Lencana Facebook

banner image

Tuesday 2 April 2019

PTK BIMBINGAN KONSELING SMA KURIKULUM 2013









LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MATERI STOP BULLYING  MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT QUESTION HAVE SISWA KELAS X IPS SMAN 2 ........................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018




Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....





Oleh :

…………………………………
NIP. …………………….







SMA NEGERI 2 ........................
Jl. ......................................................................................... Kecamatan .................
Kabupaten ........................
2018

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Layanan Bimbingan dan Konseling Materi Stop Bullying  melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Question Have Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kecamatan
f.    Kabupaten/Kota
g.   Provinsi
h.   Alamat Kantor


..................................
..................................
..................................
SMAN 2 ........................
………………………
........................
………………………..
.........................................................................
.........................................................................
3.
Lama Penelitian
3 (tiga) bulan dari September 2018 sampai dengan November 2018
4.
Sumber Dana
Swadaya


                        Mengetahui                             ........................,    November 2018
                    Kepala  Sekolah                                               Peneliti




                ..................................                                ..................................
            NIP. ..................................                       NIP. ..................................

Mengesahkan
Pengawas Sekolah 




………………………………..
NIP. ………………………..



ABSTRAK

Berdasarkan kegiatan pra siklus pada layanan BK di Kelas X IPS SMAN 2 ........................ terdapat beberapa permasalahan pada layanan BK salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar siswa  pada layanan materi Stop Bullying. Tujuan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Stop Bullying  melalui penerapan pembelajaran kooperatif model student question have. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan analisis kuantitatif persentase. Hasil analsis data hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 20,00% atau 4 siswa  pada kondisi awal menjadi, 60,00% atau 12 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 90% atau 18 siswa meningkat motivasi belajarnya pada pelaksanaan layanan BK. Dari penjelasan mengenai hasil proses perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student question have dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................  pada Semester 1  Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : student question have, motivasi belajar




















KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah peneliti telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) di Kelas X IPS SMAN 2 ........................  pada Semester 1  Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah yang peneliti angkat berjudul  Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Layanan Bimbingan dan Konseling Materi Stop Bullying  melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Question Have Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018”
Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SMAN 2 ........................  . Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini peneliti sangat menghargai dan peneliti ucapkan terimakasih. Peneliti menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat peneliti harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.
            Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang peneliti hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di SMAN 2 ........................   pada khususnya.                
      

........................,      November 2018

Peneliti





DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................      3
C.   Rumusan Masalah ..................................................................      4
D.  Tujuan Penelitian....................................................................      4
E.   Manfaat Penelitian..................................................................      5
BAB      II     KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    24
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    26
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian....................................................................    27
B.     Desain dan Metode Penelitian................................................    28
C.     Subjek Penelitian ...................................................................    30
D.    Teknik Pengumpulan Data .....................................................    30
E.     Validitas Data.........................................................................    31
F.      Analisa Data ..........................................................................    33
G.    Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Penelitian.............................    33
H.    Indikator Keberhasilan...........................................................    37

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data........................................................................    38
B.   Hasil Penelitian.......................................................................    55
C.   Pembahasan............................................................................    57

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan ................................................................................    61
B.   Saran.......................................................................................    62

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   2.1     Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif................................      19
Tabel   3.1     Penilaian Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa.......................      32
Tabel   4.1     Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................      39
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal                   39
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus I....................................      44
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I                     45
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus II..................................      62
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                   63
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Pra siklus,  Siklus I dan Siklus II                      55
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II             56
















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar      2.1 Alur Kerangka Pemikiran.......................................................      26
Gambar      3.1  Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas (Rochiati Wiriaatmadja, 2006:62)             28
Gambar      4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                    55
Gambar      4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                 56
Gambar      4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II       ................................................................................................ 57














DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 
                                                                                                                                   
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     :    Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    6     :    Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II  
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Berkas Berita Acara Seminar PTK


BAB IV
HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.     Deskripsi Data
1.    Kondisi Awal
Dalam pelaksanaan proses Layanan BK di kelas X IPS SMAN 2 ........................  Kabupaten ........................ hanya difokuskan pada kegiatan membaca dan menghafal. Hal ini  mengakibatkan  suasana  kelas  terasa  membosankan  dan  pembelajaran  yang  tidak menarik.  Proses pembelajaran tersebut di atas merupakan hal-hal yang dirasakan  siswa  sebagai  masalah,  sehingga  efeknya  adalah  siswa  kurang  antusias  ketika  layanan BK  berlangsung.  Ketika  guru  sedang  menerangkan,  kebanyakan  dari  siswa  terlihat  mengantuk  dan  sebagian  siswa  lain  mengobrol  dengan  teman  sebangkunya.  Rendahnya  respon  umpan  balik  siswa  terhadap  penjelasan  dan  pertanyaan  guru  serta  umpan  pemusatan  perhatian  yang  kurang  baik  turut  menambah  kurang  berkualitasnya  proses  pembelajaran yang berlangsung. Kegiatan siswa yang tidak produktif ketika  Layanan BK  berlangsung  ini  diduga  karena  mereka  sulit  dalam  memahami  materi layanan yang diberikan oleh guru.
Kondisi  di  atas  memberikan  sebuah  indikasi  terhadap  suatu  masalah  yang  cukup  signifikan,  yaitu  bermuara  pada  kejenuhan  siswa  dalam mengikuti  layanan BK  di  dalam  kelas.  Sehingga  diperlukan  suatu  pemecahan masalah untuk membangkitkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.  Setelah  dilakukan  observasi  dan  wawancara  dengan  siswa,  faktor  utama  yang  menjadi  penyebab  kurangnya  minat  siswa    dalam  mengikuti  layanan BK  adalah  guru  kurang  atau  tidak  pernah  menerapkan  atau  pendekatan pembelajaran yang variatif dan menarik. Guru jarang melibatkan  siswa  secara  langsung  untuk  beraktivitas  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Pembelajaran  hanya  berpusat  pada  guru,  sehingga  siswa  hanya  sebagai  penerima  materi  saja  tidak  terlibat  secara  langsung  di  dalam  pembelajaran  tersebut.
Perbaikan  pengajaran  ini  dilakukan  dalam  2  siklus  sampai  tercapainya  tujuan  pengajaran  yang  diharapkan. Penjelasan mengenai kondisi awal pembelajaran sebagaimana tabel di bawah ini :
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal

No
Kriteria Aspek
Jumlah Siswa
Persentase
Ket
1
Sangat Baik
0
0,00
Tuntas
2
Baik
4
20,00
Tuntas
3
Cukup
9
45,00
Blm Tuntas
4
Kurang
7
35,00
Blm Tuntas

Dari tabel di atas dapat dijelaskan bahwa hanya terdapat 4 siswa atau 20,00% yang dinyatakan tuntas pada penilaian motivasi belajarnya siswa. Bertolak dari kondisi  awal siswa di atas, maka peneliti memandang perlu diadakan  suatu  perbaikan  pembelajaran  untuk  mengatasi  persoalan  yang  lebih baik  dengan  berupaya  melibatkan  siswa  dalam  mengungkapkan  keingintahuan dan  ketidaktahuannya  dalam  kegiatan  pembelajaran,  agar  terjadi  peningkatan motivasi dan  hasil  belajar  yang  diperoleh  siswa  selama  kegiatan  belajar mengajar berlangsung.
Berdasarkan  hasil  pengamatan  kondisi  awal  siswa  terhadap  layanan BK  serta  berbagai  hambatan-hambatan  yang  muncul,  maka  peneliti  bersama  wali kelas  yang  diteliti,  melakukan  kolaborasi  untuk  mengatasi  hambatan  dan  kesulitan  yang  ditemukan,  peneliti  bersama  wali kelas  yang  bertindak sebagai obsever, menyusun dan melaksanakan serangkaian perencanaan  tindakan guna mengatasi hambatan-hambatan tersebut, yang diakhiri pada sebuah  kegiatan analisis atau refleksi.
Pelaksanaan tindakan kelas disesuaikan dengan rencana pembelajaran  yang telah  dirumuskan  sebelumnya.  Pelaksanaan  tindakan  penelitian  kelas  ini  menekankan  pada  penerapan  model student question have  untuk  meningkatkan  keaktifan dan hasil belajar  siswa  yang  diupayakan  dan dikondisikan  berdasarkan  tahapan-tahapan  yang  telah  dipersiapkan  sebelumnya  dalam  tahap  perencanaan  dengan  mengimplementasikan  rencana  tersebut  yang  telah  dirumuskan oleh peneliti.
2.    Siklus Pertama
Tindakan pembelajaran siklus I merupakan implikasi dari hasil penelitian pendahuluan yang nantinya akan jadi bahan refleksi bagi peneliti pada tindakan pembelajaran selanjutnya. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran dikelas pada penelitian pendahuluan, terlihat bahwa siswa memperhatikan penjelasan guru hanya pada awal jam pelajaran saja, banyak siswa berbicara pada saat belajar dan banyak juga siswa izin keluar kelas pada saat proses pembelajaran. Karena itu pada pembelajaran siklus I siswa akan dituntut lebih aktif belajar, tidak hanya mendengarkan penjelasan guru. Agar suasana kelas kondusif, peneliti meminta guru kelas untuk membantu mengkondisikan siswa dan siswa diingatkan untuk membawa perlengkapan alat tulis selama pembelajaran. Peneliti membuat RPL dan LKS yang disesuaikan dengan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have dan bertujuan meningkatkan perhatian belajar layanan BK materi Stop Bullying siswa. Pada tahap perencanaan ini peneliti juga menjelaskan bagaimana cara penilaian pada lembar observasi guru dan siswa serta beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses pembelajaran berlangsung.
a.       Perencanaan
Pada tahap perencanaan pada siklus I, peneliti mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) untuk 2 kali pertemuan. Peneliti juga menyiapkan instrumen-instrumen penelitian, yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS), soal tes untuk akhir siklus I, dan alat dokumentasi. Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) yang diterapkan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan di SMAN 2 ......................... Alat dan bahan pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan pada setiap pertemuannya. Lembar Kerja Siswa (LKS) dibuat sendiri oleh peneliti yang berisi petunjuk kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung. Pada tahap perencanaan ini peneliti juga menjelaskan kepada observer cara penilaian pada lembar observasi belajar siswa dan hal-hal yang harus diperhatikan selama proses pembelajaran. Lembar soal tes siklus I dibuat untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal layanan BK materi Stop Bullying.
Target yang ingin dicapai pada siklus I ini yaitu siswa mengalami peningkatan perhatian belajar dan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Question
Student Have.
. Selanjutnya peneliti bersama observer menyepakati fokus dan kriteria serta mensimulasikan RPL dan skrenario pembelajaran bersama teman sejawab (observer) untuk menghindari kegagalan dalam proses pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan dalam dua kali pertemuan
b.      Tindakan
1)   Pertemuan Pertama
Kegiatan pembelajaran pertemuan pertama berlangsung selama 2x45 menit (2 jam pelajaran). Penelitian diawali dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan kabar siswa yang tidak masuk hari ini. Tercatat jumlah siswa yang hadir sebanyak 20 siswa. Sebelum memulai materi hari ini peneliti membahas pekerjaan rumah dan mereview materi sebelumnya, alhamdulillah sebagian siswa telah mengerti. Peneliti memberitahukan tujuan pembelajaran hari ini kemudian membagikan LKS sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok siswa yang berisi materi Stop Bullying. Siswa diminta untuk lebih aktif lagi dalam berdiskusi dan kreatif dalam membuat pertanyaan. Selama siswa berdiskusi peneliti berkeliling memantau aktifitas siswa dari satu kelompok ke kelompok lain untuk memberikan pengarahan jika ada kelompok yang kurang mengerti.
Pada saat berdiskusi siswa masih sangat ribut ketika mengerjakan bahan diskusi, tetapi peneliti senang karena antusias siswa mulai kelihatan meningkat dan siswa mulai aktif dalam membuat pertanyaan tentang apa yang mereka tidak mengerti. Observer berusaha menenangkan siswa untuk tidak berisik dan melanjutkan berdiskusi. Tetapi masih ada saja siswa yang hanya mengobrol dan menganggu siswa lain walaupun sudah ditegur berulang-ulang mereka hanya bisa diam sejenak. Peneliti mencoba memberi pendekatan yang lebih kepada siswa yang sering ribut tersebut. Setelah selesai duskusi dan membuat pertanyaan, seperti biasa pertanyaan diputar ke kelompok lain searah jarum jam. Masing-masing siswa diperintahkan untuk menceklis setiap pertanyaan temannya yang ingin diketahui pula jawabannya. Setelah itu, setiap siswa diperintahkan untuk memperhatikan peneliti di depan kelas. Peneliti memilih pertanyaan siswa yang paling banyak mendapat tanda ceklist.
Setelah semua pertanyaan dari siswa selesai dijawab, peneliti menanyakan kembali kepada siswa jika masih ada pertanyaan yang belum terselesaikan. Kemudian peneliti memberikan soal latihan untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa. Soal ini diberikan untuk mengukur sampai sejauh mana siswa dapat menyerap materi pada pertemuan ini. Sebagai penutup pelajaran, guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan, memberikan PR dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
2)   Pertemuan kedua
Pada pertemuan kedua berlangsung selama 2x45 menit (2 jam pelajaran). Penelitian diawali dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan kabar siswa yang tidak masuk hari ini. Tercatat jumlah siswa yang hadir sebanyak 20 siswa. Pada pertemuan kedua kelas sudah mulai rapi karena siswa sudah duduk dengan masing-masing kelompoknya dan sudah kelihatan bersemangat untuk memulai pertemuan kali ini, tetapi sampai pertemuan kedua masih terlihat siswa yang pintar lebih mendominasi dalam berdiskusi. Sebelum memulai materi hari ini peneliti membahas PR dan sedikit mereview materi sebelumnya.
Peneliti memberitahukan tujuan pembelajaran hari ini kemudian membagikan bahan diskusi kepada masing-masing kelompok siswa yang berisi materi tentang Stop Bullying. Siswa sudah mulai terbiasa dengan tugas-tugas yang ada dalam bahan diskusi tanpa perintah peneliti terlebih dahulu masing-masing kelompok sudah sibuk membagi tugas kepada teman-teman kelompoknya. Perhatian siswa mulai terlihat membaik ketika mengerjakan bahan diskusi. Peneliti bersama observer berkeliling seperti biasa memantau siswa dalam berdiskusi.
Pada pertemuan kedua tugas peneliti sudah semakin ringan karena siswa sudah mulai bisa mengkondisikan suasana belajar. Siswa yang sering membuat keributanpun sudah mau berdiskusi walaupun belum sepenuhnya mengerti dan peneliti berusaha memberi pengarahan dan penjelasan kepada siswa tersebut. Seperti biasanya, Setelah selesai diskusi dan membuat pertanyaan, pertanyaan diputar ke kelompok lain searah jarum jam. Masing-masing siswa diperintahkan untuk menceklis setiap pertanyaan temannya yang ingin diketahui pula jawabannya. Peneliti memilih pertanyaan siswa yang paling banyak mendapat tanda ceklist.
Setelah semua pertanyaan dari siswa selesai dijawab, peneliti menanyakan kembali kepada siswa jika masih ada pertanyaan yang belum terselesaikan. Kemudian peneliti memberikan soal latihan untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa. Soal ini diberikan untuk mengukur sampai sejauh mana siswa dapat menyerap materi pada pertemuan kedua. Sebagai penutup pelajaran, peneliti mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan. Peneliti juga mengharapkan untuk pertemuan selanjutnya siswa lebih aktif lagi dalam membuat pertanyaan dan berdiskusi.
Pada siklus pertama, penjelasan mengenai aspek motivasi belajar yang diamati adalah respon siswa terhadap pernyataan, rasa ingin tahu, dan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan diskusi. Kegiatan pengamatan ini dilakukan oleh observer selama kegiatan perbaikan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format observasi yang teklah dipersiapkan. Hasil observasi pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus I sebagaimana tabel di bawah ini :
Tabel 4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I

No
Kriteria Aspek
Jumlah Siswa
Persentase
Ket
1
Sangat Baik
4
20,00
Tuntas
2
Baik
8
40,00
Tuntas
3
Cukup
8
40,00
Blm Tuntas
4
Kurang
0
0
Blm Tuntas

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 20 siswa terdapat 12 orang yang tuntas belajarnya (60,00%) dilihat dari motivasi belajarnya, sedangkan 8 siswa (40,00%) belum tuntas dilihat dari motivasi belajarnya. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus II motivasi belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
c.       Pengamatan
Tahap pengamatan ini dilakukan oleh peneliti dan observer. Berdasarkan hasil pengamatan, kendala yang dihadapi peneliti pada pertemuan pertama ini adalah sulitnya mengatur siswa dalam kerja kelompok. Hal ini dapat dilihat dalam pembagian kelompok kelompok belajar yang telah ditentukan sebelumnya berlangsung lama, dimana siswa yang seharusnya sudah berada pada posisi duduk dengan kelompoknya masing-masing tetapi sebagian besar siswa masih pada posisi duduk seperti biasanya. Hal ini dikarenakan siswa tidak menyetujui untuk dikelompokkan, siswa tidak terbiasa dengan belajar kelompok, siswa lebih senang belajar seperti biasa. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menjalankan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have karena siswa tidak biasa bertanya. Kendala seperti inilah yang menjadikan proses pembelajaran pada pertemuan pembelajaran aktif yang menganjurkan siswa untuk lebih aktif bertanya lewat tulisan, sehingga siswa di tuntut untuk lebih kompak dalam berdiskusi agar dapat menemukan solusi dengan bekerja sama dan menanyakan tentang materi yang belum dimengerti.
Pada pertemuan pertama masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan LKS. Kemudian guru memberi arahan kepada siswa, setelah mengerti siswa melanjutkan kembali untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam LKS. Meskipun ada beberapa anak yang ribut tetapi masih bisa dikendalikan oleh guru. Kendala yang dihadapi peneliti pada pertemuan kedua ini tidak terlalu sulit dibandingkan dengan pertemuan pertama. Meskipun begitu peneliti terus melakukan evaluasi mengenai apa saja yang perlu diperbaiki untuk pertemuan selanjutnya.
Pada pertemuan kedua siswa sudah mulai terbiasa dengan belajar kelompok dan juga dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS, sehingga sebagian besar siswa mampu menyelesaikan LKS itu secara mandiri, meskipun ada beberapa siswa/kelompok yang masih memerlukan arahan atau petunjuk untuk menyelesaikan LKS tersebut. Selain itu, perhatian kelompok siswa pada pertemuan ini juga sudah mengalami perubahan dibandingkan dengan pertemuan sebelumnya, meskipun masih ada beberapa orang siswa yang masih mengobrol dan mengaggu temannya, tetapi semua itu masih bisa dikendalikan oleh guru. Sedangkan pada pertemuan keempat, dapat terlihat bahwa siswa sudah terbiasa dengan belajar kelompok dan juga dalam membuat pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam LKS, sehingga sebagian besar siswa mampu mengerjakan tugas dengan mandiri sesuai waktu yang telah ditentukan.
Selain itu, perhatian kelompok siswa pada pertemuan kedua sudah mengalami perubahan dibandingkan dengan pertemuan sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari aktifitas kelompok yang semakin kompak. Ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan perlu untuk terus ditingkatkan
d.      Refleksi
Berdasarkan data yang didapat dari lembar observasi, angket perhatian siswa, dan tes hasil belajar layanan BK materi Stop Bullying siswa pada siklus I, maka hasil analisis kegiatan refleksi tersebut dirangkum dalam tabel berikut:

Kelemahan
Upaya Perbaikan
Pada awal pembelajaran, masih ada siswa yang ngobrol dengan temannya, dan masih ada juga siswa yang bercanda
Memberikan pengurangan skor pada siswa yang membuat kesalahan
Ada beberapa siswa yang tidak mau bertanya melalui strategi
Question Student Have
Memberikan pengurangan skor pada siswa yang tidak mau bertanya
Ada beberapa siswa yang masih malas membaca bahan diskusi dan hanya mengandalkan temannya
Aktifitas siswa ditingkatkan dengan cara memberikan motivasi dan dorongan pada siswa saat berdiskusi, agar setiap kelompok tidak hanya mengandalkan satu orang saja yang bertanggung jawab dalam pembelajaran.
swa masih malu untuk mengangkat tangannya ketika akan menjawab pertanyaan yang diajukan peneliti. menjawab pertanyaan yang diajukan peneliti

Memberikan poin tambahan pada siswa yang berani mengangkat tangannya untuk menjawab pertanyaan yang diajukan peneliti.
Siswa masih merasa takut untuk mengerjakan hasil kerjanya didepan kelas, sehingga siswa lebih banyak diam
memberikan motivasi dan dorongan pada siswa dan memberikan poin bagi siswa yang berani maju.

Masih banyak siswa yang merasa bingung dan kurang yakin jika mengerjakan tugas LKS secara individu sehingga menyebabkan siswa kurang bersemangat
Memberikan penjelasan secara detail tentang soal-soal yang diberikan.
iswa masih malu untuk mengungkapkan pendapatnya jika hasil kerjanya berbeda dengan hasil kerja temanny
Mengarahkan siswa untuk lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya jika hasil kerjanya berbeda dengan hasil kerja temannya yang mengerjakan di depan kelas.

Berdasarkan refleksi pada siklus I yang terdapat pada tabel diatas terlihat bahwa banyaknya kekurangan dan kendala yang dihadapi peneliti, sehingga dapat dinyatakan bahwa siklus I belum mencapai hasil yang maksimal. Berdasarkan hasil refleksi siklus I, peneliti akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan dan peningkatan pada pelaksanaan pembelajaran siklus II.
3.    Siklus Kedua
a.       Perencanaan
Pada tahap perencanaan pada siklus II, peneliti mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) untuk 2 kali pertemuan. Peneliti juga menyiapkan instrumen instrumen penelitian, yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS),  dan alat dokumentasi. Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) yang diterapkan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan di SMAN 2 ......................... Alat dan bahan pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan pada setiap pertemuannya. Lembar Kerja Siswa (LKS) dibuat sendiri oleh peneliti yang berisi petunjuk kegiatan siswa selama pembelajaran berlangsung.
Lembar soal tes siklus I dibuat untuk mengetahui perkembangan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal layanan BK materi Stop Bullying. Target yang ingin dicapai pada siklus II ini yaitu siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have, semangat dalam mengikuti pembelajaran serta dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru dapat terselesaikan dengan baik dan benar..
b.      Tindakan
Pertemuan pertama pada siklus II yang berlangsung selama 2x45 menit (2 jam pelajaran). Seperti biasa penelitian diawali dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan kabar siswa yang tidak masuk hari ini. Tercatat jumlah siswa yang hadir sebanyak 20 siswa, ini berarti semua siswa hadir. Sebelum pembelajaran dimulai peneliti membahas lembar kerja siswa siklus I yang belum dimengerti siswa, agar siswa tidak membuat kesalahan yang sama pada saat mengerjakan lembar kerja siswa pada siklus II.
Tanpa menunggu perintah dari peneliti siswa langsung duduk dengan kelompok mereka masing-masing, kemudian peneliti memberikan LKS yang berisi materi yang akan dipelajari pada pertemuan ketujuh. Pada pertemuan pertama siklus kedua, peneliti sudah lebih siap dalam menguasai kelas, memberikan penjelasan dan arahan kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga penerapan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have pada siklus II ini dapat lebih efektif dari siklus I serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran layanan BK materi Stop Bullying dapat teratasi.
Pada saat siswa berdiskusi, seperti biasanya peneliti dan observer berkeliling untuk memantau jalannya aktifitas kelompok dari satu kelompok ke kelompok lain dan memberikan bantuan jika ada siswa/kelompok yang mengalami kesulitan. Pada saat berdiskusi siswa masih ribut ketika mengerjakan bahan diskusi, guru kelas menyarankan untuk memberlakukan pengurangan poin terhadap siswa yang membuat keributan ketika proses pembelajaran supaya suasana kelas lebih terkontrol. Ternyata setelah diberlakukan pengurangan poin suasana kelas cenderung terkontrol dan lebih tenang, siswa yang biasanya berteriak-teriak bisa lebih hati-hati. Seperti pertemuan sebelumnya, setelah selesai diskusi dan membuat pertanyaan, pertanyaan diputar ke kelompok lain searah jarum jam. Masing-masing siswa diperintahkan untuk menceklis setiap pertanyaan temannya yang ingin diketahui pula jawabannya. Peneliti memilih pertanyaan siswa yang paling banyak mendapat tanda ceklist. Setelah itu peneliti menulis pertanyaan tersebut di papan tulis kemudian meminta siswa untuk menjawabnya. Pertanyaan yang paling banyak mendapat tanda ceklis diantaranya.
Peneliti memberikan pernyataan bahwa yang dapat menjawab soal ini akan mendapatkan poin. Siswa tersebut maju dan menjelaskannya di depan kelas. Setelah semua pertanyaan dari siswa selesai dijawab, peneliti menanyakan kembali kepada siswa jika masih ada pertanyaan yang belum terselesaikan. Kemudian peneliti memberikan soal latihan untuk dikerjakan oleh masing masing siswa. Soal ini diberikan untuk mengukur sampai sejauh mana siswa dapat menyerap materi pada pertemuan ketujuh ini. Sebagai penutup pelajaran, peneliti mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan, memberikan PR dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya. Peneliti juga mengharapkan untuk pertemuan selanjutnya siswa lebih aktif lagi dalam membuat pertanyaan dan berdiskusi.
Pada pertemuan kedua siklus kedua berlangsung selama 2x45 menit (2 jam pelajaran). Penelitian diawali dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan kabar siswa yang tidak masuk hari ini. Tercatat jumlah siswa yang hadir sebanyak 20 siswa. Seperti biasa kelas sudah mulai rapi karena siswa sudah duduk dengan masing-masing kelompoknya dan sudah kelihatan bersemangat untuk memulai pertemuan kali ini. Sebelum memulai materi hari ini peneliti membahas PR dan sedikit mereview materi sebelumnya.
Peneliti membagikan kembali bahan diskusi kepada masing-masing kelompok siswa yang berisi materi masih sama dengan pertemuan sebelumnya yaitu Stop Bullying. Siswa semakin terbiasa dengan tugas-tugas yang ada dalam bahan diskusi. Perhatian siswa juga semakin terlihat membaik ketika mengerjakan bahan diskusi dan lebih serius dalam membuat pertanyaan karena pengurangan pon masih diberlakukan. Peneliti bersama observer berkeliling seperti biasa memantau siswa dalam berdiskusi. Pada proses pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have di pertemuan kesembilan peneliti sudah merasakan banyak keringanan ketika berkeliling karena setiap kelompok sudah terlihat rapih dan teratur. Setelah selesai diskusi dan membuat pertanyaan, pertanyaan diputar ke kelompok lain searah jarum jam. Masing masing siswa diperintahkan untuk menceklis setiap pertanyaan temannya yang ingin diketahui pula jawabannya. Peneliti memilih pertanyaan siswa yang paling banyak mendapat tanda ceklist dan meminta siswa untuk menjawabnya. Pada pertanyaan ini siswa diam dan tidak ada yang menjawab. Peneliti memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa untuk tidak takut dalam menjawab dan tetap memberikan point bagi yang berani walaupun salah. Setelah semua pertanyaan dari siswa selesai dijawab, kemudian peneliti memberikan soal latihan untuk dikerjakan oleh masing-masing siswa. Soal ini diberikan untuk mengukur sampai sejauh mana siswa dapat menyerap materi pada pertemuan ini. Sebagai penutup pelajaran, guru mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan dan meminta siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
Guru memberikan soal yang dijawab dan didiskusikan melalui kelompok sedangkan peneliti menilai aktivitas siswa dalam kelompok tersebut melalui diskusi antar kelompok diharapkan siswa dapat menuangkan ide berkaitan dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas. Guru memberikan soal yang sifatnya pengamatan di dalam kehidupan nyata terhadap suatu materi pelajaran yang sedang dipelajari.  Guru melaksanakan evaluasi secara lisan individual.
Pada siklus kedua, penjelasan mengenai aspek motivasi belajar yang diamati adalah respon siswa terhadap pernyataan, rasa ingin tahu, dan motivasi dalam pelaksanaan kegiatan diskusi. Kegiatan pengamatan ini dilakukan oleh observer selama kegiatan perbaikan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan format observasi yang telah dipersiapkan. Hasil observasi pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II sebagaimana tabel di bawah ini :
Tabel 4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II

No
Kriteria Aspek
Jumlah Siswa
Persentase
Ket
1
Sangat Baik
9
45,00
Tuntas
2
Baik
9
45,00
Tuntas
3
Cukup
2
10,00
Blm Tuntas
4
Kurang
0
0,00
Blm Tuntas

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 20 siswa terdapat 18 orang yang tuntas belajarnya (90%) dilihat dari motivasi belajarnya dengan penjelasan 9 siswa atau 45% dalam kriteria baik dan 9 siswa dalam kriteria sangat baik dan masih terdapat 2 siswa atau 10% yang dinyatakan belum tuntas.  Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan motivasi belajar sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II.
c.       Pengamatan
Tahap pengamatan pada siklus II ini sama seperti pada siklus I yaitu dilaksanakan saat proses belajar mengajar berlangsung dan yang melakukan pengamatan adalah peneliti dan observer. Siswa yang lebih pandai sudah mulai membaur dengan siswa yang lain. Sehingga pada pertemuan kali ini terlihat siswa sudah saling berinteraksi satu sama lain. Meskipun masih beberapa siswa yang kurang memperhatikan jalannya diskusi. Peneliti menegur siswa tersebut dan memberlakukan pengurangan poin terhadap siswa yang membuat keributan ketika proses pembelajaran agar suasana kelas lebih terkontrol. Pada pertemuan kedelapan, kendala yang dihadapi peneliti tidak terlalu sulit dibandingkan dengan pertemuan-petemuan sebelumnya. Hal ini dikarenakan siswa sudah mulai terbiasa berdiskusi dan membuat pertanyaan. Pemberian poin bagi siswa yang dapat menjawab pertanyaan juga dapat membuat siswa semakin aktif sehingga peran peneliti dalam pertemuan ini sudah mulai berkurang. Meskipun begitu peneliti terus melakukan evaluasi apa saja yang perlu diperbaiki untuk pertemuan selanjutnya. Pada pertemuan kedua siklus kedua, siswa terlihat sudah semakin terbiasa dengan belajar kelompok dan juga dalam bertanya, sehingga sebagian besar siswa sudah aktif dan serius dalam proses pembelajaran. Selain itu aktifitas kelompok siswa pada pertemuan kali ini sudah mengalami perubahan dibandingkan dengan pertemuan-pertemuan sebelumnya, dan siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapat meskipun masih ada beberapa orang siswa yang masih mengobrol atau bercanda, tetapi semua itu masih bisa dikendalikan oleh guru karena pengurangan dan penambahan poin masih berlaku selama siklus II. Ini merupakan suatu hal yang sangat positif dan perlu untuk terus dikembangkan lagi.
d.      Refleksi
Pada setiap tindakan pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran telah sesuai yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have. Hal ini ditandai dengan semangat belajar siswa dan ketertiban siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga kondisi pembelajaran lebih kondusif dan efektif serta upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada siklus II ini dapat dicapai sesuai dengan indikator keberhasilan. Walaupun dalam pelaksanaannya masih terdapat banyak kekurangan tetapi hal tersebut dapat diatasi pada tindakan pembelajaran selanjutnya dengan adanya kegiatan refleksi pada setiap akhir proses pembelajaran. Berdasarkan tes formatif selama proses pembelajaran sudah baik dalam menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have. Hasil tes belajar layanan BK materi Stop Bullying siswa siklus II sudah menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan hasil tes pada siklus I.
B.     Hasil Penelitian
Penggunaan  pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have akan  sangat  membantu  dalam  membangkitkan    keaktifan  belajar  siswa,  ini  terbukti  dari  hasil  belajar  yang  diberikan  pada  setiap  siklusnya  mengalami  peningkatan.  Motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran juga merupakan indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran. Data motivasi siswa diperoleh dari lembar observasi yang telah diisi oleh observer selama perbaikan pembelajaran berlangsung. Hasil observasi pada pelaksanaan kegiatan perbaikan pembelajaran menunjukkan hasil yang positif dan dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi siswa pada setiap siklusnya. Secara rinci penjelasan mengenai peningkatan motivasi siswa dalam proses perbaikan pembelajaran sebagaimana tabel di bawah ini :

Tabel 4.8    Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

No
Siklus
Tuntas
%
Blm Tuntas
%
Ket
1
Awal
4
20,00
15
75,00

2
I
12
60,00
7
35,00

3
II
18
90,00
2
10,00


Secara jelas peningkatan motivasi siswa selama proses perbaikan pembelajaran sebagaimana dijelaskan pada gambar di bawah ini :









Gambar   4.1       Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II
Dari hasil observasi mengenai motivasi siswa tersebut berdasarkan kriteria keberhasilan perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil karena peningkatan motivasi siswa mencapai angka 90% dari 85% batasan minimal yang telah ditentukan pada kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran. Atas dasar pertimbangan sebagaimana diurakan di atas, maka peneliti dan observer sepakat memutuskan bahwa kegiatan perbaikan pembelajaran diakhiri pada siklus II.
C.     Pembahasan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat memperhatikan, merespon setiap pertanyaan, dan berani bertanya dalam proses pembelajaran layanan BK materi Stop Bullying yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have. Perasaan senang siswa terhadap pembelajaran layanan BK materi Stop Bullying dapat meningkatkan perhatian belajar siswa. Peningkatan perkembangan perhatian siswa dapat dilihat dari perbedaan perhatian siswa sebelum tindakan dengan perhatian siswa setelah tindakan yang ditunjukkan dari skala perhatian, wawancara, dan observasi. Pada awal penelitian sebelum tindakan sebagian besar siswa kurang memperhatikan pelajaran layanan BK materi Stop Bullying, masih banyak siswa yang mengobrol dan malu dalam bertanya. Setelah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Question Student Have, mulai terjadi perubahan positif pada siswa. Siswa terbiasa berdiskusi, mulai memperhatika pelajaran, mendengarkan penjelasan, dan merespon setiap pertanyaan yang diajukan. Suasana kerja kelompok yang saling membantu antar sesama anggota, membuat siswa kurang pandai menjadi terbantu dengan adanya kelompok diskusi. Pada pembelajaran layanan BK materi Stop Bullying di siklus I masih banyak terdapat kekurangan dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang diinginkan belum tercapai secara maksimal. Misalnya hasil angket perhatian pada siklus I, masih ada siswa yang termasuk ke dalam kategori rendah, serta hasil lembar observasi pun masih belum mencapai kriteria keberhasilan. Oleh karena itu pembelajaran harus terus dilanjutkan pada siklus II dengan melakukan perbaikan perbaikan dari kekurangan pada siklus I. Hasil angket perhatian, lembar observasi, dan wawancara pada siklus II menunjukkan pencapaian kriteria keberhasilan sesuai dengan indikator-indikator konsep dan teori perhatian belajar siswa.  
Berdasarkan hasil penelitian mulai dari prasiklus, siklus I, sampai siklus II dapat dijelaskan bahwa pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat setelah dilaksanakannya layanan BK dengan menggunakan  model student question have. Pada pelaksanaan kegiatan prasikus siswa masih malu bertanya kepada guru, enggan disuruh maju ke depan kelas, mengobrol sendiri ketika guru menjelaskan serta ada yang mengganggu temannya sehingga suasana menjadi riuh. Melihat hal ini guru dan peneliti sepakat untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran terutama penggunaan metode pembelajaran. Metode yang akan digunakan adalah  model student question have.
Pada siklus I ini, layanan BK sudah menerapkan  model student question have. Layanan BK menggunakan  model student question have tidak berfokus pada guru. Guru melakukan pengamatan, memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kelompok yang mengalami kesulitan, sedangkan siswa bekerjasama memecahkan topik yang diberikan guru dengan kelompoknya masing masing. Proses diskusi akan melatih siswa untuk berinteraksi dengan orang lain. Interaksi yang terjadi dalam diskusi menurut pendapat W.Gulo (2004: 135) yaitu siswa belajar bagaimana belajar dari orang lain, menanggapi pendapat orang lain, bagaimana memelihara kesatuan kelompok, dan belajar tentang teknik-teknik pengambilan keputusan yang amat berguna bagi mereka dalam kehidupan bermasyarakat. Melalui aktivitas-aktivitas ini berangsur-angsur akan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Peningkatan aktivitas siswa pada siklus I terlihat dalam melaksanakan kegiatan diskusi. Siswa sudah mau bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, berani untuk berbicara di depan kelas walaupun masih malu-malu, dan dapat mengutarakan pendapatnya.
Dibalik peningkatan tersebut, pelaksanaan siklus I juga masih memiliki kekurangan. Kekurangan itu adalah, jalannya diskusi masih dikuasai siswa yang aktif, ada beberapa siswa yang masih pasif, siswa masih malu-malu dalam melaksanakan diskusi dan presentasi belum melibatkan partisipasi aktif seluruh peserta diskusi. Melihat hal tersebut, guru dan peneliti menyusun rencana perbaikan yang akan dilaksanakan dalam siklus II.
Pada siklus II, guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan perbaikan yang telah direncanakan sebelumnya. Guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan namun tetap terkontrol. Pembelajaran diselingi dengan lelucon-lelucon yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa. Siswa menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran. Mereka juga tidak tegang ataupun malu untuk bertanya pada guru dalam proses diskusi. Aktivitas siswa meningkat, siswa yang pasif sudah ikut berpartisipasi aktif dan terlihat kerjasama yang baik dalam setiap kelompok. Siswa dapat mengeluarkan pendapatnya, menghargai pendapat temannya, bertukar pendapat dan sudah terjadi interaksi dengan peserta diskusi dalam melakukan presentasi. Siswa juga dapat bergabung dengan teman lain selain teman akrabnya. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan hasil belajarnya. Perlakuan-perlakuan yang akan diberikan guru yaitu: lebih banyak memberikan kesempatan untuk tampil di depan kelas untuk memunculkan keberanian siswa, memberi motivasi untuk lebih percaya diri, dan melakukan pendekatan secara lebih mendalam. Peningkatan pemahaman dan hasil belajar  dari kondisi awal, siklus I ke siklus II terus mengalami peningkatan.
Dari observasi dan refleksi yang dilakukan guru dan peneliti, pelaksanaan layanan BK dengan menggunakan  model student question have telah sesuai dengan yang diharapkan. Sebagian besar siswa sudah menunjukkan keaktifannya dalam pembelajaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa dapat melaksanakan pembelajaran dengan  model student question have dengan baik sehingga berangsur-angsur pemahaman dan hasil belajar meningkat.
Berdasarkan data-data hasil pelaksanaan perbaikan pembelajaran sebagaimana diuraikan di atas berupa data hasil tes formatif siklus I, tes formatif siklus II dan data hasil observasi siklus I dan II maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan  model student question have  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada layanan BK materi  Stop Bullying di kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.
 


Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih