Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Wednesday, 25 March 2015

PTK PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK)


LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS



UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENERAPKAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VII SMP ………………..
TAHUN PELAJARAN 2014/2015



Disusun Sebagai Salah Satu Syarat
Kenaikan Pangkat dari Golongan IV/a ke IV/b







Oleh

..........................................
NIP. ..............................






DINAS PENDIDIKAN............................................
SMP NEGERI................................................
Jl. ..............................................
20..........

HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


1.   a.   Judul Penelitian                    :  Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PAK dengan Menerapkan Metode Role Playing Siswa Kelas VII SMP ……………….. Tahun Pelajaran 2014/2015
      b.   Bidang Ilmu                         : Pendidikan Agama Kristen
      c.   Kategori Penelitian              :  Strategi  Pembelajaran
      d.   Jenis Penelitian                     : Penelitian Tindakan Kelas
2.   Ketua Peneliti
      a.   Nama Lengkap dan Gelar    : ……………..
      b.   NIP                                      :  ………….
      c.   Pangkat / Golongan             : Pembina, IV/a
      d.   Jabatan                                 :
      e.   Instansi                                 : SMP Negeri ……………..
      f.    Tempat Penelitian                :  SMP Negeri ………
3.   Lama Penelitian                         : 3 bulan (Bulan ……….. sampai dengan Bulan ……. 20…)
4.   Sumber Biaya                             : Swadaya




Tanda tangan disesuaikan dengan kondisi setempat


















KATA PENGANTAR



Syukur Alhamdullilah kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga penulis  dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMP ……………………….. dengan lancar.
Laporan ini dibuat oleh penulis dalam rangka memenuhi pengajuan  pada penilaian angka kredit unsur pengembangan profesi guru untuk kenaikan pangkat dari golongan IVa ke IVb.
Terselesaikannya penelitian ini tidak lepas dari bantuan beberapa pihak dan pada kesempatan ini ijinkan peulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang baik langsung maupun tidak langsung telah membantu penyusunan laporan ini, yaitu kepada yang terhormat:
1.      Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ………………………
2.      Pengawas SMP Dinas Pendidikan Kabupaten …………………
3.      Kepala Sekolah SMP …………… yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru Rekan Guru SMP ……………. yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.      Anak-anakku tercinta, siswa dan siswi SMP ……………… khsusunya kelas VII.
Dan akhirnya saya menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.
                                                                                                     
                                                                               ......................,    ...................

                                                                                                Penulis


DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR JUDUL.............................................................................................       i
LEMBAR PENGESAHAN..............................................................................      ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................     iii
DAFTAR ISI.....................................................................................................     iv
DAFTAR TABEL..............................................................................................      v
DAFTAR GAMBAR.........................................................................................     vi
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................    vii
ABSTRAK.........................................................................................................   viii


BAB      I      PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang Masalah.........................................................       
B.       Identifikasi Masalah ..............................................................       
C.       Pembatasan Masalah .............................................................       
D.      Perumusan Masalah ...............................................................       
E.       Tujuan Penelitian ...................................................................       
F.        Manfaat Penelitian ................................................................       
BAB      II     LANDASAN TEORI
A.  Kajian Pustaka .......................................................................
B.   Kerangka Berpikir .................................................................       
C.   Hipotesis Tindakan ................................................................       
BAB     III    METODE PENELITIAN
A.      Rancangan Penelitian.............................................................       
B.       Setting Penelitian dan Sumber Data .....................................       
C.       Tempat dan Waktu Penelitian................................................       
D.      Subjek dan Objek Penelitian .................................................       
E.       Instrumen Penelitian ..............................................................       
F.        Teknik Pengumpulan Data ....................................................       
G.      Prosedur  Penelitian................................................................       
H.      Teknik Analisis Data .............................................................       

BAB     IV    HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Penelitian.......................................................................       
B.   Pembahasan............................................................................       
C.   Hasil Tindakan .......................................................................       

BAB      V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan ............................................................................       
B.   Saran.......................................................................................       

DAFTAR PUSTAKA           
LAMPIRAN-LAMPIRAN


DAFTAR TABEL

TABEL                                                                                                       Halaman

Tabel   3.1     Kriteria Penilaian Hasil Belajar....................................................         
Tabel   4.1     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal                 
Tabel   4.2     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal                
Tabel   4.3     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal ......         
Tabel   4.4     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Pertama                
Tabel   4.5     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Pertama               
Tabel   4.6     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Pertama .....           
Tabel   4.7     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Siklus Kedua                  
Tabel   4.8     Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Siklus Kedua                 
Tabel   4.9     Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Siklus Kedua........         
Tabel   4.10   Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua   ............................................................................         
Tabel   4.11   Tabel Rekapitulasi Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua   .......................................................................................         
Tabel   4.12   Tabel Rekapitulasi Hasil Belajar Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua                                                                                                              













DAFTAR GAMBAR

GAMBAR                                                                                                  Halaman


Gambar    4.1 Peningkatan Hasil Pengamatan Aktivitas Guru pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua  ......................................................................................         
Gambar    4.2 Peningkatan Hasil Pengamatan Aktivitas Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua........................................................................................         
Gambar    4.3 Peningkatan Tes Hasil Belajar, Ketuntasan dan Daya Serap  Siswa pada Kondisi Awal,  Siklus Pertama dan Siklus Kedua........................................................         

































DAFTAR LAMPIRAN

LAMPIRAN                                                                                                             

1.        Surat Ijin Penelitian
2.        Surat Kesediaan Menjadi Observer
3.        Jurnal Kegiatan Penelitian
4.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I
5.        Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II
6.        Daftar Hadir Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
7.        Daftar Hadir Peneliti dan Observer Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
8.        Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal/Pra Siklus
9.        Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus I
10.    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Siklus II
11.    Lembar Observasi Peningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
12.    Lembar Observasi Kegiatan Guru dalam Proses Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
13.    Contoh Hasil Pekerjaan Siswa Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II
14.    Foto Dokumentasi Kegiatan Pembelajaran pada Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II









UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DENGAN MENERAPKAN METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS VII SMP ………………..
TAHUN PELAJARAN 2014/2015.



Oleh :

..............................................
NIP. ...........................


ABSTRAK


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan minat dan hasil belajar PAK dengan metode role playing pada siswa kelas VII SMP …………….. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAK dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Role Play?. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa hasil observasi,  tes dan dokumentasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing terbukti dapat meningkatkan hasil  belajar  siswa  terhadap  PAK dengan menggunakan menerapkan  metode role playing  menunjukkan adanya peningkatan hal ini terbukti dari hasil tes formatif dan observasi secara individu dari tiap siklus. Adapun hasil rata-rata tes formatif secara individu adalah sebagai berikut :  pra siklus adalah 68,80, siklus I  menjadi 75,60,  siklus  II  adalah  81,60,  dan penilaian hasil observasi aktivitas belajar yang juga meningkat di mana pada kondisi awal sebesar 28% atau 7 siswa, siklus I sebesar 72% atau 18 siswa, meningkat menjadi 100% atau 25 siswa. Sedangkan aktivitas guru dari nilai 37,50 dalam kategori (C) menjadi 61,25 dalam kategori (B) dan 86,25 dalam kategori (SB).


Kata kunci: role playing, minat, hasil belajar, PAK


bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.