LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN
KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI SIFAT
KOLIGATIF LARUTAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL
TEACHING AND LEARNING) SISWA
KELAS XII IPA 1 SMAN 1 ....................
SEMESTER 1 TAHUN
PELAJARAN 2018/2019
Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan
Pangkat dari Golongan …… ke …….
Unsur Pengembangan
Profesi Guru
Oleh
..........................
NIP. ..........................
SMA NEGERI 1 ....................
Jln. ……………………………………………………………………
Kabupaten ....................
2018
HALAMAN PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Materi
Sifat Koligatif Larutan melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL
(Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas
XII IPA 1 SMAN 1 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019
b. Kategori
Penelitian : Penelitian Tindakan Kelas
c. Mata Pelajaran : Kimia
2. Identitas Peneliti
a.
Nama
Lengkap : ..........................
b.
NIP : ..........................
c.
Pangkat /
Golongan : ..........................
d.
Jabatan : Guru Mata
Pelajaran
e.
Sekolah : SMAN
1 ....................
3. Jumlah peneliti : 1 orang
4. Lokasi :
Kelas XII IPA
1 SMAN 1 ....................
5. Jangka waktu : 3 (tiga)
bulan (Bulan Agustus 2018 s.d Oktober 2018)
Mengetahui ....................,
19 Maret 2018
Kepala Sekolah Peneliti
……………………… ..........................
NIP…………………. NIP. ..........................
Mengesahkan
Pengawas
Sekolah
………………………..
NIP. …………………
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas betujuan untuk
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Kimia materi
Sifat Koligatif Larutan
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) meliputi empat komponen yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 .................... berjumlah 23
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan
dokumentasi. Validasi data mengunakan teknik triangulasi
sumber, triangulasi metode. Metode analisis data
dalam penelitian ini
menggunakan analisis data
kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan keaktifan siswa menunjukkan perolehan pada
studi awal hanya 8 siswa atau 34,78%,
siklus I ada 15 siswa atau 65,52%, dan pada siklus II ada 21 siswa atau
91,30%.. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan prestasi belajar siswa dari
rata-rata pada studi awal hanya 6253,04
menjadi 64,35 dan 75,65 pada siklus
kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa atau 30,43%, siklus I ada 12 siswa atau 52,17%, dan pada
siklus II ada 20 siswa atau 86,96%, walaupun masih ada 3 siswa (13,04%) yang
belum tuntas namun karena semua kriteria keberhasilan proses pembelajaran telah
tercapai pada siklus kedua maka dinyatakan bahwa proses perbaikan pembelajaran
selesai dan berhasil pada siklus kedua. Berdasarkan penjelasan di atas
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL dapat meningkatkan keaktifan
dan hasil belajar siswa XII IPA 1 SMAN 1 ....................
Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, CTL
KATA PENGANTAR
Puji syukur Allhamdulillah, peneliti
panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya,
sehingga peneliti dapat menyelesaikan penyusunan Karya Tulis ini. Penyusunan
Karya Tulis ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan
Pangkat ke Golongan …... Dalam penyusunan ini, peneliti mengambil judul : “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kimia Materi
Sifat Koligatif Larutan melalui Penerapan Model Pembelajaran CTL
(Contextual Teaching and Learning) Siswa Kelas
XII IPA 1 SMAN 1 .................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019”
Dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas ini, peneliti banyak
mendapatkan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, pada
kesempatan ini dengan segala ketulusan hati peneliti menyampaikan rasa
terimakasih kepada semua pihak yang membantu. Peneliti berharap semoga Allah
Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.
Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia
memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan
mutu Karya Tulis ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan
pembaca umumnya. Amin Yarobal Alamin.
...................., Maret 2018
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... XII IPA 1
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 3
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 3
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 4
E.
Manfaat Penelitian ...................................................................... 4
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 6
B. Kerangka Pikir
Penelitian............................................................ 18
C. Hipotesis
Tindakan...................................................................... 19
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 20
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 20
C. Subjek dan Objek Penelitian........................................................ 23
D. Teknik Pengumpulan Data .......................................................... 23
E.
Validasi Data............................................................................... 24
F.
Analisis Data................................................................................ 25
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 26
H. Indikator Keberhasilan ................................................................ 30
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 31
B. Hasil Penelitian............................................................................ 47
C. Pembahasan................................................................................. 50
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 53
B. Saran ........................................................................................... 54
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 2.1 Sintak Model Pembelajaran Kontekstual.................................... 17
Tabel 3.1 Kriteria
Penilaian Keaktifan Belajar Siswa................................ 26
Tabel 4.1 Rekapitulasi
Hasil Tes Formatif Kondisi Awal........................... 32
Tabel 4.2 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal 32
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif
Siklus Pertama ........................ 36
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada
Siklus Pertama 37
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Tes Formatif
Siklus Kedua .......................... 44
Tabel 4.6 Rekapitulasi
Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus Kedua 46
Tabel 4.6 Peningkatan Keaktifan
Belajar Siswa pada Pra Siklus,
Siklus I dan Siklus II 48
Tabel 4.7 Peningkatan
Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa
pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 49
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Kerangka
Berpikir Penelitian Tindakan Kelas......................... 18
Gambar 3.1 Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah (Arikunto,
2006:17) 21
Gambar 4.1 Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II 48
Gambar 4.2 Peningkatan Nilai, dan Ketuntasan Belajar Siswa pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II .................................................................................................. 50
DAFTAR
LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Jurnal Kegiatan
Penelitian
3.
a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
b.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
4.
a. Lembar Kerja Siswa
dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b. Lembar Kerja Siswa
dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Keaktifan Siswa
5.
Analisis Data Hasil Penelitian
6.
Contoh Hasil Pekerjaan
Siswa
7.
Daftar Hadir Siswa
8.
a. Foto Dokumentasi
Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b. Foto Dokumentasi
Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c. Foto Dokumentasi
Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
9.
Berkas Pelaksanaan
Kegiatan Seminar Penelitian Tindakan Kelas
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih