LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENERAPAN METODE PENEMUAN
TERBIMBING MATERI MESIN TENAGA FLUIDA UNTUK
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TPL SMKN 1 .................. SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Diajukan pada
Penilaian Angka Kredit Unsur Pengembangan Profesi Guru
untuk Kenaikan Pangkat dari Golongan …… ke ……..
Oleh
..........................
NIP. ..........................
SMKN 1 ..................
Jl. .......................................................
Kecamatan ......................
Kabupaten ..................
2015
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Penerapan
Metode Penemuan Terbimbing Materi Mesin Tenaga Fluida untuk Meningkatkan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Kelas X TPL SMKN 1 ..................
Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kecamatan
f. Kabupaten/Kota
g. Provinsi
|
..........................
..........................
..........................
SMKN 1 ..................
..........................
..................
Aceh
|
3.
|
Lama Penelitian
|
3 (tiga) bulan (Januari 2015 s.d Maret 2015)
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Mengetahui ..................,
31 Maret 2015
Kepala Sekolah Peneliti
…………………………. ..........................
NIP. ……………….. NIP. ..........................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………….
NIP. ………………….
ABSTRAK
lebih sering menggunakan metode ekspositori
bersifat teacher oriented yang kurang memberi peluang siswa untuk
mengkonstruksi ide-ide mereka sendiri
sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Siswa masih bingung menggunakan
konsep-konsep karena siswa hanya
menghafal konsep bukan memahaminya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran. peningkatan aktivitas belajar dan
hasil belajar materi mesin tenaga fluida melalui penerapan metode penemuan
terbimbing pada siswa kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester
2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan
pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPL SMKN
1 .................. Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Teknik
validasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah member check, triangulasi dan audit trail. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode
penemuan terbimbing dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa.
Aktivitas belajar pada kondisi awal terdapat 4 siswa tau 25,00%, meningkat menjadi 62,50%
atau 10 siswa dan pada siklus terakhir menjadi 15 siswa atau 93,75%. Peningkatan hasil dan ketuntasan belajar
siswa pada kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata siswa 51,25 dengan
ketuntasan belajar klasikal siswa 18,75% atau 3 siswa dan pada siklus I
meningkat menjadi 65,71 dengan ketuntasan belajar mencapai angka 56,25% atau 9
siswa, kemudian pada siklus II hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata
siswa 77,50 , ketuntasan belajar klasikal 93,75% atau 15 siswa. Dari penjelasan
di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing terbutki dapat meningkatkan proses,
aktivitas dan hasil belajar pada materi mesin
tenaga fluida siswa kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester 2 Tahun
Pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : penemuan terbimbing, alat peraga, aktivitas, hasil
belajar
KATA PENGANTAR
Puji syukur
senanatiasa kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT, yang menciptakan kehidupan dan
menjadikan manusia yang telah dianugerahinya dengan akal dan budi sehingga
Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penerapan Metode
Penemuan Terbimbing Materi Mesin Tenaga Fluida untuk Meningkatkan Aktivitas dan
Hasil Belajar Siswa Kelas X TPL SMKN 1 .................. Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015”
dapat tersusun dengan baik dan tepat
pada waktunya.
Penyusunan laporan ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan serta pengarah
dari berbagai pihak, maka selayaknya peneliti haturkan rasa syukur atas
bantuan, bimbingan dan pengarahnya. Sungguh ingin rasanya peneliti mencari
kata-kata yang sekiranya layak untuk diucapkan, akan tetapi hanya kata terima kasihlah
yang terlontar dari peneliti. Tapi tidaklah cukup hanya dengan kata terima kasih
saja, disamping itu peneliti panjatkan do’a semoga segala pengorbanan semua
pihak mendapat balasan yang setimpal di kemudian hari, terutama peneliti
haturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.
Peneliti menyadari penyusunan laporan
penelitian tindakan kelas ini masih terdapat kekurangan sehingga memerlukan
perbaikan dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat
membangun sangat diharapkan. Semoga laporan penelitian tindakan kelas ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca
dan semua pihak yang terkait.
..................,
Maret 2015
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 3
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 5
E.
Manfaat Penelitian ...................................................................... 5
BAB II KAJIAN
TEORI
A. Kajian Teori................................................................................. 7
B. Kerangka Pikir
Penelitian............................................................ 21
C. Hipotesis
Tindakan...................................................................... 22
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 23
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 24
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 24
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 24
E.
Validasi Data............................................................................... 26
F.
Analisis Data................................................................................ 27
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 28
H. Indikator Keberhasilan ................................................................ 31
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 33
B. Hasil Penelitian............................................................................ 46
C. Pembahasan................................................................................. 49
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 52
B. Saran ........................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria
Penilaian Aktivitas Belajar Siswa .................................... 27
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal................... 33
Tabel 4.2 Rekapitulasi
Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada
Kondisi Awal 33
Tabel 4.3 Rencana
Tindakan Siklus I............................................................ 35
Tabel 4.4 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif pada Siklus Pertama ................. 36
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada
Kondisi Awal 38
Tabel 4.6 Rencana
Tindakan Siklus II........................................................... 40
Tabel 4.7 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif pada Siklus Kedua.................... 42
Tabel 4.8 Rekapitulasi
Hasil Obervasi Aktivitas Belajar Siswa pada
Kondisi Awal 43
Tabel 4.9 Rekapitulasi
Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus
II 45
Tabel 4.10 Nilai
Hasil Tes Formatif Temuan Awal, Siklus I
dan Siklus II.... 47
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar
2.1 Tahapan
pembelajaran discovery terbimbing (Ridwan Abdullah Sani, 2013 : 222) 14
Gambar 2.2 Kerangka
Berpikir....................................................................... 23
Gambar 4.1 Grafik
Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II ..................................................................................................... 47
Gambar 4.2 Grafik
Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 49
DAFTAR LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
3.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Siklus I
4.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
5.
Berkas Instrumen Pengumpulan Data
a.
Lembar Kerja Siswa
b.
Lembar Tes Formatif
c.
Instrumen Observasi Aktivitas Belajar Siswa
d.
Deskriptor Penilaian Aktivitas Belajar Siswa
6.
Analisis Data Hasil Penelitian
a. Daftar Nilai Tes Hasil Belajar Siswa Pada
Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
b. Daftar Nilai Hasil Observasi Peningkatan
Aktivitas Belajar Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
7.
Daftar Hadir Siswa Pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
8.
Contoh Hasil Kerja Siswa
9.
Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pada Kondisi Awal, Siklus I dan
Siklus II
10.
Berkas
Pelaksanaan Seminar PTK
11.
Surat
Keterangan Telah Didokumentasikan di Perpustakaan
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih