Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Thursday, 27 June 2019

PTS KEPALA SEKOLAH DASAR


Loggo







LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH


PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MELALUI POLA PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF  DI SDN ....................  
SEMESTER 2  TAHUN PELAJARAN 2017/2018




Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan







IRWANSYAH
NIP. ……………………..









SEKOLAH DASAR NEGERI ....................
Jl………… Desa ……….., Kecamatan ................. Kode Pos ………………
2017

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif  di SDN ....................  Semester 2  Tahun Pelajaran 2017/2018
      b.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Sekolah

2.   Identitas Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : IRWANSYAH
      b.   NIP                                      :  ………………
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 : Kepala Sekolah 
      e.   Instansi                                 : SDN ....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SDN ....................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2018 sampai dengan Bulan Maret 2018)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                        Mengetahui                                   ................., 31 Maret 2018
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti




                    IRWANSYAH                                        IRWANSYAH
              NIP. ………………….                            NIP. …………………..

Mengesahkan
Pengawas Sekolah 




……………..
NIP. ……………………..



PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MELALUI POLA PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF  DI SDN ....................  
SEMESTER 2  TAHUN PELAJARAN 2017/2018


ABSTRAK

Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN ....................  pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 .  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 8 guru dengan penjelasan 6 guru kelas, 1 guru PAI dan 1 guru Penjaskes di SDN ....................  Kecamatan ................. Kabupaten ................. Semester 2  Tahun Pelajaran 2017/2018 . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,98 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan  kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan RPP di SDN ....................  pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 .

Kata Kunci : pembinaan, kooperatif, kemampuan, silabus, RPP











KATA PENGANTAR




Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.
Penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan IV/b. Dalam penulisan ini, peneliti mengambil judul : Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan Pendekatan Kooperatif  di SDN ....................   Semester 2  Tahun Pelajaran 2017/2018
Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun kearah perbaikan. Juga pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.
Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.

..........................,      Maret 2018
Peneliti



DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah............................................................     1
B.       Identifikasi Masalah..................................................................     3
C.       Rumusan Masalah .....................................................................     4
D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     4
E.       Manfaat  Penelitian ...................................................................     5
BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................     6
B.  Kerangka Pikir.............................................................................   18
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   20
BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian ........................................................................   21
B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   21
C.  Subjek Penelitian..........................................................................   24
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   24
E.   Validasi Data...............................................................................   27
F.   Teknik Analisa Data ....................................................................   27
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   27
H.  Indikator Penelitian  ....................................................................   30
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   31
B.  Hasil Penelitian............................................................................   41
C.  Pembahasan ................................................................................   45
BAB    V   PENUTUP                      
A.  Kesimpulan .................................................................................   49
B.  Saran ...........................................................................................   49

DAFTAR PUSTAKA                       
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Lembar Observasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP ........................................................................................... 25
Tabel      4.1    Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal.........................................................................         32
Tabel      4.2    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal.........................................................................         32
Tabel      4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Pertama........................................................................         34
Tabel      4.4 Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Pertama .......................................................................         35
Tabel      4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Kedua ................................................................         38
Tabel      4.6    Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Kedua .........................................................................         39
Tabel      4.7    Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II ...........................         44















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
Gambar    2.1  Kerangka Berpikir..................................................................         19
Gambar    3.1   Langkah-langkah PTS ...........................................................         21
Gambar    4.1   Peningkatan Kemampuan Guru Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..................................................         41
























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                  
Lampiran   1    Surat Izin Penelitian
Lampiran   2    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   3    Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran   4    Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran   5    Daftar Hadir Kegaitan Pembinaan
Lampiran   6    Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
Lampiran   7    Berkas Pelaksanaan Seminar PTS



Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih