Lencana Facebook

banner image

Tuesday 23 December 2014

PTK KENAIKAN PANGKAT GURU PAI-1






MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV
SEKOLAH DASAR  NEGERI SUNGAI ............ 
TAHUN PELAJARAN ………./………...




Sebagai Salah Satu Syarat Kenaikan Pangkat dari
Golongan …….. ke Golongan ……….
……………………………..








Disusun Oleh

……………………….
NIP …………………..






UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KECAMATAN ............
SEKOLAH DASAR NEGERI SUNGAI ............
20…

LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya  Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas IV SD Negeri Sungai ............ Tahun Pelajaran ………./………...
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Islam
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : …………………
      b.   NIP                                      :  ………………..
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SD Negeri Sungai ............
      f.    Tempat Penelitian                :  SD Negeri Sungai ............
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ………)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya



                     Kepala Sekolah                                   Pengelola Perpustakaan




               ....................................                              ....................................
                NIP. ..........................                                NIP. ..........................

Mengetahui
             Kepala Dinas Pendidikan                                    Ketua PGRI
               Kecamatan  ................                              Kecamatan  ................


               ....................................                              ....................................
                NIP. ..........................                                NIP. ..........................




KATA PENGANTAR


Puji syukur senantiasa peneliti panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTS ini peneliti menentukan judul yaitu Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Bermain Peran Siswa Kelas IV SD Negeri Sungai ............ Tahun Pelajaran ………./………... Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Kepala UPT ……………
3.    ……………….., selaku Kepala Sekolah SDN ……………………………..
4.    Segenap warga SDN …………….  khususnya guru-guru Kelas ……… yang telah membantu penyelesaian karya ini.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.
Sungai ............,        ……….

Penulis






DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR JUDUL .......................................................................................... ....... i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ...... ii
KATA PENGANTAR .................................................................................... ..... iii
DAFTAR ISI .................................................................................................. ..... iv
DAFTAR TABEL ........................................................................................... ...... v
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................... ..... vi
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................................. .... vii
ABSTRAK ...................................................................................................... ... viii

BAB I     PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  .....................................................................
B.    Identifikasi Masalah ............................................................................
C.    Rumusan Masalah.................................................................................
D.    Tujuan Penelitian..................................................................................
E.     Manfaat  Penelitian...............................................................................

BAB II    KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori .........................................................................................
B.  Kerangka Berpikir.......................................................................     
C.  Hipotesis Tindakan ..............................................................................

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN
A. Jenis Penelitian......................................................................................
B.  Tempat dan Waktu Penelitian...............................................................
C.  Subjek Penelitian..................................................................................
D. Prosedur Penelitian...............................................................................
E.  Metode Pengumpulan Data..................................................................
F.   Metode Analisa Data............................................................................
G. Kriteria Keberhasilan............................................................................

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Hasil Penelitian.....................................................................
B. Pembahasan  Hasil Penelitian...............................................................

BAB V    KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan  ................................................................................ ........
B. Saran............................................................................................ ........

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN






DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
3.1       Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas...................................................            
3.2       Penilaian Aspek Kognitif Siswa pada Kegiatan Bermain Peran........            
3.3       Penilaian Aspek Afektif Siswa pada Kegiatan Bermain Peran..........            
3.4       Penilaian Aspek Psikomotor Siswa pada Kegiatan Bermain Peran....            
3.5       Kriteria Skor Penilaian Aktivitas Siswa pada Kegiatan Bermain Peran                    
 4.1      Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus...
 4.2      Hasil Tes Formatif Prasiklus Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus           
 4.3      Penilaian Aspek Afektif  Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus....
4.4       Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus           
 4.5      Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I.....
4.6       Hasil Tes Formatif   Kegiatan Bermain Peran pada pada Siklus I.....
4.7       Penilaian Aspek Afektif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I.......
4.8       Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I.
4.9       Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II....
4.10     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Kegiatan Bermain Peran  pada Siklus II     
4.11     Penilaian Aspek Afektif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II......
4.12     Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II...........
 4.13    Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Kognitif pada Kegiatan Bermain Peran pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..........................................................................
4.14     Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Tes Formatif pada Kegiatan Bermain Peran                                                                                                                        
 4.15    Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Afektif pada Kegiatan Bermain Peran             
 4.16    Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Psikomotor pada Kegiatan Bermain Peran                  


DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman
4.1.            Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Kognitif............................
4.2.            Grafik Peningkatan Nilai Tes formatif pada Prasiklus, Siklus I, Siklus II                
4.3.            Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Afektif.............................
4.4.            Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Kognitif............................

















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                    

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Surat Pernyataan Teman Sejawat (Observer)
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pra Siklus
4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
5.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
6.        Rekapitulasi Hasil Observasi  Aspek Kognitif dan Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
7.        Rekapitulasi hasil observasi  aspek afektif
8.        Rekapitulasi hasil observasi  aspek psikomotor
9.        Contoh  Hasil Penilaian  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
10.    Daftar Hadir Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
11.    Analisis Data Hasil Penelitian
12.    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian




















MENINGKATKAN             AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE BERMAIN PERAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUNGAI ............
TAHUN PELAJARAN ………./………...

Oleh:

……………………………………..
NIP. ………………….


ABSTRAK


Dalam proses pembelajarannya khususnya pembelajaran PAI masih banyak yang menggunakan metode ceramah, siswa banyak yang terlihat tidak antusias dan terkesan memaksakan diri dalam menerima materi. Kejenuhan dengan menggunakan metode ceramah membuat prestasi belajar yang didapat juga mengalami penurunan. Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian. Variabel penelitian ini adalah variabel terikat prestasi belajar PAI SD Negeri Sungai ............ dan variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah responden  24 siswa.Pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif prosentase.
Setelah data terkumpul dan dianalisis hasil penelitian pada pada aspek kognitif hasil observasi untuk kondisi awal ada 4 siswa atau 16,67%, meningkat menjadi 15 siswa atau 62,50 % ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%. Hasil penelitian pada aspek kognitif hasil tes formatif pada kondisi awal hanya 57,08, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  63,71 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 72,92. Sedangkan pada aspek afektif pada kondisi awal 9 siswa atau 37,50%, meningkat menjadi 14 siswa atau 58,33% ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%. Aspek psikomotor pada kondisi awal sebesar 6 siswa atau 25%, meningkat menjadi 16 siswa atau 66,67% ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%. Dengan hasil yang demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam kegiatan belajar PAI di SD Negeri Sungai ............  pada siswa kelas IV tahun pelajaran ………../………

Kata kunci:  aktivitas, hasil belajar, PAI, bermain peran

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Penelitian

1.      Prasiklus
Dari  observasi  awal  yang  dilakukan  peneliti  diperoleh  hasil  bahwa  proses pembelajaran  PAI  yang  dilaksanakan  sampai  saat  ini  masih  didominasi  dengan penggunaan  metode  konvensional  seperti  metode  ceramah.  Dimana  proses pembelajaran  dengan  menggunakan  metode  ceramah  itu  lebih  menitikberatkan guru  sebagai  pusat  informasi  atau  guru  hanya  menyalurkan  ilmu  saja  kepada siswanya  (teacher  centre),  sedangkan  siswa  hanya  sebagai  pendengar  setia  saja.  Ditambah  lagi  guru  sering  menugaskan  siswa  untuk  menghapal  atau  menulis (mencatat) semua materi dalam pembelajaran  PAI. Pada akhirnya sering  kali  kita mendengar  bahwa  pelajaran  PAI  itu  sangat  membosankan,  jenuh  bahkan  siswa menjadi  cenderung  pasif    dalam  proses  pembelajaran  berlangsung.  Siswa  tidak antusias  dalam  proses  pembelajaran  tersebut,  yang  berdampak  tidak  berhasilnya siswa dalam pembelajaran PAI. Oleh karena itu, keberhasilan dalam proses belajar mengajar  dipengaruhi  oleh  kemampuan  guru  dalam  menggunakan  strategi, metode  dan  teknik  belajar  serta  kurang  variatif  dan  kreatifnya  guru  dalam menggunakan metode  pembelajaran  yang  sesuai  dengan    materi  yang  akan disampaikan oleh guru ketika proses belajar mengajar berlangsung.
Dari  penjelasan  di atas,  dijadikan  sebagai  acuan  bagi  peneliti  untuk memperbaiki  pembelajaran  guna  meningkatkan  pemahaman  siswa  terhadap pembelajaran PAI kompetensi dasar menampilkan perilaku hidup sederhana.  Sebelum  pelaksanaan  pembelajaran  pada  tiap  siklus, dilaksanakan  penjajakan  awal  terlebih  dahulu  melalui  analisis  kurikulum  KTSP pada  mata pelajaran  PAI kelas  IV SD, dilanjutkan dengan  menyusun strategi dan menentukan  metode  apa  saja  yang  dapat  digunakan  agar  dapat  meningkatkan pemahaman siswa terhadap kegiatan belajar mengajar. Kegiatan  selanjutnya  yaitu  pembuatan  RPP.  Hal  ini  senada  dengan  yang diungkapkan  oleh  Hamalik  (2007:135)  bahwa:  “guru  yang  baik  akan  berusaha sedapat  mungkin  agar  pengajarannya  berhasil.  Salah  satu  faktor  yang  bisa membawa  keberhasilan  itu,  ialah  guru  tersebut  senantiasa  membuat  perencanaan sebelumnya”.  Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran  yang  dipandang  efektif  untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kompetensi dasar menampilkan perilaku hidup sederhana di  kelas IV  SD Negeri Sungai ............ tahun pelajaran ……/……. adalah dengan menggunakan metode bermain peran (bermain peran). Penjelasan mengenai hasil kegiatan prasiklus pembelajaran sebagaimana dijelaskan  di bawah ini :
a.      Aspek Kognitif
a)      Hasil Observasi
Berdasarkan prosedur yang telah dirancang, kegiatan pengamatan dilakuakan secara kolaboratif dengan guru mitra sebagai observer. Fokus pengamatan adalah aktifitas siswa serta interasi yang terjadi. Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas kognitif. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel 4.1    Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
20
83,33
B

4
Baik
4
16,67
T

5
Sangat Baik
0
0,00
-


Jumlah
24
100,00


Penilaian ranah kognitif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi kemampuan siswa dalam menceritakan tentang tokoh yang diperankannya pada kegiatan bermain peran, mengungkapan gagasan dan pendapat tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, menceritakan dengan bahasa sendiri tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, mengajukan pertanyaan dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran, mempertahankan pendapat dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh data bahwa 20 siswa dinyatakan belum tuntas atau  83,33%, dan siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 4 siswa atau 16,67%.  Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.
b)     Hasil Tes Formatif
Berdasarkan hasil tes prasiklus diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel 4.2    Hasil Tes Formatif Prasiklus Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus

No
Nama
Nilai
Tuntas
Belum Tuntas
1

50
-
2

60
-
3

50
-
4

70
-
5

50
-
6

70
-
7

60
-
8

60
-
9

50
-
10

60
-
11

50
-
12

60
-
13

50
-
14

60
-
15

70
-
16

60
-
17

70
-
18

50
-
19

60
-
20

60
-
21

50
-
22

50
-
23

50
-
24

50
-
Jumlah
1370
4
20
Nilai Rata-rata
57,08
16,67
83,33

Keterangan :
T             :   Tuntas
B             :   Belum Tuntas
KKM      :   70

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 24 siswa terdapat 4 orang yang tuntas belajarnya (16,67%) dilihat dari hasil belajarnya, sedangkan 20 siswa (83,33%) belum tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pembelajaran, sehingga perlu dicarikan alternatif untuk memecahkan masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menerapkan metode bermain peran.
b.      Aspek Afektif
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas afektif. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel 4.3    Penilaian Aspek Afektif  Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus


No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
15
62,50
B

4
Baik
9
37,50
T

5
Sangat Baik
0
0,00
-


Jumlah
24
100,00


Penilaian ranah afektif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi perasaan senang dalam mengikuti kegiatan bermain peran, melaksanakan kegiatan bermain peran dengan baik, melakukan peran dengan sesuai tokoh yang diperankannya, mendiskusikan cara-cara memerankan peran dengan teman pada kelompoknya, memperhatikan dengan seksama pada saat kelompok lain maju mementaskan kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  15 siswa atau  62,50%. Dinyatakan belum tuntas karena baru mencapai kriteria “cukup”, dan 9 siswa atau 37,50% dinyatakan tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.
c.       Aspek Psikomotor
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas psikomotor. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel  4.4    Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Prasiklus

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
18
75,00
B

4
Baik
6
25,00
T

5
Sangat Baik
0
0,00
-


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah psikomotor dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi menampilkan ekspresi yang tepat pada saat bermain peran sesuai dengan tokoh yang diperankannya, berbicara cukup keras untuk didengar pada saat melaksanakan kegiatan bermain peran, berdialog dengan kata-kata yang jelas, tidak mengulang-ulang pernyataan pada saat berdialog, mampu melaksanakan komunikasi non diskusi (tanpa bahasa-melalui gerakan) pada saat kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  baru 25% atau 6 siswa yang dinyatakan tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.
Berdasarkan  hasil  pengamatan  kondisi  awal  siswa  terhadap  pembelajaran PAI  serta  berbagai  hambatan-hambatan  yang  muncul,  maka  peneliti  bersama  guru  kelas  yang  diteliti,  melakukan  kolaborasi  untuk  mengatasi  hambatan  dan  kesulitan  yang  ditemukan,  peneliti  bersama  guru  kelas  yang  bertindak sebagai obsever, menyusun dan melaksanakan serangkaian perencanaan  tindakan guna mengatasi hambatan-hambatan tersebut, yang diakhiri pada sebuah  kegiatan analisis atau refleksi. Pelaksanaan tindakan kelas disesuaikan dengan rencana pembelajaran  yang telah  dirumuskan  sebelumnya.  Pelaksanaan  tindakan  penelitian  kelas  ini  menekankan  pada penggunaan diskusi. untuk  meningkatkan  aktivitas dan hasil belajar  siswa yang  diupayakan  dan dikondisikan  berdasarkan  tahapan-tahapan  yang  telah  dipersiapkan  sebelumnya  dalam  tahap  perencanaan  dengan  mengimplementasikan  rencana  tersebut  yang  telah  dirumuskan oleh peneliti.
2.      Siklus I
a.       Perencanaan
Berdasarkan rumusan hipotesis yang telah dibuat, peneliti menyiapkan dan menetapkan Rencana Perbaikan Pembelajaran  beserta skenario tindakan. Skenario tindakan mencakup langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dan siswa dalam kegiatan perbaikan. Terkait dengan rencana perbaikan pembelajaran, peneliti juga menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan sesuai dengan hipotesis yang dipilih : lembar kerja siswa, alat bantu pembelajaran.
Langkah selanjutnya peneliti dan observer menyepakati fokus observasi dan kriteria yang digunakan pada pelaksanaan pertemuan pertama dan kedua.  Sebelumnya peneliti dan observer melaksanakan simulasi RPP dan peraga yang digunakan untuk menghindari kegagalan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
b.      Tindakan
Pada kegiatan pembelajaran siklus I adalah pembelajaran perilaku terpuji. Dalam pembelajaran dengan menggunakan bermain peran ini diharapkan siswa dapat mengkonstruksi sendiri pemahaman tentang perilaku terpuji melalui pengalaman belajar dari peran yang ia lakukan. Dalam kegiatan pembelajaran, pertama guru melakukan apersepsi dan motivasi berkaitan dengan kegiatan belajar .Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan, yaitu berkaitan dengan perilaku perpuji misalnya cara berbelanja dengan hemat. Kemudian guru menjelaskan kembali metode bermain peran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar. Selanjutnya guru meminta siswa mengelompok berdasar kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya. Masing-masing kelompok siswa diminta maju ke depan kelas untuk melaksanakan kegiatan bermain peran sesuai dengan naskah yang sudah dipersiapkan.  Misalnya kelompok A, yang memerankan kegiatan pengajian di sebuah mushola, ada siswa yang berperan sebagai uztad, ada yang menjadi pembawa acara, pembaca kitab suci Al Qur’an dan ada yang menjadi peserta pengajian. Pada saat  kegiatan berlangsung guru melakukan pengarahan seperlunya agar kegiatan berjalan tertib. Setelah waktu bermain peran selesai, siswa diminta untuk kembali ke kelompoknya kembali. Setelah semua kelompok menyelesaikan tugas masing-masing, guru meminta wakil kelompok untuk mempresentasikan hasil penyelesaian tugas tiap kelompok di depan kelas. Dengan arahan guru Kelompok yang tidak mempresentasikan hasil tugas kelompok, diminta untuk menanggapi. Guru beserta siswa melakukan refleksi dari hasil kegiatan yang sudah berjalan terutama tentang hal-hal yang haru ditingkatkan pada kegiatan bermain peran berikutnya. Di samping itu guru menunjukkan kekeliruan-kekeliruan yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan bermain peran. Kepada siswa yang masih kurang serius dan kurang aktif  dalam kegiatan bermain bermain diminta untuk memperbaiki sikap pada kegiatan seanjutnya. Selanjutnya guru memberikan soal tes untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi tentang menceritakan Kisah Nabi Adam AS pada kompetensi dasar Menampilkan perilaku hidup sederhana. Sebelum kegiatan belajar ditutup guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan dari kegiatan belajar yang telah dilakukan dan memberi tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah
c.       Observasi
Observasi dilaksanakan oleh peneliti dan observer (teman sejawat) pada saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menitikberatkan pada kelemahan siklus pertama untuk ditanggulangi pada siklus kedua, yaitu dengan memperagakan secara langsung naskah drama yang ditulis oleh siswa secara berkelompok. Pada  pertemuan pertama siklus pertama belum mencapai kriteria yang ditentukan sebagian besar siswa masih kurang memperhatikan materi pembelajaran yang disampaikan. Tugas yang diberikan sebagai bahan evaluasi juga tidak dikerjakan dengan benar sehingga masih perlu peningkatan pada siklus berikutnya.
Berdasarkan prosedur yang telah dirancang, kegiatan pengamatan dilakukan secara kolaboratif dengan guru mitra sebagai observer. Fokus pengamatan adalah aktifitas siswa, serta interaksi yang terjadi. Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas kognitif, afektif dan psikomotorik. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut.
1)     Aspek Kognitif
a)      Hasil Observasi
Berdasarkan prosedur yang telah dirancang, kegiatan pengamatan dilakuakan secara kolaboratif dengan guru mitra sebagai observer. Fokus pengamatan adalah aktifitas siswa serta interasi yang terjadi. Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas kognitif. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel 4.5    Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
9
37,50
B

4
Baik
13
54,17
T

5
Sangat Baik
2
8,33
T


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah kognitif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi kemampuan siswa dalam menceritakan tentang tokoh yang diperankannya pada kegiatan bermain peran, mengungkapan gagasan dan pendapat tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, menceritakan dengan bahasa sendiri tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, mengajukan pertanyaan dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran, mempertahankan pendapat dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh data bahwa dari 24 siswa ada  40%, atau 9 siswa yang dikategorikan cukup, sehingga dinyatakan belum tuntas, dan sebanyak 13 siswa atau 54,17%.  Masuk dalam kategori baik, serta 2 siswa atau 8,33% masuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa 15 siswa atau 62,50% dinyatakan tuntas belajarnya. Melihat hasil diatas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan belum berhasil, karena secara klasikal baru mencapai angka 62,50%  sedangkan batasan minimal keberhasilan adalah 85% sehingga pelaksanaan perbaikan pembelajaran masih harus dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.
b)     Hasil Tes Formatif
Berdasarkan hasil tes formatif yang dilaksanakan pada akhir siklus pertama  diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel  4.6    Hasil Tes Formatif   Kegiatan Bermain Peran pada pada Siklus I
d.           
e.            
No
Nama
Nilai
Tuntas
Belum Tuntas
1

60
-
2

70
-
3

60
-
4

70
-
5

50
-
6

70
-
7

70
-
8

70
-
9

50
-
10

70
-
11

69
-
12

70
-
13

60
-
14

70
-
15

70
-
16

60
-
17

70
-
18

50
-
19

70
-
20

60
-
21

60
-
22

60
-
23

60
-
24

60
-
Jumlah
1529
11
13
Nilai Rata-rata
63,71
45,83
54,17

Keterangan :
T     :   Tuntas
B     :   Belum Tuntas
KKM :   70
Dari tabel di atas dapat diterangkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus pertama  sebesar 63,71, jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 11 siswa atau sebesar 45,83%, dan jumlah siswa yang belum tuntas belajarnya sebanyak 13 siswa atau sebesar 54,17%.
2)      Aspek Afektif
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas afektif. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel     4.7    Penilaian Aspek Afektif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I


No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
10
41,67
B

4
Baik
14
58,33
T

5
Sangat Baik
0
0,00
-


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah afektif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi perasaan senang dalam mengikuti kegiatan bermain peran, melaksanakan kegiatan bermain peran dengan baik, melakukan peran dengan sesuai tokoh yang diperankannya, mendiskusikan cara-cara memerankan peran dengan teman pada kelompoknya, memperhatikan dengan seksama pada saat kelompok lain maju mementaskan kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  10 siswa atau  41,67% dinyatakan belum tuntas karena baru mencapai kriteria “cukup”, dan 14 siswa atau 58,33% dinyatakan tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus II aktivitas belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
3)      Aspek Psikomotor
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas psikomotor. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel     4.8    Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Siklus I

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
8
33,33
B

4
Baik
14
58,33
T

5
Sangat Baik
2
8,33
T


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah psikomotor dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi menampilkan ekspresi yang tepat pada saat bermain peran sesuai dengan tokoh yang diperankannya, berbicara cukup keras untuk didengar pada saat melaksanakan kegiatan bermain peran, berdialog dengan kata-kata yang jelas, tidak mengulang-ulang pernyataan pada saat berdialog, mampu melaksanakan komunikasi non diskusi (tanpa bahasa-melalui gerakan) pada saat kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  baru 66,67% atau 16 siswa yang dinyatakan tuntas karena masuk dalam kategori “baik dan sangat baik”, sedangkan 8 siswa atau 33,33% dinyatakan belum tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus II aktivitas belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan
f.       Refleksi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam standar kompetensi Menceritakan Kisah Nabi Adam AS pada aspek menampilkan perilaku hidup sederhana dinyatakan belum berhasil. Setelah peneliti dengan supervisor dan observer mendiskusikan tentang hasil observasi dan wawancara yang dikaitkan dengan hasil tes formatif, maka pada siklus kedua perlu ditanggulangi dengan memaksimalkan bimbingan dan menambah media pembelajaran melalui peragaan atau peran yang dilakukan oleh siswa sendiri.
3.      Siklus II
a.       Perencanaan
Berdasarkan rumusan hipotesis yang telah dibuat, peneliti menyiapkan dan menetapkan Rencana Perbaikan Pembelajaran  beserta skenario tindakan. Skenario tindakan mencakup langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dan siswa dalam kegiatan perbaikan. Terkait dengan rencana perbaikan pembelajaran, peneliti juga menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan sesuai dengan hipotesis yang dipilih : lembar kerja siswa, alat bantu pembelajaran. Langkah selanjutnya bersama-sama dengan observer menyepakati fokus observasi dan kriteria yang akan digunakan untuk dua pertemuan yang akan dilaksanakan pada siklus kedua.

b.      Pelaksanaan
Pada pelaksanaan siklus II ini materi yang dibahas adalah tentang menceritakan Kisah Nabi Adam AS pada kompetensi dasar Menampilkan perilaku hidup sederhana.  Dalam kegiatan ini siswa diharapkan dapat mengetahui tentang kisah Kisah Nabi Adam AS. Kegiatan yang dibahas adalah tentang keteladanan dari Kisah Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS. Untuk kegiatan bermain siklus II, tidak semua siswa terlibat dalam bermain peran. Dalam kegiatan ini beberapa siswa ditunjuk sebagai pemeran siswa sekolah. Adapun materi yang akan digunakan sebagai kegiatan bermain peran tentang keutamaan yang dimiliki Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS. Adegan yang dilakukan terdiri dari dua adegan. Adegan pertama adalah kegiatan tanya jawab yang dilakukan antara seorang murid dan guru mengajinya dan adegan kedua kegiatan pengajian yang dilaksanakan di sebuah masjid dengan pembicara seorang uztad. Pada awal kegiatan pembelajaran guru menjelaskan materi yang akan dipelajari, tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.Selanjutnya dijelaskan skenario bermain peran yang akan dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran. Disampaiakn pula aturan main, tata tertib dan juga penegasan kembali tentang peran masing-masing siswa.
Pada adegan pertama narator membuka cerita tentang kegiatan menambung di sekolah di mana adegan yang dilakukan adalah beberapa orang siswa yang sedang melaksanakan kegiatan tanya jawab dengan guru mengajinya. Sementara adegan berlangsung siswa yang berperan sebagai pengamat diingatkan untuk mencatat hal-hal penting yang terjadi pada kegiatan menabung terutama pada saat dialog antara siswa dan guru mengajinya tentang keutamaan yang dimiliki Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS. Selesai adegan pertama, narator mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan adegan yang telah berlangsung. Adapun pertanyaan yang harus diselesaikan oleh siswa berkaitan dengan keutamaan yang dimiliki Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS. Selanjutnya pada adegan kedua adalah kegiatan tentang sebuah kegiatan pengajian yang membawakan materi tentang keutamaan yang dimiliki Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS. Selama adegan berlangsung guru mengingatkan kembali agar siswa yang berperan sebagai pengamat hal-hal penting yang berkaitan dengan keutamaan yang dimiliki Nabi Adam AS khususnya tentang perilaku hidup sederhana Nabi Adam AS.
Setelah adegan berakhir narator membacakan pertanyaan-pertanyaan dan tugas yang harus diselesaikan oleh siswa berkaitan dengan adegan yang telah berlangsung. Untuk mengerjakan tugas ini dilakukan secara berkelompok dengan aktifitas diskusi. Tiap kelompok diberi waktu 15 menit untuk menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan narator. Setelah selesai dikerjakan tiap kelompok menugaskan perwakilannya untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi. Dalam kegiatan ini guru memberi koreksi terhadap hasil diskusi yang masih membutuhkan perbaikan.Setelah itu siswa diberi soal singkat untuk mengetahui tingkat pemahaman dari hasil kegiatan belajar.  Kegiatan belajar ditutup dengan refleksi dan kesimpulan dar kegiatan belajar yang telah berlangsung oleh guru dan siswa. Setelah itu siswa diberi tugas mandiri untuk dikerjakan di rumah.

c.       Observasi
Observer melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran dengan menggunakan format observasi dan hasilnya menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan penghayatan peran juga baik sehingga hasil yang diharapkan dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Kegiatan pengamatan ini dilaksanakan oleh observer pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
1)     Aspek Kognitif
a)   Hasil Observasi
Berdasarkan prosedur yang telah dirancang, kegiatan pengamatan dilakuakan secara kolaboratif dengan guru mitra sebagai observer. Fokus pengamatan adalah aktifitas siswa serta interasi yang terjadi. Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas kognitif. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel     4.9    Penilaian Aspek Kognitif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
3
12,50
B

4
Baik
16
66,67
T

5
Sangat Baik
5
20,83
T


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah kognitif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi kemampuan siswa dalam menceritakan tentang tokoh yang diperankannya pada kegiatan bermain peran, mengungkapan gagasan dan pendapat tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, menceritakan dengan bahasa sendiri tentang pelaksanaan kegiatan bermain peran, mengajukan pertanyaan dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran, mempertahankan pendapat dalam diskusi membahas hasil pelaksanaan kegiatan bermain peran.  Dari pengumpulan data  diperoleh data bahwa dari 24 siswa ada  112,50%, atau 3 siswa yang dikategorikan cukup, sehingga dinyatakan belum tuntas, dan sebanyak 16 siswa atau 66,67%  masuk dalam kategori baik, serta 5 siswa atau 20,83% masuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa 21 siswa atau 87,50% dinyatakan tuntas belajarnya. Melihat hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil, karena secara klasikal sudah  mencapai angka 87,50%  dari minimal ketuntasan sebesar 85%.
Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan aktivitas belajar sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.
b)  Hasil Tes Formatif
Berdasarkan hasil tes formatif yang dilaksanakan pada akhir siklus kedua  diperoleh hasil sebagai berikut.
Tabel     4.10  Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Kegiatan Bermain Peran  pada Siklus II


No
Nama
Nilai
Tuntas
Belum Tuntas
1

70
-
2

80
-
3

70
-
4

80
-
5

60
-
6

80
-
7

80
-
8

80
-
9

60
-
10

70
-
11

70
-
12

80
-
13

70
-
14

80
-
15

80
-
16

70
-
17

80
-
18

60
-
19

70
-
20

70
-
21

70
-
22

70
-
23

80
-
24

70
-
Jumlah
1750
21
3
Nilai Rata-rata
72,92
87,5
12,5

Keterangan :
T            :   Tuntas
B           :   Belum Tuntas
KKM    :   70

Dari tabel  di atas dapat diterangkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus pertama  sebesar 72,92, jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 21 siswa atau sebesar 87,50%, masih  ada 3 siswa yang belum tuntas belajarnya atau sebesar 12,50%.
2)      Aspek Afektif
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas afektif. Dari hasil observasi diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel     4.11  Penilaian Aspek Afektif Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
3
12,50
B

4
Baik
17
70,83
T

5
Sangat Baik
4
16,67
T


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah afektif dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi perasaan senang dalam mengikuti kegiatan bermain peran, melaksanakan kegiatan bermain peran dengan baik, melakukan peran dengan sesuai tokoh yang diperankannya, mendiskusikan cara-cara memerankan peran dengan teman pada kelompoknya, memperhatikan dengan seksama pada saat kelompok lain maju mementaskan kegiatan bermain peran.
Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  3 siswa atau  12,50% dinyatakan belum tuntas karena baru mencapai kriteria “cukup”, dan 21 siswa atau 87,50% dinyatakan tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran.  Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan aktivitas belajar sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II.
3)      Aspek Psikomotor
Pengamatan dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah dirancang, yang meliputi lembar observasi untuk mengetahui tingkat partisipasi meliputi aktifitas psikomotor. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh observer diperoleh hasil sebagai berikut
Tabel     4.12  Penilaian Aspek Psikomotor Kegiatan Bermain Peran pada Siklus II

No
Kriteria Penilaian
Jumlah
%
Kriteria Ketuntasan
Ket
1
Sangat Kurang
0
0,00
-

2
Kurang
0
0,00
-

3
Cukup
3
12,50
B

4
Baik
15
62,50
T

5
Sangat Baik
6
25,00
T


Jumlah
24
100,00



Penilaian ranah psikomotor dilakukan secara individual dengan aspek yang dinilai  meliputi menampilkan ekspresi yang tepat pada saat bermain peran sesuai dengan tokoh yang diperankannya, berbicara cukup keras untuk didengar pada saat melaksanakan kegiatan bermain peran, berdialog dengan kata-kata yang jelas, tidak mengulang-ulang pernyataan pada saat berdialog, mampu melaksanakan komunikasi non diskusi (tanpa bahasa-melalui gerakan) pada saat kegiatan bermain peran. Dari pengumpulan data  diperoleh persentase nilai secara klasikal  baru 87,50% atau 21 siswa yang dinyatakan tuntas karena masuk dalam kategori “baik dan sangat baik”, sedangkan 3 siswa atau 12,50% dinyatakan belum tuntas. Untuk data secara individual dapat dilihat pada lampiran. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan aktivitas belajar sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II
Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 24 siswa terdapat 22 orang yang tuntas belajarnya (87,50%) dilihat dari aktivitas belajarnya. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan aktivitas belajar sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II.
d.      Refleksi
Dari hasil diskusi dengan observer tentang pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan sangat baik, tingkat keaktifan dan penghayatan siswa meningkat cukup signifikan dari siklus kedua. Setelah peneliti dan observer berdiskusi, dan memutuskan bahwa perbaikan pembelajaran sudah masuh kriteria yang diinginkan. Oleh karena itu maka proses perbaikan pembelajaran dianggap selesai tuntas, dan pembelajaran dilanjutkan dengan materi selanjutnya, sementara kepada siswa yang tidak tuntas diberikan bimbingan secara individu melalui program remidial.

B.     PEMBAHASAN
Dalam proses belajar mengajar harus dikembangkan secara sistematis. Dalam  proses  pembelajaran  perlu  dikembangkan  potensi  optimal  dari peserta  didik  yang  mencerminkan  kemampuan  dan  kemandirian  dalam mengambil keputusan. Untuk itu guru harus memilih didaktik dan metodik khusus  dan  mengorganisasikan  ruang  lingkup  materi  yang  diajarkan. Informasi  dengan  menggunakan  akal  nalar  dan  akal  budinya  sehingga siswa  secara  bertahap  bergerak  dari  hal  yang  sederhana  menuju  kepada yang  lebih  rumit  serta  mampu  membentuk  sederetan  wawasan  dan pengertian yang paling bermakna baginya (Sanusi, 1998:224).
Kondisi  pembelajaran  pendidikan  PAI  disekolah  belum  mampu memberikan  sesuatu  hal  yang  bermakna  bagi  peserta  didik.  Kenyataan tersebut karena guru PAI belum mampu mengembangkan berfikir  peserta didik  kepada  hal  yang  bersifat  problematik  (Suwarma,  1991:113).  Lebih lanjut Suwarma mengemukakan pula dalam hasil penelitiannya bahwa PAI merupakan salah satu mata  pelajaran khususnya di SD masih dihadapkan pada  masalah  peningkatan  mutu. 
Peran  peserta  didik  tampak  belum berperan  sebagai  subjek  didik  yang  memiliki  potensi  untuk  berkembang, mereka  kurang  terlatih  dalam  menemukan/mencari,  menganalisis,  dan menggunakan  informasi  sebagai  akibat  dari  penerimaan  pelajaran ceramah,  metode  lainnya  seperti  inkuiri,  pemecahan  masalah  dan sosiodrama  yang  dipandang  lebih  efektif  dalam  mengembangkan  proses berfikir  belum  banyak  digunakan  dalam  penggunaan  berfikir  dan  nilai. Dalam  proses  pendidikan  PAI.  Ditemukan  kelemahan  yang  sangat menonjol  dan  tidak  banyak  menyentuh  pengembangan  kemampuan berfikir.
Dalam mata pelajaran PAI kita kenal dengan pendekatan metode bermain peran, dimana pendekatan ini dituntut dalam usaha pembaharuan dewasa ini.  Dengan  pendekatan  metode  role  playing  mata  pelajaran  PAI, diharapkan  para  siswa  lebih  mudah  memahami  makna  pesan  yang dibicarakan dalam proses pengajaran. Hal ini disebabkan bahwa visualisasi mencoba  menggambarkan  hakikat  suatu  pesan  dalam  bentuk  menyerupai keadaan  yang  sebenarnya  atau  realisme.  Disamping  itu  diharapkan  para siswa mampu melakukan prinsip-prinsip dan langkah-langkah pendekatan metode bermain peran  sehingga  suasana  kelas  lebih  banyak  berperan  pada siswa dan siswa terlibat dalam proses belajar (student active learning).
a.      Aspek Kognitif
1)      Hasil Observasi
Dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PAI, diperoleh data pada aspek kognitif sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel 4.13  Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Kognitif pada Kegiatan Bermain Peran pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

No
Siklus
Kriteria Ketuntasan
Jumlah
B
%
T
%
1
Prasiklus
20
83,33
4
16,67
24
100,00
2
Siklus I
9
37,50
15
62,50
24
100,00
3
Siklus II
3
12,50
21
87,50
24
100,00

Dari tabel di atas terlihat siswa yang belum tuntas pada aspek kognitif mengalami penurunan yang cukup signifikan. Pada prasiklus siswa belum tuntas sebanyak 20 atau 83,33%,  pada siklus I menurun menjadi 9 siswa atau 37,50%, sedang pada siklus II siswa yang belum tuntas hanya 3 siswa atau 12,50%.  Jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga meningkat cukup baik, dimana pada prasiklus hanya ada 4 siswa atau 16,67%, meningkat menjadi 15 siswa atau 62,50 % ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%. 
Dari penjelasan di atas dalam bentuk grafik sebagaimana gambar di bawah ini :  















Gambar   4.1. Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Kognitif

2)      Hasil Tes Formatif
Dari hasil tes formatif yang dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PAI materi akhlak terpuji, sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel 4.14  Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa Berdasarkan Hasil Tes Formatif pada Kegiatan Bermain Peran

No
Uraian
Nilai Rata-2
Jumlah Siswa
Siswa  Tuntas
Siswa  Belum Tuntas
¦
%
¦
%
1
Pra Siklus
57,08
24
4
16,67
21
87,50
2
Siklus I
63,71
24
11
45,83
14
58,33
3
Siklus II
72,92
24
21
87,50
4
16,67

Penggunaan  bermain peran terbukti  sangat  membantu  dalam  membangkitkan   hasil belajar  siswa,  ini  terbukti  dari  hasil belajar  yang  diberikan  pada  setiap  siklusnya  mengalami  peningkatan di mana pada  kondisi awal hanya 57,08, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  63,71 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 72,92.  Demikian juga dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa, dari 4 siswa atau 16,67% pada prasiklus, menjadi 21 siswa atau 87,50% pada siklus terakhir.
Sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam perbaikan pembelajaran bahwa siswa yang dinyatakan tuntas belajar jika mendapat nilai tes formatif sebesar 70 ke atas dan jika 85% dari siswa telah tuntas belajarnya.  Untuk memperjelas kenaikan ketuntasan belajar siswa dan penurunan ketuntasan belajar siswa dapat dilihat pada diagram batang di bawah ini :














Gambar   4.2. Grafik Peningkatan Nilai Tes formatif pada Prasiklus, Siklus I, Siklus II

b.   Aspek Afektif
Dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PAI, diperoleh data pada aspek afektif sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel 4.15  Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Afektif pada Kegiatan Bermain Peran

No
Siklus
Kriteria Ketuntasan
Jumlah
B
%
T
%
1
Prasiklus
15
62,50
9
37,50
24
100,00
2
Siklus I
10
41,67
14
58,33
24
100,00
3
Siklus II
3
12,50
21
87,50
24
100,00

Dari tabel di atas terlihat bahwa pada prasiklus siswa belum tuntas sebanyak 15 atau 62,50%,  pada siklus I menurun menjadi 10 siswa atau 41,67%, sedang pada siklus II siswa yang belum tuntas hanya 3 siswa atau 12,50%.  Jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga meningkat cukup baik, dimana pada prasiklus hanya ada 9 siswa atau 37,50%, meningkat menjadi 14 siswa atau 58,33% ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%.  Dari penjelasan di atas dalam bentuk grafik sebagaimana gambar di bawah ini :  











Gambar   4.3. Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Afektif

c.    Aspek Psikomotor
Dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode bermain peran pada pembelajaran PAI, diperoleh data pada aspek psikomotor sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel 4.16  Rekapitulasi Hasil Observasi Aspek Psikomotor pada Kegiatan Bermain Peran

No
Siklus
Kriteria Ketuntasan
Jumlah
B
%
T
%
1
Prasiklus
18
75,00
6
25,00
24
100,00
2
Siklus I
8
33,33
16
66,67
24
100,00
3
Siklus II
3
12,50
21
87,50
24
100,00

Dari tabel di atas terlihat bahwa pada prasiklus siswa belum tuntas sebanyak 18 atau 75%,  pada siklus I menurun menjadi 8 siswa atau 33,33%, sedang pada siklus II siswa yang belum tuntas hanya 3 siswa atau 12,50%.  Jumlah siswa yang tuntas belajarnya juga meningkat cukup baik, dimana pada prasiklus hanya ada 6 siswa atau 25%, meningkat menjadi 16 siswa atau 66,67% ada siklus I dan pada siklus terakhir menjadi 21 siswa atau 87,50%.  Dari penjelasan di atas dalam bentuk grafik sebagaimana gambar di bawah ini  











Gambar   4.4. Grafik Peningkatan Aktifitas Siswa pada Aspek Kognitif

   Berdasarakan data-data yang berhasil dikumpulkan dan komentar-komentar tentang pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain peran tampak terjadi peningkatan secara signifikan pada kemampuan siswa aspek psikomotorik, afektif dan kognitif.  Pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung siswa sangat antusias. Keterlibatan siswa secara pada kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran menjadikan siswa mampu mengkonstruksi pengetahuan-pengetahuan baru yang diperolehnya sehingga pemahaman yang diperoleh akan lebih permanen. Kegiatan pembelajaran dengan metode bermain peran juga memberikan siswa pengalaman belajar tentang simulasi kehidupan nyata yang akan dihadapinya kelak. Dengan demikian siswa akan tidak canggung dalam menapak kehidupan selanjutnya.
   Keterampilan lain yang diperoleh dari pembelajaran dengan metode bermain peran adalah meningkatnya kemampuan berkomunikasi antar para siswa. Siswa belajar mengkomunikasikan pikirannya kepada siswa lainnya. Siswa juga belajar cara berkomunikasi secara efektif melalui peran-peran yang dilakukannya. Dampak lain dengan pelaksanaan pembelajaran dengan metode bermain peran  adalah pemahaman siswa bahwa Pendidikan Agama Islam sebagai pelajaran yang relatif kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari akan berubah. Siswa merasakan langsung dari  penerapan Pendidikan Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui betapa Pendidikan Agama Islam sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari diharapkan dapat menggugah kesadaran siswa untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam lebih serius sehingga lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.


 
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.