Lencana Facebook

banner image

Tuesday 2 April 2019

PTK PAI DAN BP KURIKULUM 2013 KELAS VI












LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN  PRESTASI  BELAJAR  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI HARI AKHIR MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT SISWA
KELAS  VI SDN .................. SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019




Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat dari
Golongan ……. ke Golongan ……..






Disusun Oleh

SALMIAH
NIP ………………………






SEKOLAH DASAR NEGERI ..................
Jln. …………………………………………, Kecamatan …………………………
Kabupaten …………….
2018    
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya  Meningkatkan Aktivitas dan  Prestasi  Belajar  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Hari Akhir melalui Penerapan Metode Card Sort Siswa  Kelas  VI SDN .................. Semester 1  Tahun Pelajaran 2018/2019
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : SALMIAH
      b.   NIP                                      :  ……………………………….…
      c.   Pangkat / Golongan             : ……………………………….…
      d.   Jabatan                                 : Guru PAI dan BP
      e.   Instansi                                 : SD Negeri ..................
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ..................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan September 2018 sampai dengan Bulan November 2018)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya



                   Mengetahui                                 ……………..…., 5 November 2018
                Kepala Sekolah                                                    Peneliti




                  ……………                                                   SALMIAH
        NIP. …………………….                                  NIP. ………………


Mengesahkan
Pengawas PAI




……………………
NIP. ………………………….

UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN  PRESTASI  BELAJAR  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI HARI AKHIR MELALUI PENERAPAN METODE CARD SORT SISWA
KELAS  VI SDN .................. SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019


ABSTRAK


Tujuan  dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penerapan  model  pembelajaran Card  Sort  dapat  meningkatkan  aktivitas dan prestasi belajar siswa siswa  pada pembelajaran PAI dan BP materi hari akhir di kelas VI SDN ................... Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research) yang  mencakup  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Penelitian  ini berlangsung  selama  2  siklus.  Subjek  penelitian  adalah  berjumlah 12  siswa.  Teknik pengambilan data melalui  tes, obervasi  dan  dokumentasi.  Validasi  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa aktivitas dan prestasi belajar siswa.  Peningkatan aktivitas belajar peserta didik ini dapat terlihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar: 16,67% atau 2 siswa,  meningkat menjadi 66,67 % atau 8 siswa dan 91,67 % atau 11 siswa. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu para tahap pra siklus sebesar 55,83, siklus I sebesar 66,67, dan pada siklus II naik menjadi 76,67, dan didukung oleh peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 16,67%, pada  siklus I  sebesar 50,00%, dan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 91,67%.   Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode  card  sort  terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti  materi hari akhir pada siswa kelas VI SDN .................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: card sort, aktivitas, prestasi belajar









KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam laporan penelitian tindakan kelas ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya  Meningkatkan Aktivitas dan  Prestasi  Belajar  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Hari Akhir melalui Penerapan Metode Card Sort Siswa  Kelas  VI SDN .................. Semester 1  Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ….. Ke golongan …….
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peneliti mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini.
Peneliti menyadari,  bahwa penulisan laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya membangun, akan peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap semoga laporan penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

………………….,    November 2018

Peneliti







DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL.........................................................................................       i
HALAMAN PENGESAHAN...........................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI......................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................   viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah .............................................................      1
B.  Identifikasi Masalah ...................................................................      3
C.  Rumusan Masalah ......................................................................      3
D.  Tujuan Penelitian ........................................................................      4
E.   Manfaat Penelitian .....................................................................      4

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................      6
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................    22
C.  Hipotesis Tindakan.....................................................................    23

BAB    III METODE PENELITIAN
A.  Setting Penelitian........................................................................    24
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................    24
C.  Subjek Penelitian.........................................................................    26
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ..........................................    26
E.   Validasi Data...............................................................................    27
F.   Teknik Analisis Data...................................................................    27
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................    29
H.  Kriteria Keberhasilan ..................................................................    31

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................    32
B.  Hasil Penelitian...........................................................................    44
C.  Pembahasan.................................................................................    47

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan ....................................................................................    51
B.  Saran ..........................................................................................    51

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel   3.1 Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa.......................................... 28
Tabel   4.1 Rekapitulasi Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal.........             33
Tabel   4.2  Rekapitulasi Penilaian Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal............... 34
Tabel   4.3 Rekapitulasi Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada Siklus Pertama                    36
Tabel   4.4  Rekapitulasi Penilaian Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama ............ 37
Tabel   4.5 Rekapitulasi Hasil Tes  Prestasi Belajar Siswa pada Siklus Kedua                     42
Tabel   4.6  Rekapitulasi Penilaian Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama ............ 43
Tabel   4.7 Rekapitulasi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan Penelitian ............................................................................................ 45
Tabel   4.8 Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II  ................................................................................................... 46














DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
Gambar      2.1 Bagan Kerangka Berfikir............................................................. 23
Gambar      3.1  Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17)                  25
Gambar      4.1  Peningkatan Prestasi dan Ketuntasan Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan Penelitian ..................................................................................... 45
Gambar      4.2 Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II..................................................................................................... 46

















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                    

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Jurnal Kegiatan Penelitian
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
5.        Instrumen Pengumpulan Data
6.        Analisis Data Hasil Penelitian
7.        Contoh  Hasil Penilaian  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
8.        Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
9.        Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
10.    Dokumen Pelaksanaan Kegiatan Seminar PTK





Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih