Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 23 December 2014

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU PAI



UPAYA  MENINGKATKAN  PRESTASI  BELAJAR  MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  PADA KOMPETENSI DASAR MENYEBUTKAN NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUIMETODE CARD SORT  PADA SISWA KELAS  IV
SDN ........................... KECAMATAN ......................
TAHUN PELAJARAN ...../.....



Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat dari
Golongan …….. ke Golongan ……….
……………………………..








Disusun Oleh

……………………….
NIP …………………..






UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KECAMATAN ......................
SEKOLAH DASAR NEGERI ...........................
20….


LEMBAR PENGESAHAN

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya  Meningkatkan  Prestasi  Belajar  Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam  pada Kompetensi Dasar Menyebutkan nama-nama malaikat Melalui Metode Card Sort  Pada Siswa Kelas  IV SDN ............... Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ...../.....
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : …………………
      b.   NIP                                      :  ………………..
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SD Negeri .....................
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri ...................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ………)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya



                     Kepala Sekolah                                   Pengelola Perpustakaan




               ....................................                              ....................................
                NIP. ..........................                                NIP. ..........................

Mengetahui
             Kepala Dinas Pendidikan                                    Ketua PGRI
               Kecamatan  ................                              Kecamatan  ................


               ....................................                              ....................................
                NIP. ..........................                                NIP. ..........................



KATA PENGANTAR


Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu Upaya  Meningkatkan  Prestasi  Belajar  Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam  pada Kompetensi Dasar Menyebutkan nama-nama malaikat Melalui Metode Card Sort  Pada Siswa Kelas  IV SDN........................ Kecamatan ................ Tahun Pelajaran ...../.....Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.    Segenap warga SDN …………….  khususnya guru-guru Kelas ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
......................   ……….

Penulis





DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................. ..... iv
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ...... v
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... vi
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii
ABSTRAK ...................................................................................................... ... viii

BAB I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  .....................................................................
B.    Identifikasi Masalah ............................................................................
C.    Rumusan Masalah.................................................................................
D.    Tujuan Penelitian..................................................................................
E.     Manfaat  Penelitian...............................................................................

BAB II    KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori .........................................................................................
B.  Kerangka Berpikir.......................................................................     
C.  Hipotesis Tindakan ..............................................................................

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A. Setting Penelitian..................................................................................
B.  Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data...........................................
C.  Rancangan Penelitian............................................................................
D. Analisa Data.........................................................................................
E.  Kriteria Keberhasilan............................................................................

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Hasil Penelitian.....................................................................
B. Pembahasan  Hasil Penelitian...............................................................

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan  ................................................................................ ........
B. Saran............................................................................................ ........

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN







DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman

3.1     Tabel Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas..............................................         
4.1     Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal .............................         
4.2     Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Kondisi Awal...................................         
4.3     Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada Siklus Pertama ............................         
4.4     Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Siklus I..............................................         
4.5     Hasil Tes Prestasi Belajar Siswa pada Siklus Kedua ..............................         
4.6     Rekapitulasi Prestasi Belajar Pada Siklus II............................................         
4.7     Rekapitulasi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus......         
4.8     Pelaksanaan Kegiatan Penelitian ............................................................         


















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
4.1.            Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Setiap Siklus Pelaksanaan Kegiatan Penelitian                




















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                    

1.        Surat Ijin Penelitian Dan Surat Pernyataan Teman Sejawat (Observer)
2.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
5.        Contoh  Hasil Penilaian  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
6.        Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
7.        Analisis Data Hasil Penelitian
8.        Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian




























UPAYA  MENINGKATKAN  PRESTASI  BELAJAR  MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  PADA KOMPETENSI DASAR MENYEBUTKAN NAMA-NAMA MALAIKAT MELALUI METODE CARD SORT  PADA SISWA KELAS  IV
SDN ............................ KECAMATAN..........................
TAHUN PELAJARAN ...../.....

Oleh:

……………………………………..
NIP. ………………….


ABSTRAK


Penelitian  ini dilatarbelakangi  oleh  prestasi belajar siswa yang  masih  perlu  ditingkatkan.  Tujuan  dari penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  apakah  penerapan  model  pembelajaran Card  Sort  dapat  meningkatkan  prestasi belajar siswa siswa  pada pembelajaran PAI di SDN .................. Kecamatan .............. Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research) yang  mencakup  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan  refleksi.  Penelitian  ini berlangsung  selama  2  siklus.  Subyek  penelitian  adalah  siswa  kelas  IV SSDN .................. Kecamatan .............. tahun  pelajaran …/….  yang  berjumlah 24  siswa.  Teknik pengambilan data melalui  lembar test  dan  dokumentasi. Keabsahan  data  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  teknik triangulasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  prestasi belajar siswa  setelah  dilakukan  penerapan  model  pembelajaran  Card  Sort menunjukkan  bahwa  rata-rata  nilai  siswa  mengalami  peningkatan.  Hal  ini  ditunjukkan  dengan adanya peningkatan. Penelitian  dengan metode  card  sort  dapat  diketahui  dari  hasil  tes  pada  siklus  I  dan  siklus  II selalu  terjadi  peningkatan.  Nilai  rata-rata  pada kondisi awal sebesar 57,92, meningkat pada  siklus   I  menjadi 65,00  dan merupakan nilai pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pada siklus ini sebesar 73,75 merupakan nilai dalam kategori baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal yaitu 70,00. Hasil yang dicapai pada  siklus  II  merupakan  bukti  bahwa  pembelajaran  card  sort  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam  pada siswa kelas IV SDN .................. Kecamatan .............. Tahun Pelajaran ...../......

Kata kunci: Model Card Sort, PAI, Prestasi Belajar



BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.      Setting Penelitian
1.    Jenis Penelitian
Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di kelas IV semester genap, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di tempat penulis mengajar, keadaan siswa di kelas IV semester genap dengan jumlah siswa  24 anak, terdiri dari … anak siswa laki-laki dan … anak siswa perempuan. Untuk  mengetahui  sejauh  mana  karakteristik  yang  dimiliki berbeda-beda peulis memandang dari berbagi sudut antara lain:
a.    Tempat tinggal siswa di daerah pedesaan
b.    Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI sangat rendah
c.    Kurangnya perhatian orang tua terhadap mata pelajaran PAI
Sehingga  guru  harus  memberi  motivasi  dengan  cara  penggunaan metode-metode yang tepat dalam pembelajaran dan dapat merangsang minat siswa dalam belajar.
2.    Subjek Penelitian
Subjek  penelitian  adalah  semua  siswa  kelas  IV  SDN Sungai ............... Kecamatan ............... Tahun Pelajaran …./….  yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari … siswa putra dan … siswa putri.
3.    Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK)  dalam  perbaikan  pembelajaran ini dilaksanakan dikelas  IV SDN Sungai ............... Kecamatan ...............,  pada semester  genap bulan ……….. sampai ………  selama 3 bulan.

Tabel 3.1 Tabel Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas

No
Kegiatan
Pelaksanaan Bulan

1.
Persiapan

2.
Pelaksanaan Siklus I


a.    Perencanaan Tindakan


b.   Pelaksanaan Tindakan
Tgl……., ………., ……….

c.    Analisis dan Refleksi

3.
Pelaksanaan Siklus II

No
Kegiatan
Pelaksanaan Bulan


a.    Perencanaan Tindakan


b.   Pelaksanaan Tindakan


c.    Analisis dan Refleksi

(Sekedar contoh pengisian tolong disesuaikan dengan kondisi setempat)
Keterangan
a.    Studi lapangan dilaksanakan tanggal 10 Februari 2011
b.    Penyusunan Rencana Pembelajaran minggu ke tiga, pelaksanaan pembelajaran tanggal 24 Februari 2011, dengan analisa nilai
c.    Penyusunan RPP siklus I tanggal 3 Maret 2011
d.   Pelaksanaan perbaikan tanggal 10 Maret 2011 dilanjutkan dengan analisa nilai
e.    Penyusunan RPP siklus II tanggal 17 Maret 2011
f.     Pelaksanaan perbaikan tanggal 24 Maret 2011 dilanjutkan dengan analisa nilai
g.    Analisa nilai siklus I dan siklus II
h.    Penyusunan laporan
i.      Penyelesaian
Adapun dipilihnya kelas tersebut dijadikan sebagai tempat/ objek penelitian karena penulis adalah guru di SDN Sungai ............... Kecamatan ............... sehingga memudahkan proses penelitian, kecuali itu juga sesuai dengan makna PTK itu sendiri, PTK merupakan perbaikan pembelajaran dilingkungan sekolah sendiri guna meningkatkan prestasi hasil belajar siswa.
B.       Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
1.    Teknik Pengumpulan Data
Adapun tehnik yang digunakan untuk mengumpulkan data sebagai instrumen penelitian ini adalah teknik tes dan non tes.
a.    Teknik tes
Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes sebanyak tiga kali. Tes ini dilakukan pada awal kegiatan, akhir Siklus  I  dan Siklus  II dengan tujuan untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa.
b.    Teknik observasi
Teknik  observasi  dilakukan  peneliti  pada  saat  pembelajaran berlangsung pada Siklus I dan Siklus II. Peneliti mengamati perilaku positif dan perilaku negatif yang muncul pada siswa.
c.    Teknik dokumentasi
Teknik  dokumentasi  pada  penelitian  ini  bertujuan  memperoleh  data non-tes  yang  berupa  gambar  (foto)  yang  diambil  dengan  bantuan teman pada proses pembelajaran Siklus I dan Siklus II.
2.    Instrumen Pengumpulan Data
Instrumen  penelitian  merupakan  alat  bantu  bagi  peneliti  dalam mengumpulkan  data  penelitian.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa :
a.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
b. Soal Tes Evaluasi
c. LKS, Kartu Soal dan Kartu Jawaban
d. Pedoman dan Kriteria Penilaian
e. Lembar observasi
C.      Rancangan Penelitian
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang  merupakan  bentuk  kajian  yang  reflektif,  dilakukan  oleh  pelaku tindakan (guru), dan dilakukan untuk memperbaiki kondisi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setelah  dilakukan  reflektif  yang  meliputi  analisis  dan  penilaian terhadap proses tindakan tadi, akan muncul permasalahan atau pemikiran baru,  sehingga  perlu  dilakukan  perencanaan  ulang  atau  tindakan  ulang, pengamatan ulang, serta refleksi ulang.
Dalam  melaksanakan  PTK  harus  mengacu  pada  desain  penelitian yang  telah  dirancang  sesuai  dengan  prosedur  penelitian  yang  berlaku. Fungsinya  sebagai  patokan  untuk  mengetahui  bentuk  penerapan pembelajaran. Secara garis besar, dalam PTK terdapat empat tahapan yang harus dilaluinya, yaitu:
1.      Perencanaan (Planning). Dalam tahap ini peneliti menjelaskan tentang apa,  mengapa,  kapan,  di  mana,  oleh  siapa,  dan  bagaimana  tindakan tersebut dilakukan.
2.      Pelaksanaan  (Acting).  Tahap  kedua  dari  penelitian  tindakan  adalah pelaksanaan  yang  merupakan  implementasi  atau  penerapan  isi rancangan, yaitu mengenakan tindakan kelas.
3.      Pengamatan (Observing). Pada tahap ketiga ini, yaitu kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh pengamat. Sebetulnya sedikit kurang tepat kalau pengamat  ini  dipisahkan  dengan  pelaksanaan  tindakan  karena seharusnya  pengamatan  dilakukan  pada  waktu  tindakan  sedang dilakukan. Jadi, keduanya berlangsung dalam waktu yang sama.
4.      Refleksi  (Reflecting).
Tahap  keempat  merupakan  kegiatan  untuk mengemukakan  kembali  apa  yang  sudah  dilakukan  (Arikunto, 2007:17).
Penelitian  ini  tidak  hanya  dilakukan  satu  tahapan/  satu  langkah  (siklus) kegiatan  melainkan  beberapa  kali  kegiatan.  Karena  penelitian  tindakan kelas  adalah  sebagai  suatu  bentuk  investigasi  yang  bersifat  reflektif, partisipatif,  kolaboratif,  resiko  dan  internalisasi  teori  dan  praktik. (Arikunto, 2007: 6).
Daur  ulang  dalam  penelitian  diawali  dengan  perencanaan  tindakan (planning). Penerapan tindakan (action) mengobservasi dan mengevaluasi proses  dan  hasil  tindakan  (observation  and  evaluation)  dan  melakukan refleksi  (reflecting)  dan  sampai  tercapai  pada  peningkatan  prestasi belajar yang telah ditetapkan.
Secara  rinci,  langkah-langkah  siklus  penelitian  tindakan  kelas  dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.      Rancangan/  rencana  awal,  sebelum  mengadakan  penelitian  peneliti menyusun  rumusan  masalah,  tujuan  dan  membuat  rencanatindakan, termasuk  di  dalamnya  instrument  penelitiandan  perangkat pembelajaran
2.      Kegiatan  dan  pengamatan  meliputi  tindakan  yang  dilakukan  oleh peneliti dalam mengamati proses pembelajaran untuk memperoleh data prestasi  hasil  belajar  serta  mengamati  proses  jalanya  kegiatan pembelajaran.
3.      Refleksi,  peneliti  mengkaji,  melihat  dan  menemukan  inovasi pembelajaran  dari  apa  yang  telah  dilakukan  setelah  mengetahui kekurangan yang ada padasaat proses pembelajaran untuk dilakukan perbaikan pada proses pembelajaran berikutnya.
4.      Rancangan/rencana  yang  direvisi,  berdasarkan  hasil  refleksi  dari pengamatan yang telah dilakukan maka dicari solusi yang tepat untuk dilaksanakan pada siklus berikutnya.
D.      Analisa Data
Teknik  analisis  kuantitatif  dipakai  untuk  menganalisis  data kuantitatif yang diperoleh dari tes akhir pada Siklus I dan Siklus II. Nilai dari  masing-masing  siklus  dihitung  jumlahnya  dalam  satu  kelas, selanjutnya  jumlah  tersebut  dihitung  dalam  presentase  dengan  rumus sebagai berikut :
1.  Penilaian Hasil Tes Siswa
Tes adalah cara yang dapat dipergunakan atau prosedur yang perlu ditempuh dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan, yang berbentuk pemberian tugas atau serangkaian tugas baik berupa pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab, atau perintah-perintah yang harus dikerjakan oleh testee, sehingga atas dasar data yang diperoleh dari hasil pengukuran tersebut dapat dihasilkan nilai yang melambangkan tingkah laku atau prestasi testee; nilai mana dapat dibandingkan dengan nilai-nilai yang dicapai oleh testee lainnya atau dibandingkan dengan nilai standar tertentu. Untuk  mengetahui  nilai  rata-rata  siswa  dalam  setiap  siklus,  maka peneliti menghitung dengan menjumlahkan hasil tes yang diperoleh semua siswa dan membaginya dengan jumlah seluruh siswa kelas empat. Nilai rata-rata ini dapat ditulis dengan rumus: 








Keterangan :  
X      : Nilai Rata-rata
∑X  : Jumlah semua nilai siswa
∑N  :  Jumlah Siswa

Kriteria Hasil Penilaian Tes Formatif

No
Rentang
Kriteria Nilai
1
85-100
Sangat Baik
2
70-84
Baik
3
60-69
Cukup
4
50-59
Kurang
5
<50
Sangat Kurang

2.   Penilaian Ketuntasan Belajar Siswa
Ada  dua  kategori  ketuntasan  belajar,  yaitu  secara  perorangan  dan secara klasikal. Berdasarkan petunjuk pelaksanaan  belajar mengajar, dikatakan berhasil yaitu siswa dapat menjawab minimal 85% dari soal yang diberikan atau mendapat nilai 70. Untuk menghitung  persentase  ketuntasan  belajar,  maka  rumus  yang  digunakan adalah sebagai berikut:





Keterangan :    
P      : Ketuntasan belajar
∑P    :  Jumlah siswa yang tuntas belajar 
∑N  : Jumlah siswa  (Soegiono, 2007:42).

E.       Kriteria Keberhasilan
Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini dapat ditetapkan sebagai berikut.
1.      Hasil belajar siswa dalam pembelajaran dinyatakan berhasil jika 85% jumlah siswa tuntas belajar.
  1. Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil jika peningkatan keterampilan menulis permukaan siswa mencapai 85% lebih dari jumlah siswa.
  2. Siswa dinyatakan tuntas apabila telah menguasai materi sedikitnya 85% atau mendapat nilai di atas dengan KKM minimal 70.

 

bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.