Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Sunday, 2 February 2014

PTS : UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAKARAN MELALUI KEGIATAN MEMBACA BUKU-BUKU REFERENSI KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI ________ KECAMATAN ............. KABUPATEN .........

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan  bertujuan  untuk  meningkatkan  kualitas  sumber  daya  manusia  dalam  berbagai  dimensi.  Dalam UU  No.  20  Tahun  2003  tentang  Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa:
“Pendidikan  nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak  serta  peradaban  bangsa yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk  berkembangnya  potensi  peserta didik  agar  menjadi  manusia  yang  ber iman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  ber ilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

Permasalahan  pendidikan  Indonesia  adalah  rendahnya  kualifikasi  umum  (low general qualifications) sebagian guru, rendahnya penguasaan guru terhadap materi pembelajaran, dan rendahnya status guru. Kinerja  pendidikan  di  Indonesia masih harus ditingkatkan higga terlepas dari  keprihatinan.  Hal  ini  merupakan tantangan  bagi  pemerintah,  pendidik,dan  masyarakat  Indonesia  untuk  melakukan  penanggulangan  secepatnya. Untuk itu,  perlu usaha  ke arah peningkatan  kualitas  pendidikan  secara  menyeluruh.
Salah satu aspek penentu upaya peningkatan standar mutu bagi guru adalah wawasan intelektual guru yang menopang kompetensi mengajar. Ini merupakan syarat guru dalam melakukan inovasi diri guna meningkatkan kinerja sebagai seorang pendidik dan pengajar  di kelas. Dalam hal ini penulis selaku peneliti sekaligus Kepala Sekolah memberikan apresiasi terhadap kemajuan sekolah terutama aspek kemampuan pengetahuan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas
Tujuan Pendidikan Nasional Indonesia tertuang dalam Garis-Garis Besar Haluan  2004 adalah :
Untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan mengerti budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. (Lapasila IKIP Malang,  2004 :56).

Sesuai dengan tujuan pendidikan tersebut, khususnya dalam usaha menyiapkan  guru dalam meningkatkan kompetensi dan etos kerja mengajar di kelas maka diperlukan motivasi dan binaan secara pisitif dan simultan serta berkelanjutan dari kepala sekolah, hal ini diharapkan para  guru memiliki  kemandirian serta kemampuan akademik untuk mengajar serta mendidik para  anak didiknya di lembaga pendidikan tingkat dasar yakni sekolah dasar.
Salah satu faktor  pendukung  guna meningkatkan motivasi  mengajar guru wajib membekali dirinya ilmu kependidikan dan usaha-usaha yang memacu peningkatan intelektual akademik dalam keselarasan mengajar terutama upaya meningkatkan minat membaca pengetahuan kependidikan di luar rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas secara kesadarandan kemandirian guru tersebut .
Menurut R. Widodo al, (1999:308) dijelaskan minat membaca  bahwa :
Minat membaca, gemar membaca dan kebiasaan membaca yang baik merupakan dasar untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dengan banyak membaca  guru akan dapat memahami, mencerna  serta dapat mengamalkan ilmunya di kelas  serta memiliki kapabilitas berbagai ilmu pengetahuan, kaya pengalaman dan wawasan.

Lebih lanjut dijelaskan Sowarno (1982:5) menambahkan tentang manfaat membaca bagi para pendidik bahwa :
Membaca buku-buku referensial kependidikan dan berkerativitas untuk menulis ataupun mengarang merupakan kegiatan yang penting dalam kehidupan  guru. Dengan membaca seorang guru dapat mengenal dan memahami beragam kenyataan nilai yang diungkapkan dalam  materi buku, dan bahasa serta dapat memadukan pengalaman pribadi dalam usaha menghadapi masa kini dan masa mendatang.

Untuk menumbuhkan minat baca yang tinggi di kalangan  guru terutama guru-guru di level pendidikan tingkat dasar yakni sekolah dasar diperlukan beberapa sarana dan prasarana yang harus tersedia dan menjadi kelengkapan di sekolah salah satu diantaranya adalah eksistensi perpustakaan sekolah.
Wawasan  guru  merupakan  faktor yang mempengaruhi kemampuan guru menjalankan  profesinya  semaksimal mungkin.  Semakin  luas  wawasan  guru mengenai  bidang  keahliannya,  akan semakin  baik  ia  menjalankan  profesinya.  Oleh  karena  itu,  setiap  guru  dituntut  untuk  melakukan  persiapan yang  matang  setiap  kali  melakukan pembelajaran dan hal ini dilakukannya.Persiapan ini akan semakin matang jika guru menguasai berbagai informasi aktual  yang  terkait  dengan  bidang  ilmunya.  Dengan penguasaan  informasi  aktual  tersebut,  guru  akan  dapat  menawarkan  pembelajaran  yang  relevan  dengan kondisi aktual yang tentunya akan lebih  menarik  bagi  peserta  didik.  Penguasaan  informasi  secara  formal  daninformal  hanya  dapat  dilakukan secara efektif melalui  kegiatan membaca, baik melalui  jurnal-jurnal,  buku-buku  referensi, maupun media massa  baik  cetak maupun elektronik. Oleh karena itu, kebiasaan membaca merupakan salah satu cara  untuk  meningkatkan  wawasan guru  mengenai  segala  hal  yang  terkait dengan profesinya.
Dalam sistem pendidikan yang modern baik di negara maju maupun di negara yang sedang berkembang, keberadaan perpustakaan memegang peranan sangat penting. Sebab perpustakaan merupakan salah satu sumber ilmu atau sumber informasi, dengan mengoptimalkan fungsi perpustakaan maka cakrawala pengetahuan kita semakin luas.
Perpustakaan yang tersedia haruslah diusahakan untuk melengkapi koleksi-koleksi bukunya dan diusahakan untuk menyediakan buku-buku yang dapat menarik minat siswa untuk membacanya. Dengan cara demikian maka sedikit demi sedikit dapat menumbuhkan minat baca, gemar baca dan kebiasaan membaca.
Di dalam lingkungan pendidikan untuk keperluan studinya orang lebih banyak membaca dari pada menulis. Untuk  guru-guru di level lembaga formal pendidikan dasar membaca referensi kependidikan menjadi masalah yang penting karena  guru akan dihadapkan oleh variasi probematika dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Dengan demikian keberadaan perpustakaan sangat membantu, karena kegiatan belajar mengajar dapat lebih efektif  dan  dapat menambah materi pelajaran dengan cara banyak membaca sumber-sumber buku non paket di perpustakaan.
Mengingat pentingnya peranan buku bacaan, maka sudah selayaknya minat membaca buku  kajian-kajian kependidikan berupa artikel kependidikan, majalah kependidikan, serta buku-buku penunjang pembelajaran di kelas sudah harus ditanamkan pada diri  guru sedini mungkin. Di sisi lain perpustakaan harus pula berbenah diri untuk lebih meningkatkan pelayanan dengan mengupayakan kelengkapan buku-buku dari berbagai bidang ilmu.
Bertitik tolak dari uraian di atas, maka penulis selaku observer atau  peneliti dalam Kegiatan Penelitian Tindakan sekolah ini sekaligus Kepala Sekolah Dasar tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai pengaruh  pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku  referensi kependidikan di perpustakaan sekolah bila dihubungkan dengan  kemampuan guru dalam mengajar di kelas . Adapun  tema yang penulis kemukakan adalah sebagai berikut : UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENGAJAR  MELALUI KEGIATAN MEMBACA BUKU-BUKU REFERENSI KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI  ________ KECAMATAN  ________ KABUPATEN  _______ PROPINSI  _____ 
B.   Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian sebagaimana latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi permasalahan yang muncul, diantaranya :
1.    Rendahnya kegiatan membaca buku-buku referensi pendidikan yang dilakukan oleh para guru.
2.    Pemanfaatan sarana perpustakaan sekolah sebagai tempat membaca buku-buku referensi pendidikan oleh para guru masih kurang
3.    Rendahnya kinerja guru sebagai akibat rendahnya kegiatan membaca buku-buku referensi pendidikan yang dilakukan oleh para guru.
C.  Rumusan Masalah 
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.    Bagaimanakah  kinerja guru Sekolah Dasar Negeri _____ Kecamatan _______ Kabupaten _____  Propinsi _______  selama ini menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran ?
2.    Adakah  peningkatan kinerja guru dalam mengajar  setelah para guru Sekolah Dasar Negeri _____ Kecamatan _______ Kabupaten _____  Propinsi _______     dalam pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku  referensi kependidikan ?
D.  Tujuan Penelitian
Dalam penelitian ini tujuan yang hendak dicapai adalah tujuan langsung, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.    Untuk mendapatkan data dan informasi tentang  minat dan motivasi guru  Sekolah Dasar Negeri _____ Kecamatan _______ Kabupaten _____  Propinsi _______   dalam  pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku  referensi kependidikan.
2.    Untuk mendapatkan data dan informasi  kinerja guru Sekolah Dasar Negeri _____ Kecamatan _______ Kabupaten _____  Propinsi _______    selama ini dalam  aktivitas belajar mengajar di kelas
3.    Untuk mengetahui tentang pengaruh  peningkatan kinerja guru dalam mengajar  setelah para guru Sekolah Dasar Negeri _____ Kecamatan _______ Kabupaten _____  Propinsi _______  dalam pembinaan program kegiatan gemar membaca buku-buku  referensi kependidikan.
E.   Manfaat Penelitian
  1. Bagi  Guru
Sebagai  instrument kompetensi standart mutu mengajar dan pengembangan  wawasan pengetahuan sekitar dunia  pendidikan. Sehingga penelitan dapat membandingkan antara ilmu yang di dapat secara tekstual melalui RPP dan buku pegangan mengajar dengan gemar membaca referensial lain guna bekal dan tambahan wawasan juga untuk menunjang  efektifitas gaya mengajar di kelas.
  1. Bagi  Sekolah
a.  Sebagai masukan untuk meningkatkan pelaksanaan tugasnya dalam membina dan meningkatkan minat membaca para guru.
b.  Sebagai masukan dalam rangka lebih meningkatkan taraf kemampuan guru membaca buku-buku perpustakaan.
c.  Berguna untuk lebih meningkatkan minat baca buku-buku perpustakaan khususnya buku-buku referensi kependidikan oleh para guru.
d.  Sebagai sumbangan pemikiran dan bahan masukan bagi sekolah untuk lebih menumbuhkan minat baca buku-buku perpustakaan dan lebih meningkatkan mutu pendidikan sehingga prestasi menjadi lebih baik.


Konfirmasi file secara utuh, silahkan hub. 081327121707 (SMS only)
Mohon tidak disadur secara utuh, hanya sebagai referensi penulisan. Terima kasih atas kerjasamanya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih