Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 2 April 2019

PTK SMK MATERI MESIN TENAGA FLUIDA











LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING  MATERI MESIN TENAGA FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR  SISWA KELAS X TPL SMKN 1 .................. SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Diajukan  pada
Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke ……..








Oleh

..........................
NIP. ..........................







SMKN 1 ..................
Jl. ....................................................... Kecamatan ......................
Kabupaten ..................
2015

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Materi Mesin Tenaga Fluida untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar  Siswa Kelas X TPL SMKN 1 ..................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kecamatan
f.    Kabupaten/Kota
g.   Provinsi

..........................
..........................
..........................
SMKN 1 ..................
..........................
..................
Aceh
3.
Lama Penelitian
3 (tiga) bulan (Januari 2015 s.d Maret 2015)
4.
Sumber Dana
Swadaya


                 Mengetahui                                              ..................,  31 Maret 2015
              Kepala Sekolah                                                       Peneliti




      ………………………….                                        ..........................
         NIP. ………………..                                      NIP. ..........................   

Mengesahkan
Pengawas Sekolah




……………………….
NIP. ………………….

ABSTRAK

 lebih sering menggunakan metode ekspositori bersifat teacher oriented yang kurang memberi peluang siswa untuk mengkonstruksi ide-ide  mereka sendiri sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Siswa masih bingung menggunakan konsep-konsep  karena siswa hanya menghafal konsep bukan memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran. peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar  materi mesin tenaga fluida  melalui penerapan metode penemuan terbimbing  pada  siswa kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check, triangulasi dan audit trail. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode penemuan terbimbing  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar  siswa. Aktivitas belajar pada kondisi awal terdapat  4 siswa tau 25,00%, meningkat menjadi 62,50% atau 10 siswa dan pada siklus terakhir menjadi 15 siswa atau 93,75%.  Peningkatan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata siswa 51,25 dengan ketuntasan belajar klasikal siswa 18,75% atau 3 siswa dan pada siklus I meningkat menjadi 65,71 dengan ketuntasan belajar mencapai angka 56,25% atau 9 siswa, kemudian pada siklus II hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata siswa 77,50 , ketuntasan belajar klasikal 93,75% atau 15 siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing   terbutki dapat meningkatkan proses, aktivitas dan hasil belajar pada  materi mesin tenaga fluida siswa kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata Kunci : penemuan terbimbing, alat peraga, aktivitas, hasil belajar















KATA PENGANTAR

Puji syukur senanatiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT, yang menciptakan kehidupan dan menjadikan manusia yang telah dianugerahinya dengan akal dan budi sehingga Penelitian Tindakan Kelas  dengan judul Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Materi Mesin Tenaga Fluida untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar  Siswa Kelas X TPL SMKN 1 ..................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015dapat tersusun dengan baik dan tepat pada waktunya.
Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan serta pengarah dari berbagai pihak, maka selayaknya peneliti haturkan rasa syukur atas bantuan, bimbingan dan pengarahnya. Sungguh ingin rasanya peneliti mencari kata-kata yang sekiranya layak untuk diucapkan, akan tetapi hanya kata terima kasihlah yang terlontar dari peneliti. Tapi tidaklah cukup hanya dengan kata terima kasih saja, disamping itu peneliti panjatkan do’a semoga segala pengorbanan semua pihak mendapat balasan yang setimpal di kemudian hari, terutama peneliti haturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Peneliti menyadari penyusunan laporan penelitian tindakan kelas ini masih terdapat kekurangan sehingga memerlukan perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan. Semoga laporan penelitian tindakan kelas  ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca dan semua pihak yang terkait.
                                                                                        
..................,    Maret 2015

Peneliti





DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..........................................................................................         i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................        ii
ABSTRAK..........................................................................................................       iii
KATA PENGANTAR........................................................................................       iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................        v
DAFTAR TABEL...............................................................................................       vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      vii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................     viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................        1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................        3
C.  Rumusan Masalah .......................................................................        4
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................        5
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................        5

BAB    II   KAJIAN TEORI
A.  Kajian Teori.................................................................................        7
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................      21
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................      22

BAB    III METODE PENELITIAN                                                                       
A.  Setting Penelitian.........................................................................      23
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................      24
C.  Subjek Penelitian..........................................................................      24
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................      24
E.   Validasi Data...............................................................................      26
F.   Analisis Data................................................................................      27
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................      28
H.  Indikator Keberhasilan ................................................................      31

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................      33
B.  Hasil Penelitian............................................................................      46
C.  Pembahasan.................................................................................      49

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                                                                     
A.  Simpulan .....................................................................................      52
B.  Saran ...........................................................................................      53

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa ....................................       27
Tabel   4.1     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Kondisi Awal...................       33
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada  Kondisi Awal                   33
Tabel   4.3     Rencana Tindakan Siklus I............................................................       35
Tabel   4.4     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus Pertama .................       36
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada  Kondisi Awal                   38
Tabel   4.6     Rencana Tindakan Siklus II...........................................................       40
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada  Siklus Kedua....................       42
Tabel   4.8     Rekapitulasi Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada  Kondisi Awal                   43
Tabel   4.9     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                              45
Tabel   4.10   Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II....       47




















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1  Tahapan pembelajaran discovery terbimbing (Ridwan Abdullah Sani, 2013 : 222)               14
Gambar    2.2 Kerangka Berpikir.......................................................................       23
Gambar    4.1 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II          ..................................................................................................... 47
Gambar    4.2 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                      49











DAFTAR LAMPIRAN

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Jadwal Pelaksanaan  Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
5.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data
a.       Lembar Kerja Siswa
b.      Lembar Tes Formatif
c.       Instrumen Observasi Aktivitas Belajar Siswa
d.      Deskriptor Penilaian Aktivitas Belajar Siswa
6.        Analisis Data Hasil Penelitian
       a.  Daftar Nilai Tes Hasil Belajar Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
       b.  Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Belajar Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
7.        Daftar Hadir Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
8.        Contoh Hasil Kerja Siswa
9.        Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
10.    Berkas Pelaksanaan Seminar PTK
11.    Surat Keterangan Telah Didokumentasikan di Perpustakaan


Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih