Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Monday, 25 May 2015

PTK BAHASA INGGRIS SMP



PENELITIAN TINDAKAN KELAS
                                                                                



PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS TRANSACTIONAL SISWA
KELAS IX-2 .....................
TAHUN PELAJARAN .....................






Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
............................... dst disesuaikan





Oleh :

………………………………………..
NIP. ……………..







.....................
Jl. ………………………………….
2012
LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Transactional Siswa  Kelas IX-2 .....................  Tahun Pelajaran .....................
2.
Identitas Peneliti
a.    Nama Lengkap
b.   NIP
c.    Pangkat. Golongan
d.   Tempat Tugas
e.    Kabupaten/Kota
f.    Provinsi
g.   Alamat Kantor
h.   Telepon

3.
Lama Penelitian

4.
Sumber Dana
Swadaya


                                                                        …………….,…………………….
                Petugas Perpustakaan                                           Peneliti



                ……………………..                               ………………………
            NIP. ……………………..                       NIP. ……………………..           



Mengetahui/Mengesahkan
Kepala Sekolah





………………….
NIP.……………………..
KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur senantiasa saya panjatkan kepada Allah SWT. Tuhan Yang Maha Esa pengayom segenap alam yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesaikannya karya ilmiah yang saya beri judul “Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Transactional Siswa  Kelas IX-2 .....................  Tahun Pelajaran ..................... Penelitian ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan ………. Ke golongan …...
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    ……………….., selaku Kepala Dinas  ………………..
2.    ……………….., selaku Pengawas SMP/MTs Dinas …………..
3.    ……………….., selaku Kepala .....................  ………
4.    Bapak dan Ibu Rekan-rekan Guru .....................  yang telah membantu penyelesaian PTK ini.
5.    Semua pihak yang telah membantu, dan tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Akhirnya penulis mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

............,     ............
Penulis






PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI TEKS TRANSACTIONAL SISWA
KELAS IX-2 .....................
TAHUN PELAJARAN .....................


Oleh

…………………………………………
NIP. ………………..

ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Kelas IX-2 .....................  dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yang diambil adalah kelas IX-2 ..................... Semester 1 Tahun Pelajaran ..................... dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, terdiri dari siswa laki-laki ........ orang dan perempuan ....... orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan urutan kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan  minat dan hasil belajar siswa dari kondisi awal  hanya 11 siswa atau 47,83%, naik menjadi 15 siswa atau 65,22% pada siklus pertama, dan 95,68% atau 22 siswa pada siklus kedua, dan peningkatan prestasi hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal hanya  57,39 naik menjadi 62,61 pada siklus pertama, dan 73,91 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  4 siswa 17,39% pada kondisi awal,  43,48% atau 10 siswa pada siklus pertama,  22 siswa atau 95,65% pada siklus kedua, dan masih ada satu orang siswa (4,35%) yang belum tuntas, sehingga semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. Kesimpulannya adalah impelmentasi tindakan pembelajaran melalui metode mind mapping dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IX-2 ..................... Semester 1 Tahun Pelajaran ......................

Kata Kunci: mind mapping, minat, hasil belajar



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL..........................................................................................      
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................      
KATA PENGANTAR........................................................................................      
ABSTRAK..........................................................................................................      
DAFTAR ISI.......................................................................................................      
DAFTAR TABEL...............................................................................................      
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................      
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................      

BAB    I     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah............................................................      
B.       Rumusan Masalah......................................................................      
C.       Tujuan Penelitian.......................................................................      
D.      Manfaat Penelitian.....................................................................      
BAB    II   KAJIAN PUSTAKA
A.  Kajian Teori.................................................................................      
B.  Kerangka Pikir.............................................................................      
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................      
BAB    III METODE PENELITIAN           
A.  Rancangan Penelitian ..................................................................      
B.  Prosedur Penelitian .....................................................................      
C.  Subyek Penelitian ........................................................................      
D.  Tempat dan Waktu Penelitian .....................................................      
E.   Teknik Pengumpulan Data ..........................................................      
F.   Teknik Analisis Data ...................................................................      
G.  Indikator Keberhasilan ................................................................      
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian............................................................................      
B.  Pembahasan Hasil Penelitian.......................................................      
BAB    V   PENUTUP          
A.  Kesimpulan .................................................................................      
B.  Saran ...........................................................................................      

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN






DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Kriteria Ketuntasan Belajar....................................................            
Tabel      3.2    Kriteria Ketuntasan Belajar Klasikal......................................            
Tabel      4.1    Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat Siswa Siklus I............            
Tabel      4.2    Rekapitulasi Analisis Hasil Belajar Siklus I...........................            
Tabel      4.3    Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat Siswa pada Siklus II
Tabel      4.4    Rekapitulasi Analisis Hasil Belajar Siklus II..........................            
Tabel      4.7    Rekapitulasi Hasil Penelitian pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II                 
Tabel      4.10  Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa pada pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II                                                                                                      




























DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Mind Map Guideline (Garis Panduan Pemetaan Pikiran) Sumber: Buzan (2007)                 
Gambar  2.2    Contoh Mind Mapping Sumber: Buzan (2007).....................            
Gambar 2.3    Bagan Kerangka Berfikir.......................................................            
Gambar 3.1    Bagan Tahapan dalam Penelitian Tindakan Kelas Sumber: Arikunto (2008: 16)                  
Gambar 4.1    Grafik Hasil Pengamatan Minat Siswa Siklus I.....................            
Gambar 4.2    Grafik Perbandingan Hasil Pretest Pada Kondisi Awal Dengan Posttest Siklus I               
Gambar 4.3    Grafik Hasil Pengamatan Minat Siswa pada Siklus II..........            
Gambar 4.4    Grafik Perbandingan Hasil Pretest Pada Kondisi Awal dan Siklus I            
Gambar 4.5    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Minat siswa, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..........................            
Gambar 4.6    Grafik Peningkatan Minat siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran                      










DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Surat Kesediaan Menjadi Observer
Lampiran    3     Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
Lampiran    5     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
Lampiran    6     Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    7     Daftar Hadir Peneliti dan Observer
Lampiran    8     Daftar Nilai Tes Formatif Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    9     Lembar Observasi Minat Kelompok Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II
Lampiran    10   Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran    11   Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

 

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian
Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian yang dilaksanakan secara bertahap dengan penjelasan sebagai berikut:
1.    Siklus I
a.    Perencanaan
 Sebelum melaksanakan pembelajaran siklus I, peneliti bersama guru merencanakan kegiatan dengan berpedoman pada metode penelitian yang telah peneliti susun serta sumber lain yang relevan. Perencanaan ini meliputi:
1) Melakukan analisis kurikulum untuk mengetahui kompetensi dasar yang akan disampaikan kepada siswa.
2) Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
3) Membuat media pembelajaran Mind Mapping.
4) Menyusun lembar soal penilaian (soal pretest dan posttest).
5) Menyusun lembar observasi minat siswa.
b.    Pelaksanaan
Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan (4x40 menit). Pelaksanaan penelitian siklus I diikuti oleh 23 siswa kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya sebagai populasi penelitian penerapan media Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Inggris.
1)   Pra Pembelajaran
Pada tahap awal pelaksanaan pembelajaran, guru mengkondisikan siswa dengan meminta perhatian siswa serta memberikan penjelasan bahwa akan dilaksanakan penelitian dalam pembelajaran, guru mempersiapkan media Mind Mapping di papan tulis. Siswa telah siap mengikti pembelajaran.
2)   Kegiatan Awal
Apersepsi dilakukan dengan memberikan pertanyaan “apakah kalian tahu, tentang teks transactional?”, kemudian beberapa siswa menjawab. Selanjutnya guru memberikan apersepsi yang lain dengan menjelaskan tentang percakapan transaksional.
3)   Kegiatan Inti
Guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media Mind Mapping. Awalnya siswa mengalami kesulitan bagaimana cara membaca alur yang ada pada media Mind Mapping. Kemudian guru menjelaskan bahwa media Mind Mapping dibaca dari tengah ke pinggir dengan mengikuti alur atau pola yang ada di media Mind Mapping. Setelah mendapat penjelasan tersebut, siswa mulai dapat memahami penggunaan media Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan materi teks transactional. Dalam menerangkan materi, guru menunjuk media Mind
Mapping sebagai media untuk belajar siswa serta memeragakan letak letak tulang pada tubuh manusia di depan kelas. Beberapa siswa mengikuti guru dengan memegang bagian tulang tubuh masing masing yang tengah disebutkan oleh guru. Dalam menjelaskan, guru turut menanyakan apakah siswa sudah paham mengenai apa yang telah dijelaskan oleh guru. Minat siswa berkali-kali diuji coba oleh guru dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang telah dijelaskan, namun masih banyak siswa yang diam dan tidak menjawab, bahkan beberapa kurang memperhatikan apa pertanyaan yang diajukan sehingga pertanyaan terus dibaca ulang oleh guru. Dalam memberikan pertanyaan, guru juga memancing siswa serta memberikan pengertian untuk menjawab pertanyaan semampu siswa. Pertanyaan lisan ini diajukan oleh guru secara merata kepada siswa sehingga setiap siswa memperhatikan dengan seksama pertanyaan yang diajukan oleh guru ataupun jawaban yang diberikan oleh teman kelasnya. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang kurang jelas, serta memberikan kesempatan siswa untuk bertanya, namun semua siswa tidak ada yang bertanya dan siswa merasa sudah memahami apa yang telah dipelajari. Setelah mendapatkan cukup minat mengenai teks
transactional, guru bersama-sama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
4)   Kegiatan Akhir
Untuk mengidentifikasi tingkat minat siswa, guru membagikan lembar soal penilaian yang dikerjakan secara individu oleh masing-masing siswa. Guru berkeliling mengawasi proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan media Mind Mapping.
c.    Observasi
1)   Observasi Minat Siswa
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti terhadap minat siswa dalam penggunaan media Mind Mapping pembelajaran bahasa Inggris di kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya diperoleh data berupa tabel sebagai berikut:
Tabel 4.1  Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat Siswa Siklus I

No
Uraian
Jumlah
Ket
1
Siswa Tuntas
15

2
Persentase Tuntas
65,22

3
Siswa Belum Tuntas
8

4
Persentase Belum Tuntas
34,78

5
Ketuntasan Klasikal
65,22


Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 23 siswa terdapat 15 orang yang tuntas belajarnya (65,22%) dilihat dari minat siswanya, sedangkan 8 siswa (34,78%) belum tuntas dilihat dari minat siswanya. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan harapan pada siklus II minat siswa siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II karena peningkatan minat siswa baru mencapai angka 65,22% dengan harapan pada siklus II minat siswa siswa dapat mencapai perolehan di atas 85% sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.
Perbandingan hasil pretest pada kondisi awal dengan posttest siklus I dapat dilihat pada grafik sebagai berikut:













Gambar    4.1 Grafik Hasil Pengamatan Minat Siswa Siklus I

2)   Pemaparan Hasil Belajar Siswa
Pada siklus I, hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya adalah sebagai berikut:
Tabel 4.2  Rekapitulasi Analisis Hasil Belajar Siklus I

No
Ketagori
Kondisi Awal
Ket
Jumlah
%
1
Tuntas
10
43,48

2
Belum Tuntas
13
56,52


Jumlah
23
100,00


Nilai terendah
50,00


Nilai tertinggi
80,00


Rata – rata
62,61


Ketuntasan
43,48


Dari tabel sebagaimana dijelaskan  di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus pertama  sebesar 62,61, jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 10 siswa atau sebesar 43,48%, dan jumlah siswa yang belum tuntas belajarnya sebanyak 13 siswa atau sebesar 56,52%
Dari penjelasan sebagaimana tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hasil nilai tes formatif mengalami peningkatan dari kondisi awal, karena pada sebelum perbaikan siswa tuntas 4 siswa (17,39%) meningkat menjadi 10 siswa (43,48%) atau meningkat sebanyak 6 siswa (26,09%). Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer sepakat untuk melaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus II karena belum memenuhi indikator keberhasilan yang ditetapkan dengan harapan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dapat mencapai perolehan di atas KKM sebesar 70 sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dan tingkat ketuntasan belajar mencapai angka di atas 85% dari jumlah seluruh siswa.
Perbandingan hasil pretest pada kondisi awal dengan posttest siklus I dapat dilihat pada grafik sebagai berikut:












Gambar 4.2 Grafik Perbandingan Hasil Pretest Pada Kondisi Awal Dengan Posttest Siklus I
d.   Refleksi
Refleksi tindakan siklus I difokuskan pada masalah yang muncul pada saat pembelajaran. Dari data di atas, didapat masalah yang muncul sebagai berikut:
1.    Siswa masih belum bisa memahami seutuhnya konsep media Mind
Mapping, sehingga masih sering merasa bingung.
2.    Siswa tidak mencatat materi yang dipelajari sehingga pembelajaran terbatas pada ingatan siswa saja.
3.    Meski bingung siswa belum aktif bertanya kepada guru dan cenderung menganggap sudah memahami materi. Hal ini terlihat pada saat guru menanyakan “apakah sudah paham?” siswa menjawab “sudah”, namun saat diberi pertanyaan, banyak siswa yang tidak bisa menjawab.
4.    Siswa belum aktif menjawab pertanyaan yang di ajukan guru, dan masih menunggu agar ditunjuk terlebih dahulu oleh guru, baru mau menjawab pertanyaan yang di ajukan.
5.    Pembelajaran terasa hanya searah karena siswa masih terlihat pasif. e.
Dari permasalahan yang telah disebutkan di atas, maka akan diadakan revisi untuk memperbaiki kinerja pada siklus selanjutnya. Revisi tersebut antara lain:
1.    Merencanakan dan mempersiapkan pembelajaran dengan media Mind Mapping yang lebih menarik dan lebih mudah dibaca oleh siswa.
2.    Memberikan penjelasan mengenai konsep media Mind Mapping agar siswa tidak merasa bingung saat dihadapkan dengan media Mind
Mapping.
3.    Mendorong siswa agar mencatat materi yang dipelajari sesuai minat siswa.
4.    Mendorong siswa agar lebih aktif bertanya apa yang tidak ia pahami, sehingga siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan.
5.    Mendorong siswa agar menjawab pertanyaan lisan secara langsung, tanpa harus ditunjuk oleh guru.
2.    Siklus II
a.    Perencanaan
Untuk menindaklanjuti pembelajaran pada siklus I, maka dilaksanakan siklus II. Dalam perencanaan siklus II ini, kegiatan yang dilakukan antara lain:
1)   Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lebih mendorong siswa untuk lebih aktif.
2)   Membuat media Mind Mapping yang lebih jelas dengan memperbesar ukuran huruf serta menggunakan warna yang lebih beragam.
3)   Menyusun lembar soal penilaian (soal pretest dan posttest) siklus II
4)   Mempersiapkan lembar observasi minat siswa.
b.    Pelaksanaan
Siklus II dilaksanakan dalam dua kali pertemuan (4x40 menit). Pelaksanaan penelitian siklus II diikuti oleh 23 siswa kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya sebagai populasi penelitian penerapan media Mind Mapping dalam pembelajaran bahasa Inggris.
1) Pra Pembelajaran
Pada tahap awal pelaksanaan pembelajaran, guru mengkondisikan siswa dengan terlebih dahulu berdoa dan melakukan presensi kehadiran siswa.
2) Kegiatan Awal
Apersepsi dilakukan dengan memberikan pertanyaan berkaitan dengan materi pembelajaran, beberapa siswa menjawab namun tampak ragu “duduk tidak benar”. Mendengar jawaban yang ragu-ragu, guru mengulang pertanyaan tersebut. Dengan sedikit pancingan, siswa dengan yakin menjawab “duduk tidak benar, bu”. Guru memberikan pujian “ya, benar. Bagus sekali”. Selanjutnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3) Kegiatan Inti
Guru melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media Mind Mapping. Guru menjelaskan kembali bagaimana cara membaca alur yang ada pada media Mind Mapping. Guru menjelaskan menggunakan media Mind Mapping serta memeragakannya di depan kelas. Sebagian besar siswa tertawa melihat apa yang diperagakan oleh guru, hal ini menunjukkan bahwa ada perhatian siswa terhadap guru. Dalam menjelaskan materi, guru seringkali bertanya secara lisan kepada siswa tentang materi yang baru saja dijelaskan untuk menguji minat siswa serta untuk menjaga suasana kelas tetap kondusif. Guru secara bergiliran menerangkan materi serta bertanya bagaimana minat siswa mengenai materi pelajaran. Setelah semua materi yang dipersiapkan dijelaskan kepada siswa, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapat serta menanyakan hal-hal yang mungkin belum jelas atau belum dipahami oleh siswa. Setelah mendapat dorongan, akhirnya beberapa siswa berani menanyakan apa yang belum dipahaminya. Selanjutnya, guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
4) Kegiatan Akhir
Untuk mengidentifikasi tingkat minat siswa, guru membagikan lembar soal penilaian (posttest) yang dikerjakan masing masing siswa. Guru berkeliling mengawasi proses pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media Mind Mapping.
c.    Observasi
1) Observasi Minat Siswa
Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti terhadap minat siswa dalam penggunaan media Mind Mapping pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya diperoleh data berupa tabel sebagai berikut:


Tabel 4.3  Rekapitulasi Hasil Pengamatan Minat Siswa pada Siklus II

No
Uraian
Jumlah
Ket
1
Siswa Tuntas
22

2
Persentase Tuntas
95,65

3
Siswa Belum Tuntas
1

4
Persentase Belum Tuntas
4,35

5
Ketuntasan Klasikal
95,65


Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa dari 23 siswa terdapat 22 orang yang tuntas belajarnya (96,65%) dilihat dari minat siswanya. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil pengamatan terhadap peningkatan minat siswa sudah mencapai angka di atas 85%, sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada siklus II. Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa minat siswa mencapai angka 95,65%. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa telah mencapai kriteria keberhasilan sebesar 85% sehingga proses perbaikan pembelajaran dinyatakan berhasil dan tuntas pada pelaksanaan siklus II.








Gambar    4.3 Grafik Hasil Pengamatan Minat Siswa pada Siklus II
2) Pemaparan Hasil Belajar Siswa
Pada siklus II, hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas IX-2 SMPN 7 Palangka Raya adalah sebagai berikut:
Tabel 4.4  Rekapitulasi Analisis Hasil Belajar Siklus II

No
Ketagori
Kondisi Awal
Jumlah
%
1
Tuntas
22
95,65
2
Belum Tuntas
1
4,35

Jumlah
23
100,00

Nilai terendah
60,00

Nilai tertinggi
80,00

Rata – rata
73,91

Ketuntasan
95,65

Dari tabel tentang rekapitulasi nilai tes formatif pembelajaran bahasa Inggris di atas dapat diterangkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus pertama  sebesar 73,91, jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 22 siswa atau sebesar 95,65%, dan masih  ada 1 siswa yang belum tuntas belajarnya atau sebesar 4,35%%
Dari penjelasan sebagaimana tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa hasil nilai tes formatif mengalami peningkatan dari siklus I, karena pada siklus I siswa tuntas 10 siswa (43,48%) meningkat menjadi 22 siswa (96,65%) atau meningkat sebanyak 12 siswa (52,17%). Melihat hasil di atas maka peneliti bersama-sama dengan observer menyimpulkan bahwa hasil tes hasil belajar menunjukkan hasil 73,91. Hal ini menunjukkan bahwa tes hasil belajar sudah memenuhi kriteria keberhasilan karena hasil belajar berada di atas angka kriteria minimal ketuntasan (KKM) sebesar 70, dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajarnya sebanyak 22 siswa atau 96,65%
Perbandingan hasil posttest siklus I dengan posttest siklus II dapat dilihat pada grafik sebagai berikut:














Gambar 4.4 Grafik Perbandingan Hasil Pretest Pada Kondisi Awal dan Siklus I

d.   Refleksi
Refleksi pada tindakan siklus II adalah sebagai berikut:
1)   Siswa mampu menerapkan konsep media Mind Mapping dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menerima materi dengan lebih mudah.
2)   Siswa lebih aktif menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tanpa harus ditunjuk terlebih dahulu oleh guru.
e.    Revisi
Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 96,65% dan dengan kategori tuntas. Dengan tuntasnya hasil belajar klasikal tersebut, maka penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media Mind Mapping cukup dilakukan dua siklus.
B.  Pembahasan
1.    Media Mind Mapping
Penerapan media Mind Mapping dalam penelitian ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa. Beberapa kelebihan dalam pemanfaatan Mind Mapping sebagai media pembelajaran adalah:
a. Media Mind Mapping dapat dibuat dengan mudah dan relatif murah.
b. Dapat diaplikasikan pada pembelajaran yang terbatasi oleh ketersediaan sarana dan prasarana penggunaan media berbasis komputer.
c. Dapat digunakan oleh guru yang tidak dapat mengoperasikan komputer.
d. Memudahkan guru untuk menjelaskan materi kepada siswa.
e. Memudahkan siswa dalam memahami materi secara menyeluruh dan terkonsep.
f. Materi yang telah dipelajari mudah dikilas balik oleh siswa.
Sedangkan hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan media
Mind Mapping ini adalah:
a. Perlu pengetahuan materi secara menyeluruh sebelum melaksanakan pembuatan media Mind Mapping.
b. Diperlukan kreativitas guru agar dapat membuat media Mind Mapping yang menarik dan tidak membosankan.
c. Perlu komposisi yang tepat antara kata kunci, warna, dan gambar.
d. Hanya terdapat kata kunci dan/atau gambar dari setiap permasalahan, sehingga siswa harus memahami tentang penjelasan atau penjabarannya.
Dalam penelitian ini, hal-hal lain yang mendukung suksesnya penggunaan media Mind Mapping dalam pembelajaran adalah:
a. Guru memanfaatkan media Mind Mapping secara berkelanjutan, sehingga siswa memahami konsep dari media Mind Mapping.
b. Siswa telah mempelajari materi yang akan di ajarkan menggunakan buku paket pelajaran bahasa Inggris, sehingga siswa mudah mempelajari kembali saat pembelajaran dilaksanakan di kelas.
c. Beberapa materi telah dipelajari secara tematik saat siswa duduk di kelas sebelumnya.
2.    Siswa
Siswa menjadi obyek dalam penelitian ini. Siswa berperan penting dalam pelaksanaan penelitian. Dalam penelitian ini, minat siswa mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II, hingga siklus III. Perhatian yang diberikan siswa dalam pembelajaran membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran. Perubahan tingkah laku siswa tidak lepas dari peran guru yang selalu mengingatkan siswa agar siswa fokus dalam pembelajaran dan tidak bermain sendiri saat pembelajaran berlangsung. Melalui data observasi pada siklus I terlihat bahwa siswa masih bermain sendiri saat pembelajaran berlangsung. Namun guru sering mengingatkan siswa agar bisa fokus dalam belajar, sehingga pada siklus II dan siklus III masing masing mengalami peningkatan sikap siswa dalam belajar.
3.    Hasil Belajar
Hasil belajar menjadi patokan dalam pelaksanaan penelitian. Peningkatan hasil belajar siswa tidak lepas dari materi yang digunakan dalam pembelajaran. Meski siswa baru pertama kali mengikuti mata pelajaran bahasa Inggris, namun siswa telah belajar beberapa hal terkait materi pembelajaran pada saat siswa duduk di kelas sebelumnya yang menggunakan pembelajaran tematik. Secara keseluruhan, peningkatan hasil penelitian tersebut dapat dibandingkan dalam tabel rekapitulasi pretest, posttest, serta minat siswa pada pelaksanaan siklus I, siklus II dan siklus III sebagai berikut:
Tabel 4.5 Rekapitulasi Hasil Penelitian pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II

No
Uraian
Nilai Rata-2
Siswa Tuntas
Siswa Belum Tuntas
Frekuensi
%
Frekuensi
%
1
Awal
57,39
4
17,39
19
82,61
2
Siklus I
62,61
10
43,48
13
56,52
3
Siklus II
73,91
22
95,65
1
4,35

Dari tabel di atas dapat dijelaskan peningkatan nilai hasil dan ketuntasan belajar siswa pada siklus I dan II  secara terperinci sebagai berikut :
1.      Siswa Tuntas Belajar
a.   Pada temuan awal siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau 17,39% dari 23 siswa.
b.   Pada siklus I  siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 43,48% dari 23 siswa
c.   Pada siklus II  siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 95,65% dari 23 siswa
2.      Siswa Belum Tuntas Belajar
a.   Pada temuan awal siswa yang belum tuntas sebanyak 19 siswa atau 82,61% dari 23 siswa.
b.   Pada siklus I  siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa atau 56,52% dari 23 siswa
c.   Pada siklus II  siswa yang belum  tuntas sebanyak 1 siswa atau 4,35% dari 23 siswa
Untuk lebih jelasnya  peningkatan hasil belajar siswa dan nilai rata-rata hasil belajar dapat dilihat pada gambar diagram batang  berikut ini :













Gambar    4.5    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Minat siswa, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran

b.   Minat siswa 
Dari hasil analisis peningkatan minat siswa siswa pada setiap siklus perbaikan pembelajaran, secara rinci dapat dilihat pada tabel di bawah ini :
Tabel 4.6    Rekapitulasi Peningkatan Minat Siswa pada pada Kondisi awal, Siklus I dan Siklus II

No
Uraian
Siswa Tuntas
Siswa Belum Tuntas
Frekuensi
%
Frekuensi
%
1
Awal
11
47,83
12
52,17
2
Siklus I
15
65,22
8
34,78
3
Siklus II
22
95,65
1
4,35

Dari penjelasan pada tabel di atas, diperoleh keterangan sebagai berikut :
a.      Siswa tuntas dilihat dari minat siswa
1.   Pada temuan awal, siswa tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 11 siswa atau 47,83% dari 23 siswa.
2.   Pada siklus I, siswa tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 15 siswa atau 65,22% dari 23 siswa.
3.   Pada siklus II, belum tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 22 siswa atau 95,65% dari 23 siswa.
b.      Siswa yang belum tuntas dilihat dari minat siswa
1.   Pada temuan awal, siswa belum tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 12 siswa atau 52,17% dari 23 siswa.
2.   Pada siklus I, siswa belum tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 8 siswa atau 34,78% dari 23 siswa.
3.   Pada siklus II, siswa belum tuntas dilihat dari minat siswa sebanyak 1 siswa atau 4,35% dari 23 siswa
Untuk lebih jelasnya  peningkatan minat siswa dapat dilihat pada gambar diagram batang berikut ini :















Gambar    4.6    Grafik Peningkatan Minat siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran

Dari hasil diskusi dengan kepala sekolah dan observer maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dalam dua siklus perbaikan dinyatakan tuntas, dan dapat dilanjutkan pada materi selanjutnya karena telah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditentukan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pemahaman siswa menunjukkan perolehan pada kondisi awal hanya 11 siswa atau 47,83%, naik menjadi 15 siswa atau 65,22% pada siklus pertama, dan 95,68% atau 22 siswa pada siklus kedua. Kenyataan tersebut juga didukung oleh peningkatan hasil dan ketuntasan belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada kondisi awal hanya  57,39 naik menjadi 62,61 pada siklus pertama, dan 73,91 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak  4 siswa 17,39% pada kondisi awal,  43,48% atau 10 siswa pada siklus pertama,  22 siswa atau 95,65% pada siklus kedua, dan masih ada satu orang siswa (4,35%) yang belum tuntas, sehingga semua indikator dan kriteria keberhasilan proses perbaikan pembelajaran telah tercapai pada siklus kedua. 


bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.