Lencana Facebook

banner image

Friday 4 August 2023

PTK GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MASA PANDEMI

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN  MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1

SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

 

Diajukan sebagai

Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan IV/b ke IV/c

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

                                                                                     

 

 

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

 

 

 

 

 

 

SMP NEGERI 1 .........................

Alamat : ………………………………………..  Kecamatan .........................,

Kabupaten ………………………………….

2021

LEMBAR PENGESAHAN

 

 

1.

Judul Penelitian

Peningkatan Motivasi dan Hasil  Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Menggunakan  Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Jabatan

e.    Tempat Tugas

f.    Kecamatan

g.   Kabupaten/Kota

h.   Provinsi  

 

.........................

.........................

Pembina Tk. I/ IV-b

Guru Geografi

SMA Negeri 1 .........................

.........................

…………………

……………………

3.

Lama Penelitian

3 Bulan ( Juli 2021 s.d  September 2021)

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

                        Mengetahui                               ........................., 11 Maret 2019

                         Kepala Sekolah                                                     Peneliti

 

 

 

 

                ……………………………                                     .........................

                NIP. ………………………                                NIP. .........................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah 

 

 

 

……………………………

NIP. ……………………

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL  BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN  MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1

SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Karakteristik wilayah daratan dan perairan di Indonesia di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 .......................... Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022  sebanyak 36 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data  menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 9 siswa atau 25,00% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 66,67%  pada siklus pertama dan 33 siswa atau 91,67% pada siklus terakhir. Hal tersebut didukung dengan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 56,11, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  72,50 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 82,78 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (19,44%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 52,78% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 32 siswa atau 88,89%.  Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.

 

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, powerpoint, google classroom

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu “Peningkatan Motivasi dan Hasil  Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim DuniaMenggunakan  Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2021/2022. Laporan hasil penelitian tindakan ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/b Ke golongan IV/c.

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan. Pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada semua pihak  yang telah membantu sampai selesainya penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.

Peneliti berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.

 

.........................,     September 2021

 

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah............................................................     1

B.       Identifikasi Masalah..................................................................     4

C.       Rumusan Masalah .....................................................................     5

D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     5

E.       Manfaat  Penelitian ...................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir.............................................................................   20

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   22

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian ........................................................................   23

B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   23

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   25

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   25

E.   Validasi Data...............................................................................   26

F.   Teknik Analisa Data ....................................................................   27

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   28

H.  Indikator Penelitian  ....................................................................   34

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   35

B.  Hasil Penelitian............................................................................   47

C.  Pembahasan ................................................................................   50

 

BAB    V   PENUTUP                      

A.  Kesimpulan .................................................................................   53

B.  Saran ...........................................................................................   54

 

DAFTAR PUSTAKA                       

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

 

Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Motivasi  Belajar.......................................         27

Tabel      3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar .............................................         28

Tabel      4.1    Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................................         35

Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Kondisi Awal                   36

Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus I.....................         39

Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus I                 40

Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus II....................         46

Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa  pada Siklus II                47

Tabel      4.7    Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II                     49

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................         51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         21

Gambar 3.1    Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas................................         24

Gambar  4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      50

Gambar  4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                    50

Gambar  4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II           ........................................................................................... 51

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I

Lampiran    4     Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II

Lampiran    5     Berkas Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

Lampiran    8     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

 

 

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN

A.  Simpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan temuan-temuan yang didapatkan peneliti selama proses perbaikan pembelajaran  yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa :

1.    Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom  dapat meningkatkan proses pembelajaran materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia pada siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan proses pembelajaran tersebut terlihat dengan adanya perubahan ke arah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.

2.    Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom pembelajaran materi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar dari 9 siswa atau 25,00% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 66,67%  pada siklus pertama dan 33 siswa atau 91,67% pada siklus terakhir.

3.    Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom pembelajaran materi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 56,11, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  72,50 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 82,78 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (19,44%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 52,78% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 32 siswa atau 88,89%. 

Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.

B.      Saran 

Berdasarkan simpulan penelitian yang telah dikemukakan, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut :

1.    Bagi Siswa

a.    Pembelajaran menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, siswa dapat berpikir positif aktif, kreatif dan menyenangkan.

b.    Lebih aktif berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan memiliki keterampilan-keterampilan sosial dalam bekerja sama, berbagi tugas, bertanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain.

c.    Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, siswa hendaknya lebih mempersiapkan diri agar fokus ketika mengikuti pelajaran. Apabila ada materi yang belum dipahami diharapkan untuk ditanyakan kepada guru atau teman sehingga siswa mendapat materi pembelajaran lebih maksimal. Siswa juga diharapkan lebih aktif saat mengikuti pelajaran dan tidak tergantung pada guru.

2.    Bagi Guru

a.         Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom tidak hanya diterapkan untuk pembelajaran Penjaskes saja, tetapi dapat diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran lain yang ada pemecahan masalahnya..

b.         Sebaiknya penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif peningkatan motivasi dan belajar belajar di kelas karena penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom  pada pembelajaran Penjaskes lebih efektif.

3.    Kepala Sekolah

a.    Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan/input dalam rangka pembinaan guru agar guru lebih berkualitas di masa yang akan datang.

b.    Laporan hasil penelitian dapat digunakan dalam rangka Penilaian Kinerja Guru yang meliputi empat kompetensi, salah satunya kompetensi profesi.

c.    Mengusahakan fasilitas yang bisa mewadahi agar proses pembelajaran dapat bermutu.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta

Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. .........Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar. Baru.

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

 

Asmani, 2011, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis PenelitianPendidikan: Jakarta, Diva Press.

Cepi Riyana,.2008.Media Pembelajaran. Bandung :CV Wacana

 

Cintami, Mukminan. 2018. Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 15. No 2. Hal 164-174.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

 

Depdikbud, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

 

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Efmi Maiyana. 2018. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika V4.I1 (54-67). E-ISSN : 2502-096X P-ISSN :2459-9549

Jufriadi Hidayat. (2008). Penggunaan Microsoft Power Point atau
Camtasia Sebagai Media Pembelajaran TIK. Tersedia dii http://mdia.diknas.go.id/media/document/5568.pdf.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.

Muhammad Surya. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy

Nofrion. 2017. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdiknas.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sardiman.  2001.  Interaksi  dan  Motivasi  Belajar  Mengajar.  Jakarta:  PT  Raja Gradindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Suherman, 1999

Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Suherman, 1999

Sukmadinata, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya

Susilana .2007. Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih