasil belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 74,40 pada siklus kedua menjadi 86,00 yang sebelumnya dari kondisi awal sebesar 60,80. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus kedua rata-rata hasil belajar juga sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu minimal sama dengan KKM sebesar 75,00 dan ≥85% dinyatakan tuntas. Kesimpulan penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar  materi unsur-unsur lingkaran  siswa X Akuntansi B SMPN ...................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023  .

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, problem based learning

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Peneliti bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian sampai penulisana laporan berjudul “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Pengenalan sel melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023” dapat terselesaikan. Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkay dari golongan III/b ke III/c.

Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerjasama peneliti dan bantuan serta kerjasama semua guru yang ada di lingkungan SMPN .......................  Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini peneliti sangat menghargai dan peneliti ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat peneliti harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.

            Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang peneliti hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di  SMPN .......................

.

 

..........................,     September 2022

Peneliti

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah ...........................................................     1

B.       Identifikasi Masalah .................................................................     4

C.       Rumusan Masalah .....................................................................     4

D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     5

E.       Manfaat Penelitian ....................................................................     5

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir.............................................................................   23

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   25

BAB    III METODE  PENELITIAN        

A.  Setting Penelitian ........................................................................   26

B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   27

C.  Subjek Penelitian .........................................................................   28

D.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................   29

E.   Validasi Data...............................................................................   30

F.   Teknik Analisis Data ...................................................................   31

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   32

H.  Kriteria Keberhasilan ..................................................................   37

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   38

B.  Hasil Penelitian............................................................................   52

C.  Pembahasan ................................................................................   56

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN     

A.  Simpulan .....................................................................................   61

B.  Saran ...........................................................................................   61

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

TABEL                                                                                                       Halaman

 

Tabel   3.1     Kisaran Skor Lembar Observasi Motivasi Siswa.........................      31

Tabel   3.2     Kriteria Ketuntasan Belajar Siswa...............................................      32

Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................      39

Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal                                                                                                          39

Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Pertama..........................      43

Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Siklus Pertama                                                                                                       44

Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus Kedua............................      50

Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran Siklus Kedua                                                                                                           51

Tabel   4.7     Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           52

Tabel   4.8     Peningkatan Motivasi  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II              54

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

GAMBAR                                                                                                  Halaman

 

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................      24

Gambar    3.1 Alur Penelitian Tindakan Kelas (Arikunto,dkk. 2010).............      27

Gambar    4.1 Peningkatan Nilai Rata-Rata  dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II.....................................................................................      53

Gambar    4.2 Peningkatan Motivasi  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                       54

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Modul Siklus I

Lampiran    4     Modul Siklus II

Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     a.    Daftar Nilai Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II

                          b.    Daftar Nilai Hasil Observasi Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    7     Hasil Pekerjaan Siswa (LKS dan Tes Formatif)

Lampiran    8     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    10   Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang  Masalah

Kurikulum merupakan “ruh” pendidikan yang harus dievaluasi secara inovatif, dinamis, dan berkala sesuai dengan perkembangan zaman dan IPTEKS, kompetensi yang diperlukan masyarakat dan pengguna lulusan. Perubahan kurikulum dengan demikian menjadi keniscayaan. Bahkan, perkembangan IPTEKS yang sangat cepat tidak lagi memungkinkan dunia pendidikan berlama-lama dengan “zona nyaman” kurikulum yang berlaku. Dapat dibayangkan terlepas dari konteks politik yang menyertainya -- dalam kurun waktu enam tahun Standar Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) sudah berubah tiga kali, yakni: Permenristekdikti Nomor 49 Tahun 2014-Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 berbarengan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Merdeka Belajar adalah program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju, Esensi kemerdekaan berpikirharus didahului oleh para guru sebelum mereka mengajarkannya pada siswa-siswi. Kompetensi guru di level apa pun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah ada pembelajaran yang terjadi.  Indonesia sendiri sudah memerlihatkan cara pada memperbaiki mutu sebagian aspek kehidupan baik pendidikan juga sosial. Teringat aspek pendidikan juga sosial tidak bisa terpisahkan sebab dalam dasarnya pendidikan dengan baik memilih kehidupan sosial secara aman. Hal ini diperlihatkan pada adanya kurikulum “Merdeka Belajar” dalam diterangkan langsung Kemendikbud Ristek RI, Nadiem Makarim, dengan konsep utama merdeka belajar yakni merdeka dengan berfikir.  Bahwasanya pendidik mempunyai kebebasan dengan mandiri guna penerjamahan kurikulum sebelum diterangkan dengan dalam peserta didik makabegitu pendidik bisa menjawab tiap keperluan peserta diidk dengan ketika proses belajar.  Maka hal ini bisa kita tahu bahwasanya proses belajar dalam kurikulum merdeka belajar lebih diarahkan dengan keperluan peserta didik (student center) pada sebelumnya konsep belajar masih mengarah pada pendidik.

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, khususnya di kelas 8-A di SMPN ......................  yang merupakan subjek penelitian peneliti. Diperoleh hasil bahwa 84,00% siswa atau 21 siswa mendapatkan nilai dibawah standar ketuntasan yaitu 75,00, dengan perolehan nilai rata-rata klasikal sebesar 60,80. Kondisi ini menunjukkan bahwa diperlukannya suatu usaha perbaikan dalam model pengajaran IPA yang dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar secara aktif dalam proses belajar mengajar.

Proses pembelajaran IPA harus melibatkan proses dan motivasi berpikir siswa secara aktif dengan mengembangkan kemampuan kognitif masing masing siswa, dikarenakan perkembangan kognitif sebagai penentu kecerdasan intelektual anak, kemampuan kognitif terus berkembang seiring dengan proses pendidikan serta juga dipengaruhi oleh faktor perkembangan fisik terutama otak secara biologis. Perkembangan selanjutnya berkaitan dengan kognitif adalah bagaimana mengelola atau mengatur kemampuan kognitif tersebut dalam merespon situasi atau permasalahannya. Tentunya, aspek-aspek kognitif tidak dapat berjalan sendiri secara terpisah tetapi perlu dikendalikan atau diatur sehingga jika seseorang akan menggunakan kemampuan kognitifnya maka perlu kemampuan untuk menentukan dan pengatur motivasi kognitif apa yang akan digunakan.

Kenyataan di lapangan siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki (Trianto, 2011:65). Lebih jauh lagi bahkan siswa kurang mampu menentukan masalah dan merumuskannya. Rendahnya motivasi pembelajaran ataupun pengajaran apalagi jika dikaitkan terhadap pemahaman siswa mengenai pemahaman materi yang diajarkan. Pemahaman yang dimaksud ini adalah pemahaman siswa terhadap dasar kualitatif di mana fakta-fakta saling berkaitan dengan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan tersebut dalam situasi baru. Sebagian besar siswa kurang mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dimanfaatkan / diaplikasikan pada situasi baru.

Metode pembelajaran IPA yang sesuai dengan masalah ini adalah model pembelajaran problem based learning (PBL). problem based learning (PBL) merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa pada suatu pemecahan masalah, yang bermaksud agar mereka dapat menyusun pengetahuan mereka sendiri dari hasil pemecahan yang mereka temukan. Dalam proses pembelajaran ini dapat membantu siswa mengembangkan cara berfikir dan kemampuan memecahkan masalah yang akan digunakan sebagai konsep dan dapat belajar lebih dewasa sehingga siswa itu lebih mandiri. Selain itu pembelajaran ini sangat melibatkan siswa secara langsung dalam belajar sehingga pengetahuan yang diperoleh lebih gampang diserap dan lebih tahan lama karena mereka menemukannya sendiri akibatnya dapat meningkatkan prestasi mereka.  Perbedaan antara metode pembelajaran konvensional dengan model problem based learning (PBL) adalah model konvensional siswa diharuskan mengingat seluruh informasi yang ada, yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan dalam model PBL siswa hanya diberi informasi secukupnya sebagai modal dasar untuk memecahkan masalah yang lain. Selain itu model problem based learning (PBL) membiasakan siswa untuk berfikir secara aktif dalam proses belajar mengajar karena penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) mengharuskan siswa untuk mengidentifikasikan suatu masalah, mengumpulkan informasi, dan menggunakan infprmasi tersebut. Siswa diharapkan mampu merumuskan hal yang ditanyakan dalam soal menggunakan meteri yang pernah diberikan sebelumnya.

Dari uraian di atas, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Materi pengenalan sel melalui Model problem based learning Pada Siswa Kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”.

B.  Identifikasi Masalah

Berdasarkan penjelasan pada latar belakang masalah di atas maka dapat diidentifikasi beberapa permasalahan pembelajaran yang muncul diantaranya sebagai berikut:

1.    Guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, pada saat pembelajaran guru hanya menjelaskan materi, memberikan contoh soal lalu memberikan tugas pada siswa;

2.    Siswa kurang dilibatkan dalam penemuan dan pemecahan masalah dalam pembelajaran IPA;

3.    Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, hal tersebut terlihat dari tingkah laku siswa yang barmain main pada saat pemberian tugas sehingga tugas mereka sering terlambat dikumpul;

4.    Siswa kurang aktif dalam berdiskusi kelompok. Hal tersebut membuat pembelajaran kurang mampu merangsang siswa untuk terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga keadaan demikian kurang mengoptimalkan siswa dalam mengeksplorasi diri untuk belajar lebih baik dan menghasilkan prestasi belajar yang maksimal.

C.  Rumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1.  Bagaimanakah peningkatan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA  materi pengenalan sel  di kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023  ?

2. Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA  materi pengenalan sel  di kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023  ?

D.  Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian adalah :

1.    Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA materi pengenalan sel  di kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023  ?

2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPA materi pengenalan sel  di kelas 8-A SMPN ......................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023  ?

E.  Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini jika berhasil, yaitu:

1.    Manfaat Teoretis

Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan informasi untuk memperkuat teori penggunaan model pembelajaran problem based learningsebagai salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Lebih lanjut hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan acuan untuk mengembangkan penelitian-penelitian lain yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran.

2.    Manfaat Praktis

a.    Bagi siswa

1)   Dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena siswa dapat aktif, lebih kreatif dan memudahkan siswa dalam memahami materi mata pelajaran IPA.

2)   Melatih siswa agar lebih aktif dalam proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran IPA.

 

b.    Bagi Guru

1)   Memberikan alternatif lain bagi guru tentang strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

2)   Memberikan informasi kepada guru, bahwa peran keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan.

3)   Menambah wawasan guru dalam menerapkan model PBL dalam pembelajaran IPA sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan profesionalitas guru.

c.    Bagi sekolah

1)   Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam melakukan inovasi pembelajaran guna mengoptimalkan ketercapaian tujuan dalam proses pembelajaran.

2)   Diharapkan mampu memberikan kontribusi dan kualitas pembelajaran yang baik untuk sekolah pada umunya.

 

 Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih