Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 3 May 2016

PTK KIMA SMA MATERI KONSEP OKSIDASI DAN REDUKSI




Loggo




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KONSEP OKSIDASI DAN REDUKSI

                                             SISWA DI KELAS X  SMAN 1 .................




Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ...... ke ......








Oleh

..........................................
NIP. ..............................








DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ...............................
SMAN 1 .................
Jl. ..............................................................
201...

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Di Kelas X SMAN 1 .................
      b.   Bidang Ilmu                         : Kimia
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 .................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 .................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 ................. dengan lancar. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ke …….
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ,…………….  atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kabupaten  …………. , atas Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMAN 1 ................. yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN 1 ................. yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Rumusan Masalah .................................................................       
C.       Batasan Masalah ....................................................................       
D.      Tujuan Penelitian ...................................................................       
E.       Manfaat Penelitian ................................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Data dan Sumber Data...........................................................       
C.       Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
D.      Teknik Analisa Data ..............................................................       
E.       Rancangan Penelitian.............................................................       
F.        Indikator Kinerja ...................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN







DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Pengamatan Kreativitas Siswa..............
TAbel  3.2     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................
Tabel   4.1     Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal
Tabel   4.2     Rekapitulasi  Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal                                                                                                        
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran kimia pada  Siklus I
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran kimia Materi Reaksi redoks Pada  Siklus I...................................................................
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran kimia  pada   Siklus II
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Pembelajaran kimia Materi Reaksi redoks  Siklus II
Tabel   4.7     Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II
Tabel   4.8     Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I dan Siklus II
                    



















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  2.1     Kerangka Pemikiran Penerapan Model Koopertif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dengan Pendekatan Saintifik.................................................................
Gambar  3.1     Spiral Penelitian Tindakan Kelas Model Kemmis & Mc Taggart (Pardjono dkk, 2007: 22) 
Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II         
Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II       
Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Pada Siklus I dan II        



























DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II


Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
DAFTAR LAMPIRAN TOLONG DISESUIKAN
CATT :
Semua file yang ada tulisan cetak, dicetak !




                  







ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia dan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik di kelas X SMAN 1 .................. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh kelas X SMAN 1 ................. tahun ajaran 201../201.. yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes, yang terdiri dari posttest dan lembar observasi. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, dan rata-rata skor observer. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa.
Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) yang divariasikan dengan mengerjakan lembar kerja dalam pembelajaran mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dari 45% (9 siswa) pada kondisi awal, meningkat menjadi 13 siswa (65%) pada siklus pertama dan  pada akhir pelaksanaan pembelajaran siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 100%. kerja sama antar kelompok dalam diskusi mampu memotivasi siswa dalam pembelajaran sehingga dapat  meningkatkan prestasi belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar yang terus meningkat.  Hal ini dibuktikan dengan peningkatan  perolehan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 58,00 meningkat menjadi 63,00 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,50 dengan tingkat ketuntasan belajar dari 4 siswa (20) menjadi 9 siswa (45%) dan 19 siswa (95%) pada siklus kedua.



 Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Tipe Team Games Tournament

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memegang peranan yang penting dalam proses peningkatan sumber daya manusia. IPA berkaitan dengan cara mencari tahu tentang gejala alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di kehidupan sehari-hari (Depdiknas, 2003). Kimia merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari tentang sifat, struktur materi, komposisi, perubahan materi serta energi yang menyertai perubahan materi secara umum yang diperoleh melalui hasil eksperimen dan penalaran. Secara umum pengajaran kimia bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan intelektual dan psikomotor dalam bidang kimia yang dilandasi oleh sikap ilmiah, sehingga mampu mengikuti perkembangan IPTEK (Depdiknas, 2003). Selama ini proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berpusat pada guru. Proses pembelajaran yang berpusat pada guru ini akan membuat siswa hanya sebagai penerima informasi dan guru pemberi informasi sehingga proses pembelajaran bersifat pasif karena siswa hanya mendapatkan pengetahuan dari gurunya saja. Proses pembelajaran yang terpusat pada guru akan memberikan dampak negatif pada siswa diantaranya siswa menjadi pasif, siswa menjadi kurang kreatif dan jika mengandalkan penjelasan dari guru saja, maka informasi yang akan diterima sangat terbatas dan sedikit. (Wena, 2009)
Berdasarkan observasi dan pelaksanaan kegiatan pra-siklus di kelas X SMAN 1 ................. diperoleh hasil yang cukup memprihatikan, di mana dari 20 siswa hanya terdapat 4 siswa atau 20% yang memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (70), yaitu dengan nilai rata-rata 58,00 dehingga dapat disimpulkan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar kimia. Berdasarkan observasi, ada beberapa permasalahan yang dialami siswa pada proses pembelajaran kimia berlangsung yaitu masih ada siswa yang kurang berminat untuk mengikuti pelajaran kimia, media atau buku penunjang sangat terbatas, dan banyak siswa hanya mencatat apa yang telah dicatat guru di papan tulis. Dari penjelasan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kimia kelas X SMAN 1 ................. masih rendah pada pokok bahasan redoks. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, peneliti dan guru akan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran redoks.
Guru merupakan komponen penting dari tenaga kependidikan yang memiliki tugas untuk melaksanakan proses pembelajaran. Seorang guru diharapkan paham tentang strategi pembelajaran. Penggunaan strategi dalam kegiatan pembelajaran sangat diperlukan untuk mempermudah proses pembelajaran agar dapat mencapai hasil yang optimal. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai secara optimal. Selain itu, proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara efektif dan efisien tanpa penerapan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran tertentu dapat diterapkan pada setiap pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran yang diharapkan (Wena, 2009 : 2 -3). Upaya untuk meningkatkan hal tersebut tidak mudah untuk dicapai secara maksimal, karena banyak faktor yang berpengaruh terhadap kemauan siswa untuk belajar, antara lain inisiatif, kepercayaan diri, tanggung jawab, dan evaluasi diri sendiri.
Hal yang seharusnya dilakukan adalah meningkatkan keikutsertaan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar. Aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat kegiatan pembelajaran lebih bermakna (Wena, 2009: 188 -189). Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan guna meningkatkan keikutsertaan siswa secara aktif dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada para siswa melaksanakan kegiatan belajar bersama dengan kelompok kecil (antara 4 sampai 6 orang). Dalam pembelajaran kooperatif masing-masing siswa anggota kelompok bertanggung jawab terhadap keberhasilan diri dan anggotanya. Mereka harus saling membantu melaksanakan tugas yang diberikan kepada kelompoknya, sehingga setiap anggota kelompok mencapai potensi optimal yang mungkin diraihnya (Huda, 2012). Teams Games Turnament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan adanya kerjasama antar anggota kelompok untuk mencapai tujuan belajar. Aktivitas belajar dengan permainan dan turnamen yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar. Hal ini tentu akan memotivasi siswa dalam belajar sehingga berpengaruh juga terhadap prestasi belajar siswa (Harmianto dkk, 2013).
Pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dimiliki oleh guru maupun siswa merupakan pengalaman yang satu sama lain saling melengkapi. Dengan demikian ada proses sharing (bertukar pikiran) yang memberi kesempatan yang luas bagi peserta didik untuk saling berinteraksi dekat hubungan personalnya dan saling bekerja sama dengan siswa lain. Berdasarkan uraian diatas peneliti tertarik untuk melakuan penelitian dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Di Kelas X SMAN 1 .................”.
B.  Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah :
1.    Apakah pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe
Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas X SMAN 1 .................?
2.    Apakah pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe
Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran hasil di kelas X SMAN 1 .................?
C.  Batasan Masalah
Dalam penelitian ini, masalah dibatasi agar pembahasan tidak terlalu luas di antaranya beberapa hal sebagai berikut.
1.    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 ................. Semester genap tahun ajaran 2013/2014
2.    Hasil belajar siswa dilihat dari hasil belajar kognitif berupa nilai test
3.    Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah reaksi reduksi-oksidasi
4.    Aktivitas siswa dilihat pada proses belajar mengajar dan kegiatan pemecahan masalah ketika proses belajar mengajar berlangsung dengan melakukan observasi
D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan pelaksanaan kegiatan penelitian ini adalah :
1.    Untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik di kelas X SMAN 1 .................
2.    Untuk meningkatkan hasil aktivitas siswa pada proses pembelajaran kimia dengan menerapkan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik di kelas X  SMAN 1 ..................
E.  Manfaat Penelitian
Hasil  pelaksanaan kegiatan penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1.    Bagi Siswa
a.    Dapat meningkatkan hasil belajar siswa
b.    Siswa lebih termotivasi untuk belajar kimia serta dapat meningkatkan keaktifan dalam belajar
2.    Bagi Guru
Manfaat yang diperoleh oleh guru adalah memberikan alternatif model yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran kimia serta meningkatkan hasil belajar siswa.

3.    Bagi Sekolah
Sebagai salah satu peluang pengenalan model pembelajaran yang bisa diterapkan di sekolah untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan output yang berkualitas.
4.    Bagi Peneliti
Diharapkan dapat menjadi bekal pengetahuan setelah menjadi tenaga pengajar dan dapat menerapkannya dengan baik dalam proses belajar mengajar.

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori
1.    Belajar dan Pembelajaran
Pada dasarnya, belajar adalah masalah setiap orang. Dengan belajar maka pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, nilai, sikap, tingkah laku, dan semua perbuatan manusia terbentuk, disesuaikan dan dikembangkan. Oleh karena itu, banyak ahli yang mencoba memberikan definisi tentang belajar. Pengertian belajar menurut para ahli adalah sebagai berikut :
a.    Belajar Menurut Pandangan Skinner (Dimyati dan Mudjiono, 2006) Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu prilaku pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik.
b.    Belajar Menurut Gagne (Dimyati dan Mudjiono, 2006) Menurut Gagne, belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai.
c.    Belajar Menurut Pandangan Piaget (Dimyati dan Mudjiono, 2006) Piaget berpendapat bahwa pengetahuan dibentuk oleh individu. Sebab individu melakukan interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Lingkungan tersebut mengalami perubahan. Dengan adanya interaksi maka fungsi interaksi semakin berkembang. Purwanto (2010 : 102), mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses yang menimbulkan terjadinya suatu perubahan atau pembaharuan dalam tingkah laku dan atau kecakapan.
Atas dasar definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa belajar selalu melibatkan tiga hal pokok, yaitu; adanya perubahan tingkah laku, sifat perubahannya relatif permanen, serta perubahan tersebut disebabkan oleh interaksi dengan lingkungan, bukan oleh proses kedewasaan ataupun perubahan-perubahan kondisi fisik yang temporer sifatnya. Oleh karena itu, pada prinsipnya belajar adalah proses perubahan tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara siswa dengan sumber-sumber belajar, baik sumber yang didesain maupun yang dimanfaatkan. Proses belajar tidak hanya terjadi karena adanya interaksi antara siswa dan guru. Hasil belajar yang maksimal dapat pula diperoleh lewat interaksi antara siswa dengan sumber-sumber belajar lainnya (M-edukasi,2013).
Mengajar pada dasarnya merupakan suatu usaha untuk menciptakan kondisi atau sistem lingkungan yang mendukung dan memungkinkan untuk berlangsungnya proses belajar. Pengertian mengajar seperti ini memberikan petunjuk bahwa fungsi pokok dalam mengajar itu adalah menyediakan kondisi yang kondusif, sedang yang berperan aktif dan banyak melakukan kegiatan adalah siswanya, dalam upaya menemukan dan memecahkan masalah. Konsep mengajar ini memberikan indikator bahwa pengajarannya lebih bersifat pupil centered. Sehingga tercapailah suatu hasil yang optimal yang sangat tergantung oleh kegiatan siswa/ anak didik itu sendiri. Dengan kata lain, tercapainya tujuan pembelajaran atau hasil pengajaran itu sangat dipengaruhi oleh bagaimana aktivitas siswa di dalam belajar (Sardiman, 2011 : 47-50). Dengan demikian, permasalahan yang dihadapi oleh pengajar yang dipandang baik untuk menghasilkan produk yang baik, adalah bagaimana mengorganisasikan proses belajar untuk mencapai pengetahuan otentik atau tahan lama. Karena dalam mengajar merupakan kegiatan mengorganisasikan proses belajar secara baik, maka guru sebagai pengajar harus berperan sebagai organisator yang baik pula. Secara makro guru dituntut untuk dapat mengorganisasikan komponen-komponen yang terlibat di dalam proses belajarmengajar, sehingga harapan terjadi proses pengajaran yang optimal.
2.    Hasil Belajar
Pengajaran yang efektif ditandai oleh berlangsungnya proses belajar. Proses belajar dapat dikatakan berlangsung apabila seseorang sekarang mengetahui atau sekarang dapat melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui atau tidak dapat dilakukan olehnya. Hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Pengertian hasil belajar oleh para ahli adalah sebagai berikut :
a.    Merujuk pemikiran Gagne (Suprijono, 2009), hasil belajar berupa :
1)   Informasi verbal yang berupa mengungkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.
2)   Keterampilan intelektual yang terdiri dari kemampuan mengategorisasi, kemampuan analitis-sintesis fakta-konsep dan mengembangkan prinsip-prinsip keilmuan. Keterampilan intelektual merupakan kemampuan melakukan aktivitas kognitif bersifat khas.
3)   Strategi kognitif yaitu kemampuan yang meliputi penggunaan konsep dan kaidah dalam memecahkan masalah.
4)   Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani.
5)   Sikap berupa kemampuan menginternalisasi dan eksternalisasi nilainilai. Sikap merupakan kemampuan menjadikan nilai-nilai sebagai standar perilaku.
b.     Menurut Bloom (Suprijono, 2009), hasil belajar mencakup :
1)   Ranah kognitif
Ranah kognitif berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang terdiri dari enam aspek berupa :
a)      knowledge (pengetahuan, ingatan),
b)      comprehension (pemahaman, menjelaskan, meringkas, contoh),
c)      application (menerapkan),
d)     analysis (menguraikan, menentukan hubungan),
e)      synthesis (mengorganisasikan, merencanakan, membentuk bangunan baru), dan
f)       evaluation (menilai).
2)   Ranah afektif
Ranah afektif berkenaan dengan sikap dan nilai yang terdiri dari lima aspek berupa
a)      receiving (sikap menerima),
b)      responding(memberikan respons),
c)      valuing (nilai),
d)     organization (organisasi),
e)      characterization (karakterisasi).
Ranah psikomotor Hasil belajar psikomotoris tampak dalam bentuk keterampilan (skill) dan kemampuan bertindak individu. Kemampuan psikomotor mencakup keterampilan produktif, teknik, fisik, sosial, manajerial, dan intelektual.
c.    Menurut Lindgren (Suprijono, 2009) hasil pembelajaran meliputi kecakapan, informasi, pengertian, dan sikap (Suprijono, 2009 : 5-7).
Dari beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah penilaian hasil yang sudah dicapai oleh setiap siswa dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor yang diperoleh sebagai akibat usaha kegiatan belajar dan dinilai dalam periode tertentu. Di antara ketiga ranah tersebut, ranah kognitiflah yang paling banyak dinilai oleh para guru di sekolah karena berkaitan dengan kemampuan para siswa dalam menguasai isi bahan pengajaran (Uny, 2003 : 15- 16). Ciri-ciri hasil belajar adalah adanya perubahan tingkah laku dalam diri individu. Artinya seseorang yang telah mengalami proses belajar itu akan berubah tingkah lakunya.
Perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
a.    Perubahan yang disadari, artinya individu yang melakukan proses pembelajaran menyadari bahwa pengetahuan, keterampilannya telah bertambah, ia lebih percaya terhadap dirinya, dan sebagainya.
b.    Perubahan yang bersifat kontinu (berkesinambungan). Perubahan tingkah laku sebagai hasil pembelajaran akan berkesinambungan, artinya suatu perubahan yang telah terjadi menyebabkan terjadinya perubahan tingkah laku yang lain,
c.    Perubahan yang bersifat fungsional, artinya perubahan yang telah diperoleh sebagai hasil pembelajaran memberikan manfaat bagi individu yang bersangkutan.
d.   Perubahan yang bersifat positif, artinya terjadi adanya pertambahan perubahan dalam individu. Misalnya ilmunya menjadi lebih banyak, prestasinya meningkat, kecakapannya menjadi lebih baik, dan sebagainya.
e.    Perubahan yang bersifat aktif, artinya perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya akan tetapi melalui aktivitas individu.
f.     Perubahan yang bertujuan dan terarah, artinya perubahan itu terjadi karena ada sesuatu yang akan dicapai.
Dalam proses pembelajaran, semua aktivitas terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu (Hakim, 2012) Menurut Dimyati (2006 : 3-5), hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar. Hasil belajar untuk sebagian berkat tindak guru, suatu pencapaian tujuan pengajaran. Dampak pengajaran adalah hasil yang dapat diukur, seperti tertuang dalam angka rapor, angka dalam ijazah, atau kemampuan meloncat setelah latihan. Dampak pengiring adalah terapan pengetahuan dan kemampuan di bidang lain, yaitu suatu transfer belajar. Keberhasilan proses mengajar dibagi atas beberapa tingkatan atau taraf. Tingkat keberhasilan tersebut adalah sebagai berikut :
a.    Istimewa/maksimal : apabila seluruh bahan pelajaran yang diajarkan itu dapat dikuasai oleh siswa.
b.    Baik sekali/optimasi : apabila sebagian besar (76% sampai 99%) bahan pelajaran yang diajarkan itu dapat dikuasai oleh siswa.
c.    Baik/minimal : apabila bahan pelajaran yang diajarkan hanya 60% sampai 75 % saja dikuasai oleh siswa.
d.   Kurang : apabila bahan pelajaran yang diajarkan kurang dari 60% dikuasai oleh siswa.
3.    Pembelajaran Kooperatif
Pengertian pembelajaran kooperatif menurut para ahli yang diungkapkan oleh Huda (2012 : 29-32) adalah sebagai berikut :
a.    Menurut Roger, dkk (1992), pembelajaran kooperatif merupakan aktivitas pembelajaran kelompok yang diorganisir oleh satu prinsip bahwa pembelajaran harus didasarkan pada perubahan informasi secara sosial di antara kelompok-kelompok pembelajar yang didalamnya setiap pembelajar bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri dan didorong untuk meningkatkan pembelajaran anggota-anggota yang lain.
b.    Menurut Parker (1994), kelompok kecil kooperatif didefinisikan sebagai suasana pembelajaran dimana para siswa saling berinteraksi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mengerjakan tugas akademik demi mencapai tujuan bersama.
c.    Menurut Davidson (1994), pembelajaran kooperatif merupakan suatu konsep yang sebenarnya sudah ada sejak dulu dalam kehidupan seharihari, dimana konsep ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja kelompok, organisasi, dan perkumpulan manusia.
d.   Menurut Johnson (1998), pembelajaran kooperatif berarti bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.
e.    Menurut Art dan Newman (1990), pembelajaran kooperatif didefinisikan sebagai kelompok kecil pembelajar/siswa yang bekerja sama dalam satu tim untuk mengatasi suatu masalah, menyelesaikan sebuah tugas, atau mencapai satu tujuan bersama.
Dari beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok kecil (4-6 orang) yang anggotanya bersifat heterogen, terdiri dari siswa dengan prestasi tinggi, sedang, dan rendah, perempuan dan laki-laki dengan latar belakang etnik yang berbeda untuk saling membantu dan bekerja sama mempelajari materi pelajaran agar belajar semua anggota maksimal. Prinsip dasar pembelajaran kooperatif adalah siswa membentuk kelompok kecil dan saling mengajar sesamanya untuk mencapai tujuan bersama. Dalam pembelajaran kooperatif siswa yang kurang pandai dapat belajar dalam suasana yang menyenangkan karena banyak teman yang membantu dan memotivasi. Siswa yang terbiasa bersifat pasif setelah menerapkan pembelajaran kooperatif terpaksa berpartisipasi secara aktif agar bisa diterima oleh anggota kelompoknya.
Melalui pembelajaran kooperatif, menurut pendapat Lie dalam Made Weda (2009: 189), dapat dikembangkan sebuah asumsi bahwa proses belajar akan lebih bermakna jika peserta didik lebih mendukung dan mengajari walaupun dalam pembelajaran kooperatif siswa dapat belajar dari dua sumber belajar utama yaitu pengajar dan teman belajar yang lain (Nancy, 2013 : 3). Roger dan David Johnson (Suprijono, 2009) mengatakan bahwa tidak semua belajar kelompok bisa dianggap pembelajaran kooperatif. Untuk mencapai hasil yang maksimal, lima unsur dalam model pembelajaran kooperatif harus diterapkan. Lima unsur tersebut adalah :
a.    Saling Ketergantungan Positif
Unsur ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran kooperatif ada dua pertanggungjawaban kelompok, yaitu mempelajari bahan yang ditugaskan kepada kelompok dan menjamin semua anggota kelompok secara individu mempelajari bahan yang ditugaskan tersebut.
b.    Tanggung Jawab Individual
Pertanggungjawaban ini muncul jika dilakukan pengukuran terhadap keberhasilan kelompok. Tanggung jawab perseorangan adalah kunci untuk menjamin semua anggota yang diperkuat oleh kegiatan belajar bersama. Artinya, setelah mengikuti kelompok belajar bersama, anggota kelompok harus dapat menyelesaikan tugas yang sama.
c.    Interaksi Promotif
Unsur ini penting karena dapat menghasilkan saling ketergantungan positif Keterampilan Sosial Untuk mengoordinasikan kegiatan peserta didik dalam pencapaian tujuan, peserta didik harus : saling mengenal dan mempercayai, mampu berkomunikasi secara akurat dan tidak ambisius, saling menerima dan saling mendukung, dan mampu menyelesaikan konflik secara konstruktif.

d.   Pemrosesan Kelompok
Pemrosesan mengandung arti menilai. Tujuan pemrosesan kelompok adalah meningkatkan efektivitas anggota dalam memberikan kontribusi terhadap kegiatan kolaboratif untuk mencapai tujuan kelompok. Salah satu aksentuasi model pembelajaran kooperatif adalah interaksi kelompok. Interaksi kelompok dalam pembelajaran kooperatif bertujuan mengembangkan inteligensi interpersonal. Secara umum inteligensi interpersonal berkaitan dengan kemampuan seseorang menjalin relasi dan komunikasi dengan berbagai orang (Suprijono, 2009 : 58-62).
Dengan demikian, pembelajaran kooperatif bergantung pada efektivitas kelompok-kelompok siswa tersebut. Dalam pembelajaran ini, guru diharapkan mampu membentuk kelompok-kelompok kooperatif dengan berhati-hati agar semua anggotanya dapat bekerja bersama-sama untuk memaksimalkan pembelajarannya sendiri dan pembelajaran teman-teman satu kelompoknya. Masing-masing anggota kelompok bertanggung jawab mempelajari apa yang disajikan dan membantu teman-teman satu anggota untuk mempelajarinya juga.
Model pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidaktidaknya tiga tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran kooperatif yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi narasumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran kooperatif ialah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya. Untuk mencapai hasil belajar itu, model pembelajaran kooperatif menuntut kerja sama dan interdependensi peserta didik dalam struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward-nya. Struktur tugas berhubungan bagaimana tugas diorganisir. Struktur tujuan dan reward mengacu pada derajat kerja sama atau kompetisi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan maupun reward (Harmianto dkk, 2013 : 60).
4.    Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament)
Pembelajaran kooperatif model TGT adalah salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsur-unsur permainan dan reinforcement didalamnya. Aktivitas belajar dengan permainan yang dirancang dalam pembelajaran kooperatif model TGT memungkinkan siswa dapat belajar lebih rileks disamping menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama, persaingan sehat dan keterlibatan belajar (A’la, 2010 : 105). Permainan dalam TGT dapat berupa pertanyaan-pertanyaan yang ditulis pada kartu-kartu yang diberi angka. Tiap siswa, misalnya, akan mengambil sebuah kartu yang diberi angka tadi dan berusaha untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dengan angka tersebut. Turnamen harus memungkinkan semua siswa dari semua tingkat kemampuan (kepandaian) untuk menyumbangkan poin bagi kelompoknya. Permainan yang dikemas dalam bentuk turnamen ini dapat berperan sebagai penilaian alternatif atau dapat pula sebagai review materi pembelajaran (Rusman, 2011 : 224).
Menurut Slavin (1995), ada lima komponen utama dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT yaitu :
a.    Penyajian Kelas
Penyajian kelas dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT tidak berbeda dengan pengajaran biasa atau pengajaran klasikal oleh guru, hanya pengajaran lebih difokuskan pada materi yang sedang dibahas saja. Ketika penyajian kelas berlangsung mereka sudah berada dalam kelompoknya. Dengan demikian mereka akan memperhatikan dengan serius selama pengajaran penyajian kelas berlangsung sebab setelah ini mereka harus mengerjakan games akademik dengan sebaik-baiknya dengan skor mereka akan menentukan skor kelompok mereka.
b.    Kelompok
Kelompok disusun dengan beranggotakan 4-6 orang yang mewakili pencampuran dari berbagai keragaman dalam kelas seperti kemampuan akademik, jenis kelamin, rasa atau etnik. Fungsi utama mereka dikelompokkan adalah anggota-anggota kelompok saling meyakinkan bahwa mereka dapat bekerja sama dalam belajar dan mengerjakan game atau lembar kerja dan lebih khusus lagi untuk menyiapkan semua anggota dalam menghadapi kompetisi.
c.    Permainan
Pertanyaan dalam game disusun dan dirancang dari materi yang relevan dengan materi yang telah disajikan untuk menguji pengetahuan yang diperoleh mewakili masing-masing kelompok. Sebagian besar pertanyaan pada kuis adalah bentuk sederhana. Setiap siswa mengambil sebuah kartu yang diberi nomor dan mejawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor pada kartu tersebut.
d.   Kompetisi/turnamen
Turnamen adalah susunan beberapa game yang dipertandingkan. Biasanya turnamen dilakukan pada akhir minggu atau pada setiap unit setelah guru melakukan persentasi kelas dan kelompok sudah mengerjakan lembar kerja. Pada tahap turnamen ini, masing-masing kelompok menempati meja turnamen yang sudah disediakan.
e.    Pengakuan Kelompok
Pengakuan kelompok dilakukan dengan memberi penghargaan berupa hadiah atau sertifikat atas usaha yang telah dilakukan kelompok selama belajar sehingga mencapai kriteria yang telah disepakati bersama.
Langkah-langkah dan aktivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah sebagai berikut :
a.    Langkah-langkah dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT mengikuti urutan sebagai berikut : pengaturan klasikal, belajar kelompok, turnamen akdemik, penghargaan tim.
b.    Pembelajaran diawali dengan memberikan pelajaran, selanjutnya diumumkan kepada semua siswa bahwa akan melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan siswa diminta memindahkan bangku untuk membentuk tim. Kepada siswa disampaikan bahwa mereka akan bekerja sama dengan kelompok belajar selama beberapa pertemuan, mengikuti turnamen akademik untuk memperoleh poin bagi nilai tim mereka serta diberitahukan tim yang mendapat nilai tinggi akan mendapat penghargaan.
c.    Kegiatan dalam turnamen adalah persaingan pada meja turnamen dari masing-masing tim. Pada permulaan turnamen diumumkan penetapan meja bagi siswa. Siswa diminta mengatur meja turnamen yang ditetapkan. Nomor meja turnamen bisa diacak. Setelah kelengkapan dibagikan dapat dimulai kegiatan turnamen.
d.   Pada akhir putaran, pemenang akan mendapat penghargaan dan yang kalah tidak diberikan hukuman. Penskoran didasarkan pada jumlah perolehan jawaban benar dari soal.
e.    Dengan model yang mengutamakan kerja kelompok dan kemampuan menyatukan intelegensi siswa yang berbeda-beda akan dapat membuat siswa mempunyai nilai dalam segi kognitif, afektif dan psikomotor secara merata satu siswa dengan siswa yang lain. Dengan model yang mengutamakan kerja kelompok dan kemampuan menyatukan intelegensi siswa yang berbeda-beda akan dapat membuat siswa mempunyai nilai dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotor secara merata satu siswa dengan siswa yang lain (Harmianto dkk, 2013 : 67-72).
5.    Pendekatan Saintifik
Pendekatan sains suatu pengkajian pendidikan untuk menelaah dan memecahkan masalah-masalah pendidikan dengan menggunakan disiplin ilmu tertentu sebagai dasarnya. Cara kerja pedekatan sains dalam pendidikan ialah menggunakan prinsip-prinsip dan metode kerja ilmiah yang ketat, baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif, sehingga ilmu pendidikan dapat diiris-iris menjadi bagian-bagian yang lebih detail dan mendalam (Sitiavana, 2013). Melalui pendekatan sains tersebut, bisa dihasilkan sains pendidikan atau ilmu pendidikan, dengan berbagai cabangnya (Sitiavana, 2013), seperti berikut :
a.    Sosiologi pendidikan; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari sosiologi dalam pendidikan untuk mengkaji faktor-faktor sosial dalam pendidikan.
b.    Psikologi pendidikan; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari psikologi untuk mengkaji perilaku dan perkembangan individu dalam belajar.
c.    Administrasi atau manajemen pendidikan; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari ilmu manajemen untuk mengkaji tentang upaya memanfaatkan berbagai sumber daya agar tujuan-tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien.
d.   Teknologi pendidikan; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari sains dan teknologi untuk mengkaji aspek metodologi serta teknik belajar yang efektif dan efisien.
e.    Evaluasi pendidikan; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari psikologi pendidikan dan statistika untuk menentukan tingkat keberhasilan belajar siswa.
f.     Bimbingan dan konseling; suatu cabang ilmu pendidikan sebagai aplikasi dari beberapa disiplin ilmu, seperti sosiologi, teknologi, dan psikologi.
Model pembelajaran berbasis keterampilan sosial merupakan model pembelajaran yang mengintegrasikan keterampilan proses sains ke dalam sistem penyajian materi secara terpadu (Beyer, 1991). Model ini menekankan kepada proses pencarian pengetahuan daripada transfer pengetahuan. Siswa dipandang sebagai subjek belajar yang perlu dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan guru hanyalah seorang fasilisator yang membimbing dan mengkoordinasikan kegiatan belajar siswa.
Dengan demikian, siswa diarahkan untuk menemukan sendiri berbagai fakta sekaligus membangun konsep dan niai-nilai baru yang diperlukan untuk kehidupannya. Jadi, dalam konsep (pembelajaran berbasis sains) ini, siswa dididik dan dilatih agar terampil dalam memperoleh dan mengolah informasi melalui aktivitas berpikir dengan mengikuti prosedur (metode) ilmiah, seperti terampil melakukan pengamatan, pengukuran, pengklasifikasian, penarikan kesimpulan, dan pengkomunikasian hasil temuan (Sitiavana, 2013 : 53-57).
Menurut Kemdikbud (2013), suatu proses pembelajaran disebut ilmiah jika memenuhi kriteria sebagai berikut :
a.    Substansi atau materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu, bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
b.    Penjelasan guru, respon peserta didik dan interaksi edukatif guru-peserta didik terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
c.    Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analitis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
d.   Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu degan yang lain dari substansi atau materi pembelajaran.
e.    Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon substansi atau materi pembelajaran.
f.     Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
g.    Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana, jelas, dan menarik sistem penyajiannya.
Proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat disajikan sebagai berikut :
a.    Mengamati
Metode mengamati sangat bermanfaat bagi pemenuhan rasa ingin tahu peserta didik. Sehingga proses pembelajaran memiliki kebermaknaan yang tinggi. Dengan metode observasi peserta didik menemukan fakta bahwa ada hubungan antara obyek yang dianalisis dengan materi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat secara langsung menceritakan kondisi sebagaimana yang dituntut dalam Kompetensi Dasar (KD) dan indikator, dan mata pelajaran apa saja yang dapat dipadukan dengan media yang tersedia.
b.    Menanya
Peserta didik tidak mudah menanya apabila tidak dihadapkan dengan media yang menarik. Guru harus mampu menginspirasi peserta didik untuk mau dan mampu menanya. Pada saat guru mengajukan pertanyaan, guru harus membimbing dan memandu peserta didik menanya dengan baik. Ketika guru menjawab pertanyaan, guru mendorong peserta didik menjadi penyimak yang baik. Pertanyaan guru dimaksudkan untuk memperoleh tanggapan verbal.
c.    Menalar
Istilah “menalar” dalam kerangka proses pembelajaran dengan pendekatan ilmiah yang dianut dalam kurikulum 2013 untuk menggambarkan bahwa guru dan peserta didik merupakan pelaku aktif. Titik tekannya dalam banyak hal dan situasi peserta didik harus lebih aktif daripada guru. Penalaran adalah proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan. Menalar merupakan proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-fakta empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan. Menalar (associating) merujuk pada teori belajar asosiasi, yaitu kemampuan mengelompokkan beragam ide dan mengasosiasikan beragam peristiwa untuk kemudian memasukannya menjadi penggalan memori dalam otak dan pengalaman-pengalaman yang tersimpan di memori otak berinteraksi dengan pengalaman sebelumnya (asosiasi).
d.   Mencoba
Mencoba merupakan keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar dengan menggunakan metode ilmiah dan sikap ilmiah dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya seharihari. Untuk memperoleh hasil belajar yang otentik, peserta didik harus melakukan percobaan, terutama untuk materi/substansi yang sesuai dan aplikasi dari kegiatan mencoba pun dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar (sikap, keterampilan, dan pengetahuan). Aplikasi metode eksperimen atau mencoba dimaksudkan untuk mengembangkan berbagai ranah tujuan belajar, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Aktivitas pembelajaran yang nyata untuk ini yaitu: menentukan tema atau topik sesuai dengan kompetensi dasar menurut tuntutan kurikulum, mempelajari cara-cara penggunaan alat dan bahan yang tersedia dan harus disediakan, mempelajari dasar teoritis yang relevan dan hasil-hasil eksperimen sebelumnya, melakukan dan mengamati percobaan, mencatat fenomena yang terjadi, menganalisis, dan menyajikan data, menarik simpulan atas hasil percobaan, dan membuat laporan dan mengkomunikasikan hasil percobaan.
e.    Menyimpulkan, Menyajikan, dan Menkomunikasikan
Menyimpulkan dapat dilakukan bersama-sama dalam satu kesatuan kelompok, atau bisa juga dengan dikerjakan sendiri setelah mendengarkan hasil kegiatan mengolah informasi. Menyajikan dapat disajikan dalam bentuk laporan tertulis. Laporan tertulis dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk portofolio kelompok dan atau individu dan walaupun tugas dikerjakan secara berkelompok, sebaiknya hasil pencatatan dilakukan oleh setiap individu agar dapat dimasukan ke dalam file portofolio peserta didik. Pada kegiatan akhir diharapkan peserta didik dapat mengkomunikasikan hasil pekerjaan yang telah disusun secara bersama-sama dalam kelompok dan/atau secara individu. Guru dapat memberikan klarifikasi agar peserta didik mengetahui dengan tepat apakah yang telah dikerjakan sudah benar atau ada yang harus diperbaiki. Kegiatan mengkomunikasikan dapat diarahkan sebagai kegiatan konfirmasi (Fauziah, 2013 : 166-168).
B.  Kerangka Berpikir
Siswa sebagai input memiiki kemampuan dan pengetahuan yang berbeda dalam belajar. Kemampuan dan pengetahuan itu akan diasah dan dikembangkan dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) dengan pendekatan saintifik melalui tahapan berikut : 1) Kegiatan awal yaitu guru menyampaikan judul, tujuan, dan memotivasi siswa. 2) Kegiatan inti yang meliputi lima tahap utama yaitu : tahap penyajian kelas, tahap belajar dalam kelompok (guru membagi siswa ke dalam kelompok, membagikan LKS atau LDS, dan melakukan diskusi), tahap game, tahap turnamen, dan tahap penghargaan kelompok. 3) Kegiatan akhir yaitu menyimpulkan materi pelajaran dan mengadakan tes akhir.





















Gambar 2.2 Kerangka Pemikiran Penerapan Model Koopertif Tipe TGT (Team Games Tournament) Dengan Pendekatan Saintifik


C.  Hipotesis Penelitian
Dari uraian pada kajian teori dan kerangka pikir di atas, maka hipotesis pada penelitian ini adalah :
1.    Penerapan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa di kelas X SMAN 1 .................
2.    Penerapan model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran hasil di kelas X SMAN 1 .................?




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.