Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Thursday, 30 January 2020

PTK KIMIA KELAS XII KURIKULUM 2013











LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN  MELALUI  PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) SISWA KELAS XII IPA 1  SMAN 1 ....................  
SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan …… ke …….
Unsur Pengembangan Profesi Guru






Oleh

..........................
NIP. ..........................







SMA NEGERI 1 ....................
Jln. ……………………………………………………………………
Kabupaten ....................
2018
HALAMAN PENGESAHAN



1.   a.  Judul Penelitian         :    Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan melalui  Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas
       c.  Mata Pelajaran            :    Kimia

2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           ..........................
            b.                                 NIP      :           ..........................
            c.                                 Pangkat / Golongan     :           ..........................
            d.                                Jabatan             :           Guru Mata Pelajaran
            e.                                 Sekolah            :           SMAN 1 ....................
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    Kelas XII IPA 1 SMAN 1 ....................
5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan (Bulan Agustus 2018 s.d Oktober 2018)


                        Mengetahui                                  ...................., 19 Maret 2018
                     Kepala Sekolah                                                Peneliti




               ………………………                                   ..........................
               NIP………………….                               NIP. ..........................


Mengesahkan
Pengawas Sekolah




………………………..
NIP. …………………




ABSTRAK


Penelitian tindakan kelas betujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Kimia materi Sifat Koligatif Larutan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 .................... berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode. Metode analisis  data  dalam  penelitian  ini  menggunakan  analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada studi awal hanya 8 siswa atau 34,78%,  siklus I ada 15 siswa atau 65,52%, dan pada siklus II ada 21 siswa atau 91,30%.. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan prestasi belajar siswa dari rata-rata pada studi awal hanya  6253,04 menjadi 64,35 dan 75,65  pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa atau 30,43%,  siklus I ada 12 siswa atau 52,17%, dan pada siklus II ada 20 siswa atau 86,96%, walaupun masih ada 3 siswa (13,04%) yang belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran selesai dan berhasil pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan  metode CTL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa XII IPA 1 SMAN 1 ....................  Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci:  keaktifan, hasil belajar, CTL




















KATA PENGANTAR




Puji syukur Allhamdulillah, peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan Karya Tulis ini. Penyusunan Karya Tulis ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan …... Dalam penyusunan ini, peneliti mengambil judul : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Materi Sifat Koligatif Larutan melalui  Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas XII IPA 1 SMAN 1 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang membantu. Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.
Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu Karya Tulis ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.


....................,      Maret 2018

Peneliti





DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... XII IPA 1

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3
C.  Rumusan Masalah .......................................................................     3
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     4

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................     6
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   18
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   19

BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian.........................................................................   20
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   20
C.  Subjek dan Objek Penelitian........................................................   23
D.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................   23
E.   Validasi Data...............................................................................   24
F.   Analisis Data................................................................................   25
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   26
H.  Indikator Keberhasilan ................................................................   30

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   31
B.  Hasil Penelitian............................................................................   47
C.  Pembahasan.................................................................................   50

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  
A.  Simpulan .....................................................................................   53
B.  Saran ...........................................................................................   54

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   2.1     Sintak Model Pembelajaran Kontekstual....................................      17
Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Keaktifan  Belajar Siswa................................      26
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................      32
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal                     32                                                                                                     
Tabel   4.3     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Pertama ........................      36
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Pertama                   37
Tabel   4.5     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif  Siklus Kedua ..........................      44
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Kedua                      46
Tabel   4.6     Peningkatan Keaktifan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                        48
Tabel   4.7     Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                                                                                                           49











DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar    2.1 Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.........................      18
Gambar    3.1  Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto, 2006:17)                    21
Gambar    4.1 Peningkatan Keaktifan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II                     48
Gambar    4.2 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan  Belajar Siswa pada  Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II  .................................................................................................. 50







DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Jurnal Kegiatan Penelitian
3.        a.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
4.        a.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Keaktifan  Siswa
5.        Analisis Data Hasil Penelitian
6.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
7.        Daftar Hadir Siswa
8.        a.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
9.        Berkas Pelaksanaan Kegiatan Seminar Penelitian Tindakan Kelas




Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih