Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Sunday, 14 May 2023

PTS KEPALA SEKOLAH DASAR

 

Loggo

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

 

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SDN ......................... SEMESTER 1

 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

 

 

Disusun Sebagai Salah Satu Syarat

Kenaikan Pangkat dari Golongan III/c ke III/d

Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

 

 

 

 

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

 

 

 

 

 

 

SDN .........................

Alamat : ………………………. Kecamatan ……………….

Kabupaten ……………… Provinsi ………………….

2022

HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH

 

 

1.

Judul Penelitian

Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023

2.

Identitas Peneliti

a.    Nama Lengkap

b.   NIP

c.    Pangkat. Golongan

d.   Tempat Tugas

e.    Kecamatan

f.    Kabupaten/Kota

g.   Provinsi

 

.........................

.........................

Penata, III/c

SDN .........................

……………………..

……………………….

……………………….

3.

Lama Penelitian

3 (tiga) bulan dari bulan  Juli 2022 s.d September 2022

4.

Sumber Dana

Swadaya

 

                   Mengetahui                                     ........................., 19 September 2022

               Kepala Sekolah,                                                         Peneliti

 

 

 

 

 

                .........................                                                   .........................

            NIP. .........................                                          NIP. .........................

 

Mengesahkan

Pengawas Sekolah

 

 

 

 

……………………

NIP. ........................

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MELALUI PEMBINAAN PROFESIONAL DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF DI SDN ......................... SEMESTER 1

 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

 

Oleh

 

.........................

NIP. .........................

 

ABSTRAK

 

Penelitian tentang peningkatan peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN .........................  pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian sebanyak 5 guru di SDN .........................  Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kegiatan observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangaluasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan guru  dalam pengembangan silabus dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran meningkat yakni dari nilai rata-rata dari 50,17 dengan kriteria nilai kurang pada kondisi awal,  menjadi 69,92 kriteria nilai cukup pada siklus pertama dan  menjadi 87,83 kriteria nilai sangat baik pada siklus kedua.  Adapun penjelasan ketuntasan secara individual pada kondisi awal belum ada guru yang dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 8 guru (53,33%) pada siklus pertama, dan 15 guru (100%) pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif terbukti dapat meningkatkan  peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN .........................  pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023.

 

Kata Kunci : pembinaan, kooperatif, budaya literasi

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

Puji syukur allhamdulillah peneliti panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga peneliti dapat menyelesaikan penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.

Penulisan Laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat dalam Kenaikan Pangkat ke Golongan III/c. Dalam penulisan ini, peneliti mengambil judul : Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023

Peneliti menyadari akan segala kekurangan dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini. Maka dari itu kepada pembaca diharapkan untuk memberi sumbang saran maupun kritik yang bersifat membangun kearah perbaikan. Juga pada kesempatan ini peneliti ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan guru yang telah membantu sampai selesainya laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dan semua pihak yang tidak sempat peneliti sebut namanya satu persatu atas segala bantuannya dalam penulisan laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini.

Peneliti berharap semoga Allah Swt. memberikan balasan yang berlipat ganda kepada mereka yang telah membantu.. Akhir kata peneliti mengharapkan kepada yang membaca agar bersedia memberikan saran dan kritik yang membangun demi penyempurnaan dan peningkatan mutu laporan penelitian tindakan sekolah (PTS) ini serta mudah-mudahan bermanfaat bagi peneliti khususnya dan pembaca umumnya. Aamiin Yarobal Alamin.

 

.........................,      September 2022

Peneliti

 

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i

HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii

ABSTRAK..........................................................................................................    iii

KATA PENGANTAR........................................................................................    iv

DAFTAR ISI.......................................................................................................     v

DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi

DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah............................................................     1

B.       Identifikasi Masalah..................................................................     3

C.       Rumusan Masalah .....................................................................     4

D.      Tujuan Penelitian ......................................................................     4

E.       Manfaat  Penelitian ...................................................................     4

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     6

B.  Kerangka Pikir.............................................................................   19

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   21

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian ........................................................................   22

B.  Metode dan Rancangan Penelitian..............................................   22

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   23

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   23

E.   Validasi Data...............................................................................   27

F.   Teknik Analisa Data ....................................................................   27

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   27

H.  Indikator Penelitian  ....................................................................   30

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   31

B.  Hasil Penelitian............................................................................   45

C.  Pembahasan ................................................................................   49

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   53

B.  Saran ...........................................................................................   53

 

DAFTAR PUSTAKA                       

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

DAFTAR TABEL

 

Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel      3.1    Lembar Observasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Budaya literasi                 26

Tabel      4.1    Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal.........................................................................         32

Tabel      4.2    Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal.......................................................................................         32

Tabel      4.3    Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Pertama........................................................................         36

Tabel      4.4 Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Pertama .................................................................................         36

Tabel      4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Kedua .........................................................................         42

Tabel      4.6    Rekapitulasi Peningkatan Kompetensi guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Siklus Kedua ....................................................................................         42

Tabel      4.7    Rekapitulasi Penilaian Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...................................................         47

Tabel      4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................         48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR GAMBAR

 

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar    2.1  Kerangka Berpikir..................................................................         21

Gambar    3.1   Langkah-langkah PTS ...........................................................         22

Gambar    4.1   Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.............................................................         48

Gambar    4.2   Peningkatan Nilai Rata-Rata Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membangun Budaya Literasi pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............         48

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran   1    Surat Izin Penelitian

Lampiran   2    Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran   3    Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran   4    Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran   5    Daftar Hadir Kegaitan Pembinaan

Lampiran   6    Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian

Lampiran   7    Berkas Pelaksanaan Seminar PTS


BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Salah satu faktor penting yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kemajuan suatu bangsa adalah dengan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu juga bermartabat. Bangsa yang maju terlahir dari sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas baik. Untuk melahirkan SDM yang bermutu bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan dan hal tersebut menjadi salah satu tantangan dalam perangkat pendidikan. Pendidikan dianggap sebagai suatu hal yang paling penting dalam suatu negara, karena maju dan tertinggalnya suatu negara tergantung pada kondisi pendidikannya. Sehingga pendidikan merupakan gerbang utama dalam melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualiatas bagi kemajuan suatu bangsa dan negara.

Memposisikan pendidikan sebagai suatu peradaban bangsa berarti bahwa proses ini melibatkan seluruh elemen masyarakat. Salah satu elemen yang mendukung pendidikan adalah guru. Guru merupakan salah satu orang yang memiliki pengaruh besar terhadap pendidikan di sekolah. Sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan kualitas guru. Karena Jika kualitas diri seorang guru meningkat, tidak menutup kemungkinan bahwa kualitas pendidikan pun akan terus meningkat. Oleh karena itu, program pengembangan dan peningkatan kualitas guru merupakan hal yang penting. Peran guru di sekolah sangat penting agar tercapainya kegiatan belajar  mengajar sesuai yang diinginkan. Sejalan dengan pendapat tersebut, maka dapat diartikan peran guru adalah ujung tombak bagi perkembangan anak di sekolah karena guru memiliki peran penting untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi tinggi dan unggul.

Era informasi identik dengan era literasi yang menggambarkan kemampuan berinteraksi, berkomunikasi, bahkan beraktualisasi tidak cukup hanya dinyatakan secara lisan, namun juga secara tertulis. Sulzby (1986) menjelaskan, literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Selanjutnya Sulzby juga menyatakan literasi secara sempit, yaitu literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis. Graff (2006) mengartikan literasi sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis.

Berhubungan dengan hal tersebut, salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh SDM yang handal adalah SDM yang literat. Artinya, keterampilan literasi (membaca dan menulis) yang dimiliki haruslah lebih mendominasi daripada keterampilan orasinya (menyimak dan berbicara). Kemampuan literasi yang tinggi sangat berpengaruh terhadap pemerolehan berbagai informasi yang berhubungan dengan usaha menjalani kehidupan (berkompetisi). Dengan memiliki informasi sebanyak-banyaknya akan membentuk SDM yang tidak hanya mampu menjalani hidupnya tetapi juga mampu menghargai hidup dan benkontribusi terhadap kemajuan bangsanya.

Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah harus memiliki kemampuan administrasi, memiliki komitmen tinggi dan luwes dalam melaksanakan tugasnya. Kepala sekolah juga harus melakukan peningkatan profesionalisme sesuai dengan gaya kepemimpinannya, berangkat dari niat, kemauan dan kesediaan, bersifat memprakarsai dan didasari pertimbangan yang matang, lebih berorientasi kepada bawahan, demokratis, lebih terfokus pada hubungan daripada tugas serta mempertimbangkan kematangan bawahan.

Hasil  pengamatan  terhadap 15 guru yang menjadi subjek penelitian di  SDN .........................  pada semester 1 tahun  pelajaran 2022/2023 didapatkan data bahwa hampir semua guru belum mampu membangun budaya literasi sesuai dengan petunjuk teknis yang menjadi acuan. Hal tersebut dibuktikan dari hasil kegiatan awal penelitian dimana diperoleh data bahwa hanya terdapat 4 guru atau 26,67% yang berada dalam kriteria penilaian cukup, dan 11 guru atau 73,33% dalam penilaian kurang dan rata-rata hasil penilaian sebesar 50,17 dalam kriteria KURANG.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di sekolah adalah melalui pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif. Pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif adalah Suatu kegiatan yang diperuntukkan untuk memberikan bantuan yang pada umumnya berupa nasehat dan tuntunan untuk menyelesaikan persoalan/masalah yang bersifat teknis.

Oleh karena itu upaya peningkatan kompetensi terus dilakukan. Upaya ini diantaranya dengan mengadakan pembinaan profesional dengan memadukan berbagai pendekatan salah satunya adalah dengan pendekatan kooperatif yang dituangkan dalam bentuk penelitian tindakan sekolah dengan judul “Peningkatan Kompetensi Guru Membangun Budaya Literasi melalui Pembinaan Profesional dengan Pendekatan Kooperatif di SDN ......................... Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023

B.  Identifikasi Masalah

Dari penjelasan pada latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang ada, diantaranya :

1.    Rendahnya  kompetensi  guru  dalam  membangun budaya literasi dikarenakan kurangnya infomasi tentang budaya literasi yang dimiliki guru.

2.    Implementasi budaya literasi masih rendah, hal tersebut disebabkan rendahnya kompetensi guru dalam membangun budaya literasi dengan bukti tidak lengkapnya kelengkapan administrasi yang dimiliki oleh guru.

C.  Rumusan Masalah

Dari analisis masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka rumusan masalah dalam kegiatan penelitian ini adalah:

a.       Bagaimana proses pelaksanaan kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN .........................    Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 ?

b.      Bagaimana peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif di SDN ......................... Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 ?

 

 

D.  Tujuan Penelitian

Pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, peneliti mempunyai tujuan :

1. Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di SDN .........................   Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023 .

2. Untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi melalui pola pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif  di SDN .........................    Semester 1  Tahun Pelajaran 2022/2023.

E.  Manfaat Penelitian

Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan, yang hasilnya diharapkan bermanfaat untuk :

1. Guru

a.  Guru memiliki kemampuan menciptakan ide kreatif untuk membentuk budaya literasi.

b.  Guru lebih mampu dalam mengembangkan budaya literasi yang ada di sekolah.

c. Guru memiliki kompetensi yang baik sebagai upaya meningkatkan dalam budaya literasi yang ada di sekolah.

2   Kepala Sekolah

a. Memiliki keterampilan dalam pembinaan profesional kepada guru khususnya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.

b. Memiliki inovasi dalam melaksanaan pembinaan profesional terhadap guru khususnya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.

c.  Sebagai masukan bagi kepala sekolah secara pribadi dalam melaksanakan pembinaan profesional dengan pendekatan kooperatif

 

 

3. Dinas Pendidikan

Memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi yang dapat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan, workshop ataupun lainnya sebagai bentuk tindak lanjut upaya peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi.


Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih