Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Monday, 16 November 2020

PTK SDLB

 


 

 

 

 

 

 

 

 

LAPORAN

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI TELEPON MENGGUNAKAN ALAT PERAGA GAMBAR  SISWA KELAS IX SLB NEGERI  PEMBINA ......................  

SEMESTER 2  TAHUN PELAJARAN 2019/2020

 

 

 

 

 

Diajukan untuk Memenuhi  Salah Satu Persyaratan

Kenaikan Pangkat Dari Golongan ….. ke …….

Unsur Pengembangan Profesi Guru

 

 

 

 

 

 

Disusun Oleh

 

 

..............................

NIP. ..............................

 

 

 

 

SLB NEGERI  PEMBINA ......................  

Jl. ……………………………… ……………. Desa ……………………….

Kecamatan ………………… Kabupaten ......................

2020

LEMBAR PENGESAHAN

 

1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Telepon Menggunakan Alat Peraga Gambar  Siswa Kelas IX SLB Negeri  Pembina ......................  Semester 2  Tahun Pelajaran 2019/2020

      b.   Bidang Ilmu                         : Bahasa Indonesia

      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran

      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas

2. Identitas Peneliti

      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ..............................

      b.   NIP                                      :  ..............................

      c.   Pangkat / Golongan             : ..............................

      d.   Jabatan                                 : Guru

      e.   Instansi                                 : SLB Negeri  Pembina ......................

      f.    Tempat Penelitian                :  SLB Negeri  Pembina ......................

3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Januari 2020 sampai dengan Bulan Maret 2020)

4.   Sumber Biaya                             : Swadaya

 

 

                      Mengesahkan                                ......................,     Maret 2020

                  Pengawas Sekolah                                       Kepala Sekolah        

 

 

 

 

           ……………………………                          ………………………

              NIP. …………………..                            NIP. …………………. 

 

 

 

ABSTRAK

 

Tujuan dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis  puisi  dengan  alat peraga gambar  siswa  kelas IX  SLB Negeri  Pembina ......................  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX sebanyak 4 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, antara lain adalah: observasi, tes dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan.  Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar pada setiap siklusnya, dari 1 siswa (25,00%) pada studi awal menjadi 2 siswa (50,00%) pada siklus pertama dan pada siklus terakhir menjadi 4 siswa atau 100% dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, yaitu 57,50 pada studi awal, 62,50  pada siklus pertama, dan 75,00  pada siklus terakhir serta didukung dengan peningkatan ketuntasan belajar dimana pada studi awal hanya 1 orang siswa (25,00%) menjadi 2  siswa (50,00%) pada siklus pertama dan pada siklus terakhir menjadi 4 siswa (100%). Dari penjelasan di atas disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga gambar terbukti meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IX  SLB Negeri  Pembina ......................  pada materi telepon.

 

Kata Kunci : peraga gambar, keaktifan, hasil belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di  SLB Negeri  Pembina ...................... dengan lancar. Laporan Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan …… ke ……….

Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat terselesaikan berkat bantuan dan berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Semoga semua kebaikan yang telah diberikan kepada peneliti mendapatkan balasan yang selayaknya dari Tuhan Yang Maha Esa. Peneliti menyadari sepenuhnya bahwa laporan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini masih terdapat kekurangan-kekurangan sehingga sudilah kiranya apabila ada yang memberikan saran dan kritik demi kesempurnaan penulisan mendatang.

Akhirnya peneliti berharap semoga apa yang disajikan dalam karya tulis ini memberikan manfaat kepada berbagai pihak pada umumnya dan peneliti khususnya.

 

......................,      Maret 2020

Penulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

           

HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i

LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii

KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii

DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv

DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v

DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi

DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii

ABSTRAK.......................................................................................................... viii

 

BAB    I     PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1

B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     4

C.  Perumusan Masalah .....................................................................     4

D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     5

E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5

 

BAB    II   KAJIAN PUSTAKA

A.  Kajian Teori.................................................................................     7

B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   20

C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   21

 

BAB    III METODE PENELITIAN         

A.  Setting Penelitian.........................................................................   22

B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   22

C.  Subjek Penelitian..........................................................................   24

D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   24

E.   Validasi Data...............................................................................   25

F.   Analisis Data................................................................................   25

G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   26

H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan............................................   30

 

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Deskripsi Data.............................................................................   31

B.  Hasil Penelitian............................................................................   42

C.  Pembahasan.................................................................................   44

 

BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  

A.  Simpulan .....................................................................................   48

B.  Saran ...........................................................................................   48

 

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL

 

 

 

Tabel   4.1    Nilai Tes Formatif  Materi Telepon pada Kondisi Awal ............      32

Tabel   4.2    Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal                 33

Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Materi Telepon pada Siklus I                35

Tabel   4.4    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Siklus I                     36

Tabel   4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Materi Telepon pada Siklus II              40

Tabel   4.6    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Siklus II                   41

Tabel   4.7    Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II               43

Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II.....................................................................................................      43

 

 

 

 


DAFTAR GAMBAR

 

 

Gambar     2.1    Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas......................      21

Gambar     3.1    Bagan Pelaksanaan PTK (Arikunto, 2008:55).......................      23

Gambar     4.1    Diagram Batang Perbandingan Angka Nilai Rerata Hasil Belajar, dan Siswa Belum Tuntas pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..........................      43

Gambar     4.2    Diagram Batang Peningkatan Keaktifan Belajar pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ...............................................................................................      44

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR LAMPIRAN

 

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian

Lampiran    2     Jurnal Kegiatan Penelitian

Lampiran    3     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I

Lampiran    4     Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II

Lampiran    5     Instrumen Pengumpulan Data

Lampiran    6     Analisis Data Hasil Penelitian

Lampiran    7     Contoh Hasil Kerja Siswa

Lampiran    8     Daftar Hadir Siswa

Lampiran    9     Dokumentasi  Pelaksanaan Kegiatan Penelitian Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II

Lampiran    10   Dokumen Pelaksanaan Seminar PTK

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah

Di dunia ini tidak ada satu anakpun yang mau dilahirkan jadi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), tidak ada satu orangtuapun yang menghendaki anaknya lahir ABK, tapi tidak ada satu orangpun yang mampu menolak ketika lahir ABK. Anak Berkebutuhan Khusus adalah warga negara yang juga berhak memperoleh poendidikan yang bermutu. Keterbatasan bukanlah hambatan, berilah mereka kesempatan untuk belajar, bekerja, dan meraih prestasi seperti layaknya anak-anak yang lain. Sebagai anak berkebutuhan khusus memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang di tengah-tengah keluarga, masyarakat dan bangsa, ia memiliki hak untuk sekolah sama seperti saudara lainnya yang tidak memiliki kelainan atau normal. Dihadapan Tuhan manusia tidak ada bedanya, yang membedakana dalah akhlaknya, dan anak berkebuthan khusus adalah bukan produk Tuhan yang gagal karena Tuhan tidak pernah gagal.

Amanat hak atas pendidikan bagi penyandang berkalinan atau ketunaan ditetapkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 32 disebutkan bahwa: “Pendidikan khusus (pendidikan luar biasa) merupakan pendidikan bagi siswa yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosioinal, mental, sosial” (UU Sisdiknas, 2003: 21). Ketetapan dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tersebut bagi anak penyandang kelainan sangat berarti karena memberi landasan yang kuat bahwa anak berkelainan perlu memperoleh kesempatan yang sama sebagaimana yang diberikan kepada anak normal lainnya dalam hal pendidikan dan pengajaran.

Dengan memberikan kesempatan yang sama kepada anak berkelainan untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran, berarti memperkecil kesenjangan angka partisipasi pendidikan anak normal dengan anak berkelainan. Untuk bisa memberikan layanan pendidikan yang relevan dengan kebutuhannya, guru perlu memahami sosok anak berkelainan, jenis dan karakteristik, etiologi penyebab kelainan, dampak psikologis serta prinsip-prinsip layanan pendidikan anak berkelainan. Hal ini dimaksudkan agar guru memiliki wawasan yang tepat tentang keberadaan anak berkelainan, dalam hal ini anak tunagrahita sebagai sosok individu masih berpotensi dapat terlayani secara maksimal.

Salah satu anak yang mengalami kebutuhan khusus adalah anak tunagrahita. Tunagrahita adalah kelambatan perkembangan mental seorang anak. Anak lebih lambat mempelajari berbagai hal dari anak-anak normal sebayanya. Tunagrahita memerlukan bimbingan atau layanan secara khusus untuk dapat membantunya mempelajari segala sesuatu, baik dalam hal pendidikan maupun kegiatan hidup sehari-hari (daily activity). Menurut E. Rochyadi dan Z. Alimin (2004:12), bahwa anak tunagrahita memiliki kemampuan dalam hal linguistik, logika matematika, musikal, natural intrapersonal, interpersonal, tetapi komponen tersebut tidak sebaik mereka yang normal. Ada 3 kategori anak cacat mental yaitu tunagrahita ringan, tunagrahita sedang, dan tunagrahita berat. Anak tunagrahita memiliki kebutuhan khusus mengoptimalkan pencapaian potensinya. Kebutuhan khusus anak tunagrahita adalah kebutuhan dalam layanan pembelajaran. Kebanyakan guru mengajar di sekolah tempat anak tunagrahita (SLB/C) menggunakan metode ceramah yang membuat anak bosan belajar, namun kebosanan di sekolah dapat diatasi dengan peran keluarga untuk memaksimalkan potensi anak tunagrahita.

Cara guru mengajar di kelas itu menggunakan metode ceramah yang seharusnya tidak digunakan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, mereka membutuhkan penanganan khusus yang berbeda dari murid normal biasanya. Guru membagi-bagi waktu untuk mengajar berbagai murid yang berbeda kelas tersebut. Biasanya guru akan memberi tugas pada kelas satu dan memintanya mengerjakan hingga selesai, kemudian memberi tugas kepada yang lainnya. Begitu juga dengan murid-murid yang lain. Terkadang guru membimbing satu murid yang dianggap paling sulit diajari dan membiarkan yang lain mengerjakan tugas mereka hingga selesai.

Berdasarkan uraian sebagaimana tersebut di atas serta hasil tes awal yang dilaksanakan diketahui bahwa 4 orang siswa, baru diketahui ada 1 orang siswa (25,00%) yang diketahui sudah mengalami tuntas belajar, dengan perolehan nilai tes formatif nilai 70 ke atas, sedangkan 3 orang siswa lainnya (75,00%) terbukti belum tuntas, dengan perolehan nilai tes formatif  kurang dari nilai 70. Keadaan ini dibuktikan dengan rendahnya perolehan nilai rata-rata hasil belajar secara klasikal sebesar 57,50 dan keaktifan siswa sebesar 25,00% atau sebanyak 1 orang siswa dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 4 orang siswa.

Melihat  keadaan  tersebut  sepertinya  penggunaan  media  yang  menarik  dan  sesuai  dengan  materi  yang  diajarkan  akan  turut  membantu  dalam  proses  belajar  mengajar.  Melalui  penggunaan  media  diharapkan  dapat  mempertinggi  kualitas  hasil belajar siswa,karena media pengajaran merupakan suatu bagian integral dari  proses  pendidikan  di  sekolah. Salah  satu  bentuk  media  pembelajaran  untuk  meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media visual. Penggunaan  media  visual  dalam  pembelajaran materi telepon karena dianggap  tepat  karena  dapat dihayati oleh siswa dengan cara dipandang.

Pembelajaran materi telepon dapat terjadi dengan efektif jika guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang dapat memberikan peluang kepada siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Strategi tersebut diharapkan dapat membuat siswa mempunyai keyakinan bahwa dirinya mampu belajar, yang dapat memanfaatkan potensi siswa seluas-luasnya. Salah satu strategi pembelajaran yang mengacu pada pembelajaran materi telepon adalah dengan menggunakan alat peraga gambar.

Prinsip pembelajaran yang dimaksud adalah Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Pada hakikatnya pembelajaran ini memberi rasa nyaman dan betah kepada siswa dalam menerima pelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran dilaksanakan sedemikian rupa sehingga terdapat unsur permainan didalamnya, antara lain dalam bentuk kerjasama atau diskusi. Jadi, dalam praktiknya alat peraga gambar membantu siswa untuk berpikir kreatif tidak hanya pada aspek mata pelajaran tetapi melingkupi semuanya. Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga gambar membantu siswa mengaitkan antara materi telepon dengan situasi dan pengalaman siswa, menuntut siswa untuk memunculkan ide-ide, mampu bekerja sama dengan teman, serta guru dapat mengetahui setiap perkembangan kemampuan siswa dalam memahani materi telepon. Penerapan alat peraga gambar di kelas akan membawa dampak terbentuknya semangat kerjasama dan menghasilkan manusia yang bersahabat dengan sesamanya serta kreatif dalam mengatasi masalah. Selain itu, suasana positif yang timbul dari penerapan pembelajaran ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencintai pelajaran, sekolah, dan gurunya. Dalam pembelajaran yang menyenangkan itu, siswa semakin termotivasi untuk belajar lebih giat.

Penelitian tindakan kelas ini menjadi bahan penyusunan laporan hasil penelitian tindakan kelas dengan judul Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Telepon Menggunakan Alat Peraga Gambar  Siswa Kelas IX SLB Negeri  Pembina ......................  Semester 2  Tahun Pelajaran 2019/2020

B.     Identifikasi Masalah

Dari uraian sebagaimana tersebut di atas, dapat disimpulkan beberapa masalah yang menjadi penyebab ketidakberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran yaitu :

  1. Siswa tidak terlalu antusias dalam pembelajaran materi telepon sehingga kegiatan pembelajaran di kelas menjadi kurang menarik.
  2. Pembelajaran dengan metode ceramah membuat siswa cenderung hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran materi telepon.
  3. Dalam pembelajaran belum menggunakan media yang bervariasi secara optimal.

C.    Rumusan Masalah

Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dirumuskan masalah untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah :

1.      Bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IX SLB Negeri  Pembina ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran materi telepon melalui penggunaan alat peraga gambar?

2.      Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SLB Negeri  Pembina ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran materi telepon melalui penggunaan alat peraga gambar?

D.    Tujuan Penelitian

Adapun  tujuan pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini sebagai berikut :

1.   Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IX SLB Negeri  Pembina ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran materi telepon melalui penggunaan alat peraga gambar.

2.   Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IX SLB Negeri  Pembina ...................... Semester 2 Tahun Pelajaran 2019/2020 pada pembelajaran materi telepon melalui penggunaan alat peraga gambar.

E.     Manfaat Penelitian

Diharapkan penelitian perbaikan pembelajaran ini akan memberikan  manfaat  bagi berbagai pihak baik manfaat secara teoritis maupun praktis sebagai berikut.

1.  Manfaat Teoritis

Untuk  mengkaji  ilmu  pendidikan  khususnya  mengenai  media maupun alat peraga  pembelajaran  efektif  yang  dapat  digunakan  dalam  pembelajaran  khususnya  materi telepon yang  dapat  meningkatkan  mutu pendidikan.

2.  Manfaat Praktis

a.  Bagi Siswa

Penelitian ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali pengetahuan, meningkatkan kreatifitas serta melatih keterampilan materi telepon dengan menggunakan alat peraga berupa gambar.

 

b.  Bagi Guru

Penelitian ini dapat memberikan informasi dan menambah wawasan serta sebagai bahan masukan guru dalam  pembelajaran  materi telepon  dapat  menggunakan  alat peraga gambar.  

c.         Sekolah

Dengan  hasil  penelitian  ini  pihak sekolah dapat lebih meningkatkan pemberdayaan media atau alat peraga pembelajaran yang menarik  agar  prestasi  belajar  siswa  lebih  baik  dan  perlu  dicoba  untuk diterapkan pada pembelajaran lainnya.

 

Untuk mendapatkan file lengkap, silahkan :

klik DOWNLOAD 

atau hub. 081327121707 - 081327789201 terima kasih

 

 

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, hindari unsur SARA.
Terima kasih