Loggo
LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN SEKOLAH
PENINGKATAN
KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MELALUI POLA PEMBINAAN
PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SDN ....................
SEMESTER
2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Disusun
Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan
Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Unsur
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
IRWANSYAH
NIP. ……………………..
SEKOLAH DASAR
NEGERI ....................
Jl………… Desa ………..,
Kecamatan ................. Kode Pos ………………
2017
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
1. a. Judul Penelitian : Peningkatan Kemampuan Guru dalam
Pengembangan Silabus dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan
Pendekatan Kooperatif di SDN ....................
Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018
b. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Sekolah
2. Identitas
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : IRWANSYAH
b.
NIP : ………………
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
Kepala Sekolah
e. Instansi :
SDN ....................
f.
Tempat Penelitian : SDN ....................
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan Januari 2018 sampai dengan Bulan
Maret 2018)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Mengetahui .................,
31 Maret 2018
Kepala Sekolah Peneliti
IRWANSYAH IRWANSYAH
NIP. …………………. NIP. …………………..
Mengesahkan
Pengawas
Sekolah
……………..
NIP. ……………………..
PENINGKATAN
KEMAMPUAN GURU DALAM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP MELALUI POLA PEMBINAAN
PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF
DI SDN ....................
SEMESTER
2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
ABSTRAK
Penelitian tentang peningkatan kemampuan guru
dalam pengembangan silabus dan RPP melalui pola pembinaan profesional dengan
pendekatan kooperatif di SDN .................... pada
semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 . Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 8 guru
dengan penjelasan 6 guru kelas, 1 guru PAI dan 1 guru Penjaskes di SDN ....................
Kecamatan ................. Kabupaten .................
Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik
triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan
silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata
dari 49,59 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal, menjadi 69,98 kriteria nilai cukup
pada siklus pertama dan menjadi
89,47 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua.
Kesimpulannya adalah pola pembinaan
profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan
RPP di SDN .................... pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 .
Kata Kunci : pembinaan,
kooperatif, kemampuan, silabus, RPP
KATA PENGANTAR
Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan
penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.
Penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dimaksudkan untuk
memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan IV/b. Dalam
penulisan ini, peneliti mengambil judul : “Peningkatan Kemampuan Guru dalam
Pengembangan Silabus dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional Dengan
Pendekatan Kooperatif di SDN ....................
Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 ”
Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penulisan laporan
penelitian tindakan sekolah (PTS) ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan
untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun kearah
perbaikan. Juga pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada
rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya laporan penelitian tindakan
sekolah (PTS) ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu
persatu atas segala bantuannya dalam penulisan laporan penelitian tindakan
sekolah (PTS) ini.
Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat
ganda kepada mereka yang telah membantu.. Akhir kata peneliti mengharapkan
kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun
demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan penelitian tindakan sekolah (PTS)
ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya.
Amin Yarobal Alamin.
.........................., Maret 2018
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................ 1
B. Identifikasi Masalah.................................................................. 3
C. Rumusan Masalah ..................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ...................................................................... 4
E. Manfaat
Penelitian ................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian
Teori................................................................................. 6
B. Kerangka
Pikir............................................................................. 18
C. Hipotesis
Tindakan...................................................................... 20
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian ........................................................................ 21
B. Metode
dan Rancangan Penelitian.............................................. 21
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 24
D. Teknik
dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 24
E. Validasi Data............................................................................... 27
F. Teknik Analisa Data .................................................................... 27
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 27
H. Indikator Penelitian .................................................................... 30
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi
Data............................................................................. 31
B. Hasil
Penelitian............................................................................ 41
C. Pembahasan
................................................................................ 45
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
................................................................................. 49
B. Saran ........................................................................................... 49
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Lembar Observasi Peningkatan Kompetensi Guru
dalam Pengembangan Silabus dan RPP ........................................................................................... 25
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru
dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal......................................................................... 32
Tabel 4.2 Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru
dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal......................................................................... 32
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru
dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Pertama........................................................................ 34
Tabel 4.4
Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada
Siklus Pertama ....................................................................... 35
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru
Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Kedua ................................................................ 38
Tabel 4.6 Rekapitulasi Peningkatan Kemampuan Guru
dalam Pengembangan Silabus dan RPP pada Siklus Kedua ......................................................................... 39
Tabel 4.7 Rekapitulasi Hasil Observasi Kemampuan Guru
Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
........................... 44
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir.................................................................. 19
Gambar 3.1 Langkah-langkah PTS ........................................................... 21
Gambar 4.1 Peningkatan Kemampuan
Guru Terhadap Pengembangan Silabus dan RPP pada Kondisi Awal, Siklus I dan
Siklus II.................................................. 41
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 Surat Izin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 4 Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 5 Daftar Hadir Kegaitan Pembinaan
Lampiran 6 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
Lampiran 7 Berkas Pelaksanaan Seminar PTS
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih