Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Thursday, 30 January 2020

PTK BK DAN BP KELAS X KURIKULUM 2013









LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MATERI STOP BULLYING  MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT QUESTION HAVE SISWA KELAS X IPS SMAN 2 ........................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018




Disusun dan Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari ..... ke .....





Oleh :

…………………………………
NIP. …………………….







SMA NEGERI 2 ........................
Jl. ......................................................................................... Kecamatan .................
Kabupaten ........................
2018

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Layanan Bimbingan dan Konseling Materi Stop Bullying  melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Question Have Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kecamatan
f.    Kabupaten/Kota
g.   Provinsi
h.   Alamat Kantor


..................................
..................................
..................................
SMAN 2 ........................
………………………
........................
………………………..
.........................................................................
.........................................................................
3.
Lama Penelitian
3 (tiga) bulan dari September 2018 sampai dengan November 2018
4.
Sumber Dana
Swadaya


                        Mengetahui                             ........................,    November 2018
                    Kepala  Sekolah                                               Peneliti




                ..................................                                ..................................
            NIP. ..................................                       NIP. ..................................

Mengesahkan
Pengawas Sekolah 




………………………………..
NIP. ………………………..



ABSTRAK

Berdasarkan kegiatan pra siklus pada layanan BK di Kelas X IPS SMAN 2 ........................ terdapat beberapa permasalahan pada layanan BK salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar siswa  pada layanan materi Stop Bullying. Tujuan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Stop Bullying  melalui penerapan pembelajaran kooperatif model student question have. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan analisis kuantitatif persentase. Hasil analsis data hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 20,00% atau 4 siswa  pada kondisi awal menjadi, 60,00% atau 12 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 90% atau 18 siswa meningkat motivasi belajarnya pada pelaksanaan layanan BK. Dari penjelasan mengenai hasil proses perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student question have dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................  pada Semester 1  Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : student question have, motivasi belajar




















KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah peneliti telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) di Kelas X IPS SMAN 2 ........................  pada Semester 1  Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah yang peneliti angkat berjudul  Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Layanan Bimbingan dan Konseling Materi Stop Bullying  melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Question Have Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018”
Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SMAN 2 ........................  . Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini peneliti sangat menghargai dan peneliti ucapkan terimakasih. Peneliti menyadari PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat peneliti harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.
            Sebagai akhir kata, peneliti berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang peneliti hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di SMAN 2 ........................   pada khususnya.                
      

........................,      November 2018

Peneliti





DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
ABSTRAK.........................................................................................................     iii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iv
DAFTAR ISI.....................................................................................................      v
DAFTAR TABEL..............................................................................................     vi
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................    vii
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah.........................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ..............................................................      3
C.   Rumusan Masalah ..................................................................      4
D.  Tujuan Penelitian....................................................................      4
E.   Manfaat Penelitian..................................................................      5
BAB      II     KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................      7
B.   Kerangka Berpikir .................................................................    24
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................    26
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.    Setting Penelitian....................................................................    27
B.     Desain dan Metode Penelitian................................................    28
C.     Subjek Penelitian ...................................................................    30
D.    Teknik Pengumpulan Data .....................................................    30
E.     Validitas Data.........................................................................    31
F.      Analisa Data ..........................................................................    33
G.    Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Penelitian.............................    33
H.    Indikator Keberhasilan...........................................................    37

BAB     IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data........................................................................    38
B.   Hasil Penelitian.......................................................................    55
C.   Pembahasan............................................................................    57

BAB      V     SIMPULAN DAN SARAN
A.  Simpulan ................................................................................    61
B.   Saran.......................................................................................    62

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   2.1     Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif................................      19
Tabel   3.1     Penilaian Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa.......................      32
Tabel   4.1     Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Kondisi Awal..........................      39
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi Awal                   39
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus I....................................      44
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Siklus I                     45
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus II..................................      62
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                   63
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Pra siklus,  Siklus I dan Siklus II                      55
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II             56
















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman

Gambar      2.1 Alur Kerangka Pemikiran.......................................................      26
Gambar      3.1  Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas (Rochiati Wiriaatmadja, 2006:62)             28
Gambar      4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                    55
Gambar      4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                 56
Gambar      4.3 Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II       ................................................................................................ 57














DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 
                                                                                                                                   
Lampiran    1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran    4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran    5     :    Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    6     :    Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II  
Lampiran    7     :    Daftar Hadir Siswa
Lampiran    8     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 
Lampiran    10   :    Berkas Berita Acara Seminar PTK





Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih