LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
PENINGKATAN
MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING MATERI STOP
BULLYING MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN
KOOPERATIF MODEL STUDENT QUESTION HAVE
SISWA KELAS X IPS SMAN 2 ........................ SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Disusun dan Diajukan sebagai
Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat Golongan
dari ..... ke .....
Oleh :
…………………………………
NIP. …………………….
SMA NEGERI 2 ........................
Jl. .........................................................................................
Kecamatan .................
Kabupaten ........................
2018
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa
pada Layanan Bimbingan dan Konseling Materi Stop Bullying melalui Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Model Student Question Have
Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kecamatan
f. Kabupaten/Kota
g. Provinsi
h. Alamat Kantor
|
..................................
..................................
..................................
SMAN
2 ........................
………………………
........................
………………………..
.........................................................................
.........................................................................
|
3.
|
Lama Penelitian
|
3 (tiga) bulan dari September 2018 sampai dengan November 2018
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
Mengetahui ........................,
November 2018
Kepala Sekolah
Peneliti
.................................. ..................................
NIP. .................................. NIP. ..................................
Mengesahkan
Pengawas
Sekolah
………………………………..
NIP. ………………………..
ABSTRAK
Berdasarkan
kegiatan pra siklus pada layanan BK di Kelas X IPS SMAN 2 ........................
terdapat beberapa permasalahan pada layanan BK salah satunya adalah rendahnya motivasi
belajar siswa pada layanan materi Stop
Bullying. Tujuan
dilaksanakannya perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan motivasi
belajar pada materi Stop Bullying melalui penerapan pembelajaran kooperatif model student question have. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart
yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan dan
observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah sebanyak 20
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data
dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data hasil belajar siswa dihitung dengan
menggunakan analisis kuantitatif persentase. Hasil analsis data hasil
penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar dari 20,00% atau 4 siswa pada kondisi awal menjadi, 60,00% atau 12 siswa, dan pada akhir siklus kedua menjadi 90% atau 18 siswa meningkat motivasi belajarnya pada pelaksanaan layanan BK. Dari penjelasan mengenai hasil proses
perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan model student question have dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa Kelas X
IPS SMAN 2 ........................ pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : student question have, motivasi belajar
KATA
PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur
kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah
peneliti telah dapat menyelesaikan
penyusunan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) di Kelas X IPS SMAN 2 ........................ pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Masalah yang peneliti
angkat berjudul “Peningkatan Motivasi Belajar Siswa pada Layanan Bimbingan dan Konseling
Materi Stop Bullying melalui Penerapan Pembelajaran
Kooperatif Model Student Question Have Siswa Kelas X IPS SMAN 2 ........................ Semester 1
Tahun Pelajaran 2017/2018”
Dalam
penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas
dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di
lingkungan SMAN 2 ........................ . Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini
peneliti sangat menghargai dan peneliti ucapkan terimakasih. Peneliti menyadari
PTK yang peneliti susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya
sangat peneliti harapkan kritik dan koreksi dari para pembaca maupun pihak yang terkait
untuk perbaikan penyusunan PTK di masa mendatang.
Sebagai akhir kata, peneliti
berharap dengan penyusunan PTK ini bisa
bermanfaat untuk mengevaluasi masalah yang peneliti hadapi dan
mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya
bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan
di SMAN 2 ........................ pada khususnya.
........................,
November 2018
Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
ABSTRAK......................................................................................................... iii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iv
DAFTAR ISI..................................................................................................... v
DAFTAR TABEL.............................................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.........................................................
1
B. Identifikasi Masalah .............................................................. 3
C. Rumusan Masalah .................................................................. 4
D. Tujuan Penelitian.................................................................... 4
E. Manfaat Penelitian.................................................................. 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Kajian Teori ........................................................................... 7
B. Kerangka Berpikir ................................................................. 24
C. Hipotesis Tindakan ................................................................ 26
BAB III METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian.................................................................... 27
B. Desain dan Metode
Penelitian................................................ 28
C. Subjek Penelitian ................................................................... 30
D. Teknik Pengumpulan Data ..................................................... 30
E. Validitas Data......................................................................... 31
F.
Analisa Data .......................................................................... 33
G. Prosedur Pelaksanaan
Kegiatan Penelitian............................. 33
H. Indikator Keberhasilan........................................................... 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data........................................................................ 38
B. Hasil Penelitian....................................................................... 55
C. Pembahasan............................................................................ 57
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan ................................................................................ 61
B. Saran....................................................................................... 62
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 2.1 Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif................................ 19
Tabel 3.1 Penilaian Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa....................... 32
Tabel 4.1 Rekapitulasi Hasil Tes
Formatif Kondisi Awal.......................... 39
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Observasi Motivasi Belajar Siswa pada Kondisi
Awal 39
Tabel 4.3 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif
Siklus I.................................... 44
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa
pada Siklus I 45
Tabel 4.5 Rekapitulasi Nilai Tes Formatif
Siklus II.................................. 62
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada
Siklus II 63
Tabel 4.7 Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Pra siklus, Siklus I dan Siklus II 55
Tabel 4.8 Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Kondisi Awal, Siklus
I dan Siklus II 56
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 2.1 Alur Kerangka Pemikiran....................................................... 26
Gambar
3.1 Tahap-tahap
Penelitian Tindakan Kelas (Rochiati Wiriaatmadja, 2006:62) 28
Gambar 4.1 Grafik
Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II 55
Gambar 4.2 Grafik
Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa
Pada Siklus I dan II 56
Gambar 4.3 Grafik
Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II ................................................................................................ 57
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 : Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 : Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 3 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus I
Lampiran 4 : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Siklus II
Lampiran 5 : Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran 6 : Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa Kondisi
Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran 7 : Daftar Hadir Siswa
Lampiran 8 : Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 9 : Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal,
Siklus I dan Siklus II
Lampiran 10 : Berkas Berita Acara Seminar PTK
Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih