Lencana Facebook

banner image

Tuesday 25 February 2014

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE OBSERVASI YANG DIVARIASIKAN DENGAN LKS WORD SQUARE PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN



BAB 1
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah
Pendidikan  mempunyai  peranan  yang  sangat  penting  dalam menentukan  bagi  perkembangan  dan  pembangunan  bangsa  dan  negara. kemajuan  suatu  bangsa  bergantung  pada  bagaimana  bangsa  tersebut mengenali,  menghargai  dan  memanfaatkan  sumber  daya  manusia  dalam  hal ini  berkaitan  erat  dengan  kualitas  pendidikan  yang  diberikan  kepada  anggota masyarakat terutama kepada pesrta didik.
Pendidikan  merupakan  salah  satu  sektor  penting  penentu  keberhasilan pembangunan  nasional,  baik  dalam  upaya meningkatkan  kualitas  sumberdaya manusia  dalam  hal  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  yang  dilakukan  dalam mewujudkan  cita-cita  pembangunan  nasional  sebagaimana  yang  tercantum dalam UU Sisdiknas Bab II pasal 3 yang berbunyi:
Pendidikan  nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan membentuk  watak  serta  peradaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  bertujuan  untuk  berkembangnya  potensi pesrerta  didik  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif mandiri, dan menjadi warga negar yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan  sistem  pendidikan  nasional  juga  berfungsi  memberikan  arah pada  semua  kegiatan  pendidikan  dalam  satu-satuan  pendidikan  yang  ada. Tujuan  pendidikan  nasional  tersebut,  merupakan  tujuan  umum  yang  hendak dicapai  oleh  semua  satuan  pendidikan  nasional  tersebut,  merupakan  tujuan umum  yang  hendak  dicapai  oleh  semua  satuan  pendidikannya,  meskipun setiap  satuan  pendidikan  tersebut  mempunyai  tujuan  sendiri-sendiri,  namun semua itu tidak terlepas dari tujuan pendidikan nasional yang ada.
Pendidikan  biologi  merupakan  bagian  dari  pendidikan  sains  dan sebagai  salah  satu mata pelajaran  di  sekolah  yang  diharapkan  dapat mencapai tujuan  pendidikan  nasional  yang  ada.  Biologi  merupakan  wahana  untuk meningkatkan  ilmu  pengetahuan,  keterampilan  sikap  serta  bertanggung  jawab kepada  lingkungan.  Biologi  berkaitan  dengan  cara  mencari  tahu  dan memahami  alam  dan makhluk  hidup  secara  sistematis  sehingga  pembelajaran biologi  bukan hanya penguasaan kumpulan-kumpulan  fakta  tetapi  juga proses penemuan.
Selain  itu  Biologi  merupakan  salah  satu  pendidikan  dan  langkah  awal bagi  seorang  anak  mengenal  dan  memahami  konsep-konsep  tentang  alam untuk  membangun  keahlian  dan  kemampuan  berpikirnya  agar  dapat  berperan aktif  menerapkan  ilmunya  dalam  dunia  teknologi.  Untuk  merealisasikan  hal tersebut maka harus  terjadi peningkatan mutu pendidikan dalam pembelajaran biologi dan sains.
Namun  pada  kenyataan  yang  ada  dalam  pendidikan  sains  atau  biologi belum  adanya  peningkatan  mutu  pendidikan.  Masalah-masalah  pembelajaran sains  atau  biologi  diantaranya  adalah:  pengajaran  sains  hanya  mencurahkan pengetahuan  (tidak  berdasarkan  praktek).  Dalam  hal  ini,  fakta,  konsep  dan prinsip  sains  lebih  banyak  dicurahkan  melalui  ceramah,  tanya  jawab,  atau diskusi  tanpa  didasarkan  pada  hasil  kerja  praktek.Variasi  kegiatan  belajar mengajar  (KBM)  sangat  sedikit.  Pada  saat  ini,  guru  hanya  mengajar  dengan ceramah  dikombinasi  dengan  media  dan  siswa  tidak  terlibat  aktif  dalam pembelajaran.
Menurut  Paolo  dan  Martin  sebagaimana  yang  dikutip  oleh  Iskandar dalam  Sofyan,  mendefinisikan  IPA  atau  sains  untuk  anak-anak  terdiri  dari kegiatan  mengamati  apa  yang  terjadi,  mencoba  memahami  apa  yang  diamati, mempergunakan  pengatahuan  baru  untuk  meramalkan  apa  yang  terjadi,  dan menguji ramalan-ramalan di bawah kondisi-kondisi apakah ramalan itu benar.
Dari  penjelasan  di atas  bahwa  biologi  merupakan  bagian  dari  sains, yang  menekankan  pembelajaran  yang  memberikan  pengalaman  secara langsung,  atau  siswa  ditekankan  untuk  aktif  dalam  mengikuti  proses  belajar mengajar.  Pada  dasarnya  pelajaran  sains  berupaya  membekali  siswa  dengan berbagai  kemampuan  tentang  cara  mengetahui  dan  cara  mengerjakan  yang dapat  membantu  siswa  untuk  memahami  alam  sekitar.  Atas  dasar  pemikiran tersebut  maka  pendekatan  pembelajaran  yang  perlu  dikembangkan  perlu penekanan pada kegiatan belajar siswa aktif.
Salah  satu  upaya  untuk  mengatasi  masalah  peningkatan  mutu  dalam pendidikan  sains  atau  biologi  tersebut  adalah  dengan  menerapkan pembelajaran  yang  menitikberatkan  pada  keterampilan-keterampilan  tertentu seperti  keterampilan  dalam  menyelesaikan  masalah,  ketrampilan  dalam mengamati  obyek,  keterampilan  dalam  mengambil  keputusan,  keterampilan dalam  menganalisis  data,  berfikir  secara  logis,  sistematis  serta  keterampilan dalam  mengajukan  pertanyaan.  Sehingga  pembelajaran  akan  lebih  menitikberatkan  kepada  siswa  dan  siswa  aktif  dalam  mengikuti  kegiatan  belajar mengajar.    Menurut  pandangan  konstruktivisme  belajar  berarti  membentuk makna.  Makna  diciptakan  oleh  siswa  dari  apa  yang  mereka  lihat,  dengar, rasakan  dan  alami. Bagi  kaum  konstruktivisme  mengajar  bukanlah  kegiatan memindahkan pengetahuan dari guru ke murid, melainkan suatu kegiatan yang memungkinkan siswa membangun sendiri pengetahuannya.
B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti yaitu ”Apakah dengan menggunakan metode observasi yang divariasikan dengan  LKS  Word   Square  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  pada  materi Klasifikasi Hewan di kelas VII SMP ……………?”
E.  Tujuan Penelitian
Penelitian ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada materi  Klasifikasi Hewan melalui metode observasi yang divariasikan dengan LKS Word Square di kelas VII SMP ……..

F. Manfaat Penelitian
1.  Bagi siswa
a.       Mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah.
b.      Meningkatkan minat dan motivasi  belajar Biologi
c.       Meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar.
d.      Memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
2.  Bagi guru
a.  Sebagai  motivasi  untuk  meningkatkan  keterampilan  dalam  memilih metode   pembelajaran  yang  tepat  dan  mendesain  kegiatan  belajar mengajar guna meninngkatkan kualitas pembelajaran.
b.  Memacu kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan media yang tepat.
3. Bagi sekolah
Memberikan  sumbangan  bagi  sekolah  dalam rangka  mengoptimalkan potensi siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran Biologi.

Konfirmasi file secara utuh, silahkan hub. 081327121707 (SMS only)
Mohon tidak disadur secara utuh, hanya sebagai referensi penulisan. Terima kasih atas kerjasamanya.