UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM PADA KOMPETENSI DASAR
MENYEBUTKAN NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUIMETODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV
SDN ........................... KECAMATAN ......................
TAHUN PELAJARAN ...../.....
Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat dari
Golongan …….. ke Golongan ……….
……………………………..
Disusun Oleh
……………………….
NIP …………………..
UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN
OLAHRAGA
KECAMATAN ......................
SEKOLAH DASAR NEGERI ...........................
20….
LEMBAR PENGESAHAN
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kompetensi Dasar Menyebutkan nama-nama
malaikat Melalui Metode Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN ............... Kecamatan ................ Tahun
Pelajaran ...../.....
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Islam
c.
Kategori Penelitian : Teknik
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : …………………
b.
NIP : ………………..
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SD Negeri .....................
f.
Tempat Penelitian : SD Negeri ...................
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ………)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Kepala Sekolah Pengelola
Perpustakaan
....................................
....................................
NIP. .......................... NIP.
..........................
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Ketua
PGRI
Kecamatan ................ Kecamatan ................
....................................
....................................
NIP. .......................... NIP.
..........................
KATA PENGANTAR
Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah,
Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga
Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kompetensi Dasar Menyebutkan nama-nama
malaikat Melalui Metode Card Sort Pada Siswa Kelas IV SDN........................ Kecamatan ................ Tahun
Pelajaran ...../.....Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat
Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.
……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.
Segenap warga SDN ……………. khususnya guru-guru Kelas
……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
...................... ……….
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................. ..... iv
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ...... v
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... vi
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii
ABSTRAK ...................................................................................................... ... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .....................................................................
B. Identifikasi Masalah ............................................................................
C. Rumusan Masalah.................................................................................
D. Tujuan Penelitian..................................................................................
E. Manfaat
Penelitian...............................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian Teori .........................................................................................
B. Kerangka Berpikir.......................................................................
C. Hipotesis Tindakan ..............................................................................
BAB III PELAKSANAAN
PERBAIKAN
A. Setting
Penelitian..................................................................................
B. Teknik
dan Instrumen Pengumpulan Data...........................................
C. Rancangan
Penelitian............................................................................
D. Analisa
Data.........................................................................................
E. Kriteria
Keberhasilan............................................................................
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Hasil Penelitian.....................................................................
B. Pembahasan Hasil Penelitian...............................................................
BAB V KESIMPULAN
DAN SARAN
A. Kesimpulan
................................................................................ ........
B. Saran............................................................................................ ........
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
3.1 Tabel Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas..............................................
4.1 Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada
Kondisi Awal .............................
4.2 Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Kondisi
Awal...................................
4.3 Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada
Siklus Pertama ............................
4.4 Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Siklus I..............................................
4.5 Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada
Siklus Kedua ..............................
4.6 Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Siklus
II............................................
4.7 Rekapitulasi Peningkatan Prestasi Belajar
Siswa Pada Setiap Siklus......
4.8 Pelaksanaan Kegiatan Penelitian ............................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
4.1.
Peningkatan
Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
1.
Surat Ijin
Penelitian Dan Surat
Pernyataan Teman Sejawat (Observer)
2.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
3.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
4.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
5.
Contoh Hasil
Penilaian Pelaksanaan Kegiatan
Penelitian
6.
Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
7.
Analisis Data Hasil Penelitian
8.
Dokumentasi Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM PADA KOMPETENSI DASAR
MENYEBUTKAN NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV
SDN ............................ KECAMATAN..........................
TAHUN PELAJARAN ...../.....
Oleh:
……………………………………..
NIP. ………………….
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi
belajar siswa yang masih
perlu ditingkatkan. Tujuan
dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah
penerapan model pembelajaran Card Sort
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa siswa pada
pembelajaran PAI di SDN .................. Kecamatan .............. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan
kelas (Classroom Action Research) yang mencakup
perencanaan, pelaksanaan, observasi
dan refleksi. Penelitian
ini berlangsung selama 2
siklus. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IV
SSDN .................. Kecamatan .............. tahun pelajaran …/…. yang berjumlah 24
siswa. Teknik pengambilan data
melalui lembar test dan dokumentasi. Keabsahan data
yang digunakan dalam
penelitian ini adalah
teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan
analisis data kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa setelah dilakukan
penerapan model pembelajaran
Card Sort menunjukkan bahwa
rata-rata nilai
siswa mengalami peningkatan.
Hal ini ditunjukkan
dengan adanya peningkatan. Penelitian dengan metode
card sort
dapat diketahui dari
hasil tes pada
siklus I dan
siklus II selalu terjadi
peningkatan. Nilai rata-rata
pada kondisi awal sebesar 57,92, meningkat pada siklus
I menjadi 65,00 dan merupakan nilai pada kategori cukup,
sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 73,75
merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal
yaitu 70,00. Hasil yang dicapai pada
siklus II merupakan
bukti bahwa pembelajaran
card sort
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN .................. Kecamatan .............. Tahun Pelajaran ...../......
Kata kunci: Model Card Sort, PAI, Prestasi Belajar
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Setting
Penelitian
1.
Jenis Penelitian
Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di
kelas IV semester genap, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di
tempat penulis mengajar, keadaan siswa di kelas IV semester genap dengan jumlah
siswa 24 anak, terdiri dari … anak siswa
laki-laki dan … anak siswa perempuan. Untuk
mengetahui sejauh mana
karakteristik yang dimiliki berbeda-beda peulis memandang dari
berbagi sudut antara lain:
a. Tempat
tinggal siswa di daerah pedesaan
b. Minat
belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI sangat rendah
c. Kurangnya
perhatian orang tua terhadap mata pelajaran PAI
Sehingga
guru harus memberi
motivasi dengan cara
penggunaan metode-metode yang tepat dalam pembelajaran dan dapat
merangsang minat siswa dalam belajar.
2.
Subjek Penelitian
Subjek
penelitian adalah semua
siswa kelas IV SDN
Sungai ............... Kecamatan ............... Tahun Pelajaran
…./…. yang berjumlah 24 siswa, yang
terdiri dari … siswa putra dan … siswa putri.
3.
Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK)
dalam perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dikelas IV SDN Sungai ...............
Kecamatan ...............,
pada semester genap bulan ………..
sampai ……… selama 3 bulan.
Tabel 3.1 Tabel Kegiatan Penelitian
Tindakan Kelas
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan Bulan
|
|
||
1.
|
Persiapan
|
|
2.
|
Pelaksanaan Siklus I
|
|
|
a.
Perencanaan Tindakan
|
|
|
b. Pelaksanaan Tindakan
|
Tgl……., ……….,
……….
|
|
c. Analisis dan Refleksi
|
|
3.
|
Pelaksanaan Siklus II
|
|
No
|
Kegiatan
|
Pelaksanaan Bulan
|
|
||
|
a. Perencanaan Tindakan
|
|
|
b. Pelaksanaan Tindakan
|
|
|
c. Analisis dan Refleksi
|
|
(Sekedar contoh pengisian tolong
disesuaikan dengan kondisi setempat)
Keterangan
a. Studi lapangan dilaksanakan tanggal 10 Februari 2011
b. Penyusunan Rencana Pembelajaran minggu ke tiga, pelaksanaan
pembelajaran tanggal 24 Februari 2011, dengan analisa nilai
c. Penyusunan RPP siklus I tanggal 3 Maret 2011
d. Pelaksanaan perbaikan tanggal 10 Maret 2011 dilanjutkan dengan
analisa nilai
e. Penyusunan RPP siklus II tanggal 17 Maret 2011
f. Pelaksanaan perbaikan tanggal 24 Maret 2011 dilanjutkan dengan
analisa nilai
g. Analisa nilai siklus I dan siklus II
h. Penyusunan laporan
i.
Penyelesaian
Adapun dipilihnya kelas tersebut dijadikan sebagai
tempat/ objek penelitian karena penulis adalah guru di SDN
Sungai ............... Kecamatan ............... sehingga
memudahkan proses penelitian, kecuali itu juga sesuai dengan makna PTK itu
sendiri, PTK merupakan perbaikan pembelajaran dilingkungan sekolah sendiri guna
meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.
B.
Teknik
dan Instrumen Pengumpulan Data
1.
Teknik Pengumpulan Data
Adapun tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data
sebagai instrumen penelitian ini adalah teknik tes dan non tes.
a. Teknik
tes
Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan tes sebanyak tiga kali. Tes ini dilakukan pada awal kegiatan, akhir
Siklus I
dan Siklus II dengan tujuan untuk
mengukur kemampuan hasil belajar siswa.
b. Teknik
observasi
Teknik
observasi dilakukan peneliti
pada saat pembelajaran berlangsung pada Siklus I dan
Siklus II. Peneliti mengamati perilaku positif dan perilaku negatif yang muncul
pada siswa.
c. Teknik
dokumentasi
Teknik dokumentasi pada
penelitian ini bertujuan
memperoleh data non-tes yang
berupa gambar (foto)
yang diambil dengan
bantuan teman pada proses pembelajaran Siklus I dan Siklus II.
2.
Instrumen Pengumpulan Data
Instrumen
penelitian merupakan alat
bantu bagi peneliti
dalam mengumpulkan data penelitian.
Instrumen penelitian yang
digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa
:
a. Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
b. Soal
Tes Evaluasi
c. LKS,
Kartu Soal dan Kartu Jawaban
d. Pedoman
dan Kriteria Penilaian
e. Lembar
observasi
C.
Rancangan
Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian
tindakan kelas (PTK) yang merupakan bentuk
kajian yang reflektif,
dilakukan oleh pelaku tindakan (guru), dan dilakukan untuk
memperbaiki kondisi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas
dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setelah dilakukan
reflektif yang meliputi
analisis dan penilaian terhadap proses tindakan tadi, akan
muncul permasalahan atau pemikiran baru,
sehingga perlu dilakukan
perencanaan ulang atau
tindakan ulang, pengamatan ulang,
serta refleksi ulang.
Dalam
melaksanakan PTK harus
mengacu pada desain
penelitian yang telah dirancang
sesuai dengan prosedur
penelitian yang berlaku. Fungsinya sebagai
patokan untuk mengetahui
bentuk penerapan pembelajaran.
Secara garis besar, dalam PTK terdapat empat tahapan yang harus dilaluinya,
yaitu:
1.
Perencanaan (Planning). Dalam tahap ini peneliti menjelaskan tentang apa, mengapa,
kapan, di mana,
oleh siapa, dan
bagaimana tindakan tersebut
dilakukan.
2.
Pelaksanaan (Acting). Tahap
kedua dari penelitian
tindakan adalah pelaksanaan yang
merupakan implementasi atau
penerapan isi rancangan, yaitu
mengenakan tindakan kelas.
3.
Pengamatan (Observing). Pada tahap ketiga ini, yaitu kegiatan pengamatan yang
dilakukan oleh pengamat. Sebetulnya sedikit kurang tepat kalau pengamat ini
dipisahkan dengan pelaksanaan
tindakan karena seharusnya pengamatan
dilakukan pada waktu
tindakan sedang dilakukan. Jadi,
keduanya berlangsung dalam waktu yang sama.
4.
Refleksi
(Reflecting).
Tahap keempat
merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali
apa yang sudah
dilakukan (Arikunto, 2007:17).
Penelitian
ini tidak hanya
dilakukan satu tahapan/
satu langkah (siklus) kegiatan melainkan
beberapa kali kegiatan.
Karena penelitian tindakan kelas adalah
sebagai suatu bentuk
investigasi yang bersifat
reflektif, partisipatif,
kolaboratif, resiko dan internalisasi teori
dan praktik. (Arikunto, 2007: 6).
Daur
ulang dalam penelitian
diawali dengan perencanaan
tindakan (planning). Penerapan
tindakan (action) mengobservasi dan
mengevaluasi proses dan hasil
tindakan (observation and evaluation) dan
melakukan refleksi (reflecting) dan
sampai tercapai pada
peningkatan prestasi belajar yang
telah ditetapkan.
Secara
rinci, langkah-langkah siklus
penelitian tindakan kelas
dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.
Rancangan/ rencana
awal, sebelum mengadakan
penelitian peneliti menyusun rumusan
masalah, tujuan dan
membuat rencanatindakan, termasuk di
dalamnya instrument penelitiandan
perangkat pembelajaran
2.
Kegiatan
dan pengamatan meliputi
tindakan yang dilakukan
oleh peneliti dalam mengamati proses pembelajaran untuk memperoleh data
prestasi hasil belajar
serta mengamati proses
jalanya kegiatan pembelajaran.
3.
Refleksi, peneliti
mengkaji, melihat dan
menemukan inovasi
pembelajaran dari apa
yang telah dilakukan
setelah mengetahui kekurangan
yang ada padasaat proses pembelajaran untuk dilakukan perbaikan pada proses
pembelajaran berikutnya.
4.
Rancangan/rencana yang
direvisi, berdasarkan hasil
refleksi dari pengamatan yang
telah dilakukan maka dicari solusi yang tepat untuk dilaksanakan pada siklus
berikutnya.
D.
Analisa
Data
Teknik
analisis kuantitatif dipakai
untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari tes
akhir pada Siklus I dan Siklus II. Nilai dari
masing-masing siklus dihitung
jumlahnya dalam satu
kelas, selanjutnya jumlah tersebut
dihitung dalam presentase
dengan rumus sebagai berikut :
1. Penilaian Hasil Tes Siswa
Tes adalah cara yang dapat dipergunakan atau prosedur yang perlu
ditempuh dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan, yang
berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik berupa
pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, atau perintah-perintah yang harus
dikerjakan oleh testee, sehingga atas dasar data yang diperoleh dari hasil pengukuran
tersebut dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkah laku atau prestasi
testee; nilai mana dapat dibandingkan dengan nilai-nilai yang dicapai oleh
testee lainnya atau dibandingkan dengan nilai standar tertentu.
Untuk mengetahui nilai
rata-rata siswa dalam
setiap siklus, maka peneliti menghitung dengan menjumlahkan
hasil tes yang diperoleh semua siswa dan membaginya dengan jumlah seluruh siswa
kelas empat. Nilai rata-rata ini dapat ditulis dengan rumus:
Keterangan
:
X : Nilai Rata-rata
∑X : Jumlah semua nilai siswa
∑N : Jumlah Siswa
Kriteria
Hasil Penilaian Tes Formatif
No
|
Rentang
|
Kriteria Nilai
|
1
|
85-100
|
Sangat Baik
|
2
|
70-84
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
4
|
50-59
|
Kurang
|
5
|
<50
|
Sangat Kurang
|
2. Penilaian
Ketuntasan Belajar Siswa
Ada dua kategori
ketuntasan belajar, yaitu
secara perorangan dan secara klasikal. Berdasarkan petunjuk
pelaksanaan belajar mengajar, dikatakan
berhasil yaitu siswa dapat menjawab minimal 85% dari soal yang diberikan atau
mendapat nilai 70. Untuk menghitung
persentase ketuntasan belajar,
maka rumus yang
digunakan adalah sebagai berikut:
Keterangan
:
P : Ketuntasan belajar
∑P : Jumlah siswa yang tuntas belajar
∑N : Jumlah siswa (Soegiono, 2007:42).
E.
Kriteria
Keberhasilan
Kriteria
keberhasilan dalam penelitian ini dapat ditetapkan sebagai berikut.
1. Hasil
belajar siswa dalam pembelajaran dinyatakan berhasil jika 85% jumlah siswa
tuntas belajar.
- Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil jika peningkatan keterampilan menulis permukaan siswa mencapai 85% lebih dari jumlah siswa.
- Siswa dinyatakan tuntas apabila telah menguasai materi sedikitnya 85% atau mendapat nilai di atas dengan KKM minimal 70.
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOADatau hub. 081327121707 terima kasih.