Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Thursday, 27 June 2019

PTK PENJASKES KELAS IV KURIKULUM 2013


LOGGO KABUPATEN







LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA  MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN LARI JARAK PENDEK  MELALUI PERMAINAN MEMINDAHKAN BENDA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 .................... SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018





Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat ............
Bidang Pengembangan Profesi Guru








Oleh

........................
NIP. ........................






SEKOLAH DASAR NEGERI 2 ....................
JL. …………………….. Desa ………………….. Kecamatan ……………….
Kabupaten .................... Kode Pos …………….
2017
LEMBAR PENGESAHAN



1.
Judul Penelitian
Upaya  Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Lari Jarak Pendek  Melalui Permainan Memindahkan Benda pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 ....................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kecamatan
f.    Kabupaten/Kota
g.   Provinsi
h.   Alamat Sekolah

........................
........................
........................
SDN 2 ....................
........................
....................
…………………….
Jl. ……………….. Desa ………….. Kecamatan ……….. Kabupaten ....................
3.
Lama Penelitian
3 bulan (Agustus  2017 s.d Oktober 2017)
4.
Sumber Dana
Swadaya



                        Mengetahui                                ...................., 16 Oktober  2017
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti




                 …………………….                                      ........................
               NIP. …………………                               NIP. ........................


Mengesahkan
Pengawas Sekolah 




………………………
NIP. ………………….



ABSTRAK


Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa kecepatan lari jarak pendek siswa di kelas IV SDN 2 .................... masih kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lari jarak pendek melalui permainan memindahkan benda. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus tindakan. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN .................... Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari …. siswa putra dan …. siswa putri. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasi dan teknik tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 2 jenis triangulasi, yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil  analisis data terhadap 4 aspek penilaian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya.  Proses pembelajaran menggunakan model bermain terbukti efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 2 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Aktivitas Belajar pada kondisi awal sebesar 35,71% atau 10 siswa, pada siklus I persentase rata-rata pengamatan perilaku siswa sebesar 71,43%  atau 20 siswa dan pada siklus II persentase rata-rata perilaku siswa sebesar 92,86% atau 26 siswa. Hasil Belajar aspek kognitif pada kondisi awal, terdapat 11 siswa tuntas atau 39,29%, pada siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 71,43%  atau 20 siswa dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 89,29% atau 25 siswa dan peningkatan nilai rata-rata dari 61,07 pada kondisi awal, meningkat menjadi 68,93  pada siklus pertama dan 78,21 pada siklus kedua. Aspek afektif pada kondisi awal sebesar 9 siswa atau 32,14% siswa dinyatakan tuntas, pada siklus I, persentase ketuntasan  keterampilan psikomotor siswa mencapai 71,43%  atau 20 siswa serta pada siklus II, persentase rata-rata keterampilan psikomotor mencapai 89,29% atau sebanyak 25 siswa. Aspek psikomotorik pada kondisi awal 14,29% atau 4 siswa, pada siklus I persentase rata-rata pengamatan sikap mencapai 64,29% atau 18 siswa  dan pada siklus II, persentase rata-rata pengamatan sikap mencapai 85,71% atau 24 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lari jarak pendek siswa kelas IV SDN 2 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui permainan memindahkan benda.

Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, permainan, memindahkan benda







KATA PENGANTAR




Alhamdulillah , puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberi berbagai kenikmatan kepada penulis sehingga bisa menyelesaikan Karya Tulis, berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dengan judul “Upaya  Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Lari Jarak Pendek  Melalui Permainan Memindahkan Benda pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 ....................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018dapat terselesaikan tepat pada waktunya.
Permasalahan yang timbul dalam keseharian ketika penulis mengajar, memberikan inspirasi bagi terlaksananya Penelitian Tindakan Kelas ini.
Dengan segala keterbatasan dan wawasan yang penulis miliki, penulis sangat sadar sekali bahwa Karya Tulis sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penulis berharap adanya masukan berupa kritik dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak bagi perbaikan penulisan sejenis kedepannya.
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang dapat digunakan sebagai pijakan berikutnya.

....................,       Oktober 2017
Penulis









DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4
C.  Rumusan Masalah .......................................................................     5
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     6

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................     7
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   21
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   23

BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian.........................................................................   24
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   24
C.  Subjek Penelitian..........................................................................   25
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   25
E.   Validasi Data...............................................................................   27
F.   Analisis Data................................................................................   28
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30
H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   33

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   34
B.  Hasil Penelitian............................................................................   51
C.  Pembahasan.................................................................................   54

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  
A.  Simpulan .....................................................................................   57
B.  Saran ...........................................................................................   58

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Lembar Observasi Siswa................................................................    26
Tabel   3.2     Lembar Penilaian Aspek Afektif...................................................    26
Tabel   3.3     Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik..........................................    27
Tabel   3.4     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Siswa.......................................    29
Tabel   3.5     Kriteria Penilaian Hasil Tes Kognitif.............................................    29
Tabel   3.6     Kriteria Penilaian Hasil Tes Afektif...............................................    29
Tabel   3.7     Kriteria Penilaian Hasil Tes Psikomotorik.....................................    30
Tabel   4.1     Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Pra Siklus...............................    34
Tabel   4.2     Hasil Belajar Aspek Afektif pada Pra Siklus.................................    35
Tabel   4.3     Hasil Belajar Aspek Psikomotor pada Pra Siklus..........................    35
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Pra Siklus.....    36
Tabel   4.5     Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Siklus I...................................    39
Tabel   4.6     Hasil Belajar Aspek Afektif pada Siklus I....................................    40
Tabel   4.7     Hasil Belajar Aspek Psikomotor pada Siklus I..............................    40
Tabel   4.8     Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus I..................    41
Tabel   4.9     Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Siklus II.................................    46
Tabel   4.10   Hasil Belajar Aspek Afektif pada Siklus II...................................    47
Tabel   4.11   Hasil Belajar Aspek Psikomotor pada Siklus II.............................    47
Tabel   4.12   Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Siklus II................    48
Tabel   4.13   Rekapitulasi Penilaian Aspek Kognitif pada Kondisi  Awal,  Siklus I dan Siklus II               51
Tabel   4.14   Rekapitulasi Penilaian Aspek Afektif pada Kondisi  Awal,  Siklus I dan Siklus II                 52
Tabel   4.15   Rekapitulasi Penilaian Aspek Psikomotorik pada Kondisi  Awal,  Siklus I dan Siklus II                                                                                                                53
Tabel   4.16   Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi  Awal,  Siklus I dan Siklus II                                                                                                           53





DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Rangkaian Gerak Start Jongkok (Bahagia, 2006:29)................      13
Gambar    2.2 Sikap “Siap” Tampak Depan (Bahagia, 2006:29).....................      13
Gambar    2.3  Rangkaian Gerakan Lari Sprint (Bahagia, 2006:30) ................      14
Gambar    2.4  Rangkaian Gerakan Finish (Bahagia, 2006:31) ........................      15
Gambar    2.5 Bagan Kerangka Pikir...............................................................      23
Gambar    3.1 Alur PTK (Arikunto, 2010: 16).................................................      25
Gambar    4.1  Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................................................................      51
Gambar    4.2  Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Afektif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................................................................      52
Gambar    4.3  Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Psikomotorik pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..............................................................................      53
Gambar    4.4  Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................      54












DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     a.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
                          b.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    4     Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    5     Hasil Analisis Data
Lampiran    6     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    7     Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
Lampiran    9     Dokumen Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas



Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih