Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1
SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/b ke IV/c
Unsur Pengembangan Profesi Guru
Oleh
.........................
NIP. .........................
SMP NEGERI 1 .........................
Alamat : ……………………………………….. Kecamatan .........................,
Kabupaten ………………………………….
2021
LEMBAR PENGESAHAN
1. |
Judul Penelitian |
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia Menggunakan Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 |
2. |
Identitas Peneliti a. Nama Lengkap b. NIP c. Pangkat. Golongan d. Jabatan e. Tempat Tugas f. Kecamatan g. Kabupaten/Kota h. Provinsi |
......................... ......................... Pembina Tk. I/ IV-b Guru Geografi SMA Negeri 1 ......................... ......................... ………………… …………………… |
3. |
Lama Penelitian |
3 Bulan ( Juli 2021 s.d September 2021) |
4. |
Sumber Dana |
Swadaya |
Mengetahui ........................., 11 Maret 2019
Kepala Sekolah Peneliti
…………………………… .........................
NIP. ……………………… NIP. .........................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………………
NIP. ……………………
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MATERI POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA SISWA KELAS XI IPS-1
SMA NEGERI 1 ......................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh
.........................
NIP. .........................
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Karakteristik wilayah daratan dan perairan di Indonesia di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 .......................... Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 36 orang siswa. Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 9 siswa atau 25,00% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 66,67% pada siklus pertama dan 33 siswa atau 91,67% pada siklus terakhir. Hal tersebut didukung dengan kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 56,11, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 72,50 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 82,78 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (19,44%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 52,78% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 32 siswa atau 88,89%. Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.
Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, powerpoint, google classroom
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu “Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Geografi Materi Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim DuniaMenggunakan Media Powerpoint Berbasis Aplikasi Google Classroom pada Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022”. Laporan hasil penelitian tindakan ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/b Ke golongan IV/c.
Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun ke arah perbaikan. Pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sampai selesainya penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini.
Peneliti berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.
........................., September 2021
Peneliti
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................ 1
B. Identifikasi Masalah.................................................................. 4
C. Rumusan Masalah ..................................................................... 5
D. Tujuan Penelitian ...................................................................... 5
E. Manfaat Penelitian ................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 7
B. Kerangka Pikir............................................................................. 20
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 22
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian ........................................................................ 23
B. Metode dan Rancangan Penelitian.............................................. 23
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 25
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 25
E. Validasi Data............................................................................... 26
F. Teknik Analisa Data .................................................................... 27
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 28
H. Indikator Penelitian .................................................................... 34
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 35
B. Hasil Penelitian............................................................................ 47
C. Pembahasan ................................................................................ 50
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ................................................................................. 53
B. Saran ........................................................................................... 54
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Kriteria Penilaian Motivasi Belajar....................................... 27
Tabel 3.2 Kriteria Penilaian Hasil Belajar ............................................. 28
Tabel 4.1 Hasil Tes Formatif Kondisi Awal.......................................... 35
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal 36
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Siklus I..................... 39
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I 40
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Siklus II.................... 46
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II 47
Tabel 4.7 Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II 49
Tabel 4.8 Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................ 51
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Bagan Kerangka Pikir............................................................ 21
Gambar 3.1 Siklus dalam Penelitian Tindakan Kelas................................ 24
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 50
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada Siklus I dan II 50
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II ........................................................................................... 51
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 Berkas Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 6 Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 7 Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 8 Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan temuan-temuan yang didapatkan peneliti selama proses perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa :
1. Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom dapat meningkatkan proses pembelajaran materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia pada siswa kelas XI IPS-1 SMAN 1 ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan proses pembelajaran tersebut terlihat dengan adanya perubahan ke arah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa.
2. Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom pembelajaran materi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan motivasi belajar dari 9 siswa atau 25,00% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 66,67% pada siklus pertama dan 33 siswa atau 91,67% pada siklus terakhir.
3. Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom pembelajaran materi materi posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan oleh kenaikan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 56,11, pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 72,50 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 82,78 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 7 siswa (19,44%), pada siklus I meningkat menjadi 19 siswa atau 52,78% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 32 siswa atau 88,89%.
Dari perolehan angka-angka di atas dapat disimpulan bahwa pada siklus kedua, proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus kedua.
B. Saran
Berdasarkan simpulan penelitian yang telah dikemukakan, maka peneliti mengemukakan saran sebagai berikut :
1. Bagi Siswa
a. Pembelajaran menggunakan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, siswa dapat berpikir positif aktif, kreatif dan menyenangkan.
b. Lebih aktif berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran sehingga akan memiliki keterampilan-keterampilan sosial dalam bekerja sama, berbagi tugas, bertanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain.
c. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, siswa hendaknya lebih mempersiapkan diri agar fokus ketika mengikuti pelajaran. Apabila ada materi yang belum dipahami diharapkan untuk ditanyakan kepada guru atau teman sehingga siswa mendapat materi pembelajaran lebih maksimal. Siswa juga diharapkan lebih aktif saat mengikuti pelajaran dan tidak tergantung pada guru.
2. Bagi Guru
a. Penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom tidak hanya diterapkan untuk pembelajaran Penjaskes saja, tetapi dapat diterapkan pada pembelajaran mata pelajaran lain yang ada pemecahan masalahnya..
b. Sebaiknya penggunaan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom dapat diterapkan oleh guru sebagai alternatif peningkatan motivasi dan belajar belajar di kelas karena penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media powerpoint berbasis aplikasi google classroom pada pembelajaran Penjaskes lebih efektif.
3. Kepala Sekolah
a. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu masukan/input dalam rangka pembinaan guru agar guru lebih berkualitas di masa yang akan datang.
b. Laporan hasil penelitian dapat digunakan dalam rangka Penilaian Kinerja Guru yang meliputi empat kompetensi, salah satunya kompetensi profesi.
c. Mengusahakan fasilitas yang bisa mewadahi agar proses pembelajaran dapat bermutu.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta: PT Rineka Cipta
Agus Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. .........Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Ahmad, Rivai dan Sujana, Nana. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar. Baru.
Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka. Cipta
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Asmani, 2011, Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis PenelitianPendidikan: Jakarta, Diva Press.
Cepi Riyana,.2008.Media Pembelajaran. Bandung :CV Wacana
Cintami, Mukminan. 2018. Efektivitas outdoor study untuk meningkatkan hasil belajar Geografi berdasarkan locus of control di sekolah menengah atas Kota Palembang. Jurnal Socia : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol 15. No 2. Hal 164-174.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Efmi Maiyana. 2018. Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika V4.I1 (54-67). E-ISSN : 2502-096X P-ISSN :2459-9549
Jufriadi Hidayat. (2008). Penggunaan Microsoft Power Point atau
Camtasia Sebagai Media Pembelajaran TIK. Tersedia dii
http://mdia.diknas.go.id/media/document/5568.pdf.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2010.Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT INDEKS.
Muhammad Surya. 2003. Teori-Teori Konseling. Bandung: Pustaka Bani Quraisy
Nofrion. 2017. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Dirjen Dikti. Depdiknas.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Suherman, 1999
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Suherman, 1999
Sukmadinata, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung:
Remaja Rosdakarya
Susilana .2007. Pengertian Media Powerpoint. Jakarta: Rineka Cipta
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih