LAPORAN
PENELITIAN
TINDAKAN KELAS
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE
MAKE
A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA
INGGRIS SISWA KELAS IX-3 .....................
TAHUN PELAJARAN .....................’’
Diajukan
untuk Memenuhi Persyaratan Kenaikan
Pangkat
............................... dst disesuaikan
Oleh :
………………………………………..
NIP.
……………..
.....................
Jl.
………………………………….
2012
LEMBAR PENGESAHAN
1.
|
Judul Penelitian
|
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A
Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 .....................
Tahun Pelajaran .....................
|
2.
|
Identitas Peneliti
a. Nama Lengkap
b. NIP
c. Pangkat. Golongan
d. Tempat Tugas
e. Kabupaten/Kota
f. Provinsi
g. Alamat Kantor
h. Telepon
|
|
3.
|
Lama Penelitian
|
|
4.
|
Sumber Dana
|
Swadaya
|
…………….,…………………….
Petugas Perpustakaan Peneliti
…………………….. ………………………
NIP. …………………….. NIP. ……………………..
Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah
………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR
KATA PENGANTAR
Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan
kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah
memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini
saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah
yang saya beri judul “Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IX-3 ..................... Tahun Pelajaran .....................’’” Penelitian ini diajukan untuk melengkapi
syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang
telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.
……………….., selaku Kepala Dinas ………………..
2.
……………….., selaku Pengawas SMP/MTs Dinas …………..
3.
……………….., selaku Kepala ..................... ………
4.
Bapak dan Ibu Rekan-rekan Guru ..................... yang telah membantu penyelesaian PTK ini.
5.
Semua pihak yang telah membantu, dan tidak dapat
penulis sebutkan satu per satu.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca
demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini
dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya
manusia.
............, ............
Penulis
PENERAPAN
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE
MAKE
A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
BAHASA
INGGRIS SISWA KELAS IX-3 .....................
TAHUN PELAJARAN .....................’’
Oleh
…………………………………………
NIP. ………………..
ABSTRAK
Penelitian
tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IX-3 ..................... dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Adapun
tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa untuk menyusun teks procedure. Subjek penelitian yang diambil adalah
kelas IX-3 ..................... Semester 1 Tahun Pelajaran ..................... dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, terdiri dari siswa
laki-laki ........ orang dan perempuan ....... orang. Penelitian ini
merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research) dengan urutan kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action),
observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian
dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data
dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran make a match dapat meningkatkan Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan
Model Pembelajaran Make A Match dari kondisi awal hanya ada 7 siswa atau
30,43% yang masuk dalam ketegori aktif, pada siklus pertama meningkat menjadi
14 siswa atau 60,87% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%, dan meningkatkan hasil
test writing menyusun kalimat dari kondisi awal hanya ada 4 siswa atau
17,39% yang masuk dalam kriteria tuntas, pada siklus pertama meningkat menjadi
10 siswa atau 43,48% dan pada siklus kedua menjadi 22 siswa atau 95,65%.
Kesimpulannya adalah impelmentasi
tindakan pembelajaran melalui model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks
berbentuk prosedur dan meningkatkan aktifitas siswa dalam proses pembelajaran.
Kata
Kunci: make a match, proses dan hasil belajar siswa
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL..........................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................
KATA PENGANTAR........................................................................................
ABSTRAK..........................................................................................................
DAFTAR ISI.......................................................................................................
DAFTAR TABEL...............................................................................................
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah............................................................
B. Identifikasi Masalah..................................................................
C. Pembatasan Masalah..................................................................
D. Rumusan Masalah......................................................................
E. Tujuan Penelitian.......................................................................
F.
Manfaat
Penelitian.....................................................................
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A. Kajian
Teori.................................................................................
B. Kerangka
Pikir.............................................................................
C. Hipotesis
Tindakan......................................................................
BAB III METODE
PENELITIAN
A. Setting Penelitian.........................................................................
B. Prosedur Penelitian......................................................................
C. Teknik Pengumpulan Data ..........................................................
D. Teknik Analisi Data ....................................................................
E. Indikator Keberhasilan ................................................................
BAB IV HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil
Penelitian............................................................................
B. Pembahasan
Hasil Penelitian.......................................................
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
.................................................................................
B. Saran ...........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1
Penilaian Aspek Observasi ....................................................
Tabel 4.1 Hasil
Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match Siklus I....................................
Tabel 4.2 Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun
Kalimat Siklus 1
Tabel 43 Hasil
Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match Siklus II..................................
Tabel 4.4 Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun
Kalimat Siklus II
Tabel 4.5 Rekapitulasi
Hasil Penilaian Proses Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II
Tabel 4.6 Rekapitulasi Hasil Test Writing Menyusun
Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................
DAFTAR GAMBAR
Gambar Halaman
Gambar 4.1 Diagram Peningkatan Hasil Penilaian Proses
Pembelajaran Menyusun Teks Prosedur Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match
pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II...............................................................................................
Gambar 4.2 Diagram Peningkatan Hasil Test Writing
Menyusun Kalimat pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.................................................................................
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
Lampiran 1
Surat Ijin Penelitian
Lampiran 2 Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran 3 Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran 4 Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran 5 Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran 6 Daftar
Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 7 Daftar
Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran 8 Daftar
Nilai Tes Formatif Pra Siklus,
Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 9 Lembar
Observasi Aktivitas Kelompok Pra
Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran 10 Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 11 Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus,
Siklus I, dan Siklus II
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.