Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 2 April 2019

PTK PENJAS KELAS VI KURIKULUM 2013










LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN  PENJASKES MATERI PENYAKIT MENULAR YANG DISEBABKAN OLEH NYAMUK MELALUI MODEL GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SDN ..................  
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018





Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat  
Unsur Pengembangan Profesi Guru







....................................
NIP. ....................................







SEKOLAH DASAR NEGERI ..................
Alamat : Jl. ………………., Kecamatan …………………..
Kabupaten ..................                      
 2018
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran  Penjaskes Materi Penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk melalui Model Group Investigation di Kelas VI SDN ..................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
      b.   Bidang Ilmu                         : Ilmu Pengetahuan Alam
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2.   Identitas Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ....................................
      b.   NIP                                      :  ....................................
      c.   Pangkat / Golongan             : Penata Muda Tk. I / III/b
      d.   Jabatan                                 : Guru Kelas
      e.   Instansi                                 : Sekolah Dasar Negeri ..................     
      f.    Tempat Penelitian                :  Sekolah Dasar Negeri ..................     
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Januari 2018  s.d bulan Maret 2018)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                        Mengetahui                                  ……………, 19 Maret 2018
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti



                        …………..                                       ....................................
             NIP. ……………………                       NIP. ....................................          


Mengetahui/Mengesahkan
Pengawas Sekolah



……………..
NIP. …………………….
ABSTRAK



Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Penjaskes  materi penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk melalui model Group Investigation. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN ..................  yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ada dua macam, yaitu teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi). Analisis data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi, hasil dan ketuntasan belajar siswa.  Peningkatan motivasi belajar dibuktikan dari 8 siswa atau 38,10% pada studi awal menjadi 15 siswa atau 71,43%  pada siklus pertama dan  21 siswa atau 100% pada siklus terakhir. Peningkatan hasil dan ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal sebesar 58,57 meningkat menjadi 67,37 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 73,33 serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 5 siswa (23,81%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan model Group Investigasi  pada siklus I meningkat menjadi 11 siswa atau 52,38% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi  19 siswa atau 90,48% Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Group Investigation efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Penjaskes materi materi penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk  pada siswa Kelas VI SDN ..................   semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : motivasi, hasil belajar, group Investigation
















KATA PENGANTAR


Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) ini dapat selesai dengan baik. Laporan Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi salah satu syarat pada penilaian angka kredit unsur Pengembangan Profesi Guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ….. ke …...
Dalam penulisan PTK ini peneliti menentukan judul yaitu ” Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran  Penjaskes Materi Penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk melalui Model Group Investigation di Kelas VI SDN ..................  Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 Dalam penyusunan laporan penelitian tindakan kelas  ini peneliti banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak.
Akhirnya peneliti mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.


…………,      Maret 2018

Peneliti














DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4
C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................     7
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   26
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   28

BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian.........................................................................   29
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   29
C.  Subjek Penelitian..........................................................................   32
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   32
E.   Validasi Data...............................................................................   34
F.   Analisis Data................................................................................   34
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   35
H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   39

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   40
B.  Hasil Penelitian............................................................................   54
C.  Pembahasan.................................................................................   57

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  
A.  Simpulan .....................................................................................   64
B.  Saran ...........................................................................................   65

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel   4.1    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif pada Kondisi Awal .................      41
Tabel   4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi belajar Siswa pada Kondisi Awal                  42
Tabel   4.3    Data Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus I...............      45
Tabel   4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Partisipasi belajar Siswa pada Siklus Pertama                 46
Tabel   4.5    Data Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Siklus II..............      51
Tabel   4.6    Hasil Observasi Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Siklus II             52
Tabel   4.7    Rekapan Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal
Awal sampai dengan Siklus II.....................................................      54
Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Partisipasi belajar Siswa pada Studi Awal, Siklus I dan Siklus II   ..................................................................................................... 56

























DAFTAR GAMBAR


Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar      2.1    Diagran Alur Kerangka Pikir...................................................      27
Gambar      3.1    Alur Penelitian Tindakan Kelas..............................................      30
Gambar      4.1    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal            ............................................................................................... 41
Gambar      4.2    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Kondisi Awal       ............................................................................................... 42
Gambar      4.3    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Pertama          ............................................................................................... 46
Gambar      4.4    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Pertama     ............................................................................................... 47
Gambar      4.5    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Nilai Tes Formatif pada Siklus Kedua            ............................................................................................... 53
Gambar      4.6    Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Obsevasi Partisipasi belajar pada Siklus Kedua       ............................................................................................... 54
Gambar      4.7    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                       55
Gambar      4.8    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Partisipasi belajar Siswa Pada Siklus I dan II...............................................................................................      56




















DAFTAR LAMPIRAN


Lampiran                                                                                                                  
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     :    Instrumen Pengumpulan Data
a.    LKS dan Lembar Tes Formatif Siklus I dan II
b.    Lembar Penilaian Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    6     :    Analisis Data Hasil Penelitian
a.    Data Hasil Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
b.    Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    7     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    8     :    Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran    10   :    Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas









Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih