MODUL AJAR
Madrasah : .......................................................
Mata Pelajaran : .......................................................
Tema : .......................................................
Fase/Kelas : .......................................................
Alokasi Waktu : .......................................................
Tahun Pelajaran : .......................................................
Nama Penyusun : .......................................................
Kompetensi Awal |
1. Peserta didik dapat menjelaskan arti iman kepada Rasul 2. Peserta didik dapat Menyebutkan sifat-sifat Rasul 3. Peserta didik dapat memhami tujuan diutusnya Rasul |
Profil Pelajar Pancasila dan Pelajar Rahmatan lil Alamin |
1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dengan cara melatih peserta didik berdoa sebelum dan sesudah belajar. 2. Berkebinekaan global dengan cara melatih peserta didik tidak membeda bedakan teman ketika pembentukan kelompok diskusi atau praktikum. 3. Mandiri dengan cara sadar diri dan tidak ketergantungan pada teman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. 4. Bergotong royong dengan cara melatih peserta didik untuk saling membantu bekerjasama dalam kelompok saat melaksanakan kegiatan praktikum, diskusi, maupun presentasi hasil kerja kelompok. 5. Bernalar kritis dengan cara melatih peserta didik dengan pertanyaan pertanyaan dalam peristiwa kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan topik materi. 6. Kreatif dengan cara melatih peserta didik berinovasi dalam mengajukan ide yang berhubungan dengan topik materi. |
Sarana dan Prasarana |
1. Ruang Kelas 2. Alat dan Bahan a. Poster tentang keteladanan sifat Rasul (Sidiq, Amanah, Tablig, Fatonah) b. Video panduan belajar. c. LCD Projector d. Laptop 3. Materi dan Sumber Bahan Ajar a. Buku Pendidikan Agama
Islam Kelas 4 Kemendikbud RI tahun 2021 |
Target Peserta Didik |
Peserta didik reguler (bukan berkebutuhan khusus) |
Tujuan Pembelajaran |
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran |
Dengan melakukan kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan, peserta didik mampu: 1. Menjelaskan arti iman kepada Rasul dengan benar 2. Menyebutkan sifat-sifat Rasul dengan benar 3. Membuat karya poster tentang keteladanan sifat rasul Sidiq, amanah, tablig dan fatonah dengan baik 4. Menjelaskan tujuan diutusnya Rasul dengan benar 5. Meyakini adanya Rasul Allah 6. Menunjukkan sikap berani, jujur, dapat dipercaya dan cerdas. |
1. Meyakini adanya Rasul Allah. 2. Menunjukkan sikap berani, jujur, dapat dipercaya, dan cerdas. 3. Menyebutkan sifat-sifat Rasul. 4. Membuat karya poster tentang 5. keteladanan sifat rasul sidiq, amanah, tablig, dan fatanah. 6. Menjelaskan tujuan diutusnya Rasul. |
1. Pemahaman Bermakna
Meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan menyadari bahwa Allah lah yang mengutus para Rasul untuk membimbing umat manusia kejalan Allah, serta mengimani Rasul-Rasul Allah SWT
2. Pertanyaan Pemantik
a. Apakah siswa Yakin terhadap rasul Allah?
b. Apa tanggapan kalian tentang gambar dari teks yang telah kalian amati?
c. Apa pendapat kalian setelah mengenal sifat-sifat Rasul Allah?
d. Pernahkah kalian melakukan perbuatan yang tercela? Bagaimana perasaan kalian setelah melakukannya?
e. Apa saja Sifat-sifat rasul Allah yang bisa kita teladani?
3. Kegiatan Pembelajaran
Langkah-langkah persiapan 1. Guru menyiapkan kebutuhan pembelajaran seperti media ajar, menyiapkan lembar kerja peserta didik, dsb. 2. Guru mengingatkan peserta didik untuk mempersiapkan buku teks, buku pendamping, alat dan bahan yang dibutuhkan. |
||
Urutan Kegiatan Pembelajaran (mencerminkan penerapan pendekatan PBL) |
Alokasi Waktu |
|
Pembelajaran ke-1 |
2 JP (2x35’) |
|
Pendahuluan 1. Guru memberikan salam, menyapa peserta didik dan berdoa bersama untuk memulai kegiatan pembelajaran. 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mengkondisikan kelas |
10 menit |
|
Apersepsi 1. Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang materi yang sudah dipelajari dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari Guru memandu peserta didik untuk melihat video yang ditampilkan di lik = https://www.youtube.com/watch?v=sTZbHUxoaP8 2. Guru memandu siswa dengan pertanyaan: a. Tahukan kalian apakah iman itu? b. Coba kalian jelaskan makna iman kepada Rosul-rosul Alloh? |
||
Motivasi Peserta didik diberikan motivasi belajar oleh guru terkait pentingnya mempelajari materi iman kepada Rosul-rosul Alloh. |
||
Pemberian Acuan Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru tentang kompetensi dasar yang dipelajari dan tujuan pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik. |
||
KEGIATAN INTI |
|
|
Fase 1 Orientasi masalahpada peserta didik 1. Guru memandu peserta didik mengidentifikasi permasalahan dengan menampilkan video : https://www.youtube.com/watch?v=sTZbHUxoaP8 2. Cobalah temukan permasalahan pada video tersebut! a. Apa informasi yang kamu dapatkan pada video tersebut? b. Menurut pendapatmu apa yang dimaksud dengan iman? c. Peserta didik terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah. |
60 menit |
|
Fase 2 Mengorganisasi peserta didik untuk belajar 1. Guru membentuk kelompok (terdiri dari 4 orang setiap kelompok) 2. Guru mengkondisikan peserta didik untuk berada pada kelompoknya. 3. Guru memberikan LKPD dan mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan LKPD dalam diskusi kelompok sesuai petunjuk belajar. 4. Peserta didik melaksanakan instruksi yang ada dalam LKPD |
||
Fase 3 Membimbing investigasi/penyelidik an individu maupun kelompok 1. Masing-masing peserta didik mencari informasi dari internet dan buku paket mengenai permasalahan terkait video gangguan sistem pencernaan pada LKPD yang telah disiapkan 2. Peserta didik saling berdiskusi dengan bimbingan guru untuk menyelesaikan permasalahan pada LKPD . 3. Peserta didik berani mengungkapkan gagasannya. 4. Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan informasi dan mengisi LKPD dengan teliti dan berurutan. 5. Guru memantau jalannya diskusi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan. |
||
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan penyelesaian masalah 1. Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelompok lain diminta untuk menanggapi 2. Guru mendampingi peserta didik dalam melakukan presentasi agar berjalan lancar dan kondusif. |
||
Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Guru dan peserta didik melakukan analisis serta evaluasi terhadap pemecahan masalah |
||
KEGIATAN PENUTUP 1. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang memiliki kinerja yang baik 2. Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan kesan belajarnya sebagai refleksi pembelajaran hari ini. 3. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 4. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan memberikan salam. |
10 menit |
|
Refleksi Peserta Didik |
Ya |
Tidak |
1. Sudahkah kalian memhami arti iman kepada Rasul.? 2. Apakah kalian sudah memahami sifat-sifat Rasul? 3. Dapatkah kalian sebutkan tujuan diutusnya Rasul. |
|
|
Refleksi Guru |
||
1. Apa yang bisa diperbaiki dari seluruh kegiatan ini? 2. Apabila bisa diulang apa yang akan dilakukan untuk membuat pembelajaran lebih baik? |
||
Pembelajaran ke-2 |
2 JP (2x35’) |
|
Pendahuluan 1. Guru memberikan salam, menyapa peserta didik dan berdoa bersama untuk memulai kegiatan pembelajaran. 2. Guru mengecek kehadiran peserta didik dan mengkondisikan kelas
|
|
|
Apersepsi 1. Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang materi yang sudah dipelajari dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari Guru memandu peserta didik untuk melihat video yang ditampilkan di lik = https://www.youtube.com/watch?v=jzEAODbXHwY 3. Guru memandu siswa dengan pertanyaan: a. Tahukan kalian jelaskan jenis-jenis iman berdasarkan sabda Rosul sebagaimana video di atas! b. Coba kalian baca dan terjemah dari surat Al-Ahzab ayat 21? |
|
|
Motivasi Peserta didik diberikan motivasi belajar oleh guru terkait pentingnya mempelajari materi iman kepada Rosul-rosul Alloh. |
|
|
Pemberian Acuan Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru tentang kompetensi dasar yang dipelajari dan tujuan pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik. |
|
|
KEGIATAN INTI |
|
|
Fase 1 Orientasi masalahpada peserta didik 1. Guru memandu peserta didik mengidentifikasi permasalahan dengan menampilkan video : https://www.youtube.com/watch?v=jzEAODbXHwY 2. Cobalah temukan permasalahan pada video tersebut! a. Apa informasi yang kamu dapatkan pada video tersebut? b. Menurut pendapatmu apa saja sifat-sifat rosul sebagaimana dijelaskan video di atas? c. Jelaskan perbedaan Nabi dan Rosul ! d. Peserta didik terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah. |
60 menit |
|
Fase 2 Mengorganisasi peserta didik untuk belajar 1. Guru membentuk kelompok (terdiri dari 4 orang setiap kelompok) 2. Guru mengkondisikan peserta didik untuk berada pada kelompoknya. 3. Guru memberikan LKPD dan mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan LKPD dalam diskusi kelompok sesuai petunjuk belajar. 4. Peserta didik melaksanakan instruksi yang ada dalam LKPD
|
|
|
Fase 3 Membimbing investigasi/penyelidik an individu maupun kelompok 1. Masing-masing peserta didik mencari informasi dari internet dan buku paket mengenai permasalahan terkait video gangguan sistem pencernaan pada LKPD yang telah disiapkan 2. Peserta didik saling berdiskusi dengan bimbingan guru untuk menyelesaikan permasalahan pada LKPD . 3. Peserta didik berani mengungkapkan gagasannya. 4. Guru membimbing peserta didik untuk mengumpulkan informasi dan mengisi LKPD dengan teliti dan berurutan. 5. Guru memantau jalannya diskusi dan membantu kelompok yang mengalami kesulitan. |
|
|
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan penyelesaian masalah 1. Guru meminta setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Kelompok lain diminta untuk menanggapi 2. Guru mendampingi peserta didik dalam melakukan presentasi agar berjalan lancar dan kondusif. |
|
|
Fase 5 Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Guru dan peserta didik melakukan analisis serta evaluasi terhadap pemecahan masalah |
|
|
KEGIATAN PENUTUP 1. Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang memiliki kinerja yang baik 2. Guru memberikan posttest kepada siswa 3. Guru meminta peserta didik untuk menyampaikan kesan belajarnya sebagai refleksi pembelajaran hari ini. 4. Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 5. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan memberikan salam. |
10 menit |
|
Refleksi Peserta Didik |
Ya |
Tidak |
1. Sudahkah kalian Menunjukkan sikap berani, jujur, dapat dipercaya, dan cerdas. 2. Apakah kamu menyukai kegiatan pembelajaran hari ini Bagian mana yang paling kamu sukai? 3. Apa yang tidak kamu sukai selama kegiatan pembelajaran hari ini? |
|
|
Refleksi Guru 1. Bagaimana keterlibatan peserta didik? 2. Apa saja kesulitan yang dialami oleh peserta didik? |
||
Asesmen/Penilaian Pencapaian Tujuan Pembelajaran |
||
1. Diagnostik a. Pertanyaan pemantik sebelum pembelajaran dimulai. b. Tanya jawab sebagai tindak lanjut. 2. Formatif Penilaian proses, observasi sikap, performa berupa presentasi dan pameran hasil karya, keterampilan dan pengetahuan selama peserta didik membaca dan menghafalkan Q.S. al- Ḥujurāt/49:13, memahami dan menghafalkan hadis tentang keragaman. 3. Sumatif Tertulis (Pilihan Ganda) |
||
Kegiatan Remidial dan Pengayaan |
||
Kegiatan Remidial Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan. Kegiatan Pengayaan Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari. |
||
Sumber/Referensi/Daftar Pustaka |
||
1. Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4, Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2022 2. Tajwid, pedoman membaca Al-Qur’an dengan benar. 3. Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4, Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2022 4. Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 5. Faozan, Ahmad dan Jamaluddin. (2021). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas 1V. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. |
||
Lampiran |
||
1. Materi 2. Contoh media pembelajaran 3. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1) 4. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1) 5. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1) 6. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1) 7. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2) 8. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2) 9. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2) 10. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2) 11. Materi pengayaan |
Mengetahui, ………………, ……………….
Kepala Sekolah Guru
PAI BP
……………………… …………………………
NIP. …………………… NIP. …………………….
Lampiran :
1. Materi Ajar
Bab 7
Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah
A. Makna Iman kepada Rasul-Rasul Allah
Tahukah kalian, apakah iman itu? Iman artinya percaya. Ada sahabatmu berkata, “Di saku celanaku ada uang sebanyak sepuluh ribu rupiah.” Hatimu membenarkan yang diucapkan sahabatmu. Itu berarti kamu percaya ada uang dalam saku. Tetapi jika sebelumnya kalian telah melihat uang itu di saku sahabatmu, lalu mendengar ucapan di atas, itu tidak dinamai percaya, tetapi tahu. Iman kepada rasul-rasul Allah berarti kalian percaya bahwa Allah mengutus rasul-rasul-Nya sebagai teladan dan contoh bagi manusia.
Allah mengutus rasul-rasul-Nya sebagai teladan dan contoh bagi manusia dalam menjalani kehidupan. Allah berfiman:
Terjemahnya: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rasul itu suri teladan yang baik bagimu.” (Q.S. al-Ahzāb/33: 21)
Anak-Anak, tahukah kalian bahwa Nabi Muhammad saw. juga rasul-rasul lain adalah manusia biasa? Ya, mereka makan, minum, mempunyai keluarga dan anak-anak, juga bekerja. Mengapa kita perlu menjadikan mereka teladan dan idola? Karena mereka memiliki akhlak yang baik. Allah mengangkat mereka menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik.
B. Sifat-Sifat Rasul
Allah mengangkat seseorang menjadi rasul, karena memiliki empat sifat yang baik. Tahukah kalian, apa sajakah empat sifat baik yang dimiliki rasul? Rasul memiliki empat sifat wajib artinya empat sifat yang harus dimiliki rasul. Apa sajakah empat sifat wajib bagi rasul? Ya, , tablig, amanah, dan fatanah, disingkat STAF. Kebalikan dari sifat wajib bagi rasul yaitu sifat mustahil. Anak-Anak, tahukah kalian apa arti sifat mustahil bagi rasul? Sifat mustahil bagi rasul artinya sifat yang tidak boleh dan tidak mungkin dimiliki rasul. Apa sajakah sifat mustahil bagi rasul? Ya, kizib, kitman, khianat dan baladah. Sidik artinya berucap dan bertingkah laku yang benar. Rasul tidak pernah berbohong (kizib). Tablig artinya menyampaikan seluruh wahyu kepada umatnya dan tidak menyembunyikannya sedikit pun (kitman). Amanah artinya dapat dipercaya. Rasul tidak mengkhianati manusia dalam sikap atau titipan yang diamanatkan kepada-Nya. Terakhir, fatanah artinya cerdas. Dengan kecerdasannya, rasul memahami dengan baik apa yang diwahyukan kepadanya. Apa yang disampaikannya benar-benar sesuai dengan wahyu yang diterimanya. Dengan kecerdasannya pula, para rasul selalu bertindak dan bersikap dengan bijaksana. Rasul tidak pernah salah paham (baladah).
C. Tujuan Diutusnya Rasul
Anak-Anak, tahukah kalian, ada berapa jumlah rasul? Siapa sajakah mereka? Ayo, kita lanjutkan belajar tentang nabi yang wajib diimani. Salah seorang sahabat bernama Abu Żar r.a. yang bertanya kepada Nabi Muhammad saw., “Berapa banyak nabi dan rasul?” Nabi Muhammad saw. menjawab, “Ada seratus dua puluh empat ribu nabi dan tiga ratus tiga belas rasul.” Ketika itu Nabi saw. tidak menyebutkan nama-nama mereka. Allah Swt. berfiman dalam al-Qur’an, “Dan sungguh, Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum engkau (Muhammad), di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antaranya ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu.” (Q.S. Gafi/40: 78). Rasul yang wajib diimani ada 25. Nama-nama rasul ini diceritakan dalam Al-Qur’an. Siapa sajakah mereka?
2. Contoh media pembelajaran
3. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-1)
4. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-1)
a. Penilaian Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Perolehan Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
dst |
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
b. Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Perolehan Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai seni) paparan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban benar/tepat, menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar, menarik |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
5. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-1)
Pilihlah salah satu dengan memberi tanda (x) pada huruf di depan jawaban yang benar
1.
Berakhlak siddiq artinya ....
a. berpikir cerdas
b. jujur dalam berkata
c. dapat dipercaya
d. menyampaikan pengertian
2.
Berakhlak
amanah berarti berusaha menjadi orang
yang ....
a. berpikir cerdas
b. memegang janji
c. jujur dalam berkata
d. menyampaikan titipan
3.
Dipercaya
orang lain, merupakan keuntungan dari sikap ....
a. bohong
b. jujur
c. sombong
d. curang
4.
Berakhlak
amanah berarti berusaha menjadi orang
yang ....
a. berpikir cerdas
b. memegang janji
c. jujur dalam berkata
d. menyampaikan titipan
5.
Dipercaya
orang lain, merupakan keuntungan dari sikap ....
a. bohong
b. jujur
c. sombong
d. curang
Kunci Jawaban
1. Jawaban : B
2. Jawaban : D
3. Jawaban : B
4. Jawaban : D
5. Jawaban : B
6. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-1)
1) Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
2) Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Keterangan
SL = Selalu : sangat baik
SR = Sering : baik
KD = Kadang-kadang : cukup
TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan
7. Lembar kerja kelompok (pertemuan ke-2)
8. Rubrik dan penilaian kerja kelompok (pertemuan ke-2)
a. Penilaian Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Perolehan Nilai |
||
Ketertiban |
Kekompakan |
Performance |
|||
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
dst |
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
4 |
Sangat Baik |
Semua anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
2 |
3 |
Baik |
Sebagian besar anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
3 |
2 |
Cukup |
Separuh anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
4 |
1 |
Kurang |
Sebagian kecil anggota kelompok tertib, kompak, percaya diri |
Nilai
Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
12
b. Penilaian Hasil Kerja Kelompok
No |
Nama Kelompok |
Aspek Penilaian |
Perolehan Nilai |
|
Ketepatan jawaban |
Estetika (nilai seni) paparan |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman Skor
No |
Skor |
Predikat |
Kriteria |
1 |
8 |
Sangat Baik |
Semua jawaban benar/tepat, menarik |
2 |
6 |
Baik |
Sebagian besar jawaban benar, menarik |
3 |
4 |
Cukup |
Separuh jawaban benar, menarik |
4 |
2 |
Kurang |
Sebagian kecil jawaban benar, menarik |
Nilai Akhir : Jumlah skor yang diperoleh x100
16
9. Lembar tes tertulis (pertemuan ke-2)
Pilihlah salah satu dengan memberi tanda (x) pada huruf di depan jawaban yang benar
1.
Al-Amin
adalah gelar yang diberikan kepada Rasulullah
karena ....
a. amanah
b. pembohong
c. sombong
d. rendah hati
2.
Beriman
kepada rasul Allah dijelaskan dalam firman Allah, Surah ....
a. Surah Al-An'am: 48
b. Surah Al-Anfal: 2
c. Surah Al-Hujurat: 13
d. Surah Al-Hajj: 75
3.
Jumlah nabi dan rasul yang wajib
diketahui ada ....
a. 10
b. 15
c. 20
d. 25
4. Rasul memiliki sifat-sifat yang baik, yaitu ....
a. sidiq, tablig, kitman, baladah
b. sidiq, tablig, kitman, faṭanah
c. sidiq, tablig, amanah, faṭanah
d. sidiq, tablig, amanah, baladah
5. Melalui kecerdasan Rasulullah saw. tidak pernah salah paham atau tidak bersifat ....
a. kidzib
b. kitman
c. khianat
d. baladah
Kunci Jawaban
1. Jawaban : A
2. Jawaban : A
3. Jawaban : D
4. Jawaban : B
5. Jawaban : D
10. Lembar pengamatan sikap (pertemuan ke-2)
1) Sikap Spiritual
Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
2) Sikap Sosial
Teknik Penilaian : Penilaian diri Instrumen
Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Teknik Penilaian : Penilaian Antar Teman
Instrumen Penilaian : Rubrik
Nama Peserta didik : ....................
Keterangan
SL = Selalu : sangat baik
SR = Sering : baik
KD = Kadang-kadang : cukup
TP = Tidak Pernah : perlu bimbingan
11. Materi pengayaan
0 comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih