Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Sunday, 2 October 2016

PTK PAI KELAS IX



LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  PAI MELALUI PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER SISWA  KELAS IX SMPN  ...........................
KABUPATEN ................................. SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2015/2016



Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan




Oleh :

…………..
NIP . ……………….







PEMERINTAH KABUPATEN .................................
SMPN ………………………………
Alamat : Jl. ………………………. ………………………………Kode Pos ….
2015

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar  PAI melalui Penerapan  Model Pembelajaran Learning Together Siswa  Kelas IX SMPN ...........................  Kabupaten ................................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.     Provinsi
g.    Alamat Kantor
h.    Telepon


3.
Lama Penelitian
3 (tiga) bulan
Dari bulan……………. s.d ………………..
4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                                .........., ...........................

Mengetahui,
Kepala Sekolah .................                                      Peneliti.



.........................................                                            .........................................
NIP. .................................                                           NIP. .................................

Mengetahui
Pengawas Sekolah




..........................................
NIP. .................................


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR  PAI MELALUI PENERAPAN  MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER SISWA  KELAS IX SMPN ...........................
KABUPATEN ................................. SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


…………………………………..…..
NIP . ……………….


ABSTRAK
Berdasarkan observasi di kelas IX SMPN ........................... Kabupaten ................................. terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PAI salah satunya adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar pada materi memahami Surat at-Tin Tujuan dilaksanakannya perbaikan pembelajaran tersebut adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi memahami Surat at-Tin pada siswa kelas IX SMPN ........................... Kabupaten ................................. Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari empat tahap; (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan dan observasi, (3) refleksi, dan (4) revisi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN ........................... sebanyak 24 siswa yang terdiri dari …… siswa laki-laki dan ….. siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Analisis data hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan analisis kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas belajarnya pada pra siklus sebanyak 57,92 meningkat menjadi 64,58 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,58  serta ketuntasan belajar siswa dari 3 siswa (12,50%) meningkat menjadi 13 siswa (54,17%) dan 23 siswa atau 95,83%) pada siklus kedua dan keaktifan siswa yang juga meningkat dari 6 siswa atau 25% menjadi 16 siswa atau 66,67% dan pada siklus terakhir menjadi 100%  atau 24 siswa.  Dari penjelasan mengenai hasil proses perbaikan pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penggunaan model learning together dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa IX SMPN ........................... Kabupaten ................................. Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci : learning together, keaktifan, hasil belajar






KATA PENGANTAR

            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTK ( Penelitian Tindakan Kelas) .......................Kabupaten .................................. Masalah yang kami angkat berjudul  Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar  PAI melalui Penerapan  Model Pembelajaran Learning Together Siswa  Kelas IX SMPN ...........................  Kabupaten ................................. Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016”
Dalam penyusunan PTK ini tentu saja tidak terlepas  dari kerja sama tim penyusun dan bantuan semua guru yang ada di lingkungan SDN ........................ Kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian PTK ini kami sangat menghargai dan kami ucapkan terimakasih. Kami menyadari PTK yang kami susun ini masih terdapat banyak kekurangan, oleh karenanya sangat kami harapkan kritik dan koreksi dari  para pembaca maupun pihak yang terkait untuk  perbaikan penyusunan PTK  di masa mendatang.
            Sebagai akhir kata, kami berharap dengan penyusunan PTK ini  bisa bermanfaat  untuk  mengevaluasi masalah yang kami hadapi dan mencari jalan penyelesaian yang terbaik dan terprogram, yang pada gilirannya bisa berimbas pada peningkatan mutu pendidikan  di .......................pada khususnya.                  
      
………………………..

Penulis







DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL...............................................................................................        i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................       ii
ABSTRAK..........................................................................................................      iii
KATA PENGANTAR.........................................................................................      iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................       v
DAFTAR TABEL................................................................................................      vi
DAFTAR GAMBAR...........................................................................................     vii
DAFTAR LAMPIRAN.......................................................................................    viii

BAB       I      PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah...........................................................      
B.   Identifikasi Masalah .................................................................       
C.   Pembatasan Masalah ...............................................................       
D.   Rumusan Masalah ...................................................................       
E.   Tujuan Penelitian......................................................................       
F.   Manfaat Penelitian....................................................................       
BAB       II     TINJAUAN PUSTAKA
A.   Kajian Teori ............................................................................       
B.   Kerangka Berpikir ...................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ..................................................................       
BAB      III    METODE PENELITIAN
A.     Setting Penelitian.......................................................................       
B.     Desain dan Metode Penelitian...................................................       
C.     Subjek Penelitian .....................................................................       
D.     Teknik Pengumpulan Data .......................................................       
E.      Validitas Data...........................................................................       
F.      Analisa Data ............................................................................       
G.     Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Penelitian.................................       
H.     Indikator Keberhasilan..............................................................       

BAB      IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.   Deskripsi Data.........................................................................       
B.   Hasil Penelitian.........................................................................       
C.   Pembahasan.............................................................................       

BAB       V     PENUTUP
A.   Simpulan .................................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                        Halaman

Tabel   2.1     Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif....................................         
Tabel   2.2     Sintak Pembelajaran Model Learning Together..............................         
Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa.............         
Tabel   3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar.......................................................         
Tabel   4.1     Rekapitulasi  Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...............................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi  Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal                                                                                                                
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus I........................................         
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa   Siklus I                    
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif   Siklus II.......................................         
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa   Siklus II                  
Tabel   4.6     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Pra siklus,  Siklus I dan Siklus II                 
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II                  


















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                   Halaman

Gambar       2.1 Desain baru Model Pembelajaran Learning Together..................         
Gambar       2.2 Alur Kerangka Pemikiran...........................................................         
Gambar       3.1  Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas (Rochiati Wiriaatmadja, 2006:62)                  
Gambar       4.1 Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II               
Gambar       4.2  Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                       
Gambar       4.3 ................................................................................................ Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II........         















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 
                                                                                                                                   
Lampiran     1     :    Surat Ijin Penelitian
Lampiran     2     :    Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran     3     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran     4     :    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran     5     :    Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran     6.a  :    Daftar Nilai Hasil Belajar Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II          
Lampiran     6.b  :    Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran        Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran     7     :    Daftar Hadir Siswa
Lampiran     8     :    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran     9     :    Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II 

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

PAI  merupakan pelajaran kehidupan, jadi  PAI  merupakan pelajaran  yang sangat konstektual karena sebagian besar materi yang diajarkan merupakan  cerminan kehidupan sehari-hari, jadi siswa dapat melihat secara langsung  praktek dari materi yang telah diajarkan tersebut dalam kehidupan mereka,  tentunya jika para peserta didik tersebut paham dan mengerti apa yang telah mereka pelajari, akan tetapi hal itu ternyata belum dapat dimengerti oleh para siswa tersebut, hal  ini dibuktikan dengan masih banyaknya siswa yang belum bisa menghormati teman-temannya, orangtuanya, bahkan terkadang guruya,  padahal materi saling menghormati juga dipelajari dalam pelajaran PAI, akan  tetapi materi tersebut ternyata belum membekas dalam diri siswa. Oleh karena  pentingnya pelajaran ini maka seharusnya guru mata pelajaran ini harus  merupakan guru yang benar-benar berkompeten dalam menyampaikan materi  tersebut kepada siswa, masih banyak materi PAI yang lain yang tidak kalah  penting.
Selain penelitian berdasarkan perilaku siswa sehari-hari, tentunya juga  sangat diperlukan penilaian dalam bentuk numeral seperti pemberian skor hasil  belajar, karena hal inilah yang akan menjadi bentuk laporan guru kepada orang  tua siswa sebagai hal yang konkrit, penilaian sangat diperlukan dalam pengajaran.
Selama ini prestasi yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran PAI dirasakan kurang sehingga perlu inisiatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Seperti pada temuan di lapangan tempat peneliti mengajar, menunjukkan adanya kesenjangan antara kondisi yang ada dengan kondisi yang kita harapkan. Pada studi pendahuluan bidang studi PAI  menunjukkan daya serap siswa masih rendah dalam memahami materi.
Metode yang konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan ceramah dengan komunikasi satu arah, yang aktif masih didominasi oleh guru, sedangkan siswa biasanya hanya memfokuskan penglihatan dan pendengaran. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa tidak bisa menerapkan pada kehidupan nyata. Disini guru dituntut untuk menerapkan model pembelajaran Learning Together sehingga siswa dapat mengemukakan ide dan argumentasinya selama proses pembelajaran. Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang tepat digunakan oleh guru juga menjadi salah satu faktor tercapainya keberhasilan dalam pendidikan.
Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses dan prestasi belajar di sekolah, yang diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal siswa. Faktor internal meliputi faktor dalam diri siswa seperti: kemampuan siswa, bakat, minat, perhatian, motivasi, sikap, cara belajar, dan lain-lain. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor dari luar siswa seperti kemampuan guru, suasana belajar, fasilitas belajar, model pembelajaran yang digunakan di dalam kelas, media pembelajaran yang digunakan, lingkungan sekolah, dan lain-lain (Slameto, 2013:54).
Berdasarkan hasil analisis terhadap permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa pada pembelajaran  PAI di kelas IX SMPN .......... disimpulkan bahwa permasalahan tersebut bermuara pada pembelajaran yang masih bersifat konvensional.  Dari siswa kelas IX SMPN  .................. yang berjumlah 24 anak, hanya 3 anak  (12,50%) yang mencapai kategori tuntas. Artinya sebagian besar siswa belum mencapai tingkat penguasaan materi 70% ke atas atau mendapat nilai 70, dengan tingkat keaktifan belajar sebesar 25% atau 6 orang siswa dari 24 siswa, serta perolehan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 57,92 dengan standar nilai KKM sebesar 70.
Pembelajaran masih belum didukung oleh pemilihan model pembelajaran yang dapat merangsang aktivitas siswa dalam pembelajaran. Dengan kenyataan semacam ini, perlu adanya perubahan dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran, diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pada akhirnya bisa meningkatkan prestasi belajar siswa tersebut.
Salah satu model pembelajaran yang bisa dikembangkan adalah model pembelajaran Learning Together (LT) . Pembelajaran Learning Together (LT) muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya. Siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah-masalah yang komplek. Jadi, hakikat sosial dan penggunaan kelompok sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran Learning Together (LT) (Trianto, 2007:41).
Tujuan diterapkannya model pembelajaran Learning Together (LT) adalah sebagai usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama siswa yang berbeda latar belakangnya. Jadi dalam pembe lajaran kooperatif siswa berperan ganda yaitu sebagai siswa ataupun sebagai guru (Trianto, 2007:41).
Keunggulan pembelajaran Learning Together (LT) dapat dicapai apabila kondisi pembelajaran diciptakan secara efektif, diantara keunggulan tersebut adalah dapat : (a) meningkatkan prestasi belajar, (b) meningkatkan hubungan antar kelompok, (c) meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar, (d) memadukan dan menerapkan pengetahuan dan ketrampilan, (e) menumbuhkan realisasi kebutuhan siswa untuk belajar berfikir, (f) meningkatkan perilaku dan kehadiran di kelas, (g) relatif murah karena tidak memerlukan biaya khusus untuk menerapkannya (Anitah, 2007:9).
Model pembelajaran Learning Together (LT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif dengan penggunaan kelompok pembelajaran heterogen dan menekankan terhadap interdependensi positif (perasaan kebersamaan), interaksi face to face atau tatap muka yang saling mendukung, saling membantu dan saling menghargai, serta tanggung jawab individual dan kelompok kecil demi keberhasilan pembelajaran. Ciri interdependensi positif pada model pembelajaran Learning Together (LT) siswa ditekankan bagaimana dapat mencapai tujuan kelompok. Tujuan kelompok dapat tercapai apabila terdapat kerja sama dan komunikasi yang baik antar siswa dalam proses pembelajaran.
Sedangkan interaksi tatap muka memiliki keuntungan untuk mempermudah komunikasi antar siswa sehingga informasi-informasi yang diperlukan dalam proses pembelajaran diterima dengan baik. Selanjutnya, tanggung jawab individual ditujukan agar setiap siswa telah dapat menguasai materi atau konsep sebelum diskusi kelompok berlangsung, sehingga saat diskusi proses bertukar informasi dapat berjalan secara aktif. Kelompok kecil yang terdapat pada Learning Together (LT) memberikan kemudahan pembagian tugas kepada masing masing siswa dalam kerja kelompok, sehingga semua siswa dapat berpartisipasi dalam diskusi kelompok.
Dengan segala asumsi yang ada pada model pembelajaran Learning Together, maka penerapan model pembelajaran ini akan dapat merangsang tumbuhkembangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, sehingga dengan demikian akan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. model pembelajaran Learning Together ini dipilih karena merupakan tipe yang paling sederhana dari berbagai model pembelajaran kooperatif dan diyakini cocok dengan situasi siswa yang cenderung belajar lebih efisien dalam kelompok atau belajar secara bersama-sama. Selain itu, tipe pembelajaran ini menunjukkan adanya keseimbangan peran antara guru sebagai salah satu sumber belajar dan peran aktif siswa dalam mengkontruksi pengetahuan secara individual dan sosial
Jika masalah ini dibiarkan berlanjut, jelas akan berdampak  buruk bagi proses dan hasil belajar. Dengan adanya kenyataan tersebut, peneliti  mencoba melakukan upaya perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas (PTK) pada pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin dengan menggunakan model pembelajaran Learning Together.

Identifikasi Masalah

Berdasarkan hal tersebut di atas, peneliti meminta bantuan teman sejawat dan kepala sekolah untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah sebagai berikut :
1.      Keaktifan siswa dalam belajar rendah.
2.      Model pembelajaran yang diambil tidak tepat
3.      Guru tidak mampu mengembangkan model dialog yang efektif, aktif dan kreatif
4.      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran dan penemuan informasi pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Rumusan Masalah

Melalui refleksi diri dan diskusi dengan teman sejawat, dapat disimpulkan rumusan  masalahnya, yaitu
Bagaimana proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together  pada siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin?
Bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi . memahami Surat at-Tin melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together?
Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together?

Tujuan Penelitian

Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah :

Untuk mengetahui proses pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together  siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin.

Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together.

Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa  kelas IX SMPN  ..................  dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin melalui penerapan pembelajaran kooperatif model learning together.

Manfaat Penelitian

Diharapkan penelitian ini dapat memberi manfaat pada siswa, guru dan sekolah sebagai berikut :
Manfaat Teoritis
Penelitian  ini  memberikan  data  empirik  bagi  kepentingan  peningkatan kualitas pengajaran di sekolah, khususnya yang berkaitan dengan  peningkatan  prestasi  siswa  dalam  belajar  PAI,  temuan  penelitian  ini  dapat  dijadikan  dasar  acuan  bagi  pengelolaan  pengembangan  strategi  dan  pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan pola pengembangan  metode mengajar, strategi belajar mengajar dan pengelolaan kelas.
Manfaat Praktis
a.   Bagi siswa 
Pelaksanaan PTK akan sangat membantu siswa dalam mencapai  tujuan pembelajaran secara optimal. Dengan adanya pembaharuan dalam  pembelajaran akan memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses  belajar mengajar, mengembangkan daya nalar dan mampu berpikir secara  kreatif, sehingga siswa termotivsi untuk mengikuti proses pembelajaran.
b.   Bagi guru (peneliti)
Pelaksanaan PTK dapat membuat guru sebagai peneliti sedikit demi  sedikit mengetahui strategi, media maupun metode pembelajaran yang  sesuai dengan tujuan atau kompetensi dasar pembelajaran. Selain  itu guru  dapat menyadari bahwa alam penciptaan kondisi pembelajaran selain  penguasaan metode, strategi dan media juga diperlukan kreatifitas yang  tinggi sehingga apa yang diterapkan sesuai dengan tingkat kemampuan  siswa yang sedang belajar.
c.   Bagi sekolah
Hasil PTK sangat bermanfaat dalam rangka perbaikan sistem  pembelajaran, dan bagi guru yang lain dapat digunakan sebagai referensi  dalam memilih dan menerapkan suatu strategi, metode atau media yang  sesuai dengan tujuan atau kompetensi pembelajaran tertentu.  



BAB III
METODE PENELITIAN

A.     Setting Penelitian


1.   Tempat Penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di kelas IX SMPN  .................. Tahun Pelajaran 2015/2016. Penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subjek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis.
Alasan pemilihan lokasi di  IX SMPN …………….  tersebut karena Peneliti  merupakan  tenaga  pengajar  (guru)  di  Sekolah tersebut. Hal  tersebut  akan  mempermudah  peneliti  untuk mengumpulkan  data  yang  dibutuhkan  dalam  penelitian  dan  tidak  akan mengganggu  aktivitas  serta  efektivitas  kegiatan  belajar  mengajar  siswa, guru lain maupun tugas peneliti sebagai pengajar.
2.   Waktu Penelitian
Waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah 3 bulan, yaitu dari bulan Juli 2015 sampai dengan September 2016 dengan perhitungan waktu kurang lebih 12 minggu. Secara lebih rinci sebagaimana dijelaskan pada bagian lampiran 2 tentang Jurnal Kegiatan Penelitian.

B.     Desain dan Metode Penelitian

Setiap  tindakan  dilakukan  secara  berdaur  ulang  (siklus) menggunakan  prosedur  sesuai  dengan  tahapan  dikemukakan  oleh  Kemmis  dan  Mc.  Taggart  (dalam  Ningrum,  2009:  2).  Bahwa langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari empat langkah yaitu merencanakan, melakukan tindakan, melakukan pengamatan, dan melakukan refleksi seperti tampak pada gambar di bawah ini :




Alur PTK













Gambar   3.1  Tahap-tahap Penelitian Tindakan Kelas (Rochiati Wiriaatmadja, 2006:62)

Menurut Susilo H (2003 : 23) dalam melaksanakan PTK ada beberapa langkah-langkah terperinci yang seharusnya diikuti oleh peneliti/guru, yaitu: a) perencanaan, b) implementasi tindakan, c) observasi, dan d) refleksi. Penjelasan secara rinci dapat dilihat pada uraian di bawah ini :
  1. Perencanaan
Penentuan perencanaan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu perencanaan umum dan perencanaan khusus. Perencanaan umum dimaksudkan untuk menyusun rancangan  yang meliputi keseluruhan aspek yang terkait PTK. Sementara itu, perencanaan khusus  dimaksudkan untuk menyusun rancangan dari siklus per siklus. Oleh karenanya dalam  perencanaan khusus ini tiap kali terdapat perencanan ulang (replanning). Hal–hal yang direncanakan di antaranya terkait dengan pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, teknik atau strategi pembelajaran, media dan materi pembelajaran, dan  sebagainya. Perencanaan dalam hal ini kurang lebih hampir sama dengan apabila kita menyiapkan suatu kegiatan belajar mengajar. Biasanya perencanaan dimasukkan ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan juga dapat dimasukkan ke dalam silabus mata pelajaran yang bersangkutan.
  1. Pelaksanaan
Implementasi tindakan pada prinsipnya merupakan realisasi dari suatu tindakan  yang sudah direncanakan sebelumnya. Strategi apa yang digunakan, materi apa yang diajarkan atau dibahas dan sebagainya. PTK bersifat emansipatoris dan membebaskan (Liberating), karena mendorong kebebasan guru dalam berpikir dan berargumentasi dalam bereksperimen, meneliti, dan mengambil keputusan atau judgment. Pekerjaan utama seorang guru adalah mengajar, sehingga dalam melakukan PTK seyogyanya tidak berpengaruh pada komitmennya sebagai pengajar. Adanya kebebasan  dalam PTK di sekolah justru harus menyulut guru melakukan inovasi dalam proses pembelajarannya di kelas dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.
  1. Pengamatan
Pengamatan, observasi atau monitoring dapat dilakukan sendiri oleh peneliti atau  kolaborator, yang memang diberi tugas untuk hal itu. Pada saat memonitoring pengamat haruslah mencatat semua peristiwa atau hal yang terjadi di kelas penelitian. Misalnya mengenai kinerja guru, situasi kelas, perilaku dan sikap siswa, penyajian atau  pembahasan materi, penyerapan siswa terhadap materi yang diajarkan, dan sebagainya. Metode pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang  berlebihan dari guru sehingga tidak berpeluang mengganggu proses pembelajaran.  Dengan kata lain sejauh mungkin harus menggunakan prosedur pengumpulan data yang dapat ditangani sendiri oleh guru sementara ia tetap aktif berfungsi sebagai guru yang bertugas secara penuh.
  1. Refleksi
Pada prinsipnya yang dimaksud dengan istilah refleksi ialah perbuatan merenung  atau memikirkan sesuatu atau upaya evaluasi yang dilakukan oleh para kolaborator atau partisipan yang terkait dengan suatu PTK yang dilaksanakan. Refleksi ini dilakukan  dengan kolaboratif, yaitu adanya diskusi terhadap berbagai masalah yang terjadi di kelas  penelitian. Dengan demikian refleksi dapat ditentukan sesudah adanya implementasi tindakan dan hasil observasi. Berdasarkan refleksi ini pula suatu perbaikan tindakan  (replanning) selanjutnya ditentukan.

C.     Subjek Penelitian

Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN  .................. Kabupaten ................... dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa terdiri dari siswa laki-laki ….. siswa dan perempuan ….siswa.

D.    Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.      Observasi
Observasi dilakukan oleh peneliti selama proses pembelajaran berlangsung. Observasi bertujuan untuk mengamati proses pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode diskusi dan mengamati perilaku siswa yang tampak pada saat pembelajaran berlangsung.
2.      Tes
Tes dilaksanakan pada akhir pembelajaran dari setiap siklus. Dengan memberikan soal kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.
3.      Dokumentasi
Dokumentasi digunakan untuk memperkuat data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, wawancara dan tes. Dokumentasi dilakukan untuk melihat catatan-catatan atau arsip-arsip yang dilakukan dalam penelitian. Dokumen-dokumen tersebut antara lain berupa arsip RPP, hasil observasi, hasil pekerjan siswa yang dapat memberi informasi data, tugas, hasil tes. Selain itu dokumen digunakan untuk memberikan gambaran secara visual mengenai kegiatan siswa. Dokumen berupa foto-foto yang diambil selama proses pembelajaran berlangsung.

E.     Validitas Data

Suatu instrumen dinyatakan telah memiliki validitas (kesahihan atau ketepatan) yang baik “jika instrumen tersebut benar-benar mengukur apa yang seharusnya hendak diukur” (Nunnally, 1978:86). Validitas instrumen lebih tepat diartikan sebagai derajat kedekatan hasil pengukuran dengan keadaan yang sebenarnya (kebenaran), bukan masalah sama sekali benar atau seluruhnya salah. Dalam hal ini, seseorang tidak melakukan validitas instrumen semata-mata, melainkan melaksanakan validitas penggunaan dimana instrumen ada di dalamnya. Sebagaimana dinyatakan oleh Gronlund dan Linn (1990) dalam Herawati Susilo (2009), validitas mengacu pada ketepatan interpretasi yang dibuat dari data yang dihasilkan oleh suatu instrumen dalam hubungannya dengan suatu tujuan tertentu. Contohnya, sebuah tes yang dipakai untuk keperluan seleksi mahasiswa baru mungkin valid untuk tujuan tersebut, namun kurang atau tidak valid untuk tujuan tersebut.
Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan maksud untuk mengecek kebenaran data yang diperoleh dan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Kebenaran hasil wawancara dengan wali kelas dapat dibandingkan dengan arsip atau dokumen maupun melalui pengarnatan ketika proses belajar berlangsung. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data dari guru kelas maupun anak. Sedangkan triangulasi metode dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data yang sama. Observasi dapat dicek kebenarannya dari arsip atau dokumen dan wawancara.

F.      Analisa Data

Data yang dikumpulkan dari hasil belajar siswa berdasarkan hasil observasi berupa angka atau data kuantitatif, untuk mengetahui apakah ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa seperti yang diharapkan dilakukan dengan cara menghitung persentase kemudian dideskripsikan. Perolehan nilai setiap siswa melalui tes hasil belajar secara tertulis diolah dengan rumus:
1.    Keaktifan Belajar Siswa
Komponen-komponen yang diamati atau dinilai dari keaktifan siswa adalah kegiatan belajar mereka selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan 12 indikator. Penjelasan mengenai penilaian hasil observasi keaktifan belajar siswa sebagaimana tabel di bawah ini.
Tabel 3.1Kriteria Penilaian Hasil Observasi Keaktifan Belajar Siswa

No
Rentang Nilai
Kategori
Keterangan
1
89-100
Sangat Baik
Tuntas
2
79-88
Baik
Tuntas
3
69-78
Cukup
Belum Tuntas
4
<69
Kurang
Belum Tuntas

2. Data Hasil Belajar
Hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitaif, sedangkan skala nilai yang digunakan adalah rentang nilai 10 sampai dengan 100. Menurut Arikunto (2011:45) analisis data dimaksudkan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Perolehan nilai setiap siswa melalui tes hasil belajar menggunakan kriteria sebagai berikut :
Tabel 3.2 Kriteria Penilaian Hasil Belajar

No
Nilai
Kriteria
Keterangan
1
<70
Belum Tuntas

2
>=70
Tuntas


Perolehan nilai setiap siswa melalui tes hasil belajar secara tertulis diolah dengan rumus :
1.      Ketuntasan Belajar


Keterangan :
a = % nilai 70 ke atas
b = Jumlah siswa tuntas belajar
c = jumlah seluruh siswa

2.      Nilai Rata-rata



Keterangan :
X     =   Nilai Rata-rata kelas
∑Y  =   Jumlah nilai seluruh siswa
N    =   Jumlah siswa

G.    Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Penelitian

Siklus kegiatan dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan diterapkan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI melalui metode diskusi. pendekatan ini mampu mengaktifkan siswa dalam belajar khususnya mata pelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin di kelas IX SMPN  ..................  Tahapan dalam penelitian ini disusun melalui siklus penelitian.
Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan kegiatan penelitian dengan tahapan-tahapan kegiatan sebagai berikut :
Pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti pada siklus pertama adalah sebagai berikut :
Siklus Pertama
1.    Perencanaan
a.    Menyiapkan dan mengidentifikasikan segala kebutuhan sarana dan prasarana model pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Learning Together.
b.    Mensosialisasikan model pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Learning Together
c.    Peneliti menyiapkan lembar observasi, pendokumentasian, lembar refleksi, RPP, dan evaluasi.
2.    Tindakan
a.    Peneliti memberikan informasi awal tentang jalannya pembelajaran yang menerapkan model kooperatif tipe learning together dan tugas yang harus dikerjakan siswa secara singkat, jelas, dan penuh suasanah kehangatan.
b.    Peneliti memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran secara singkat dan jelas.
c.    Peneliti membagi siswa menjadi lima kelompok hiterogen
d.    Mengajak siswa memilih topik untuk timnya masing-masing.
e.    Setelah memilih topik dari topik tersebut dibagikan tugas kepada setiap anggota tim.
f.      Setiap siswa akan bekerja secara individual
g.    Setelah para siswa menyelesaikan kerja individual mereka, mereka mempresentasikan topik kecil mereka kepada teman satu timnya.
h.    Para siswa didorong untuk memadukan semua topik kecil dalam presentasi tim.
i.      Setelah tugas individu terkumpul dalam satu tim dan dipadukan maka tim akan mempresentasikan dari hasil kerja satu tim.
j.      Semua tim mengevaluasi dari tim yang sedang mempresentasikan tugasnya.
k.    Peneliti hanya sebagai fasilitator dan pemantapan materi dan mengkondisikan kelas.
l.      Setelah semua tim mempresentasikan hasil kerjanya peneliti memberikan pertanyaan dan tugas/soal yang harus dikerjakan secara individu untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang telah dipelajari.
m.  Melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut (memberikan tugas/PR secara individual kepada para siswa tentang materi yang telah dipelajari).
3.    Pengamatan
a.    Guru mitra (sebagai pengamat) mengamati aktivitas siswa setiap kelompok dan keaktifan siswa dalam diskusi.
b.    Secara kolaborasi-partisipatif guru mitra mengamati jalannya proses pembelajaran.
c.    Guru mengamati setiap aktifitas setiap siswa saat melakukan diskusi.
d.    Mengamati aktivitas siswa selama pelaksanaan presentasi tim.
e.    Mengamati/mencatat siswa yang aktif, berani bertanya kepada guru, berani menerangkan di depan kelas dan mengerjakan tugas di papan tulis.
4.    Refleksi
a.    Menganalisis hasil pengamatan untuk membuat simpulan sementara terhadap pelaksaaan pembelajaran model kooperatif tipe learning together pada siklus I, termasuk kemungkinan mengubah susunan anggota kelompok berdasarkan efektifitas kinerja kelompoknya.
b.    Mendiskusikan dengan guru mitra hasil analisis untuk tindakan perbaikan pada pelaksanaan kegiatan penelitian dalam siklus II.
Siklus Kedua
Siklus II Pada dasarnya, semua kegiatan pada siklus II mirip dengan kegiatan pada siklus I, karena siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, terutama didasarkan atas hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II ini diharapkan efektifitas kerja kelompok setiap siswa meningkat dan pada akhirnya tujuan penelitian tercapai. Adapun tahapan-tahapan dalam siklus II adalah sebagai berikut:
1.    Perencanaan
a.    Menyiapkan dan mengidentifikasi segala kebutuhan sarana dan prasarana model pembelajaran dengan menggunakan model learning together.
b.    Menyiapkan pembentukan kelompok berdasarkan hasil belajar siswa dari siklus I.
c.    Peneliti menyiapkan lembar observasi, pendokumentasian, lembar refleksi, RPP, dan evaluasi dengan mengacu pada hasil refleksi siklus I.
2.    Tindakan
a.    Peneliti memberikan motivasi sebelum mengajarkan materi pembelajaran.
b.    Peneliti memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran secara singkat dan jelas.
c.    Peneliti membagi lima kelompok berdasarkan hasil belajar siswa dari refleksi pada siklus I.
d.    Memberikan materi tentang pembelajaran kepada setiap kelompok untuk dibaca, difahami dan didiskusikan serta membuat ringkasan dari setiap materi yang dipelajari.
e.    Guru mitra sebagai pengamat berkeliling mengawasi kinerja kelompok.
f.      Setelah selesai berdiskusi dan menyimpulkan materi setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulan yang yang telah mereka simpulkan.
g.    Kemudian peneliti juga selaku guru mengkondisikan kelas seperti semula dan menanyakan apabilah ada persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompoknya.
h.    Peneliti memberikan pertanyaan dan tugas/soal yang harus dikerjakan secara individu untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.
i.      Melakukan kesimpulan, klarifikasi dan tindak lanjut (memberikan tugas/PR secara individual kepada para siswa tentang materi yang telah dipelajari).
3.    Pengamatan
a.    Guru mitra (sebagai pengamat) mengamati aktivitas siswa setiap kelompok dan keaktifan siswa dalam diskusi.
b.    Secara kolaborasi-partisipatif guru mitra mengamati jalannya proses pembelajaran.
c.    Guru mengamati setiap aktifitas setiap siswa saat melakukan diskusi.
d.    Mengamati aktivitas siswa selama pelaksanaan presentasi tim.
e.    Mengamati/mencatat siswa yang aktif, berani bertanya kepada guru, berani menerangkan didepan kelas atau berani mengerjakan tugas di papan tulis.
4.    Refleksi
a.    Menganalisis hasil pengamatan untuk membuat kesimpulan terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran model kooperatif tipe learning togerther.
b.    Menganalisis hasil belajar siswa.

H.    Indikator Keberhasilan

Indikator  untuk mengukur tingkat keberhasilan upaya perbaikan adalah sebagai berikut.
1.      Siswa dinyatakan tuntas belajar bila menguasai materi pembelajaran sebesar 85% atau mendapat nilai 70.
2.      Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa tuntas belajar.
3.      Proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa terlibat secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung.


BAB V
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Pada bab ini, akan diuraikan mengenai hasil kesimpulan dan saran. Kesimpulan  merupakan  hasil  dari  penelitian  yang  telah  dijabarkan sebelumnya,  sedangkan  saran  merupakan  pendapat  peneliti  untuk  hasil penelitian lebih lanjut.
1.      Penerapan pembelajaran kooperatif model learning together dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin mampu meningkatkan sikap kritis siswa yang tercermin dalam peningkatan pemahaman terhadap materi ajar di kelas IX SMPN  ................... Penerapan pembelajaran kooperatif model learning together yang divariasikan dengan mengerjakan lembar kerja dalam pembelajaran mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Proses pembelajaran yang menyenangkan melalui pembentukan kelompok belajar pada siswa, mampu membuat siswa belajar lebih aktif dan mandiri dalam mencari informasi baru. Kerja sama belajar dalam kelompok juga mendorong siswa yang tuntas membantu siswa yang belum tuntas. Hal Ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model learning together  mampu mendorong siswa untuk lebih meningkatkan perhatian dan motivasi dalam pembelajaran sehingga hasil belajar lebih meningkat. Kondisi kelas yang kondusif untuk belajar berdampak positif juga terhadap peningkatan pemahaman materi dan keterlibatan aktif siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat.
2.      Penerapan pembelajaran kooperatif model learning together dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin mampu meningkatkan keaktifan siswa dari 6 siswa atau 25% menjadi 16 siswa atau 66,67% dan pada siklus terakhir menjadi 100%  atau 24 siswa.
3.      Penerapan pembelajaran kooperatif model learning together dalam pembelajaran PAI materi memahami Surat at-Tin mampu meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar di mana pada pra siklus sebesar 57,92 meningkat menjadi 64,58 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,58  serta ketuntasan belajar siswa dari 3 siswa (12,50%) meningkat menjadi 13 siswa (54,17%) dan 23 siswa atau 95,83%) pada siklus kedua.
B.     Saran
Sesuai kesimpulan di atas beberapa hal dapat dilakukan seorang guru demi peningkatan hasil pembelajaran adalah sebagai berikut :
a.       Bagi Siswa
1)   Hendaknya siswa lebih memperhatikan ketika proses belajar mengajar, agar dapat memahami materi-materi yang diberikan guru.
2)   Kepada para siswa untuk lebih meningkatkan konsentrasi dan motivasi pada saat proses belajar mengajar, karena materi yang disampaikan oleh guru perlu dicerna dan dipahami, dan khususnya siswa hendaknya senantiasa mengembangkan motivasinya dalam belajar karena  belajar merupakan bekal hidup yang sangat penting untuk kehidupan sekarang maupun pada masa yang akan datang.
b.      Bagi Guru
1)   Guru harus menghindari kecenderungan mengejar target pencapaian kurikulum, karena muatan kurikulum sudah di perhitungkan berdasarkan alokasi waktu dan hari efektif. Kecenderungan ini menyebabkan pembelajaran PAI menjadi monoton sehingga membosankan siswa.
2)   Guru dituntut lebih kreatif mengembangkan model pembelajaran serta mencari informasi-informasi terkini yang berkaitan dengan pembelajaran PAI.
c.       Bagi Sekolah
1)   Pembelajaran kooperatif model learning together ini dapat dijadikan sebagai metode alternatif yang diaplikasikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan proses pembelajaran siswa dan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, maka dari itu agar guru kreatif sarana dan prasarana harus dilengkapi untuk  mendukung kelancaran kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran PAI dan mata pelajaran lain pada umumnya.
2)   Pengoptimalan sarana dan prasarana serta penyediaan alat dan media sebagai penunjang yang mendukung pelaksanaan pembelajaran agar siswa lebih aktif dan termotivasi dalam penerapan pembelajaran kooperatif model learning together.



Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan : klik DOWNLOAD atau hub. (WA) 081327121707 - (WA) 081327789201 terima kasih