Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Tuesday, 3 May 2016

PTK KIMA SIFAT-SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT




Loggo




LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI SIFAT-SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS XII SMAN 1 .................




Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan ...... ke ......








Oleh

..........................................
NIP. ..............................








DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN ...............................
SMAN 1 .................
Jl. ..............................................................
201...

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia Materi Sifat-Sifat Koligatif Larutan Non Elektrolit dan Elektrolit Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together pada Siswa Kelas XII SMAN 1 .................
      b.   Bidang Ilmu                         : Kimia
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMAN 1 .................
      f.    Tempat Penelitian                :  SMAN 1 .................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti





                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           


Mengetahui/Mengesahkan

Kepala Sekolah
                                  



………………….
NIP.……………………..

KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN 1 ................. dengan lancar. Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan ke …….
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ,…………….  atas Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
2.      Pengawas SMA Dinas Pendidikan Kabupaten  …………. , atas Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung
3.      Kepala sekolah SMAN 1 ................. yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMAN 1 ................. yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Peneliti




DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii

BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Pembatasan Masalah .............................................................       
D.      Perumusan Masalah ...............................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.        Kegunaan Penelitian ..............................................................       
BAB      II     TINJAUAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori ...........................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Setting Penelitian...................................................................       
B.       Subjek Penelitian ...................................................................       
C.       Data dan Sumber Data...........................................................       
D.      Teknik dan Alat Pengumpulan Data .....................................       
E.       Validitas Data........................................................................       
F.        Teknik Analisa Data ..............................................................       
G.      Kriteria dan Indikator Keberhasilan.......................................       
H.      Prosedur Penelitian ................................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Tindakan
B.   Pembahasan............................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa.........         
Tabel   4.1     Hasil Tes Formatif Kondisi Awal................................................         
Tabel   4.2     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal                  
Tabel   4.3     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Kimia pada  Siklus I                
Tabel   4.4     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus I                   
Tabel   4.5     Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Kimia pada  Siklus II              
Tabel   4.6     Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Aktivitas Siswa pada Siklus II      
Tabel   4.7     Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II
Tabel   4.8     Rekapitulasi Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa pada Temuan Awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                              





















DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar  4.1     Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                     
Gambar  4.2     Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II                   
Gambar  4.3     Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Aktivitas Siswa Pada Siklus I dan II          ..................................................................................................

































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                              

Lampiran   1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran   2     Surat Pernyataan Kesediaan menjadi Observer
Lampiran   3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran   4     Rencana  Pelaksanaan  Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran   5     Daftar Hadir Siswa Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   6     Daftar Hadir Peneliti Dan Observer Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   7     Daftar Nilai Tes Formatif Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   8     Lembar Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Lampiran   9     Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran   10   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II


Catt :
Untuk lembar pengesahan yang bertanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
DAFTAR LAMPIRAN TOLONG DISESUIKAN
CATT :
Semua file yang ada tulisan cetak, dicetak !




                  








ABSTRAK


Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkan model Pembelajaran tipe Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di XII SMAN 1 .................  Tahun Pelajaran 201../201..”. Sedangkan penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan hasil belajar siswa akan meningkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran tipe Head Together Pada Mata Pelajaran Kimia di XII SMAN 1 .................  Tahun Pelajaran 201../201.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMAN 1 .................  Tahun Pelajaran 201../201... Data yang dikumpulkan berupa Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Kimia. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, Hasil belajar siswa dan hasil tes terhadap perolehan hasil belajar siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan memadukan dan sekaligus membandingkan hasil siklus pertemuan pertama dan pertemuan kedua. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum Hasil belajar siswa kelas XII   SMAN 1 .................  Tahun Pelajaran 201../201..dalam mata pelajaran Kimia dapat di tingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Head Together.
Pada observasi awal aktivitas belajar menunjukkan peningkatan dari 8 siswa atau 40% pada studi awal menjadi 16 siswa atau 80%  pada siklus pertama dan  20 siswa atau 100% pada siklus terakhir, dan rata-rata hasil belajar studi awal sebesar 53,00, pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  62,00 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 75,50 pada akhir siklus kedua serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 3 siswa (15%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan penerapan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 45% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 18 siswa atau 90%. Dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model Pembelajaran tipe Numbered Head Together Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Kimia di kelas XII   SMAN 1 .................  Tahun Pelajaran 201../201.., meningkat dan penelitian ini dapat diterima”.

 Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Tipe Numbered Head Together

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan yang pada hakekatnya adalah usaha membudayakan manusia atau memanusiakan manusia, memiliki peranan penting dalam mendewasakan seseorang. Dengan pendidikan manusia menjadi berbudaya, manusia akan menjadi bijaksana dalam menentukan sikap moralnya, manusia akan menjadi pribadi yang dewasa dimana seluruh kehidupannya didasari oleh potensi akal dan perasaannya, sehingga kompleksitas kehidupan dapat dijalaninya dengan baik dan benar. Oleh karena itu, masalah pendidikan tidak akan pernah selesai karena manusia sendiri selalu berkembang sejalan dengan dinamika kehidupan..
Kita tidak bisa lagi mempertahankan paradigma lama tentang dunia pendidikan. Teori, penelitian dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar membuktikan bahwa para guru sudah harus mengubah paradigma pengajaran. Kita perlu menelaah kembali praktik-praktif pembelajaran di sekolah-sekolah . peranan yang harus dimainkan oleh dunia pendidikan dalam mempersiapkan anak didik untuk berpartisipasi secara utuh dalam kehidupan bermasyarakat di abad 21 akan sangat berbeda dengan peranan tradisional yang selama ini dipegang oleh sekolah-sekolah. Ada persepsi umum yang sudah berakar dalam dunia pendidikan juga sudah menjadi harapan masyarakat.
Persepsi umum ini menganggap bahwa sudah merupakan tugas guru untuk mengajar dan menyodori siswa dengan muatanmuatan informasi dan pengetahuan. Guru perlu bersikap atau setidaknya dipandang oleh siswa sebagai yang mahatahu dan sumber informasi . lebih celaka lagi siswa belajar dalam situasi yang membebani dan menakutkan karena dibayangi oleh tuntutan-tuntutan mengajar nilai-nilai tes dan ujian yang tinggi. Tampaknya perlu adanya perubahan dalam menelaah proses belajar siswa interaksi antara siswa dan guru. Sudah seyogyanya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukanlah sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa bisa juga saling mengajar dengan sesama siswa yang lainnya.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan wadah yang tepat untuk mengajar dan mendidik anak-anak agar anak didik mempunyai bekal kemampuan dan keterampilan, guna kehidupan di masa ini dan di masa datang. Oleh karena itu ukuran berhasil tidaknya suatu pendidikan tergantung pada seluruh komponen sekolah dimana seseorang melakukan proses belajar mengajar. Dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas hasil belajar, faktor guru sangatlah menentukan. Posisi dan peran guru sebagaimana ditegaskan oleh Sardiman (1987: 123) “tidak semata-mata trasfer of knowledge, tetapi juga sebagai pendidik yang melakukan transfer of value dan sekaligus pembimbing yang mengarahkan dan menuntun siswa dalam belajar”.
Dari kutipan tersebut di atas, ternyata keberhasilan dalam proses belajar mengajar tidak hanya diukur dari meningkatnya pengetahuan anak, tetapi juga harus meningkat pemahamannya terhadap nilai nilai moral. Keadaan yang demikian ini menuntut guru untuk dapat meningkatkan kualitas mengajarnya melalui berbagai macam kegiatan konstruktif sehingga dapat memaksimalkan hasil mengajar.
 Bahkan banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran oleh rekan sebaya (pear teaching) ternyata lebih efektif daripada pengajaran oleh guru. Sistem pengajaran yang memberi kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas yang terstruktur disebut sebagai sistem “ kerja kelompok” atau cooperative learning dalam sistem ini, guru bertindak sebagai fasilitator.
Beberapa alasan penting mengapa sistem pengajaran ini perlu dipakai lebih sering di sekolah-sekolah. Seiring dengan proses globalisasi, juga terjadi transformasi sosial, ekonomi, dan demografis yang mengharuskan sekolah untuk lebih menyiapkan anak didik dengan keterampilan-keterampilan baru untuk bisa ikut berpartisipasi dalam dunia yang berubah dan berkembang pesat. Namun pada kenyataanya metode kerja kelompok sering dianggap kurang efektif. Berbagai sikap dan kesan negatif memang bermunculan dalam pelaksanaan metode kerja kelompok. Jika kerja kelompok tidak berhasil, siswa cenderung saling menyalahkan. Sebaliknya jika berhasil, muncul perasaan tidak adil. Siswa yang pandai/rajin merasa rekannya yang kurang mampu telah membonceng pada hasil kerja mereka. Akibatnya metode kerja kelompok yang seharusnya bertujuan mulia, yakni menanamkan rasa persaudaraan dan kemampuan bekerja sama, justru bisa berakhir dengan ketidakpuasan dan kekecewaan.
Sebagai upaya dalam peningkatan hasil belajar, peneliti melakukan observasi pada kelas XII, hal ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat permasalahan pada proses pembelajaran maupun pada hasil belaja pada pembelajaran kimia. Dari hasil observasi tersebut ditemukan permasalahan pada hasil pembelajaran kimia terhadap materi-materi kimia. Salah satunya pada materi sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit, hal ini diperkuat dengan nilai rata-rata hasil ulangan semester dalam pembelajaran kimia masih relatif rendah yaitu di bawah KKM sebesar 70.
Dari hasil observasi awal di kelas tersebut terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan terlihat bahwa dalam proses belajar mengajar kimia guru menggunakan model pembelajaran konvensional. Dalam penerapan model pembelajaran konvensional ini guru yang lebih aktif berperan sehingga siswa menjadi pasif. Rendahnya hasil belajar kimia tersebut salah satunya berkaitan erat dengan kemampuan guru dalam mengolah proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dan peningkatan terhadap pengajaran kimia di sekolah,diantaranya dengan memperbaiki pelaksanaan kegiatan mengajar kimia yang tidak hanya menekankan pada pencapaian kurikulum,tetapi juga membuat siswa aktif. Berdasarkan hal tersebut, maka upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit diantaranya dengan memilih model pembelajaran dan media penunjang yang sesuai dengan sub pokok bahasan yang akan disampaikan.
Dalam metode pembelajaran cooperative learning bukan sekedar kerja kelompok yang diutamakan tetapi pada penstrukturannya, jadi sistem pengajaran cooperative learning bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur, menurut (Jhonson dan Jhonson 1993), yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsur pokok , yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerjasama dan proses kelompok. Kekhawatiran bahwa semangat siswa dalam mengembangkan diri secara individual bisa terancam dalam menggunaan metode kerja kelompok bisa dimengerti karena dalam penugasan kelompok yang dilakukan secara sembarangan, siswa bukannya belajar secara maksimal, melainkan belajar mendominasi ataupun melempar tanggung jawab.
Metode pembelajaran gotong royong dirancang sedemikian rupa sehingga masing-masing anggota dalam satu kelompok melaksanakan tanggung jawab pribadinya karena ada system akuntabilitas individu. Siswa tidak bisa begitu saja membonceng jerih payah rekannya dan usaha setiap siswa akan dihargai sesuai dengan poin-poin perbaikannya. Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk melihat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap prestasi belajar siswa dengan mengambil judul “Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia materi Sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together pada Siswa kelas XII SMAN 1 ..................
B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan model
pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Kimia materi sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit pada siswa Kelas XII SMAN 1 .................. ?
C.  Cara Pemecahan Masalah
Hal di atas adalah suatu permasalahan yang harus mendapat perhatian khusunya dari penyelenggara pendidikan. Untuk mengatasinya diperlukan suatu strategi pembelajaran diskusi yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan salah satunya menggunakan model Pembelajaran Numbered Head Together. Model ini digunakan untuk mendapat partisipasi siswa baik secara keseluruhan maupun secara individual dalam proses pembelajaran.
D.  Tujuan Penelitian
Berdasarkan atas rumusan masalah di atas , maka tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah:
1. Ingin mengetahui pengaruh pembelajaran model Numbered Head Together terhadap hasil belajar Kimia materi Sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit siswa kelas XII SMAN 1 ..................
2. Ingin mengetahui bagaimanakah pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Kimia materi sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit setelah diterapkannya pembelajaran model Numbered Head Together pada siswa kelas XII SMAN 1 ..................
E.  Manfaat Hasil Penelitian
1.    Bagi siswa
Dapat menikmati model pembelajaran yang tidak seperti biasanya sehingga mereka tidak jenuh dan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung.
2.    Bagi guru
Dapat mengembangkan metode dalam pembelajaran Kimia agar lebih bervariatif sehingga tidak menimbulkan kebosanan bagi peserta didiknya.
3.    Bagi sekolah
Hasil pengembangan ini dapat dijadikan acuan dalam upaya pengadaan inovasi pembelajaran Kimia bagi para guru kimia yang lain
 

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Setting Penelitian

1.   Tempat Penelitian
Penulis mengambil lokasi penelitian Kelas XII SMAN 1 ................. pada mata pelajaran Kimia materi Sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit semester 1 pada tahun pembelajaran 2013/2014. Penulis memilih lokasi atau tempat tersebut dengan pertimbangan peneliti bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data, peluang waktu yang luas dan subyek penelitian yang sangat sesuai dengan profesi penulis sebagai guru di sekolah tersebut.
2.   Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan, yaitu pada bulan …………… sampai dengan bulan ………… sebanyak 2 siklus. Penjelasan secara rinci dapat dilihat pada bagian lampiran 2 penelitian tindakan kelas ini.

B.     Subjek Penelitian

Subjek pelaksanaan perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 ................. dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa terdiri dari ….. laki-laki dan ….. perempuan.

C.    Data dan Sumber Data

1.      Data
Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas:
a.       Proses belajar mengajar
b.      Data Hasil Belajar / tes formatif
c.       Data keterkaitan antara perencanaan dengan pelaksanaan kegiatan.
2.      Sumber Data
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 1 .................  tahun pembelajaran 2013/2014.

D.    Teknik dan Alat Pengumpulan Data

Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan :
1.   Tes
Tes  tertulis  berupa  pemberian  kuis  secara  individual  dilaksanakan  pada setiap  akhir  tindakan.  Materi  yang  disajikan  dalam  tes  tertulis  sesuai  dengan indikator  yang  dirumuskan.  Tujuan  tes  tertulis  yaitu  untuk  mengukur keberhasilan  siswa  dalam belajar  kimia pada materi  sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit menggunakan  pembelajaran model Numbered Head Together sesuai  dengan  indikator tersebut.  Tes  tertulis  ini  akan  menentukan langkah-langkah  setiap  tindakan  sehingga pembelajaran  kimia menggunakan pembelajaran model Numbered Head Together dapat dicapai dengan optimal. 
2.   Lembar observasi.
Lembar  observasi  digunakan  untuk    mengetahui  gambaran  tentang aktivitas siswa dan guru selama pelaksanaan pembelajaran. Secara menyeluruh, observasi  dilakukan  untuk  merekam  segala  kejadian  mengenai  pelaksanaan pembelajaran  kimia dengan menerapkan pembelajaran model Numbered Head Together . Sasaran  utama  kegiatan  observasi  ditinjau  dari  aktivitas  guru  yaitu  bagaimana upaya  guru  dalam  menerapkan  pembelajaran model Numbered Head Together,  sedangkan  sasaran utama  observasi  dari  kegiatan  siswa  yaitu  interaksi  sosial,  motivasi  belajar, implementasi pembelajaran, dan hasil belajar siswa. 
3.   Dokumentasi,  teknik  dokumentasi  merupakan  kegiatan  perekaman  bukti  dari segala  tindakan  yang  dilaksanakan  selama  kegiatan  penelitian  berlangsung.  Kegiatan  yang  didokumentasikan  antara  lain  kegiatan  yang  dilakukan  oleh peneliti  maupun  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  siswa  serta  kegiatan  lain  yang mendukung  berlangsungnya  penelitian  seperti  wawancara  dengan  siswa,  dan diskusi  dengan  observer.  Semua  kegiatan  tersebut  direkam  melalui  kamera foto yang dilakukan oleh teman sejawat peneliti.
4.   LKS 
Lembar  Kegiatan  Siswa  (LKS)  merupakan  bukti  hasil  kegiatan  siswa dalam  belajar  karena  itu  dalam  LKS  disajikan  langkah-langkah  kegiatan  siswa dan  soal-soal  latihan  yang  harus  dikerjakan.    LKS  digunakan  untuk menghimpun  informasi  mengenai  pemahaman  siswa  terhadap  materi  yang disajikan.  Bahkan  LKS  merupakan  patokan  untuk  melaksanakan  rancangan tindakan  berikutnya.  Berdasarkan  LKS  ini,  dapat  diketahui  seberapa  jauh pemahaman  siswa  terhadap  materi  sehingga  hal  tersebut  sebagai  alat  ukur tingkat prestasi siswa terhadap materi yang dipelajarinya. 

E.     Validitas Data

Untuk menjamin kebenaran data yang dikumpulkan dan dicatat dalam penelitian maka dipilih dan ditentukan cara-cara yang tepat untuk mengembangkan validitas data yang diperolehnya. Dalam penelitian ini akan digunakan teknik triangulasi. Menurut Lexy Moeleong (2000:178) Triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu, untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut.
Validitas data dimaksudkan agar data yang dikumpulkan untuk keperluan penelitian ini nantinya adalah data yang valid. Menurut Nasution (1998 : 144) ada beberapa cara yang dilakukan agar kebenaran hasil penelitian dapat dipercaya, yaitu dengan cara sebagai berikut :
1. Memperpanjang masa observasi
2. Pengamatan yang terus menerus
3. Trianggulasi
Dalam penelitian ini validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan maksud untuk mengecek kebenaran data yang diperoleh dan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain. Kebenaran hasil wawancara dengan wali kelas dapat dibandingkan dengan arsip atau dokumen maupun melalui pengarnatan ketika proses belajar berlangsung. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data dari guru kelas maupun anak. Sedangkan triangulasi metode dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda untuk mendapatkan data yang sama. Observasi dapat dicek kebenarannya dari arsip atau dokumen dan wawancara.

F.     Teknik Analisa Data

Analisis data adalah data dari seluruh responden atau sumber data lain terkumpul. Analisis data dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif pada setiap akhir siklus pembelajaran berupa data hasil belajar siswa, dan data aktivitas belajar siswa.
1. Data Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa
Komponen-komponen yang diamati atau dinilai dari aktivitas siswa terdiri dari 12 indikator, dengan penjelasan penilaian sebagaimana dijelaskan tabel di bawah ini.
Tabel 3.1  Penilaian Hasil Observasi Aktivitas Belajar Siswa

No
Nama
Indikator
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
5
12
1











2











3











4











5
 dst











Jumlah











Rata-Rata













2. Data Hasil Belajar
Hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitaif, sedangkan skala nilai yang digunakan adalah rentang nilai 10 sampai dengan 100. Menurut Arikunto (2011:45) analisis data dimaksudkan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar.  Perolehan nilai setiap siswa melalui tes hasil belajar secara tertulis diolah dengan rumus :

a.    Ketuntasan Belajar Klasikal





Keterangan :
A = Ketuntasan
B = Jumlah Siswa Tuntas
C = Jumlah Seluruh Siswa

b.    Nilai rata-rata




Keterangan :
X = Nilai Rata-rata
∑Y= Jumlah Nilai Seluruh Siswa
n = Jumlah Seluruh Siswa

G.    Kriteria dan Indikator Keberhasilan

Kriteria untuk mengukur tingkat keberhasilan upaya perbaikan pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.         Proses perbaikan pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi gerak benda dinyatakan berhasil apabila siswa  menguasai  materi pembelajaran  sebesar 80%  atau mendapat 69.
2.         Proses perbaikan pembelajaran pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi gerak benda dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa termotivasi belajarnya selama proses pembelajaran berlangsung.
3.         Proses perbaikan pembelajaran pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi gerak benda dinyatakan berhasil apabila 85% dari jumlah siswa tuntas belajar.

H.    Prosedur Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
1.      Pra Siklus
Pada tahap pra siklus ini peneliti mengadakan kegiatan pembelajaran tanpa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan setelah itu peneliti mengadakan evaluasi untuk mengetahui hasil dari pembelajaran yang telah dilakukan tanpa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Dalam pelaksanaan pembelajaran pada pra siklus ini akan diketahui bagaimana prestasi belajar Kimia materi sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit peserta didik. Hal ini dilakukan untuk membandingkan hasil belajar yang diperoleh setelah menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) pada siklus I dan II.
2.      Siklus I
a.    Perencanaan
Materi yang diajarkan pada siklus I adalah tentang sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit. Kegiatan yang dilakukan adalah:
1)   Identifikasi masalah yang timbul berdasarkan hasil observasi awal peneliti terhadap kondisi peserta didik dan guru
2)   Merencanakan tindakan dengan ilustrasi PTK antara guru dan peneliti sebagai mitra kolaboratif dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Kimia sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit.
3)   Menyusun jadwal kegiatan penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan dengan bantuan guru.
4)   Membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 anggota dan tiap anggota diberi nomor 1 - 5 sesuai jumlah anggotanya.
5)   Menyusun lembar kegiatan peserta didik, observasi, silabus pembelajaran, dan alat evaluasi akhir siklus
b.    Pelaksanaan Tindakan
1)   Pada awal pembelajaran peneliti menjelaskan secara singkat model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang akan diterapkan kepada peserta didik.
2)   Peneliti menyajikan rencana atau tujuan pembelajaran kepada peserta didik sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai
3)   Peneliti membagi kelas dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 peserta didik, setiap anggota kelompok diberi nomor 1-5 sesuai dengan jumlah anggotanya.
4)   Peneliti mempersilahkan semua peserta didik untuk membuka dan mempelajari materi pembelajaran tentang sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit pada beberapa sumber belajar yang sudah dipersiapkan.
5)   Peneliti memberikan pertanyaan atau permasalahan pada peserta didik dengan mengacu pada pokok bahasan dan kompetensi dasar yang akan dicapai untuk dipecahkan bersama-sama dalam kelompok.
6)   Peneliti mengecek pemahaman peserta didik dengan menyebut satu nomor dan para peserta didik dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan guru, jawaban peserta didik yang ditunjuk merupakan wakil jawaban dari kelompok.
7)   Pada akhir pembelajaran peneliti memfasilitasi peserta didik dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada akhir pembelajaran.
8)   Pada akhir siklus dilakukan tes akhir untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam bentuk objektif tes. Hasil dari tes pada akhir siklus ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk tindakan berikutnya.

c.    Observasi
Kegiatan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data mengenai aktivitas belajar peserta didik maupun peneliti selama proses pembelajaran berlangsung dengan bantuan guru mitra maupun orang lain yang lain yang bertindak sebagai observer.
d.   Refleksi
Data yang diperoleh pada siklus I dikumpulkan untuk selanjutnya dianalisis kemudian diadakan refleksi terhadap hasil analisis sehingga dapat diketahui apakah permasalahan yang dihadapi sudah mampu terpecahkan, yaitu terjadinya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik setelah adanya tindakan.
3.      Siklus II
a.    Perencanaan
Materi yang diajarkan pada siklus II adalah tentang sifat-sifat koligatif larutan non elektrolit dan elektrolit. Tahap perencanaan tindakan pada siklus II ini dilakukan berdasarkan hasil refleksi tindakan siklus I. Perencanaan tindakan pada siklus II merupakan hasil perbaikan dari pelaksanaan tindakan siklus I. Adapun kegiatan perencanaan tindakan yang dilakukan pada siklus II adalah penyusunan RPP dan lembar kerja peserta didik.
b.    Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan pada tahap ini langkah-langkahnya hampir sama ketika dilakukan pada siklus I, hanya saja pelaksanaannya ditambah dengan melihat hasil refleksi siklus I serta menambahkan hal-hal yang perlu diperhatikan dan penekanan pada tahap sebelumnya. Di akhir siklus II juga dilakukan pemberian tes akhir untuk mengetahui perkembangan peserta didik dalam bentuk objektif tes.
c.    Observasi dan Refleksi
Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini sama persis dengan kegiatan pada siklus I. data yang diperoleh dalam tahap observasi siklus II dikumpulkan untuk kemudian dilakukan analisis.
 


bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.