Lencana Facebook

banner image

Monday 25 May 2015

PTK MAPEL BAHASA INGGRIS



LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
                                                                                


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE  MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX-3 .....................
 TAHUN PELAJARAN .....................’’




Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..









.....................
Jl. ………………………………….
2012

LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 ..................... Tahun Pelajaran .....................
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           



Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah





………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah yang saya beri judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe  Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 ..................... Tahun Pelajaran .....................’’ Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMP/MTs Dinas …………..
3.    ……………….., selaku Kepala .....................  ………
4.    Bapak dan Ibu Rekan-rekan Guru .....................  yang telah membantu penyelesaian PTK ini.
5.    Semua pihak yang telah membantu, dan tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

............,     ............
Penulis





PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE  MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA INGGRIS SISWA KELAS IX-3 .....................
 TAHUN PELAJARAN .....................’’

Oleh

…………………………………………
NIP. ………………..

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IX-3 .....................  dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure. Subjek penelitian yang diambil adalah kelas IX-3 ..................... Semester 1 Tahun Pelajaran ..................... dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, terdiri dari siswa laki-laki ........ orang dan perempuan ....... orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan urutan kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran make a match dapat meningkatkan  Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match dari kondisi awal hanya ada 7 siswa atau 30,43% yang masuk dalam ketegori aktif, pada siklus pertama meningkat menjadi 14 siswa atau 60,87% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%, dan meningkatkan  hasil test writing menyusun kalimat dari kondisi awal hanya ada 4 siswa atau 17,39% yang masuk dalam kriteria tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi 10 siswa atau 43,48% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%. Kesimpulannya adalah impelmentasi tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.


Kata Kunci: make a match, proses dan hasil belajar siswa




DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL..........................................................................................      
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................      
KATA PENGANTAR........................................................................................      
ABSTRAK..........................................................................................................      
DAFTAR ISI.......................................................................................................      
DAFTAR TABEL...............................................................................................      
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................      

BAB    I     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah............................................................      
B.       Identifikasi Masalah..................................................................      
C.       Pembatasan Masalah..................................................................      
D.      Rumusan Masalah......................................................................      
E.       Tujuan Penelitian.......................................................................      
F.        Manfaat Penelitian.....................................................................      
BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................      
B.  Kerangka Pikir.............................................................................      
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................      
BAB    III METODE PENELITIAN           
A.  Setting Penelitian.........................................................................      
B.  Prosedur Penelitian......................................................................      
C.  Teknik Pengumpulan Data ..........................................................      
D.  Teknik Analisi Data ....................................................................      
E.   Indikator Keberhasilan ................................................................      
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian............................................................................      
B.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................      
BAB    V   PENUTUP          
A.  Kesimpulan .................................................................................      
B.  Saran ...........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN






DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Penilaian Aspek Observasi ....................................................            
Tabel      4.1    Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Siklus I....................................            
Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat Siklus 1            
Tabel      43     Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Siklus II..................................            
Tabel      4.4    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat Siklus II                       
Tabel      4.5    Rekapitulasi Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                 
Tabel      4.6    Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................            





















DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 4.1    Diagram Peningkatan Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................            
Gambar 4.2    Diagram Peningkatan Hasil Test Writing Menyusun Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................            






















DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    5     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran    8     Daftar Nilai Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    9     Lembar Observasi Aktivitas Kelompok Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    10   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    11   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II


bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.