LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
UPAYA
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS
SEMESTER 1 MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA
MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM
SOLVING
PADA SISWA
KELAS VI SDN SUNGAI MALANG 4
KECAMATAN
AMUNTAI TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
NIP.
……………..
UPT
………………………………….
UPT
DINAS……………………………..
KECAMATAN ............
............
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat
Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya
sehingga Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan
baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar
Siswa Dalam Pembelajaran IPS
Semester 1 Materi Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga
Melalui Penerapan Metode Problem
Solving Pada Siswa
Kelas VI SDN Sungai Malang 4 Kecamatan Amuntai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014
. Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat
Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.
Segenap warga SDN ……………. khususnya guru-guru Kelas
……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil
Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Semester 1 Materi
Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga Melalui
Penerapan Metode Problem
Solving Pada Siswa
Kelas VI SDN Sungai Malang 4 Kecamatan Amuntai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi
setempat
UPAYA
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS
SEMESTER 1 MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA
MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM
SOLVING
PADA SISWA
KELAS VI SDN SUNGAI MALANG 4
KECAMATAN
AMUNTAI TENGAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Oleh
…………………………………………
NIP. ………………..
ABSTRAK
Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh adanya beberapa permasalahan yang dialami oleh siswa
yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa sebagai akibat dari
ketidaktertarikan siswa dalam belajar IPS. Luasnya materi Pembelajaran IPS
mengakibatkan siswa mengalami kejenuhan sedangkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru
hanya menggunakan metode ceramah saja. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki
permasalahan di atas adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving. Metode problem solving sendiri adalah suatu
metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan sejalan melatih anak-anak (siswa)
untuk menghadapi masalah-masalah dari yang paling sederhana sampai kepada
masalah yang paling rumit. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian
adalah siswa kelas VI Sungai Malang 4 sebanyak 18 orang siswa. Adapun tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode problem solving serta untuk mengetahui
kelebihan dan kekurangan dari metode problem
solving dalam pembelajaran. Tahapan dalam setiap
siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian
ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun hasil penelitian ini pada
peningkatan 7 siswa atau 38,89%
pada studi awal menjadi 12 siswa atau 66,67%
pada siklus pertama dan 18 siswa
atau 100% pada siklus terakhir, hasil belajar dari 57,78 meningkat menjadi 65,00 pada siklus I dan pada akhir siklus
II meningkat menjadi 72,22 dan pada akhir siklus kedua, dengan tingkat
ketuntasan belajar dari 4 siswa (22,22%), meningkat menjadi 9 siswa
atau 50% dan pada siklus II menjadi 16 siswa atau 88,89%. Dari penjelasan di
atas dapat disimpulkan bahwa metode problem
solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : pembelajaran, motivasi,
hasil belajar, problem solving
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..........................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................
KATA PENGANTAR........................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
ABSTRAK..........................................................................................................
DAFTAR TABEL...............................................................................................
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................
B. Identifikasi Masalah..................................................................
C. Rumusan Masalah .....................................................................
D. Tujuan Penelitian ......................................................................
E. Manfaat
Penelitian ...................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian
Teori.................................................................................
B. Kerangka
Pikir.............................................................................
C. Hipotesis
Tindakan......................................................................
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Setting Penelitian ........................................................................
B. Subjek Penelitian .........................................................................
C. Sumber Data................................................................................
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................
E. Validitas Data..............................................................................
F. Teknik Analisa Data ....................................................................
G. Indikator Keberhasilan.................................................................
H. Prosedur Penelitian .....................................................................
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian............................................................................
1. Kondisi
Awal.........................................................................
2. Siklus
I...................................................................................
3. Siklus
II.................................................................................
B. Pembahasan
Hasil Penelitian.......................................................
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
.................................................................................
B. Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 4.1 Hasil Ulangan Formatif Kondisi Awal..................................
Tabel 4.2 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif
Pembelajaran IPS Materi Mendeskripsikan Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial
Negara-Negara Tetangga pada Siklus I
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan
Motivasi Siswa Pembelajaran IPS Materi Mendeskripsikan Kenampakan Alam dan
Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga pada Siklus I...................................................................................
Tabel 4.4 Rekapitulasi Nilai Ulangan Formatif
Pembelajaran IPS Materi Mendeskripsikan Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial
Negara-Negara Tetangga pada Siklus II
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan
Motivasi Siswa Pembelajaran IPS Materi Mendeskripsikan Kenampakan Alam dan
Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga pada Siklus II..................................................................................
Tabel 4.6
Nilai Hasil Ulangan Formatif Temuan
Awal, Siklus I dan Siklus II
Tabel 4.7
Rekapitulasi Peningkatan Nilai Ulangan
Formatif pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II
Tabel 4.8
Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi
Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1. Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas......................
Gambar 4.1 Grafik Peningkatan dan
Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II
Gambar 4.2 Grafik Peningkatan
Nilai Rata-rata Belajar Siswa Pada
Siklus I dan II
Gambar 4.3 Grafik Ketuntasan Siswa
Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II ...............................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Surat Kesediaan Menjadi Observer
3.
Jurnal Kegiatan Penelitian
4.
Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.
Rencana Perbaikan Pembelajaran
Siklus II
6.
Berkas Instrumen
Pengumpulan Data
7.
Lembar Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Kegiatan
Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
8.
Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
9.
Daftar Hadir Peneliti Dan Observer
10. Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
11. Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
DAFTAR LAMPIRAN TOLONG DISESUIKAN
CATT :
Ada file dicetak di pragram excel
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan
IPS di Sekolah
Dasar sebagai salah
satu mata pelajaran
yangbertujuan meningkatkan dan
menumbuhkan pengetahuan, kesadaran
dan sikap sebagai warga
negara yang bertanggungjawab, menuntut
pengelolaan pembelajaran
secara dinamis dengan
mendekatkan siswa kepada
realitas objektif
kehidupannya. IPS adalah
mata pelajaran yang
mengkaji seperangkat peristiwa fakta, konsep, generalisasi yang
berkaitan dengan isu sosial serta berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan,
nilai, sikap, dan keterampilan siswa
tentang masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.
Salah satu masalah
yang dihadapi dunia
pendidikan kita adalah
masalah lemahnya proses pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran,
siswa kurang didorong untuk
mengembangkan kemampuan berfikir.
Proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan
siswa untuk menghafal informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang
diingatnya itu untuk menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Guru
merupakan komponen yang
sangat penting, sebab
keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan sangat tergantung pada guru
sebagai ujung tombak. Oleh karena itu
upaya peningkatan kualitas
pendidikan seharusnya dimulai
dari pembenahan kemampuan guru. Salah satu kemampuan yang harus dimiliki
adalah bagaimana merancang suatu strategi pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan atau kompetensi yang akan
dicapai, karena kita
yakin tidak semua
tujuan bisa dicapai oleh hanya satu strategi saja.
Seperti
halnya kegiatan pembelajaran di tempat peneliti bertugas yaitu di SD Negeri Sungai
Malang 4 Kecamatan Amutai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara untuk mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
materi mendeskripsikan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga pada kelas VI, peneliti menemukan hasil yang cukup rendah. Dari 18 siswa di kelas VI hanya 4 siswa (22,22%) saja yang mencapai tingkat penguasaan materi 85%
ke atas atau yang mendapatkan nilai minimal sama dengan KKM sebesar 70,
sedangkan 14 orang siswa (77,78%)
dinyatakan belum tuntas karena memperoleh nilai di bawah KKM, dengan perolehan
rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 57,78.
Untuk itu guru
perlu menggunakan beragam
metode yang menyediakan beragam pengalaman
belajar melalui contoh
dan bukti yang
kontekstual. Untuk
menciptakan kegembiraan dalam
proses pembelajaran, mengurangi
keabstrakan dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis maka
harus diterapkan metode mengajar yang
baik. Siswa akan
lebih mudah memahami
suatu konsep jika dalam
belajar siswa dapat
menggunakan sebanyak mungkin
indera dan berinteraksi dengan
isi pembelajaran. Apalagi pembelajaran IPS merupakan mata pelajaran yang
sarat materi sehingga
siswa dituntut memiliki
pemahaman yang holistik terhadap
materi yang disampaikan guru.
Metode
Pembelajaran Problem Solving merupakan
salah satu pendekatan pembelajaran motivasional yang
diyakini mampu meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis terhadap
berbagai persoalan karena Pada dasarnya
hidup ini adalah memecahkan
masalah. Hal ini
memerlukan kemampuan berpikir
kritis dan kreatif. Dengan
kata lain kemampuan memecahkan masalah merupakan tujuan
utama pendidikan. Menindaklanjuti pembelajaran
yang belum maksimal/belum dapat meningkatkan hasil
belajar membuat peneliti
membuat rencana tindakan
kelas yang akan ditujukan untuk memperbaiki pembelajaran. Penelitian Tindakan
Kelas yang peneliti uji
ini menggunakan penerapan
metode Problem Solving dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa.
Melalui
pengamatan selama pembelajaran
diketahui faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa yaitu
kurang tepatnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh
guru karena pada
pembelajaran sebelumnya siswa
bersikap pasif dan menunjukkan
ketidaktertarikannya. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat
dikembangkan adalah pembelajaran
IPS dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).
Berdasarkan
latar belakang masalah
tersebut, penulis tertarik
mengadakan penelitian terhadap penerapan metode Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Maka Penelitian
ini berjudul “Penerapan
Metode Problem Solving untuk meningkatkan
hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS
materi mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga di kelas VI Sekolah Dasar Sungai Malang 4 Kecamatan Amutai
Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara Tahun Pelajaran 2013/2014”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
hal tersebut, peneliti meminta bantuan supervisor, kepala sekolah, dan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi kekurangan
dari pembelajaran yang dilaksanakan. Dari hasil diskusi terungkap beberapa
masalah yang terjadi dalam pembelajaran yaitu :
- Rendahnya minat belajar siswa
- Rendahnya keaktifan siswa terhadap materi pembelajaran IPS yang berdampak hasil belajar rendah.
- Kurangnya perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung sehingga tidak terjadi dialog yang efektif, aktif dan kreatif pada saat proses pembelajaran berlangsung.
- Rendahnya minat belajar siswa.
- Rendahnya hasil belajar siswa.
Analisis masalah ditempuh dengan cara melakukan
refleksi dari kinerja yang telah dilakukan, mengkaji literatur serta diskusi
dengan kepala sekolah dan teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis masalah dapat diketahui bahwa kemungkinan
yang menjadi faktor penyebab
rendahnya hasil belajar, minat, dan kemampuan siswa dalam mengerjakan tugas,
terjadi karena hal-hal sebagai berikut:
1.
Metode
pembelajaran yang diambil tidak tepat dan penjelasan materi terlalu cepat,
sehingga berakibat pada berkurangnya minat belajar siswa terhadap materi
pembelajaran.
2.
Guru
tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan penemuan
informasi
3.
Guru
tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif.
4.
Guru
tidak mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dapat membuat siswa jauh lebih
aktif.
Melihat
kondisi tersebut di atas, maka peneliti berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul agar proses pembelajaran
dapat berjalan dengan baik sehingga prestasi belajar siswa dapat tercapai
menggunakan penerapan metode problem
solving.
Adapun prioritas masalah dalam pelaksanaan perbaikan
proses pembelajaran adalah :
1. Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPS materi mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan
sosial negara-negara tetangga menggunakan
penerapan metode problem
solving
2. Meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS materi mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan
sosial negara-negara tetangga menggunakan
penerapan metode problem
solving.
Sebagai
upaya tindak lanjut, peneliti merasa perlu untuk melakukan upaya perbaikan
pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi mendeskripsikan kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dengan menerapkan metode problem
solving pada siswa kelas kelas VI SD Negeri Sungai
Malang 4.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah
yang telah dipaparkan,
permasalahan yang akan diteliti
adalah bagaimana penerapan metode problem
solving terhadap motivasi dan hasil belajar
siswa. Peneliti akan
berusaha menjawab rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apakah penerapan
metode Problem Solving dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Sungai
Malang 4?
2.
Apakah penerapan
metode Problem Solving dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sungai
Malang 4?
D. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pelaksanaan perbaikan
pembelajaran yang dilaksanakan melalui
pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :
a.
Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas
VI SD Negeri Sungai Malang 4 setelah
menerapkan metode problem solving.
b. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Sungai Malang 4 setelah menerapkan
metode problem solving.
E. Manfaat
Penelitian
Dalam
penelitian ini diharapkan
mendatangkan manfaat bagi
semua pihak, adapun manfaat dari
penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Manfaat bagi siswa
a. Menumbuhkan kemampuan
memecahkan masalah, kemampuan
bekerja sama, dan kemampuan berkomunikasi serta mengembangkan
keterampilan berfikir siswa.
b. Meningkatkan motivasi
dalam belajar IPS
sehingga dapat menumbuhkan minat belajar
yang pada gilirannya
akan membawa pengaruh
yang positif yaitu terjadinya
peningkatan hasil belajar
yang baik serta
penguasaan konsep dan keterampilan
yang lainnya. Potensi
siswa dapat lebih ditumbuhkembangkan agar menjadi baik.
c. Sebagai tambahan
ilmu mengenai metode
dalam pendidikan, sehingga mereka mengetahui
bahwa dalam pendidikan
mereka bukan hanya dijadikan sebagai
obyek, melainkan perlu
juga dijadikan sebagai
subyek dan mereka mampu mengungkapkan pendapat dan tentu saja
memperbaiki hasil belajar siswa.
2. Manfaat bagi guru
a. Mendapat pengalaman
langsung melakukan penelitian
tindakan kelas (PTK) untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
dan mengembangkan profesi guru.
b. Sebagai alat
tolak ukur bagi
metode yang telah
disampaikan oleh guru dalam
kegiatan belajar mengajar
dikelas, sehingga guru
dapat menggunakan metode yang
lebih baik dalam
kegiatan belajar mengajar. guna mencapai berbagai tujuan yang
diinginkan.
c. Mengetahui strategi
pembelajaran yang bervariasi
yang dapat memperbaiki dan
meningkatkan sistem pembelajaran
di kelas, sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa
dan untuk mengatasi
rasa kebosanan siswa dalam belajar IPS.
3. Bagi Sekolah
Sebagai
penambah sumber keilmuan
yang baru bagi
sekolah, sehingga sekolah tersebut
lebih sering menggunakan metode problem
solving sebagai upaya memperbaiki metode pembelajaran.
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.