Loggo
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SDN ......................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan III/c ke III/d
Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Oleh
.........................
NIP. .........................
SDN .........................
Alamat : ………………………. Kecamatan ……………….
Kabupaten ……………… Provinsi ………………….
2022
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH
1. |
Judul Penelitian |
Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 |
2. |
Identitas Peneliti a. Nama Lengkap b. NIP c. Pangkat. Golongan d. Tempat Tugas e. Kecamatan f. Kabupaten/Kota g. Provinsi |
......................... ......................... Penata, III/c SDN ......................... …………………….. ………………………. ………………………. |
3. |
Lama Penelitian |
3 (tiga) bulan dari bulan Juli 2022 s.d September 2022 |
4. |
Sumber Dana |
Swadaya |
Mengetahui ........................., 19 September 2022
Kepala Sekolah, Peneliti
......................... .........................
NIP. ......................... NIP. .........................
Mengesahkan
Pengawas Sekolah
……………………
NIP. ........................
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SDN ......................... SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Oleh
.........................
NIP. .........................
ABSTRAK
Penelitian tentang peningkatan peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN ......................... pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 5 guru di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 50,17 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal, menjadi 69,92 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan menjadi 87,83 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua. Adapun penjelasan ketuntasan secara individual pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 8 guru (53,33%) pada siklus pertama, dan 15 guru (100%) pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN ......................... pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : pembinaan, kooperatif, budaya literasi
KATA PENGANTAR
Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.
Penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan III/c. Dalam penulisan ini, peneliti mengambil judul : “Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”
Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun kearah perbaikan. Juga pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.
Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Aamiin Yarobal Alamin.
........................., September 2022
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ ii
ABSTRAK.......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR........................................................................................ iv
DAFTAR ISI....................................................................................................... v
DAFTAR TABEL............................................................................................... vi
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................ 1
B. Identifikasi Masalah.................................................................. 3
C. Rumusan Masalah ..................................................................... 4
D. Tujuan Penelitian ...................................................................... 4
E. Manfaat Penelitian ................................................................... 4
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori................................................................................. 6
B. Kerangka Pikir............................................................................. 19
C. Hipotesis Tindakan...................................................................... 21
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian ........................................................................ 22
B. Metode dan Rancangan Penelitian.............................................. 22
C. Subjek Penelitian.......................................................................... 23
D. Teknik dan Alat Pengumpulan Data ........................................... 23
E. Validasi Data............................................................................... 27
F. Teknik Analisa Data .................................................................... 27
G. Prosedur Penelitian ..................................................................... 27
H. Indikator Penelitian .................................................................... 30
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data............................................................................. 31
B. Hasil Penelitian............................................................................ 45
C. Pembahasan ................................................................................ 49
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ..................................................................................... 53
B. Saran ........................................................................................... 53
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Lembar Observasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Budaya literasi 26
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal......................................................................... 32
Tabel 4.2 Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal....................................................................................... 32
Tabel 4.3 Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Pertama........................................................................ 36
Tabel 4.4 Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Pertama ................................................................................. 36
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Kedua ......................................................................... 42
Tabel 4.6 Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Kedua .................................................................................... 42
Tabel 4.7 Rekapitulasi Penilaian Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II................................................... 47
Tabel 4.8 Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II..................................... 48
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 2.1 Kerangka Berpikir.................................................................. 21
Gambar 3.1 Langkah-langkah PTS ........................................................... 22
Gambar 4.1 Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II............................................................. 48
Gambar 4.2 Peningkatan Nilai Rata-Rata Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II............... 48
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 Surat Izin Penelitian
Lampiran 2 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 4 Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran 5 Daftar Hadir Kegaitan Pembinaan
Lampiran 6 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian
Lampiran 7 Berkas Pelaksanaan Seminar PTS
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Salah satu faktor penting yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kemajuan suatu bangsa adalah dengan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu juga bermartabat. Bangsa yang maju terlahir dari sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas baik. Untuk melahirkan SDM yang bermutu bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan dan hal tersebut menjadi salah satu tantangan dalam perangkat pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai suatu hal yang paling penting dalam suatu negara, karena maju dan tertinggalnya suatu negara tergantung pada kondisi pendidikannya. Sehingga pendidikan merupakan gerbang utama dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualiatas bagi kemajuan suatu bangsa dan negara.
Memposisikan pendidikan sebagai suatu peradaban bangsa berarti bahwa proses ini melibatkan seluruh elemen masyarakat. Salah satu elemen yang mendukung pendidikan adalah guru. Guru merupakan salah satu orang yang memiliki pengaruh besar terhadap pendidikan di sekolah. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas guru. Karena Jika kualitas diri seorang guru meningkat, tidak menutup kemungkinan bahwa kualitas pendidikan pun akan terus meningkat. Oleh karena itu, program pengembangan dan peningkatan kualitas guru merupakan hal yang penting. Peran guru di sekolah sangat penting agar tercapainya kegiatan belajar mengajar sesuai yang diinginkan. Sejalan dengan pendapat tersebut, maka dapat diartikan peran guru adalah ujung tombak bagi perkembangan anak di sekolah karena guru memiliki peran penting untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi dan unggul.
Era informasi identik dengan era literasi yang menggambarkan kemampuan berinteraksi, berkomunikasi, bahkan beraktualisasi tidak cukup hanya dinyatakan secara lisan, namun juga secara tertulis. Sulzby (1986) menjelaskan, literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Selanjutnya Sulzby juga menyatakan literasi secara sempit, yaitu literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Graff (2006) mengartikan literasi sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis.
Berhubungan dengan hal tersebut, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM yang handal adalah SDM yang literat. Artinya, keterampilan literasi (membaca dan menulis) yang dimiliki haruslah lebih mendominasi daripada keterampilan orasinya (menyimak dan berbicara). Kemampuan literasi yang tinggi sangat berpengaruh terhadap pemerolehan berbagai informasi yang berhubungan dengan usaha menjalani kehidupan (berkompetisi). Dengan memiliki informasi sebanyak-banyaknya akan membentuk SDM yang tidak hanya mampu menjalani hidupnya tetapi juga mampu menghargai hidup dan benkontribusi terhadap kemajuan bangsanya.
Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepala sekolah juga harus melakukan peningkatan profesionalisme sesuai dengan gaya kepemimpinannya, berangkat dari niat, kemauan dan kesediaan, bersifat memprakarsai dan didasari pertimbangan yang matang, lebih berorientasi kepada bawahan, demokratis, lebih terfokus pada hubungan daripada tugas serta mempertimbangkan kematangan bawahan.
Hasil pengamatan terhadap 15 guru yang menjadi subjek penelitian di SDN ......................... pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 didapatkan data bahwa hampir semua guru belum mampu membangun budaya literasi sesuai dengan petunjuk teknis yang menjadi acuan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil kegiatan awal penelitian dimana diperoleh data bahwa hanya terdapat 4 guru atau 26,67% yang berada dalam kriteria penilaian cukup, dan 11 guru atau 73,33% dalam penilaian kurang dan rata-rata hasil penilaian sebesar 50,17 dalam kriteria KURANG.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di sekolah adalah melalui pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif. Pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif adalah Suatu kegiatan yang diperuntukkan untuk memberikan bantuan yang pada umumnya berupa nasehat dan tuntunan untuk menyelesaikan persoalan/masalah yang bersifat teknis.
Oleh karena itu upaya peningkatan kompetensi terus dilakukan. Upaya ini diantaranya dengan mengadakan pembinaan profesional dengan memadukan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan pendekatan kooperatif yang dituangkan dalam bentuk penelitian tindakan sekolah dengan judul “Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023”
B. Identifikasi Masalah
Dari penjelasan pada latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang ada, diantaranya :
1. Rendahnya kompetensi guru dalam membangun budaya literasi dikarenakan kurangnya infomasi tentang budaya literasi yang dimiliki guru.
2. Implementasi budaya literasi masih rendah, hal tersebut disebabkan rendahnya kompetensi guru dalam membangun budaya literasi dengan bukti tidak lengkapnya kelengkapan administrasi yang dimiliki oleh guru.
C. Rumusan Masalah
Dari analisis masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka rumusan masalah dalam kegiatan penelitian ini adalah:
a. Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 ?
b. Bagaimana peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 ?
D. Tujuan Penelitian
Pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, peneliti mempunyai tujuan :
1. Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 .
2. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan, yang hasilnya diharapkan bermanfaat untuk :
1. Guru
a. Guru memiliki kemampuan menciptakan ide kreatif untuk membentuk budaya literasi.
b. Guru lebih mampu dalam mengembangkan budaya literasi yang ada di sekolah.
c. Guru memiliki kompetensi yang baik sebagai upaya meningkatkan dalam budaya literasi yang ada di sekolah.
2 Kepala Sekolah
a. Memiliki keterampilan dalam pembinaan profesional kepada guru khususnya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.
b. Memiliki inovasi dalam melaksanaan pembinaan profesional terhadap guru khususnya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.
c. Sebagai masukan bagi kepala sekolah secara pribadi dalam melaksanakan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif
3. Dinas Pendidikan
Memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi yang dapat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, workshop ataupun lainnya sebagai bentuk tindak lanjut upaya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih