LOGGO
LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL
BELAJAR SISWA TENTANG PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN SECARA VEGATATIF ALAMI MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
DI KELAS VI
SDN .................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Disusun dan Diajukan sebagai
Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan
dari ...... ke ........
Oleh
................................
NIP. ................................
SD NEGERI ....................
Jalan …………….. . Desa ………….. Kecamatan ………………..
Kabupaten Bener Meriah Kode
Pos ...............
2018
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1.
a. Judul
Penelitian : Upaya
Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa tentang Perkembangbiakan
Tumbuhan Secara Vegatatif Alami melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas
VI SDN .................... Semester 1 Tahun
Pelajaran 2018/2019
b. Jenis
Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
2.
Identitas Peneliti
a. Nama
Lengkap dan Gelar : ................................
b. NIP
: ................................
c. Pangkat
/ Golongan : ................................
d. Jabatan
: Guru Kelas
e. Instansi
: SDN ....................
f. Tempat
Penelitian : SDN ....................
3.
Lama Penelitian : 3
bulan (Bulan September 2018 sampai dengan Bulan November 2018)
4. Sumber Biaya :
Swadaya
Mengetahui/Mengesahkan ...................., 5 November
2018
Pengawas Sekolah Kepala
Sekolah
…………………….. ................................
NIP. ……………………. NIP. ................................
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya pemahaman
dan hasil belajar siswa yang belum efektif. Rendahnya hasil belajar siswa
dipengaruhi kurangnya pemahaman terhadap materi pembelajaran yang disebabkan
penyampaian materi berpusat pada guru sehingga pembelajaran menjadi membosankan
dan siswa menjadi pasif dalam mengikuti pembelajaran. Metode penelitian
ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model kemmis dan Taggart.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya adalah siswa
kelas VI SDN .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 19 orang siswa, .. orang perempuan
dan … orang laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
observasi, tes dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan teknik
triangulasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
metode Discovery Learning pada
pembelajaran IPA terbukti mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
Hal tersebut terindikasi dari peningkatan pemahaman siswa menunjukkan perolehan
pada studi awal hanya 6 siswa atau 31,58%, naik menjadi 12 siswa atau 63,16%
pada siklus pertama, dan serta 100% atau
19 siswa pada siklus kedua, serta meningkatkan
hasil dan ketuntasan belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya 55,26 naik menjadi 63,68 pada siklus pertama,
dan 75,26 pada siklus kedua, dengan
tingkat ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa (21,05%) pada studi awal, 47,37% atau 9 siswa pada siklus pertama, 17
siswa atau 89,47% dinyatakan tuntas belajarnya dan 2 siswa (10,53%) belum tuntas belajarnya namun semua kriteria
keberhasilan telah tercapai sehingga proses perbaikan dinyatakan selesai pada
siklus kedua dan kepada siswa yang belum tuntas akan diberikan program remidial. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa
penggunaan model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan
pemahaman dan hasil belajar siswa kelas VI SDN .................... Semester 1
Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci : discovery learning, pemahaman, hasil belajar
KATA PENGANTAR
Penulis
bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,
Allah SWT, karena berkat rahmat dan karuniaNyalah seluruh proses penelitian
sampai penulisan laporan penelitian tindakan
kelas berjudul “Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Hasil
Belajar Siswa tentang Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Vegatatif Alami melalui
Model Pembelajaran Discovery
Learning di Kelas VI SDN .................... Semester 1 Tahun
Pelajaran 2018/2019” dapat
terselesaikan. Laporan penelitian tindakan kelas ini dibuat
untuk memenuhi persyaratan kenaikan pangkat dan golongan dari .…….. ke ………. Peneliti mengakui, dengan
terselesaikannya penulisan laporan penelitian
tindakan kelas ini, tentunya tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai
pihak.
Penelitipun menyadari, bahwa
penulisan laporan penelitian tindakan kelas ini masih
banyak kekurangannya. Untuk itu, segala kritik dan saran yang sifatnya
membangun, akan peneliti terima dengan senang hati. Akhirnya peneliti berharap
semoga penulisan laporan penelitian
tindakan kelas
ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.
...................., Maret 2018
Peneliti
DAFTAR ISI
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah ........................................................ 1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 3
C. Pembatasan Masalah ............................................................. 4
D. Rumusan Masalah ................................................................. 4
E. Tujuan Penelitian.................................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 25
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 26
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Setting Penelitian................................................................... 27
B.
Metode dan Rancangan
Penelitian ........................................ 27
C.
Subjek Penelitian.................................................................... 30
D.
Teknik Pengumpulan Data .................................................... 30
E.
Validasi Data.......................................................................... 31
F.
Analisis Data.......................................................................... 32
G.
Prosedur Penelitian ................................................................ 33
H.
Indikator Keberhasilan .......................................................... 38
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data ....................................................................... 39
B. Hasil Penelitian ...................................................................... 53
B. Pembahasan............................................................................ 58
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ................................................................................ 61
B. Saran....................................................................................... 62
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Kisaran
Skor Lembar Observasi Pemahaman Siswa................. 32
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada
Kondisi Awal 40
Tabel 4.2 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Pemahaman Belajar Siswa pada
Kondisi Awal .................................................................................................. 41
Tabel 4.3 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran IPA pada Siklus I 45
Tabel 4.4 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Pemahaman Siswa pada Siklus I 46
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus
II.. 51
Tabel 4.6 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Pemahaman Siswa pada Siklus II 52
Tabel 4.7 Nilai
Hasil Tes Formatif Temuan Awal, Siklus I
dan Siklus II........ 54
Tabel 4.8 Rekapitulasi
Hasil Observasi Pemahaman Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus
II............................................................................................... 57
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka
Berfikir Penelitian Tindakan Kelas........................... 26
Gambar 3.1 Daur PTK
(dimodifikasi dari Arikunto, 2006 : 46).................. 28 25
Gambar 4.1 Grafik
Peningkatan Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Tes Formatif pada
Konsidi Awal, Siklus I dan II................................................................ 54
Gambar 4.2 Grafik
Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa
Pada Siklus I dan II 55
Gambar 4.3 Grafik
Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II .................................................................................................. 57
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal
Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran 4 : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran 5 : Instrumen
Pengumpulan Data
a.
Lembar Kerja Siswa Siklus I
b.
Lembar Tes Formatif Siklus I
c.
Lembar Kerja Siswa Siklus II
d. Lembar
Tes Formatif Siklus II
Lampiran 6 : Analisis Data Hasil Penelitian
a.
Daftar Nilai Pra Siklus
b.
Daftar Nilai Siklus I
c.
Daftar Nilai Siklus II
d.
Lembar Penilaian Observasi Siswa Pra Siklus
e.
Lembar Penilaian Observasi Siswa Siklus I
f.
Lembar Penilaian Observasi Siswa Siklus II
Lampiran 7 : Daftar Hadir Siswa
Lampiran 8 : Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 : Dokumentasi
Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Dokumen Pelaksanaan
Seminar PTK
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih