Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS VIII SMPN ....................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat
Bidang Pengembangan Profesi Guru
Oleh
……………………………..
NIP. ……………………………
SMP NEGERI ……………………
Jln. ………………………, Kecamatan .......................,
Kabupaten ………………… Provinsi ……………
2022
LEMBAR PENGESAHAN
1. |
Judul Penelitian |
Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah melalui Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 |
2. |
Identitas Peneliti a. Nama Lengkap b. NIP c. Pangkat. Golongan d. Tempat Tugas e. Kecamatan f. Kabupaten/Kota g. Provinsi h. Alamat Sekolah |
………………………… ………………………… ……………………………… SMPN ....................... ....................... ……………….. ………………. …………………….. |
3. |
Lama Penelitian |
3 bulan (Januari 2022 sampai dengan Maret 2022) |
4. |
Sumber Dana |
Swadaya |
Mengetahui ......................., 7 Maret 2022
Kepala Sekolah Peneliti
……………………… ……………………..
NIP. ………………….. NIP. ……………….
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
………………………………
NIP. …………………….
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI PERMAINAN BOLA VOLI MINI SISWA KELAS VIII SMPN ....................... SEMESTER 2
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Oleh
……………………………..
NIP. ……………………………
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini pada siswa kelas VIII SMPN ........................ Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data adalah melalui tes dan observasi aspek kognitif, afektif, psikomotorik dan aktivitas siswa. Validasi data menggunakan 2 jenis triangulasi, yaitu triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar menunjukkan angka 8 siswa atau 30,77% pada kondisi awal, meningkat menjadi 3 siswa atau 50,00% pada siklus pertama dan 24 siswa atau 92,31% pada siklus kedua. Adapun peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif pada kondisi awal terdapat 6 siswa tuntas atau 23,08% menjadi 13 siswa atau 50,00% pada siklus pertama dan pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 88,46% atau 23 siswa dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 58,08 pada kondisi awal menjadi 65,00 pada siklus pertama serta 71,54 pada siklus kedua, aspek afektif pada kondisi awal terdapat 9 siswa (34,62%) dinyatakan tuntas pada kondisi awal meningkat menjadi 14 siswa (53,85%) pada siklus pertama serta pada siklus II, persentase rata-rata mencapai 100% atau 26 siswa, serta pada aspek psikomotorik pada kondisi awal sebanyak 9 siswa atau 34,62% menjadi 14 siswa atau 53,85% pada siklus pertama dan pada siklus II, persentase rata-rata pengamatan sikap mencapai 92,31% atau 24 siswa. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa permainan bola voli mini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bawah siswa kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, bola voli mini
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur peneliti ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberi berbagai kenikmatan kepada peneliti sehingga bisa menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan judul “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah melalui Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022” tepat pada waktunya.
Kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian ini peneliti ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya, terutama kepada keluarga tercinta, istri dan anak tercinta, yang terus menerus menjadi motivator dan inspirator kebaikan dan kemuliaan. Semoga mereka menjadi hamba-hamba Allah SWT yang istiqamah, dan kepada sahabat-sahabat semoga kebaikan sahabat di balas oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Amin.
Dengan segala keterbatasan dan wawasan yang peneliti miliki, peneliti sangat sadar sekali bahwa laporan hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu peneliti berharap adanya masukan berupa kritik dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak bagi perbaikan penelitian sejenis kedepannya.
Peneliti menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak kekurangannya dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu peneliti mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang dapat digunakan sebagai pijakan berikutnya.
......................., Maret 2022
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... x
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................................. 1
B. Identifikasi Masalah .................................................................... 2
C. Rumusan Masalah ....................................................................... 3
D. Tujuan Penelitian ......................................................................... 3
E. Manfaat Penelitian ...................................................................... 3
BAB II LANDASAN TEORI
A. Kajian Teori................................................................................. 6
B. Kerangka Pikir Penelitian............................................................ 26
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 27
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian......................................................................... 28
B. Metode dan Rancangan Penelitian ............................................. 28
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 30
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 31
E. Validasi Data............................................................................... 32
F. Analisis Data................................................................................ 33
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 35
H. Indikator dan Kriteria Keberhasilan ........................................... 38
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 39
B. Hasil Penelitian............................................................................ 55
C. Pembahasan................................................................................. 58
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 64
B. Saran ........................................................................................... 65
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa................................... 33
Tabel 3.2 Kriteria Penilaian Aspek Kognitif Siswa..................................... 34
Tabel 3.3 Kriteria Penilaian Aspek Afektif................................................. 34
Tabel 3.4 Lembar Penilaian Aspek Psikomotorik........................................ 34
Tabel 3.5 Kriteria Penilaian Aspek Afektif, dan Psikomotorik .................. 35
Tabel 4.1 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Kondisi Awal Aspek Kognitif 39
Tabel 4.2 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Kondisi Awal Aspek Afektif 40
Tabel 4.3 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Kondisi Awal Aspek Psikomotorik 41
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal 42
Tabel 4.5 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Kognitif 45
Tabel 4.6 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Afektif. 46
Tabel 4.7 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada siklus I Aspek Psikomotorik 47
Tabel 4.8 Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal 48
Tabel 4.9 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada siklus II Aspek Kognitif 51
Tabel 4.10 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada siklus II Aspek Afektif 52
Tabel 4.11 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada siklus II Aspek Psikomotorik 53
Tabel 4.12 Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini Secara Klasikal pada Siklus II 54
Tabel 4.13 Rekapitulasi Penilaian Aspek Kognitif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 55
Tabel 4.14 Rekapitulasi Penilaian Aspek Afektif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 56
Tabel 4.15 Rekapitulasi Penilaian Aspek Psikomotorik pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 57
Tabel 4.16 Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 58
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Cara Melakukan Service Bawah dan Atas (Minarsih, 2010:75) 19
Gambar 2.2 Sikap Persiapan Pukulan Passing Bawah (M Yunus, 1992: 83) 20
Gambar 2.3 Pukulan Passing Bawah (Yunus M., 1992: 83)...................... 20
Gambar 2.4 Sikap Tangan Saat Passing Atas (Yunus M., 1992: 16) ........ 21
Gambar 2.5 Passing Atas (Yunus M., 1992: 16)........................................ 21
Gambar 2.6 Cara melakukan smes (Kurniadi, 2010:79)............................. 23
Gambar 2.7 Cara melakukan Bendungan (block) (Kurniadi, 2010:79)...... 24
Gambar 2.8 Bagan Kerangka Berfikir........................................................ 27
Gambar 3.1 Siklus Penelitian Tindakan Kelas (Arikunto, dkk (2010:16).. 29
Gambar 4.1 Diagram Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Kondisi Awal Aspek Kognitif 40
Gambar 4.2 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Kondisi Awal Aspek Afektif ................................................................................................ 40
Gambar 4.3 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Psikomotorik ................................................................................................ 41
Gambar 4.4 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini Secara Klasikal pada Siklus I 42
Gambar 4.5 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Kognitif 46
Gambar 4.6 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Afektif 47
Gambar 4.7 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus I Aspek Psikomotorik ................................................................................................ 48
Gambar 4.8 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini Secara Klasikal pada Siklus I 49
Gambar 4.9 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus II Aspek Kognitif 51
Gambar 4.10 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus II Aspek Afektif 52................................................................................................
Gambar 4.11 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini pada Siklus II Aspek Psikomotorik ................................................................................................ 53
Gambar 4.12 Diagram Data Hasil Pembelajaran Bola Voli Mini Secara Klasikal pada Siklus II 54
Gambar 4.13 Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Kognitif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................. 55
Gambar 4.14 Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Afektif pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................. 56
Gambar 4.15 Diagram Batang Peningkatan Hasil Belajar Aspek Psikomotorik pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II........................................................................... 57
Gambar 4.16 Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................................................. 58
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
Lampiran 1 Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 4 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 5 Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 6 Hasil Analisis Data (Daftar Nilai Hasil Tes Kognitif, Afektif, Psikomotorik dan Observasi Aktivitas Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 7 Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 8 Daftar Hadir Siswa
Lampiran 9 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam permainan bola voli ada beberapa bentuk teknik dasar yang harus dikuasai. Seperti proses belajar mengajar terutama di SMPN ....................... permainan bola voli sudah sering dilaksanakan, namun kadang kala salah satu teknik belum begitu dapat di kuasai. Hal ini menjadi persoalan terhadap siswa yang memiliki potensi dalam cabang olahraga tersebut. Oleh karena itu, tentunya dalam proses ini diharapkan ada sebuah model pembelajaran baru yang bisa memberikan konstribusi yang lebih baik dari kegiatan yang sebelumnya, sehingga nampak memikat kembali anak-anak yang memiliki potensi.
Seperti masalah yang di temukan di sekolah SMPN ......................., masih banyak siswa yang kurang menguasi salah satu teknik dasar permainan bola voli, yaitu teknik passing bawah. Sedangkan teknik passing bawah merupakan elemen yang penting dalam permainan bola voli. Penguasaan teknik passing bawah yang baik akan menentukan keberhasilan regu untuk membantu serangan yang baik. Apalagi jika dilakukan secara bervariasi, maka seluruh potensi penyerangan regu dapat dimanfaatkan dengan baik. Passing bawah merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli. Passing bawah ini bermanfaat sekali saat menerima servis dari pemain lawan, untuk menahan smash, dan mengembalikan / memantulkan bola. Hal ini yang menjadi kekhawatiran guru penjaskes di mana kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan passing bawah pada permainan bola voli. Untuk mengatasi masalah ini, upaya yang tepat adalah dengan adanya pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan yaitu baik dan benar yaitu di lakukan dengan menggunakan metode bagian keseluruhan.
Berdasarkan pengamatan awal di SMPN ....................... nilai pembelajaran bola voli khususnya passing bawah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2021/2022 dari jumlah 26 siswa, yang tuntas belajar sebanyak 6 atau 23,08% dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Dengan demikian ada kesenjangan antara harapan dengan kenyataan, karena sebagian besar siswa belum mencapai kompetensi yang ditetapkan kurikulum belajar termasuk materi passing bawah. Hal Ini membuktikan rendahnya tingkat penyerapan materi yang diajarkan.
Salah satu pengamatan dilakukan dalam pembelajaran bola voli mini dimana dalam pembelajaran tersebut terlihat pembelajaran terbagi menjadi dua kelompok, kelompok satu adalah mereka yang mahir dalam permainan bola voli mini dan kelompok dua adalah mereka yang belum mahir dalam permainan bola voli mini, dimana terlihat pada kelompok dua tersebut yang merupakan sebagian besar siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, hal itu disebabkan salah satunya oleh sarana prasarana dalam pembelajaran itu sendiri yaitu bola yang digunakan dan net yang terlalu tinggi, oleh karena permasalahan tersebut maka peneliti akan melakukan pemecahan masalah dengan memodifikasi permainan bola voli mini dengan harapan hal itu bisa meningkatkan pembelajaran bola voli mini yang ada. Modifikasi permainan bola voli dengan menggunakan ukuran net perempuan dan juga menggunakan bola plastik yang dilapisi spon bisa mempermudah pembelajaran dan menjadi solusi pembelajaran yang lebih bergairah pada siswa karena permainan ini hampir sama dengan permainan bola voli sesungguhnya hanya saja menggunakan bola plastik yang dilapisi spon dan net menggunakan ukuran perempuan. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah melalui Permainan Bola Voli Mini Siswa Kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022”.
B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Sebagian besar siswa masih terlihat belum terlibat aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran
2. Masih rendahnya aktivitas para siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,
3. Pembelajaran masih kurang menarik dan terkesan monoton,
4. Kemampuan teknik dasar bermain bola voli khususnya passing bawah siswa masih sangat rendah.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini siswa kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022?
2. Bagaimana peningkatan aktivitas belajar teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini siswa kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022?
3. Bagaimana peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini siswa kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang telah disebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah mengetahui hal-hal sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini siswa kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.
2. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini bagi kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.
3. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bawah melalui permainan bola voli mini bagi kelas VIII SMPN ....................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.
E. Manfaat Penelitian
1. Manfaat Teoritis
Sebagai sarana untuk menambah referensi dan bahan kajian dalam ilmu pengetahuan di bidang pendidikan dan untuk penelitian lanjut mengenai metode pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli mini untuk meningkatkan hasil pembelajaran Siswa kelas VIII SMPN ........................
2. Manfaat Praktis
a. Siswa
Dapat memberikan sumbangan bagi siswa dalam usaha meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa Di SMPN ........................
1) Meningkatkan minat siswa dan mengurangi kejenuhan dalam suatu permainan bola voli karena peraturan.
2) Menciptakan suasana yang menarik dan lebih variatif dalam proses pembelajaran bola voli, sehingga siswa akan lebih tekun dalam belajar.
3) Dengan modifikasi bola siswa mampu melakukan gerak dasar permainan bola voli dengan baik.
b. Guru Penjasorkes
1) Memberikan informasi kepada guru penjasorkes mengenai pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli mini.
2) Sebagai wahana mencari pengetahuan dan pengalaman di bidang penelitian, terutama penelitian tindakan kelas.
3) Untuk meningkatkan daya kreasi guru di sekolah dalam memilih dan mengembangkan media dan metode yang paling tepat.
4) Untuk meningkatkan kinerja guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional,
terutama dalam mengembangkan media dan membuat
modifikasi.
c. Sekolah
1) Memberikan sumbangan bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan informasi dan pemecahan masalah mengenai pembelajaran penjasorkes melalui permainan bola voli mini
2) Penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dan meningkatkan pembelajaran siswa khususnya dalam hal permainan bola voli
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih