Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Friday, 9 September 2016

PTK KELAS VI SD KURTILAS












LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING
SISWA KELAS VI  SEMESTER 1 SDN ............................ 01
TAHUN PELAJARAN 2015/2016




Diajukan sebagai
Persyaratan Kenaikan Pangkat dari  Golongan IV/a ke IV/b
Unsur Pengembangan Profesi Guru





Oleh :

............................
NIP. ............................








UPT DISDIKPORA KECAMATAN ............................
SEKOLAH DASAR NEGERI ............................ 01
Jl. Raya ............................ Desa ............................ Kecamatan ............................ 53255
2015
LEMBAR PENGESAHAN


1.   a.   Judul Penelitian                    :  UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VI  SEMESTER 1 SDN ............................ 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016
      c.   Kategori Penelitian              :  Teknik Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2. Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ............................
      b.   NIP                                      :  ............................
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 : Guru Kelas
      e.   Instansi                                 : SDN ............................ 01 UPT Disdikpora Kecamatan ............................ Kabupaten ............................
      f.    Tempat Penelitian                :  SDN ............................ 01 UPT Disdikpora Kecamatan ............................ Kabupaten ............................
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan Juli 2015 sampai dengan Bulan September 2015)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya


                     Mengetahui                               ............................,       September  2015
               Pengawas Sekolah                                             Kepala Sekolah 


                             
         ....................................                             .............................................
        NIP. .....................................                          NIP. ....................................



ABSTRAK

............................. NIP. ............................. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar  Melalui Penerapan Model Quantum Teaching  Siswa Kelas VI  Semester 1 SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.

Aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan siswa kelas VI SD Negeri ............................ 01 masih rendah. Hal ini terjadi karena guru kurang inovatif dalam menerapkan model pembelajaran sehingga dalam penyampaian materi pelajaran guru masih mendominasi, dan mengakibatkan siswa pasif. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran, aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model quantum teaching pada materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru  dan seluruh siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 orang siswa dan terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 85%, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥70) minimal 85%. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup materi rantai makanan dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas VI SDN ............................ 01. Peningkat proses pembelajaran IPA terlihat dengan adanya perubahan kearah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada sebelum perbaikan hanya 11 siswa atau 30,56%, naik menjadi 21 siswa atau 58,33% pada siklus pertama, dan 94,44% atau 34 siswa pada siklus kedua serta didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  57,22 naik menjadi 66,67 pada siklus pertama, dan  73,06 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (22,22%) pada sebelum perbaikan,  55,56% atau 20 siswa pada siklus pertama,  32 siswa atau 88,89% pada siklus kedua.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan proses pembelajaran, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan siswa kelas VI SD Negeri ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016 .

Kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar,  Quantum Teaching



KATA PENGANTAR

Puji syukur senantiasa  kami panjatkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan kasih dan karunia-Nya sehingga Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat selesai dengan baik.
Dalam PTK ini peneliti menentukan judul yaitu UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VI  SEMESTER 1 SDN ............................ 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016”. Penulisan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini diajukan untuk melengkapi syarat-syarat Kenaikan pangkat dari golongan IV/a Ke golongan IV/b.
Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.    Kepala UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan ............................
2.    Bapak Imam Johari, S.Pd, selaku Pengawas Sekolah UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan ............................
3.    Tarjuki, S.Pd, M.Pd, selaku Kepala Sekolah SDN ............................ 01.
4.    Segenap Dewan Guru SDN ............................ 01
5.    Siswa-siswi kelas VI SDN ............................ 01 pada khususnya, dan seluruh siswa-siswa SDN ............................ 01 pada umumnya.
Akhirnya peneliti mohon saran dan kritik dari pembaca demi perbaikan langkah berikutnya. Harapan peneliti semoga hasil penelitian ini dapat memberikan dampak positip terhadap perkembangan peningkatan sumber daya manusia.

............................,     September 2015
Peneliti




SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

a.    Nama Lengkap dan Gelar    :    ............................
b.    NIP                                      :    ............................
c.    Pangkat / Golongan             :    Pembina, IV/a
d.   Jabatan                                 :    Guru Kelas
e.    Tempat Tugas                      :    SDN ............................ 01 UPT Disdikpora Kecamatan ............................ Kabupaten ............................

Saya menyatakan bahwa laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul :UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VI  SEMESTER 1 SDN ............................ 01 TAHUN PELAJARAN 2015/2016”, ini sepenuhnya karya saya sendiri, tidak ada bagian didalamnya yang merupakan plagiat dari karya orang lain dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini saya siap menanggung resiko/sanksi yang akan dijatuhkan kepada saya apabila dikemudian ditemukan adanya pelanggaran etika terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, dan ada klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya.
Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk  digunakan sebagaimana mestinya.

............................,       September 2015
Peneliti,



............................
NIP. ............................


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ASBTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
SURAT PERNYATAAN...................................................................................     v
DAFTAR ISI.......................................................................................................    vi
DAFTAR TABEL...............................................................................................   vii
DAFTAR GAMBAR.......................................................................................... viii
DAFTAR LAMPIRAN......................................................................................    ix

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah ..............................................................     1
B.  Identifikasi Masalah ....................................................................     3
C.  Rumusan Masalah .......................................................................     4
D.  Tujuan Penelitian .........................................................................     4
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     5
BAB    II   LANDASAN TEORI
A.  Kajian Teori.................................................................................     6
B.  Kerangka Pikir Penelitian............................................................   21
C.  Hipotesis Tindakan......................................................................   23
BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian.........................................................................   24
B.  Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   24
C.  Subjek Penelitian..........................................................................   25
D.  Teknik dan Alat Pengumpulan Data ...........................................   25
E.   Validasi Data...............................................................................   27
F.   Analisis Data................................................................................   28
G.  Prosedur Penelitian .....................................................................   30
H.  Indikator dan Kriteria Keberhasilan ...........................................   33
BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   34
B.  Hasil Penelitian............................................................................   43
C.  Pembahasan.................................................................................   49
BAB    V   SIMPULAN DAN SARAN                  
A.  Simpulan .....................................................................................   53
B.  Saran ...........................................................................................   53

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN




DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                           Halaman
Tabel      3.1    Kriteria Penilaian Observasi Aktivitas Belajar Siswa............         29
Tabel      3.2    Kriteria Penilaian Hasil Belajar..............................................         29
Tabel      4.1    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif pada Kondisi Awal.............         35
Tabel      4.2    Rekapitulasi Hasil Penilaian Aktivitas Siswa pada ...............         35
Tabel      4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus I.         37           
Tabel      4.4    Tabel Aktivitas Siswa Pembelajaran  pada Siklus I...............         38
Tabel      4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif  pada Siklus II.....................         41
Tabel      4.6    Tabel Aktivitas Siswa  pada Siklus II....................................         42
Tabel      4.7    Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II                                                                                                  43
Tabel      4.8    Rekapitulasi Peningkatan Aktivitas Belajar  pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II                                                                                                        44

























DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir............................................................         23
Gambar 3.1    Penelitian Tindakan Model Hopkins (Sanjaya, 2011:92 ).....         25
Gambar 4.1    Diagram Batang Peningkatan Angka Nilai Rerata Hasil Belajar dan Ketuntasan Siswa pada Setiap Siklus Perbaikan Pembelajaran ..................................         44
Gambar 4.2    Diagram Batang Peningkatan Aktivitas Belajar pada Sebelum Perbaikan, Siklus I dan Siklus II............................................................................................         45




















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                  
1.        Surat ijin penelitian
2.        Jadwal  Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas
3.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Pertama
4.        Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus Kedua
5.        Berkas Instrumen Pengumpulan Data
6.        Analisis Data Hasil Penelitian
7.        Daftar Hadir (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)
8.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
9.        Foto Dokumentasi Kegiatan Penelitian (Prasiklus, Siklus I dan Siklus II)
10.    Berkas Pelaksanaan Seminar Laporan Penelitian Tindakan Kelas



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini. Pend idikan bukanlah sekedar wacana untuk membentuk anak-anak muda dapat menjadi generasi yang kompeten, melainkan pendidikan menekankan bagaimana proses tersebut dapat diterapkan. Pendidikan merupakan suatu proses interaksi yang mendorong terjadinya peristiwa belajar. Karena dengan adanya belajar, terjadilah perkembangan jasmani dan mental siswa. (Dimyati dan Mudjiono, 2009:84). Proses belajar merupakan upaya perubahan tingkah laku, sementara belajar sebagai suatu aktivitas mental atau psikis berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan dan menghasilkan perubahan sikap dalam pengetahuan dan pemahaman, keterampilan serta nilai dan sikap (Suprihatiningrum, 2013:45).
Berbagai permasalahan pendidikan muncul dari berbagai kemungkinan yakni pendidikan diselenggarakan hanya untuk kepentingan penyelenggara, pembelajaran yang bersifat hanya memindahkan isi (content transmission) yang semula sudah ada dipindahkan lagi, mulai berkembangnya IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi), menurunya tingkat belajar siswa, merasa kurang bersemangat, bosan, tidak fokus terhadap pelajaran yang diajarkan guru dalam mengikuti pelajaran, kalaupun mereka mau belajar itu hanya atas dasar keterpaksaan dan bukan karena kesadaran untuk belajar dan akibat yang paling umum adalah rendahnya mutu pendidikan, khususnya pendidikan tingkat dasar. Dari pernyataan tersebut dapat dipelajari bahwa akar penyebab permasalahan pendidikan berasal dari pendidik.
Berdasarkan pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa belajar selain memerlukan konsep juga memerlukan tindakan praktis. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yang tampak dari tertinggalnya kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi menjadi permasalahan yang cukup rumit untuk diselesaikan. Perbaikan untuk mengejar ketinggalan Indonesia dari negara-negara maju lainnya perlu dilakukan terutama di sektor pendidikan, karena pendidikan dapat menjadi cerminan kualitas seseorang maupun suatu negara.
Diketahui dari hasil observasi bahwa standar ketuntasan pada tema selamatkan makhluk hidup  yang harus dicapai oleh siswa di SDN ............................ 01 adalah ≥70. Selain itu, berdasarkan standar yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1996) dalam Trianto (2011:25) siswa yang dikatakan tuntas belajarnya secara individual apabila nilainya telah mencapai batas minimal KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan yaitu ≥ 70, dan suatu kelas dikatakan tuntas belajarnya (ketuntasan klasikal) jika 85% siswa di kelas memperoleh nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil evaluasi awal terhadap materi rantai makanan yang telah dilakukan di kelas  VI SDN ............................ 01, diperoleh nilai klasikal siswa yang mampu mencapai ketuntasan hanya 8 orang dari 36 siswa, dan persentase ketuntasan siswa hanya 22,22 % saja sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran materi rantai makanan di kelas tersebut masih kurang optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah adalah melalui perbaikan proses belajar mengajar.
 Banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan guru dalam pembelajaran, misalnya Direct Instruction (Pembelajaran Langsung), Cooperative Learning (Pembelajaran Kooperatif), Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah), dan Quantum Teaching. Quantum teaching merupakan salah satu proses pembelajaran dengan tujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar menjadi menyenangkan. Quantum teaching mencakup petunjuk untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif dalam merancang pengajaran, menyampaikan isi dan memudahkan proses belajar. (DePorter, 2009:4) Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru dalam membuat strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa, yang tidak mengharuskan menghafal fakta-fakta, tetapi strategi yang mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak siswa itu sendiri. Quantum teaching dalam DePorter (2009:6) menekankan asas utamanya yaitu “Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita, dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka”. Sehingga guru dapat menciptakan proses belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran.
Terkadang, guru hanya memberikan materi tanpa pengalaman yang berarti bagi siswa. Hal inilah yang menjadikan siswa hanya dapat menghapal pelajaran tanpa mengerti makna dari pelajaran itu sendiri. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk dapat membangun pengetahuannya sendiri melalui pengalaman yang secara langsung dialaminya. Hal ini pun terdapat dalam tahap model quantum teaching yaitu Alami, yang menunjukkan pentingnya model pembelajaran quantum untuk diterapkan di kelas. Dalam DePorter (2009:90), tahap alami penting dalam pembelajaran, karena dapat memberikan pengalaman kepada siswa dan memanfaatkan hasrat alami otak untuk menjelajah. Berdasarkan kondisi tersebut, maka peneliti dan guru berkolaborasi untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching pada pembelajaran konsep rantai makanan. Penerapan model quantum teaching ini dimaksudkan untuk menciptakan susasana pembelajaran yang lebih aktif, kondusif dan bermakna pada pembelajaran, serta memberikan pengalaman langsung kepada siswa karena mencari informasi dengan membangun pengetahuan secara mandiri, sehingga hasil belajar siswa VI SDN ............................ 01 akan meningkat juga dengan memanfaatkan berbagai fasilitas sekolah secara optimal.
B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan terhadap pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup pada materi rantai makanan di kelas VI SDN ............................ 01, dapat dilihat dua aspek penting saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu proses mengajar yang dilakukan oleh guru dan proses belajar yang dilakukan oleh siswa. Pada proses pembelajaran ini terlihat bahwa:
1.    Metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar didominasi dengan penggunaan metode konvensional, sehingga pembelajaran di kelas masih terpusat dengan guru (teacher centered),
2.    Guru kurang memotivasi siswa agar siswa membangun pengetahuannya sendiri dan
3.    Guru kurang memanfaatkan potensi siswa yang telah ada agar menjadi aktif dan mandiri dalam pembelajaran.
Sedangkan pada proses belajar siswa menunjukkan :
1.    Siswa kurang mampu membangun pengetahuannya sendiri dan lebih suka mendengar ceramah dari guru,
2.    Hanya sebagian kecil siswa di kelas yang mampu dan berani mengemukakan pendapatnya mengenai materi pembelajaran, dan
3.    Siswa seringkali terlihat ribut dan melakukan berbagai aktivitas yang tidak berhubungan dengan materi pelajaran.
C.  Rumusan Masalah
1.    Bagaimana pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model quantum teaching pada materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016?
2.    Bagaimanakah aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching  materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016?
3.    Bagaimanakah hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016?
D.  Tujuan Penelitian
1.    Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model quantum teaching pada materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.
2.    Untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model quantum teaching pada materi rantai makanan siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.
3.    Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi rantai makanan dengan menerapkan model quantum teaching siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.
E.  Manfaat Penelitian
1.    Manfaat Teoritis
a. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan informasi mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan model pembelajaran quantum Teaching untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup.
b. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pijakan dan pedoman untuk mengembangkan penelitian-penelitian yang menerapkan model pembelajaran quantum Teaching.
2.    Manfaat Praktis
a.    Bagi Siswa
Dapat menambah dan memperluas wawasan dan pengalaman belajar bagi siswa kelas VI SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.
b.    Bagi guru
1) Memberikan arahan dan pedoman dalam proses belajar mengajar yang kaitannya dengan variasi pembelajaran agar proses dan hasil belajar siswa baik.
2) Sumbangan pemikiran dan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran atau pendekatan yang tepat.
3) Membantu guru meningkatkan proses pembelajaran di kelasnya, sebagai upaya meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
4) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai gambaran bagaimana penerapan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching.
c.    Bagi Sekolah
Sebagai sumbangan pemikiran untuk usaha-usaha peningkatan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar, khususnya SDN ............................ 01 Tahun Pelajaran 2015/2016.

BAB V

SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Berdasarkan hasil analisis data dan hasil temuan pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup materi rantai makanan dapat meningkatkan proses pembelajaran siswa kelas VI SDN ............................ 01. Peningkat proses pembelajaran IPA terlihat dengan adanya perubahan kearah perbaikan dan meningkatnya tindak belajar, meliputi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran
2.      Penggunaan model quantum teaching terbukti mampu meningkatkan aktivitas siswa pada  pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup materi rantai makanan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa menunjukkan perolehan pada sebelum perbaikan hanya 11 siswa atau 30,56%, naik menjadi 21 siswa atau 58,33% pada siklus pertama, dan 94,44% atau 34 siswa pada siklus kedua.
3.      Penggunaan model quantum teaching terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup materi rantai makanan. Hal tersebut didukung pula oleh kenaikan hasil belajar siswa dari rata-rata pada sebelum perbaikan hanya  57,22 naik menjadi 66,67 pada siklus pertama, dan  73,06 pada siklus kedua, dengan tingkat ketuntasan belajar sebanyak 8 siswa (22,22%) pada sebelum perbaikan,  55,56% atau 20 siswa pada siklus pertama,  32 siswa atau 88,89% pada siklus kedua.

B.     Saran
1.    Bagi Siswa
Pembelajaran menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, siswa dapat berpikir positif aktif, kreatif dan menyenangkan. Model pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching menjadi salah satu alternatif guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas.
2.    Guru
a.    Dalam pembelajaran, guru hendaknya mencoba berbagai metode mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan membuat pembelajaran yang bervariasi, sehingga tidak membuat siswa mudah bosan.
b.    Dalam pembelajaran, guru perlu mempraktekkan model quantum teaching pada pembelajaran tema selamatkan mahluk hidup materi rantai makanan karena memilki banyak manfaat dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.
c.    Metode pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengajar dan diharapkan metode ini juga dapat digunakan pada saat mengajar tema-tema yang lain.
3.    Sekolah
Untuk sekolah, pembelajaran dengan menggunakan model quantum teaching perlu dikembangkan dan didukung dengan penyediaan berbagai sarana dan prasarana yang menunjang sehingga kualitas siswa dan sekolah dapat terus meningkat sehingga diharapkan sekolah dapat memberikan sosialisasi kepada guru tentang model quantum teaching untuk dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.