Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Friday, 9 September 2016

PTK BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR



LOGO DAERAH







PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI  DAN  PRESTASI  BELAJAR  BAHASA  INDONESIA
SISWA  KELAS  I  SEKOLAH DASAR NEGERI  ...............................
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Disusun sebagai salah satu syarat
Kenaikan Pangkat Golongan dari Golongan IV/a ke VI/b
Unsur Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan







Oleh

………….
NIP. ………………..










UPT DISDIKPORA KECAMATAN ............
SEKOLAH DASAR NEGERI ...............................
Jl. Raya ............Kecamatan ............Kabupaten ............ Kode Pos …………
2013
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)



1.   a.  Judul Penelitian         :    PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI  DAN  PRESTASI  BELAJAR  BAHASA  INDONESIA SISWA  KELAS  I  SEKOLAH DASAR NEGERI  ............................... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas
2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           ……………..
            b.                                 NIP      :           ………………………
            c.                                 Pangkat / Golongan     :           IVa
            d.                                Jabatan             :           Guru Kelas
            e.                                 Sekolah            :           SDN ...............................
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    Kelas I Sekolah Dasar Negeri ...............................
                                                    UPT Dinas Pendidikan Kecamatan ............
5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan (Bulan Juli 2013 s.d September 2013)


                        Mengetahui                              …………..,       September  2013
                  Pengawas Sekolah                                       Kepala Sekolah




                   …………………                                          …………….
            NIP. …………………….                      NIP. ……………………….



PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI  DAN  PRESTASI  BELAJAR  BAHASA  INDONESIA
SISWA  KELAS  I  SEKOLAH DASAR NEGERI  ...............................
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2012/2013




ABSTRAK


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode bermain peran pada materi memerankan tokoh dongeng. Siswa kelas I SDN ............................... Kecamatan ……… Tahun Pelajaran 2012/2013 yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari …. siswa laki-laki dan ….. siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.  Hasil belajar siswa serta refleksi tindakan siklus I dan siklus II. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hasil observasi terhadap kegiatan guru selama proses pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan hasil observasi terhadap motivasi belajar siswa, di mana pada kondisi awal, siswa tuntas dilihat dari motivasi belajar sebanyak 8 siswa atau 32% , pada siklus pertama meningkat menjadi  18 siswa atau 72%  dan 25 siswa atau 100,00 % pada siklus II. Adapun penjelasan mengenai peningkatan ketuntasan dan hasil belajar dari keadaan awal sebanyak 5 siswa (20%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan menggunakan metode bermain peran pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 48% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 22 siswa atau 88% dengan nilai rata-rata hasil belajar dari kondisi awal sebesar 54,80 meningkat menjadi 64,40 pada siklus I dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 74,00. Kesimpulannya bahwa pembelajaran dengan metode bermain peran pada materi memerankan tokoh dongeng  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I  SDN ............................... Kecamatan ……… Tahun Pelajaran 2012/2013.

Kata kunci: hasil belajar, motivasi, bermain peran.





KATA PENGANTAR

Atas berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Sekolah di SDN ............................... UPT Disdikpora Kecamatan ........... Kabupaten ...........dengan lancar.
Laporan Penelitian ini merupakan salah satu syarat dalam rangka memenuhi Diajukan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke IV/b yang telah saya laksanakan pada bulan Januari 2013 sampai dengan akhir Maret 2013.
Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penelitian ini..
Peneliti    menyadari     bahwa    laporan     Penelitian    ini     masih   jauh  dari  sempurna,   ini disebabkan   keterbatasan   pengetahuan   penulis.Untuk  itu  kritik   dan  saran  dari   pembaca   yang    budiman  sangat    penulis   harapkan,    hingga   nantinya   dapat  penulis    gunakan sebagai bahan perbaikan dalam menyusun laporan penelitian yang akan datang.


………..,     Maret 2013
Penulis









DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii

BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ......................................................................      
B.     Rumusan Masalah .................................................................      
C.     Pemecahan Masalah...............................................................
D.    Tujuan Penelitian ..................................................................      
E.     Manfaat Penelitian ................................................................      
BAB       II      KAJIAN PUSTAKA
A.    Kajian Teori ..........................................................................      
B.     Kerangka Berfikir .................................................................      
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................      
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.      Setting Penelitian..................................................................      
B.       Metode dan Rancangan Penelitian ......................................      
C.       Subjek Penelitian ..................................................................      
D.      Data dan Sumber Data..........................................................      
E.       Teknis Pengumpulan Data....................................................      
F.        Validitas Data.......................................................................      
G.      Analisa Data .........................................................................      
H.      Prosedur Penelitian...............................................................      
I.         Indikator Keberhasilan .........................................................      

BAB       IV     HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian......................................................................      
B.     Pembahasan ..........................................................................      
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Saran .....................................................................................      
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN























DAFTAR TABEL

Tabel                                                                                                            halaman

Tabel   3.1    Kriteria Penilaian Aktivitas Belajar Siswa..............................              
Tabel   4.1    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal......................              
Tabel   4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi memerankan tokoh dongeng Kondisi Awal................              
Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus I
Tabel   4.4    Perhitungan Rata-Rata Hasil Pekerjaan Siswa .......................              
Tabel   4.5    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I                    
Tabel   4.6    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran pada Siklus I..              
Tabel   4.7    Perhitungan Rata-Rata Hasil Pekerjaan Siswa .......................              
Tabel   4.8    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus II                   
Tabel   4.9    Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II              
Tabel   4.10 Rekapitulasi Peningkatan Motivasi Siswa pada Siklus I dan Siklus II            





DAFTAR GAMBAR


Gambar     2.1.   Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas.....................         
Gambar     3.1    Daur PTK (dimodifikasi dari Rusna Ristasa, 2006:46).........         
Gambar     4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II                  
Gambar     4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II               
Gambar     4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Siswa Pada Siklus I dan II        ...............................................................................................




















DAFTAR LAMPIRAN


1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Jurnal Kegiatan Penelitian
3.        a.  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I
4.        a.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus I
b.  Lembar Kerja Siswa dan Lembar Soal Tes Formatif Siklus II
c. Lembar Observasi Aktivitas  Siswa
5.        Analisis Data Hasil Penelitian
6.        Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
7.        Daftar Hadir Siswa
8.        a.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Kondisi Awal
b.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus I (Pertemuan 1 dan 2)
c.  Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran Siklus II (Pertemuan 1 dan 2)
9.        Berkas Pelaksanaan Seminar Penelitian Tindakan Kelas




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Sekolah  Dasar  (SD)  sebagai  penyelenggara  pendidikan  tentunya  dilengkapi dengan kurikulum yang di dalamnya memuat     berbagai  mata  pelajaran yang diajarkan di SD. Salah satu mata pelajaran tersebut adalah Bahasa Indonesia. Dalam  KTSP  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  di  SD  diarahkan  untuk meningkatkan  kemampuan  peserta  didik  supaya  berkomunikasi  dalam  bahasa Indonesia  dengan  baik  dan  benar,  baik  secara  lisan  maupun  tulisan,  serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesusastraan  Indonesia.  Dalam  proses  pembelajaran  ada  beberapa  unsur  yang  terlibat  langsung, yaitu guru, siswa, sarana dan prasarana serta lingkungan sekitar. Guru merupakan unsur  yang  dapat  menentukan  keberhasilan  dalam  proses  pembelajaran.  Hal  ini menyebabkan guru dituntut harus cermat dan selektif dalam menentukan   strategi, pendekatan,  metode,  media  yang  digunakan  dalam  pembelajaran,  supaya  dapat menarik minat siswa dan ikut aktif selama pembelajaran.
Berdasarkan  pengalaman  peneliti  di  lapangan,  kurangnya  pemberian kesempatan  kepada  siswa  untuk  aktif  selama  pembelajaran,  menyebabkan  siswa hanya dudukdengan tangan di atas meja, mendengarkan apa yang dijelaskan guru, mencatat  apa  yang  dipelajari  dan  akhirnya  menghapalkan  materi  yang  sudah dipelajari.  Proses  pembelajaran  didominasi  oleh  guru  (teacher  centered).  Hal  ini menyebabkan  pembelajaran    menjadi  kurang  bermakna  bagi  siswa  dan  materi yang  dipelajari  anak  tidak  bertahan  lama  serta  hanya  berupa  hapalan  saja  tanpa adanya pemahaman dan pengaplikasiannya. Salah  satu  materi  Bahasa  Indonesia  yang  dipelajari  adalah  aspek  bercerita, sehingga  diperlukan  adanya  suatu  pendekatan  atau  metode  pembelajaran  yang dapat  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  aktif  dan  kreatif.  Dalam pembelajaran guru bertindak hanya sebagai fasilitator.
Permasalahan  tersebut  di  atas  menarik  untuk  diteliti,  maka  oleh  sebab  itu peneliti  bermaksud  memperbaiki  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan metode  bermain peran  Alasan  penulis  menggunakan  metode  ini  adalah agar siswa menjadi aktif dan kreatif dalam aspek bercerita.
Dalam pembelajaran yang berhubungan dengan memerankan tokoh dongeng menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini karena kurangnya siswa dalam pemahaman dan pengalaman dalam memerankan tokoh dongeng. Salah  satu  materi  Bahasa  Indonesia  yang  dipelajari  adalah  aspek  bercerita,  sehingga  diperlukan  adanya  suatu  pendekatan  atau  metode  pembelajaran  yang  dapat  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  aktif  dan  kreatif.  Dalam  pembelajaran guru bertindak hanya sebagai fasilitator.
Dari tes formatif yang peneliti lakukan, ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang peneliti harapkan. Hasil tes formatif menunjukkan penguasaan siswa terhadap materi tersebut masih rendah, karena hanya 5 siswa  (25%) yang mencapai tingkat 70 % ke atas atau mendapat nilai sama dengan KKM sebesar 70 dari 25 siswa, sementara perolehan nilai rata-rata kelas secara klasikal hanya 54,80 dengan motivasi belajar siswa sebesar 32% atau 8 siswa dari jumlah seluruh siswa sebanyak 25  orang siswa.
B.     Identifikasi Masalah
Berdasarkan  pada situasi dan kondisi proses pembelajaran di kelas I SD Negeri ............................... Kecamatan ........... sebagai  hasil observasi  dan    identifikasi  masalah  selama  peneliti  mengajar  dapat  digambarkan antara lain Kurangnya motivasi belajar siswa
1)      Siswa kurang menguasai materi pembelajaran
2)      Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.
3)      Kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan oleh guru.
4)      Pembendaharaan kata masih kurang 
5)      Kegiatan  siswa  masih  terfokus  pada  kegiatan  membaca dan menulis 
6)      Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran masih sangat kurang
7)      Ketidakberanian siswa dalam menanyakan materi pelajaran yang belum jelas atau belum dikuasai.
8)      Siswa masih suka bermain mainan pada saat belajar
Berdasarkan identifikasi masalah di atas, penulis merasa perlu untuk merefleksi diri sejauhmana kemampuan pribadi di dalam proses pembelajaran.  Selain itu juga melakukan diskusi dengan teman sejawat, melakukan kegiatan literatur mengenai masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran sehingga diketahui kemungkinan adanya kelemahan dalam proses pembelajaran sebagai berikut :
1)      Kurang tepatnya metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran
2)      Guru dalam menjelaskan tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai.
3)      Guru tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
4)      Metode penyajian materi yang digunakan guru tidak sesuai dengan karakteristik dan tahap perkembangan siswa sekolah dasar
5)      Guru kurang mampu mengelola kelas dan ini berdampak pada proses edukatif yang diharapkan kurang berhasil
Permasalahan  tersebut  di  atas  menarik  untuk  diteliti,  maka  oleh  sebab  itu  peneliti  bermaksud  memperbaiki  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan  metode  bermain peran.  Alasan  penulis  menggunakan  metode  ini  adalah  agar siswa menjadi aktif dan kreatif dalam aspek bercerita karena siswa terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan memerankan tokoh-tokoh yang ada.
Atas dasar itulah, peneliti merasa termotivasi untuk melakukan perbaikan pembelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meningkat. Upaya perbaikan yang peneliti lakukan dengan mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Kelas I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... mata pelajaran Bahasa Indonesia  materi pokok memerankan tokoh dongeng, dengan menggunakan metode bermain peran
C.    Rumusan Masalah
Berdasarkan kajian masalah sebagaimana terpapar pada latar belakang,  maka dapat dirumuskan masalahnya untuk menjadi fokus perbaikan pembelajaran adalah :
1.    Apakah melalui  model bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh dongeng pada siswa I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014?
2.    Apakah melalui  model bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh dongeng pada siswa I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014?.
D.    Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan  penelitian tindakan kelas  ini, adalah :
1.    Melalui  model bermain peran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh dongen pada siswa I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.
2.    Melalui  model bermain peran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi memerankan tokoh dongen pada siswa I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Semester 2 Tahun Pelajaran 2013/2014.
E.     Manfaat Penelitian
Diharapkan dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dapat memberikan manfaat secara teoritis dan praktis  :
  1. Manfaat Teoritis
Manfaat teoretis penelitian ini adalah dapat menambah khasanah penelitian di bidang pendidikan dan memberikan sumbangan teori untuk mengembangkan teori dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia materi  memerankan tokoh dongeng  dengan menggunakan metode bermain peran.
  1. Manfaat Praktis
a.       Siswa yaitu :
1)      Memperbaiki cara belajar siswa agar lebih baik lagi
2)      Memberikan rangsangan dan motivasi belajar siswa
3)      Meningkatkan prestasi belajar siswa
4)      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru
b.      Guru yaitu :
1)      Guru dapat memperbaiki kinerjanya, berkembang secara profesional, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri.
2)      Untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya karena memang sasaran akhir PTK adalah perbaikan pembelajaran
3)      Guru mendapat kesempatan untuk berperan aktif mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.
c.       Sekolah yaitu :
1)      Mengembangkan mutu dan prestasi belajarnya
2)      Meningkatkan sekolah untuk berkembang
3)      Mengembangkan mutu dan prestasi belajar siswa
4)      Menciptakan hubungan koleginal yang sehat
5)      Menumbuhkan iklim kerjasama yang kondusif
6)      Mempunyai kesempatan yang besar untuk berubah secara menyeluruh.
 



BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.      Kajian  Teori
1.      Pembelajaran Bahasa Indonesia
a.    Hakikat Pembelajaran Bahasa Indonesia
Ruang lingkup mata pelajaran bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastera yang meliputi aspek - aspek sebagai berikut : (1). Mendengarkan, (2). Berbicara, (3). Membaca dan (4). Menulis.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun secara tulisan, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Standar kopetensi ini merupakan dasar bagi pesrta didik untuk memahami dan merspon situasi lokal, regional, nasional, dan global (Depdiknas, 2003)
Menurut Halliday, siswa itu belajar berbahasa, belajar melalui bahasa, dan belajar tentang bahasa. Pengembangan bahasa pada anak merupakan kesempatan menggunakan bahasa. Oleh karena itu, kita membutuhkan lingkungan pendidikan yang memberikan kesempatan yang banyak atau upaya bagi siswa untuk menggunaan bahasa di dalam cara- cara yang fungsional (Puskur, 2007 : 2)
Pembelajaran merupakan upaya membelajarkan siswa Degeng (1989). Kegiatan pengupayaan ini akan mengakibatkan siswa dapat mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efisien. Upaya-upaya yang dilakukan dapat berupa analisis tujuan dan karakteristik studi dan siswa, analisis sumber belajar, menetapkan strategi pengorganisasian, isi pembelajaran, menetapkan strategi penyampaian pembelajaran, menetapkan strategi pengelolaan pembelajaran, dan menetapkan prosedur pengukuran hasil pembelajaran. Oleh karena itu, setiap pengajar harus memiliki keterampilan dalam memilih strategi pembelajaran untuk setiap jenis kegiatan pembelajaran. Dengan demikian, dengan memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam setiap jenis kegiatan pembelajaran, diharapkan pencapaian tujuan belajar dapat terpenuhi. Peran pengajar lebih erat kaitannya dengan keberhasilan pebelajar, terutama berkenaan dengan kemampuan pengajar dalam menetapkan strategi pembelajaran.
Belajar bahasa pada hakikatnya adalah belajar komunikasi. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pebelajar dalam berkomunikasi, baik lisan maupun tulis. Hal ini relevan dengan kurikulum 2004 bahwa kompetensi pebelajar bahasa diarahkan ke dalam empat subaspek, yaitu membaca, berbicara, menyimak, dan mendengarkan. (Depdikbud, 1995)
Sedangkan tujuan pembelajaran bahasa, keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan mengekspresikan diri dengan berbahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan menjadi kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Sementara itu, dalam kurikulum 2004 untuk SD dan MI, disebutkan bahwa tujuan pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum meliputi (1) siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara, (2) siswa memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi,serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan, (3) siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional,dan kematangan sosial, (4) siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis), (5) siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan (6) siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. (Basiran, 1999:45-47)
Untuk mencapai tujuan di atas, pembelajaran bahasa harus mengetahui prinsip-prinsip belajar bahasa yang kemudian diwujudkan dalam kegiatan pembelajarannya, serta menjadikan aspek-aspek tersebut sebagai petunjuk dalam kegiatan pembelajarannya. Prinsip-prinsip belajar bahasa dapat disarikan sebagai berikut. Pembelajar akan belajar bahasa dengan baik bila (1)  diperlakukan sebagai individu yang memiliki kebutuhan dan minat, (2) diberi kesempatan berapstisipasi dalam penggunaan bahasa secara komunikatif dalam berbagai macam aktivitas, (3) bila ia secara sengaja memfokuskan pembelajarannya kepada bentuk, keterampilan, dan strategi untuk mendukung proses pemerolehan bahasa, (4) ia disebarkan dalam data sosiokultural dan pengalaman langsung dengan budaya menjadi bagian dari bahasa sasaran, (5) jika menyadari akan peran dan hakikat bahasa dan budaya, (6) jika diberi umpan balik yang tepat menyangkut kemajuan mereka, dan (7) jika diberi kesempatan untuk mengatur pembelajaran mereka sendiri (Aminuddin, 1994: 82).
b.    Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD
Bahasa  adalah  sebuah  alat  untuk  mengkomuniikasikan  gagasan  atau perasaan secara sistematis melalui penggunaan tanda, suara, gerak atau tanda-tanda yang disepakati danmemiliki makna yang dipahami (Solchan TW, 2007 : 1.3).
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, social dan  emosional  peserta  didik  dan  merupakan  penunjang  keberhasilan  dalam mepelajari semua bidang studi (Depdiknas, 2008 : 106). Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya dan budaya orang  lain,  mengemukakan  gagasan  dan  perasaan,  berpartisipasi  dalam masyarakat  yang  menggunakan  bahasa  tersebut  dan  menemukan  serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginative yang ada dalam dirinya.
Standar Kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diharapkan dari jenjang pendidikan Sekolah Dasar menurut  Peraturan Menteri Pendidikan Nomor  23  tahun  2006  Tentang    Srandar  Kompetensi  Lulusan  adalah  sebagai berikut:
1)    Peserta  didik  dapat  mengembangkan  potensinya  sesuai  dengan  kebutuhan dan  minatnya  serta  dapat  menumbuhkan      pernghargaan  terhadap  hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2)    Guru  dapat  memusatkan  perhatian  kepada  pengembangan  kompetensi bahasa  peserta  didik  dengan  menyediakan  berbagai  kegiatan  berbahasa dan sumber belajar;
3)    Guru  lebih  mandiri  dan  leluasa  dalam  menentukan  bahan  ajar  kebahasaan dan kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta didiknya;
4)    orang  tua  dan  masyarakat  dapat  secara  aktif  terlibat  dalam  pelaksanaan program kebahasaan dan kesastraan di sekolah;
5)    Sekolah  dapat  menyusun  program  pendidikan  tentang  kebahasaan  dan kesastraan  sesuai  dengan  keadaan  peserta  didik  dan  sumber  belajar  yang tersedia;
6)    daerah  dapat  menentukan  bahan  dan  sumber  belajar    kebahasaan  dan kesastraan  sesuai  dengan  kondisi  dan  kekhasan  daerah  dengan memperhatikan kepentingan nasional.
c.    Fungsi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Belajar  bahasa  Indonesia  hakikatnya  adalah  belajar  berkomunikasi.  Oleh karena itu, pembelajaran bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi baik lisan maupun tertulis. (Depdikbud, 1993:15). Pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar juga diarahkan untuk mempertajam kepekaan  perasaan  siswa.  Siswa  tidak  hanya  diharapkan  mampu  memahami informasi yang disampaikan secara langsung, melainkan juga disampaikan secara tidak langsung. (Depdikbud, 1993:12). Fungsi  pembelajaran  bahasa  Indonesia  adalah  sebagai  sarana pengembangan  penalaran.  Pembelajaran  bahasa  Indonesia  selain  untuk meningkatkan  keterampilan  berbahasa  dalam  berkomunikasi,  juga  untuk meningkatkan  kemampuan  berpikir,  bernalar,  dan  kemampuan  memperluas wawasan  (GBPP  Bahasa  Indonesia,1993).  Kemampuan  yang  dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan mengekspresikan diri dengan berbahasa.
d.   Prestasi Hasil Belajar 
Prestasi adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dikerjakan, atau diciptakan secara individu maupun secara kelompok. Pendapat ini berarti prestasi tidak akan pernah dihasilkan apabila seseorang tidak melakukan kegiatan. Hasil belajar atau prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar. Oleh karena itu prestasi belajar bukan ukuran, tetapi dapat diukur setelah melakukan kegiatan belajar. Keberhasilan seseorang dalam mengikuti program pembelajaran dapat dilihat dari prestasi belajar seseorang tersebut. (Syaiful Bahri Djamarah, 2002 : 56)
Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh prestasi. Untuk mengetahui berhasil tidaknya seseorang dalam belajar maka perlu dilakukan suatu evaluasi, tujuannya untuk mengetahui prestasi yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung. Adapun prestasi dapat diartikan hasil diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan. Namun banyak orang beranggapan bahwa yang dimaksud dengan belajar adalah mencari ilmu dan menuntut ilmu. Ada lagi yang lebih khusus mengartikan bahwa belajar adalah menyerap oengetahuan. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam tingkah laku manusia. Proses tersebut tidak akan terjadi apabila tidak ada suatu yang mendorong pribadi yang bersangkutan.
Prestasi belajar dapat dikelompokkan ke dalam 5 (lima) kategori yaitu : 1) keterampilan intelektual, 2) informasi verbal, 3)  strategi kognitif, 4) keterampilan motorik, dan 5) sikap”.  Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa dapat  dikelompokkan menjadi 3 (tiga) kawasan, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik”.  (Poerwanto, 1986:28)
Prestasi belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan belajar, karena kegiatan belajar merupakan proses, sedangkan prestasi merupakan hasil dari proses belajar. Memahami pengertian prestasi belajar secara garis besar harus bertitik tolak kepada pengertian belajar itu sendiri. Untuk itu para ahli mengemukakan pendapatnya yang berbeda-beda sesuai dengan pandangan yang mereka anut. Namun dari pendapat yang berbeda itu dapat kita temukan satu titik persamaan. Sehubungan dengan prestasi belajar, memberikan pengertian prestasi belajar yaitu “hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport.” Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seseorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya. (Winkel, 1996:162).
Prestasi belajar adalah: “Kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berfikir, merasa dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yakni: kognitif, affektif dan psikomotor, sebaliknya dikatakan prestasi kurang memuaskan jika seseorang belum mampu memenuhi target dalam ketiga kriteria tersebut.” (S. Nasution, 1996:17)
Berdasarkan pengertian di atas, maka dapat dijelaskan bahwa prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan sesuatu dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setiap bidang studi setelah mengalami proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil dari evaluasi dapat memperlihatkan tentang tinggi atau rendahnya prestasi belajar siswa.
e.    Motivasi Belajar
Kata motivasi berasal dari kata dasar ”motif” yang berarti suatu keadaan yang dialami  oleh  makhluk  hidup  yang  mendorong  makhluk  tersebut  berbuat  sesuatu  ke arah suatu tujuan tertentu. Subana (1968: 47) mengemukakan bahwa motif merupakan dorongan  yang  berasal  dari  dalam  diri  seseorang  untuk  melakukan  suatu  tindakan yang mengarah pada tujuan yang diinginkan. Berawal dari kata ”motif” tersebut dapat diartikan bahwa motivasi merupakan daya penggerak yang telah aktif. Sukmadinata  (2003:  61)  mendefinisikan  motivasi  merupakan  kekuatan  yang menjadi  pendorong  kegiatan  individu  yang  menunjukkan  suatu  kondisi  dalam  diri individu  yang  mendorong  atau  menggerakkan  individu  tersebut  malakukan  kegiatan mencapai  tujuan.  Hal  senada  dikemukakan  oleh  Surya  (2003:  99),  motivasi  adalah suatu dorongan untuk mewujudkan perilaku tertentu yang terarah kepada suatu tujuan tertentu.  Motivasi  suatu  individu  akan  muncul  terdorong  oleh  suatu  tujuan  yang  ingin dicapai. Individu termotivasi untuk melakukan suatu tindakan karena memiliki tujuan, tindakan  atau  perbuatan  yang  dilakukan  oleh  suatu  individu  dilakukan  berdasarkan motivasi yang dimiliki oleh individu itu sendiri. Bila suatu individu memiliki motivasi dan tujuan yang tinggi maka akan semakin banyak yang dilakukan.
Mc.  Donald  dalam  Sardiman  (2001:  71)  menyatakan  bahwa  motivasi  adalah perubahan  energi  dalam  diri  seseorang  yang  ditandai  dengan  munculnya  feeling  dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Berdasarkan pengertian tersebutdapat  diartikan  bahwa  motivasi  menyebabkan  adanya  perubahan  energi  pada  diri seseorang yang ditandai dengan adanya rasa (feeling) yang dapat menentukan tingkah laku individu tersebut yang terdorong oleh adanya tujuan.
Setiap  proses  motivasi  dan  perilaku  akan  menghasilkan  peristiwa  yang beragam antara  individu  dan  individu  yang  lainnya.  Setiap  individu  selalu  terdorong untuk melakukan  tindakan  yang  mengarah  pada  pencapaian  tujuan  yang  diharapkan. Tercapainya tujuan yang diharapkan tersebut akan menimbulkan suatu kepuasan pada individu itu sendiri.
Pada  dasarnya  karakteristik  motivasi  ialah  sebagai  hasil  dari  kebutuhan, terarah  kepada  suatu  tujuan,  dan  penopang  perilaku.  Motivasi  suatu  individu  yang tinggi akan mengarahkan perilaku  yang baik dan sesuai dengan arah tujuan sehingga membawa  hasil  yang  baik.  Sebaliknya  jika  motivasi  yang  dimiliki  lemah  maka perilaku  atau  perbuatan  yang  dikerjakan  akan  tidak  sungguh-sungguh,  tidak  terarah dan kemungkinan besar tidak akan membawa hasil.
Dapat terlihat bahwa suatu tindakan atau perbuatan individu dipengaruhi oleh motivasi  yang  dimiliki.  Dalam  motivasi  terdapat  adanya  dorongan  yang menggerakkan  suatu  kegiatan  individu  untuk  mencapai  tujuan  yang  diharapkan. Sebagaimana diungkapkan oleh Purwanto berikut ini: ”Motivasi  adalah  kekuatan-kekuatan  yang  komplek,  dorongan-dorongan, kebutuhan-kebutuhan,  pertanyaan-pertanyaan  ketegasan  (tensen  states),  atau mekanisme-mekanisme lainnya yang memiliki dan menjaga kegiatan-kegiatan yang  diinginkan  kearah  pencapian  tujuan-tujuan  personal  (Purwanto,  1997: 72).”
Berdasarkan  konsep-konsep  motivasi  di  atas  dapat  digambarkan  bahwa motivasi adalah kondisi dalam diri individu yang mendorong individu tersebut untuk melakukan  suatu  kegiatan  yang  sesuai  dengan  tujuan  yang  ingin  dicapai.  Motivasi tumbuh di dalam individu itu sendiri tetapi dapat ditingkatkan atau dikembangkan dari faktor luar individu tersebut.
Mc Donald dalam Sardiman (2008: 73) menyatakan bahwa motivasi adalah perubahan  energi  dalam  diri  seseorang  yang  ditandai  dengan  munculnya  feeling dan  didahului  dengan  tanggapan  terhadap  adanya  tujuan.  Dalam  definisi  ini terdapat tiga unsur yang saling terkait, yaitu :
a)      Motivasi  dimulai  dari  adanya  perubahan  energi  dalam  pribadi.  Misalnya karena perubahan dalam sistem pencernaan maka timbul motif lapar.
b)      Motivasi  ditandai  dengan  timbulnya  perasaan,  yang  merupakan  ketegangan psikologis dan berubah menjadi suatu emosi. Suasana emosi ini menimbulkan kelakuan  yang  bermotif.  Misalnya,  seseorang  merasa  memiliki  cukup  waktu tetapi  ia  kurang  baik  dalam  mengatur  waktu  belajarnya.  Waktu  belajar  yang  digunakannya tidak memadai untuk memperoleh hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, ia mengubah cara belajarnya. 
c)      Motivasi  ditandai  dengan  reaksi-reaksi  untuk  mencapai  tujuan.  Misalnya, seseorang  siswa  kelas  I  SD  memiliki  keinginan  untuk  mrnjsfi jusrs kelas,  namun  siswa  tersebut  memperoleh  hasil belajar  yang  rendah  pada  mata  pelajaran  Bahasa  Indonesia  dalam  ulangan harian.  Menyadari  hal  ini,  siswa  tersebut  mengambil  les  tambahan  dan belajar  lebih  giat  sehingga  pada  ulangan  berikutnya  hasil  belajarnya bertambah baik. Oleh karena itu, semangat belajarnya pun semakin tinggi.  Setiap  proses  motivasi  dan  perilaku  akan  menghasilkan  peristiwa  yang beragam antara individu satu dan individu lainnya. Masing-masing individu akan terdorong untuk melakukan tindakan yang mengarah pada pencapaian tujuan yang diharapkan. Tercapainya suatu tujuan tersebut  akan menimbulkan kepuasan pada diri individu itu sendiri.
Pada  dasarnya  karakteristik  motivasi  ialah  sebagai  hasil  dari  kebutuhan, terarah kepada tujuan, dan penopang perilaku. Motivasi individu yang tinggi akan mengarahkan  kepada  perilaku  yang  baik  dan  sesuai  dengan  arah  tujuan  sehingga membawa  hasil  yang  baik.  Sebaliknya  jika  motivasi  yang  dimiliki  individu  itu lemah,  maka  perilaku  yang  dikerjakannya  tidak  akan  sungguh-sungguh,  tidak terarah, bahkan kemungkinan besar tidak akan membawa hasil.
Berdasarkan pernyataan tersebut, dapat digambarkan bahwa motivasi adalah kondisi  dalam  diri  individu  yang  mendorong  individu  tersebut  untuk  melakukan suatu kegiatan yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Motivasi tumbuh di dalam  diri  individu  tetapi  dapat  berkembang  karena  faktor  dari  luar  individu tersebut. Sedangkan pengertian belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang yang dihasilkan melalui pengalaman. Hermine Marshall menggambarkan motivasi belajar  sebagai  suatu  kebermaknaan,  nilai,  dan  keuntungan-keuntungan  kegiatan belajar sehingga siswa tertarik untuk melakukan kegiatan belajar.  Sardiman  (2008:  75)  mengemukakan  bahwa  dalam  kegiatan  belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang  menimbulkan  kegiatan  belajar,  yang  menjamin  kelangsungan  dari  kegiatan belajar  dan  yang  memberikan  arah  pada  kegiatan  belajar,  sehingga  tujuan  yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.  
f.     Metode Pembelajaran
Dalam  bahasa  Inggris,  metode  berarti  method  yang  artinya  cara  (Sri Anitah,  2007:7.24).  Apabila  kita  kaitkan  dengan  pembelajaran,  metode merupakan cara yang digunakan guru dalam membelajarkan siswa. Karena metode  lebih  menekankan  kepada  peran  guru,  istilah  metode  sering digandengkan dengan kata mengajar, yaitu metode mengajar. Metode adalah cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai  tujuan  tertentu. 
Penentuan  bahan  dan  pengelompokannya  akan  mempermudah  serta memperlancar proses pembelajaran. Untuk itu dapat dikemukakan kriteria berikut ini:
a)         Bagian-bagian  yang  lebih  sederhana  didahulukan  dari  bagian-bagian yang kompleks.
b)        Bagian-bagian  yang  lebih  berguna  dan  sering  digunakan  didahulukan dari bagian-bagian yang kurang berguna.
c)         Diperhatikan tingkat kesukarannya, artinya mendahulukan bahan yang lebih mudah daripada yang sukar.
d)        Diperhatikan kesinambungan bahan pengajaran sendiri.
Selanjutnya mengenai penyajian bahan didasarkan pada kriteria berikut  ini:
a)         Apakah  bahasa  lisan  disajikan  lebih  dahulu  dari  bahasa  tulis,  atau keduanya disajikan sekaligu.
b)        Cara penyajian bahasa lisan dan bahasa tulis jangan disamakan begitu saja.
c)         Kapan  sebaiknya  kosakata  disajikan  dan  kapan  sebaiknya  kalimat disajikan, serta bagaimana contoh-contohnya yang memadai.
d)        Penggunaan alat bantu yang relevan perlu diperhatikan.
e)         Sedangkan pengulangan bahan (repetisi) merupakan usaha-usaha yang dilakukan  untuk  menumbuhkan  kebiasaan  berbahasa  melalui  bahan  yang telah  diberikan  itu.  Seperti  kita  ketahui  tujuan  akhir  suatu  pelaksanaan pengajaran  bahasa  adalah  pemilikan  kompetensi  siswa  untuk menggunakan  bahasa  secara  tepat,  lancar  dan  bebas  (Solchan,  2007  : 3.11).
2.      Metode Bermain Peran
Metode bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan.
Metode bermain peran adalah metode yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik atau situasi. Siswa melakukan peran masing sesuai dengan tokoh yang ia lakoni, mereka berinteraksi sesama meraka melakukan peran terbuka. Metode ini dapat dipergunakan di dalam mempraktik isi pelajaran yang baru, mereka diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memerankan sehingga menemukan kemungkinan masalah yang akan dihadapi dalam pelaksanaan sesungguhnya. Metode ini menuntutkan guru untuk mencermati kekurangan dari peran yang diperagakan siswa. (Drs. H. Martinis Yamin, 166 : 2007).
Bermain peran pada prinsipnya merupakan metode untuk ‘menghadirkan’ peran yang ada dalam dunia nyata ke dalam suatu ‘pertunjukan peran’ di dalam kelas yang kemudian dijadikan sebagai bahan refleksi agar siswa memberikan penilaian terhadap isi peran tersebut. Misalnya : menilai keunggulan maupun kelemahan masing-masing peran tersebut, dan kemudian memberikan saran atau alternatif pendapat bagi pengembangan peran-peran tersebut. Metode ini lebih menekankan terhadap masalah yang diangkat dalam ‘pertunjukan’ dan bukan pada kemampuan pemain atau siswa dalam melainkan permainan peran.
Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak. Apa yang dilakukan siswa adalah suatu bentuk permainan, untuk itu bermain peran juga sangat mendukung kemampuan dan daya pikir siswa, karena dengan bermain peran siswa dapat merasakan perasaan orang lain, tenggang rasa, dan toleransi yang menimbulkan diskusi yang hidup karena siswa menghayati sendiri perannya. (Roetiyah, NK : 1998).
Metode ini biasanya digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut :
1)        Agar pelajar dapat menghayati dan menghargai perasaan orang lain.
2)        Agar pelajar dapat belajar bagaimana membagi tanggung jawab.
3)        Agar dapat belajar bagaimana mengambil keputusan secara spontan dalam situasi kelompok.
4)        Untuk merangsang kelas agar berpikir dan memecahkan masalah.
Metode bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan.  Bermain peran dan bermain peran pada dasarnya mendramatisasikan tingkah laku dalam hubungannya dengan masalah sosial. (Sunarto. A, 2008 : 145)
Metode ini biasanya digunakan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut :
1)   Agar pelajar dapat menghayati dan menghargai perasaan orang lain.
2)   Agar pelajar dapat belajar bagaimana membagi tanggung jawab.
3)   Agar dapat belajar bagaimana mengambil keputusan secara spontan dalam situasi kelompok.
4)   Untuk merangsang kelas agar berpikir dan memecahkan masalah.
Kelebihan proses pembelajaran dengan menggunakan  metode bermain peran antar lain :
1)        Melibatkan seluruh siswa dapat berpartisipasi mempunyai kesempatan untuk memajukan kemampuannya dalam bekerjasama.
2)        Siswa bebas mengambil keputusan dan berekspresi secara utuh.
3)        Permainan merupakan penemuan yang mudah dan dapat digunakan dalam situasi dan waktu yang berbeda.
4)        Guru dapat mengevaluasi pemahaman tiap siswa melalui pengamatan pada waktu melakukan permainan.
5)        Permainan merupakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak.
Sebagaimana dengan metode-metode yang lain, metode bermain peran dan bermain peranan memiliki sisi-sisi kelemahan. Namun yang penting disini, kelemahan dalam suatu metode tertentu dapat ditutupi dengan memakai metode yang lain. Mungkin sekali kita perlu memakai metode diskusi, ausid visual, tanya jawab dan metode-metode lain yang dapat dianggap melengkapi metode bermain peran.
Kelemahan metode bermain peran ini terletak pada :
1)        Bermain peran dan bermain peranan memelrukan waktu yang relatif panjang/banyak
2)        Memerlukan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun murid. Dan ini tidak semua guru memilikinya
3)        Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu
4)        Apabila pelaksanaan bermain peran dan bermain pemeran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai
5)        Tidak semua materi pelajaran dapat disajikan melalui metode ini
B.       Kerangka Berpikir
Dalam pembelajaran yang berhubungan dengan memerankan tokoh dongeng menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Hal ini karena kurangnya siswa dalam pemahaman dan pengalaman memerankan tokoh dongeng. Salah  satu  materi  bahasa  Indonesia  yang  dipelajari  adalah  aspek  bercerita,  sehingga  diperlukan  adanya  suatu  pendekatan  atau  metode  pembelajaran  yang  dapat  memberikan  kesempatan  kepada  siswa  untuk  aktif  dan  kreatif.  Dalam  pembelajaran guru bertindak hanya sebagai fasilitator. Keadaan tersebut berakibat pada rendahnya kemampuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berimplikasi rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Permasalahan  tersebut  di  atas  menarik  untuk  diteliti,  maka  oleh  sebab  itu peneliti  bermaksud  memperbaiki  proses  pembelajaran  dengan  menggunakan metode  bermain peran  Alasan  penulis  menggunakan  metode  ini  adalah agar siswa menjadi aktif dan kreatif dalam aspek bercerita, khususnya pada materi memerankan tokoh dongeng. Kondisi akhir yang diharapkan dari pelaksanaan perbaikan pembelajaran  menggunakan  metode  bermain peran pada materi memerankan tokoh dongeng akan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Tahun Pelajaran 2012/2013. Dalam bentuk bagan, kerangka berpikir sebagaimana gambar di bawah ini :



 


Gambar 2.1. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.      Hipotesis Tindakan
Dari penjelasan pada kajian teori dan kerangka pikir sebagaimana di atas, maka hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah :
  1. Penggunaan model bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia, materi memerankan tokoh dongen  akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten ....... Tahun Pelajaran 2012/2013.
  2. Penggunaan model bermain peran dalam pembelajaran bahasa Indonesia, materi pokok  memerankan tokoh dongeng  akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri ............................... Kecamatan ........ Kabupaten .......Tahun Pelajaran 2012/2013.


bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran-lampiran (RPP, LKS, Analisis Data) dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.