LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
UPAYA
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENERAPKAN
METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VII
SMP ………………..
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b
Oleh
..........................................
NIP. ..............................
DINAS
PENDIDIKAN............................................
SMP
NEGERI................................................
Jl. ..............................................
20..........
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian : Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PAK dengan
Menerapkan Metode Role Playing Siswa Kelas VII SMP ……………….. Tahun Pelajaran
2014/2015
b.
Bidang Ilmu : Pendidikan
Agama Kristen
c.
Kategori Penelitian : Strategi
Pembelajaran
d. Jenis Penelitian : Penelitian
Tindakan Kelas
2. Ketua
Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ……………..
b.
NIP : ………….
c. Pangkat / Golongan : Pembina, IV/a
d. Jabatan :
e. Instansi :
SMP Negeri ……………..
f.
Tempat Penelitian : SMP
Negeri ………
3. Lama
Penelitian : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan …….
20…)
4. Sumber
Biaya : Swadaya
Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala
limpahan rahmat dan hidayahNya
sehingga penulis dapat menyelesaikan
laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMP ……………………….. dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh
penulis dalam rangka memenuhi pengajuan
pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan
pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian
ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan
peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada
semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan
laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten
………………………
2.
Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten
…………………
3.
Kepala Sekolah SMP …………… yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan
terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.
Bapak
dan Ibu Guru Rekan Guru SMP ……………. yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami
hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.
Anak-anakku tercinta, siswa dan siswi
SMP ……………… khsusunya kelas VII.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya
berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun.
Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
......................, ...................
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.............................................................................. ii
KATA PENGANTAR....................................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................................... iv
DAFTAR TABEL.............................................................................................. v
DAFTAR GAMBAR......................................................................................... vi
DAFTAR LAMPIRAN..................................................................................... vii
ABSTRAK......................................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah.........................................................
B.
Identifikasi Masalah ..............................................................
C.
Pembatasan Masalah .............................................................
D.
Perumusan Masalah ...............................................................
E.
Tujuan Penelitian ...................................................................
F.
Manfaat Penelitian ................................................................
BAB II LANDASAN TEORI
A. Kajian Pustaka .......................................................................
B. Kerangka Berpikir .................................................................
C. Hipotesis Tindakan ................................................................
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Rancangan Penelitian.............................................................
B.
Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................
C.
Tempat dan Waktu Penelitian................................................
D.
Subjek dan Objek Penelitian .................................................
E.
Instrumen Penelitian ..............................................................
F.
Teknik Pengumpulan Data ....................................................
G.
Prosedur Penelitian................................................................
H.
Teknik Analisis Data .............................................................
BAB IV HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian.......................................................................
B. Pembahasan............................................................................
C. Hasil Tindakan .......................................................................
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan ............................................................................
B. Saran.......................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
TABEL Halaman
Tabel 3.1 Kriteria
Penilaian Hasil Belajar....................................................
Tabel 4.1 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal
Tabel 4.2 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal
Tabel 4.3 Tabel
Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal ......
Tabel 4.4 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Pertama
Tabel 4.5 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama
Tabel 4.6 Tabel
Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Pertama .....
Tabel 4.7 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Kedua
Tabel 4.8 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Kedua
Tabel 4.9 Tabel
Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Kedua........
Tabel 4.10 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua ............................................................................
Tabel 4.11 Tabel
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua .......................................................................................
Tabel 4.12 Tabel
Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua
DAFTAR GAMBAR
GAMBAR Halaman
Gambar 4.1 Peningkatan
Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua ......................................................................................
Gambar 4.2 Peningkatan
Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal, Siklus Pertama dan Siklus Kedua........................................................................................
Gambar 4.3 Peningkatan
Tes Hasil Belajar, Ketuntasan dan Daya Serap
Siswa pada Kondisi Awal, Siklus
Pertama dan Siklus Kedua........................................................
DAFTAR LAMPIRAN
LAMPIRAN
1.
Surat Ijin Penelitian
2.
Surat
Kesediaan Menjadi Observer
3.
Jurnal Kegiatan Penelitian
4.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.
Rencana
Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.
Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan
Siklus II
7.
Daftar Hadir Peneliti dan Observer Pra Siklus,
Siklus I dan Siklus II
8.
Rekapitulasi
Hasil Tes Formatif Kondisi Awal/Pra Siklus
9.
Rekapitulasi
Hasil Tes Formatif Siklus I
10. Rekapitulasi Hasil Tes Formatif
Siklus II
11. Lembar
Observasi Peningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran pada Pra Siklus,
Siklus I dan Siklus II
12. Lembar
Observasi Kegiatan Guru dalam Proses Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan
Siklus II
13. Contoh
Hasil Pekerjaan Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
14. Foto
Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
UPAYA
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENERAPKAN
METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VII
SMP ………………..
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015.
Oleh :
..............................................
NIP. ...........................
ABSTRAK
Penelitian
ini merupakan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PAK dengan
metode role playing pada siswa kelas VII SMP …………….. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah apakah minat dan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran PAK dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Role
Play?. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Adapun
langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik
pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data
yang terkumpul berupa hasil observasi,
tes dan dokumentasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara
deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode role playing terbukti
dapat meningkatkan hasil belajar
siswa terhadap PAK dengan menggunakan menerapkan metode role
playing menunjukkan adanya
peningkatan hal ini terbukti dari hasil tes formatif dan observasi secara
individu dari tiap siklus. Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu
adalah sebagai berikut : pra siklus
adalah 68,80, siklus I menjadi
75,60, siklus II
adalah 81,60, dan penilaian hasil observasi aktivitas
belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal sebesar 28% atau 7 siswa,
siklus I sebesar 72% atau 18 siswa, meningkat menjadi 100% atau 25 siswa.
Sedangkan aktivitas guru dari nilai 37,50 dalam kategori (C) menjadi 61,25 dalam
kategori (B) dan 86,25 dalam kategori (SB).
Kata kunci: role playing,
minat, hasil belajar, PAK
bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.