Lencana Facebook

banner image

Wednesday 30 March 2016

PTK SMK PERTANIAN




LOGO DAERAH








LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS ZPT DAN KARAKTERISTIKNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN
DI KELAS XI SMK……….
TAHUN PELAJARAN …………………………





Diajukan untuk Memenuhi  Persyaratan Kenaikan Pangkat
dari Golongan IV/a ke IV/b





Oleh


………………………
NIP. ……………………






UPT DISDIKPORA KECAMATAN ……………………
SMK…………………………………………………..
Jl. Raya ………………………………………………………………………….
201..
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
(CLASSSROOM ACTION RESEARCH)


1.   a.  Judul Penelitian         :    Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Materi Mengidentifikasi Jenis-Jenis ZPT dan Karakteristiknya Melalui Metode Eksperimen  di Kelas XI SMK………. Tahun Pelajaran …………………………
       b. Kategori Penelitian     :    Penelitian Tindakan Kelas
2.    Identitas Peneliti
            a.                                 Nama Lengkap            :           ………………
            b.                                 NIP      :           ………………….
            c.                                 Pangkat / Golongan     :           Pembina / IVa
            d.                                Jabatan             :           Guru
            e.                                 Sekolah            :           SMK…………..
3.     Jumlah peneliti               :    1 orang
4.     Lokasi                             :    Kelas XI SMK……….
5.     Jangka waktu                 :    3 (tiga) bulan
                                                    (Bulan ……….. s.d ……………)


                        Mengetahui                                  ………..,       ………………
                  Pengawas Sekolah                                       Kepala Sekolah




                   ………………….                               …………………………..
        NIP. ………………………….            NIP. ……………………………….



                                



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nyalah sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas di SMK…… dengan lancar. Selesainya penyusunan ini berkat bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang terhormat:
1.      Kepala UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kecamatan ………….
2.      Pengawas TK/SD UPT Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada penulis untuk menyelesaikan penulisan laporan PTK ini.
3.      Kepala SMK…… yang telah memberikan Saran, Ijin dan pertimbangan terhadap pelaksanaan PTK selama kegiatan berlangsung.
4.      Bapak dan Ibu Guru SMK…… yang telah membimbing dan memotifasi serta mengarahkan kami hingga kegiatan Program Penelitian Tindakan Kelas  ini dapat terselesaikan dengan lancar.
5.      Siswa-siswa SMK……. khususnya siswa kelas XI yang penulis sayangi.
6.      Semua pihak yang telah tulus ikhlas membantu dalam penulisan laporan penelitian ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Serta kerabat-kerabat dekat dan rekan-rekan seperjuangan yang penulis banggakan. Semoga Allah SWT, memberikan balasan atas kebaikan yang telah diberikan kepada penulis. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan laporan ini banyak kelemahan atau kekurangan untuk itu, saya berharap kepada pembaca berkenan memberikan saran dan kritik yang membangun. Untuk itu sebelumnya kami ucapkan terimakasih.

………,       …………….
Penulis



DAFTAR ISI
           
HALAMAN JUDUL .........................................................................................      i
LEMBAR PENGESAHAN ...............................................................................     ii
KATA PENGANTAR .......................................................................................    iii
DAFTAR ISI ......................................................................................................    iv
DAFTAR TABEL ..............................................................................................     v
DAFTAR GAMBAR .........................................................................................    vi
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... vii
ABSTRAK/RINGKASAN ................................................................................ viii
BAB       I        PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah........................................................     1
B.     Identifikasi Masalah .............................................................     4
C.     Rumusan Masalah..................................................................     4
D.    Tujuan Penelitian...................................................................     4
E.     Manfaat Penelitian.................................................................     5
BAB       II      KAJIAN TEORI
A.    Kajian Teori ..........................................................................     6
B.     Kerangka Berfikir .................................................................   23
C.     Hipotesis Tindakan ...............................................................   24
BAB       III     METODOLODI PENELITIAN
A.    Setting Penelitian...................................................................      
B.     Subjek Penelitian ..................................................................      
C.     Data dan Sumber Data..........................................................      
D.    Teknis dan Alat Pengumpulan Data......................................      
E.     Validitas Data........................................................................      
F.      Analisa Data .........................................................................      
G.    Prosedur Penelitian................................................................      
H.    Indikator Kinerja...................................................................      
BAB       IV     HASIL TINDAKAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Data ......................................................................      
B.     Pembahasan ..........................................................................      
C.     Hasil Penelitian .....................................................................      
BAB       V      PENUTUP
A.    Kesimpulan ...........................................................................      
B.     Saran .....................................................................................      
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


           



DAFTAR TABEL


Tabel   4.1    Rekapitulasi Hasil Tes Formatif Kondisi Awal...........................
Tabel   4.2    Rekapitulasi Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal     
Tabel   4.3    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus I......................................
Tabel   4.4    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Siklus I      
Tabel   4.5    Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Siklus II....................................
Tabel   4.6    Rekapitulasi Hasil Observasi Peningkatan Keaktifan Siswa Siklus II 
Tabel   4.7    Rekapitulasi Nilai Hasil Tes Formatif Temuan Awal,  Siklus I dan Siklus II  
Tabel   4.8    Rekapitulasi Peningkatan Keaktifan Siswa pada Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II          



DAFTAR GAMBAR

Gambar     2.1  Percobaan yang dilakukan oleh Darwin dan Boysen–Jensen..         
Gambar     2.2. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas........................
Gambar     4.1    Grafik Peningkatan dan Penurunan Ketuntasan Belajar Siswa Siklus I dan II      
Gambar     4.2    Grafik Peningkatan Nilai Rata-rata Belajar Siswa  Pada Siklus I dan II   
Gambar     4.3    Grafik Ketuntasan Siswa Berdasarkan Tingkat Keaktifan Siswa Studi Awal,  Siklus I dan II...............................................................................................























DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran         1................................................................................................ Surat Ijin Penelitian
Lampiran         2................................................................................................ Jurnal Kegiatan Penelitian
Lampiran         3................................................................................................ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
Lampiran         4................................................................................................ Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
Lampiran         5................................................................................................ Instrumem Pengumpulan Data
Lampiran         6................................................................................................ Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran         7................................................................................................ Daftar Hadir Siswa (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
Lampiran         8................................................................................................ Daftar Hadir Peneliti dan Observer (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
Lampiran         9................................................................................................ Contoh Hasil Pekerjaan Siswa
Lampiran 10    Dokumentasi Pelaksanaan Kegiatan Penelitian (Kondisi Awal, Siklus I dan Siklus II)
















UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS ZPT DAN KARAKTERISTIKNYA MELALUI METODE EKSPERIMEN
DI KELAS XI SMK……….
TAHUN PELAJARAN …………………………

Oleh

……………….
NIP. …………………


ABSTRAK


Dalam  pembelajaran  …….,  penyampaian  secara  konseptual  melalui metode  ceramah  sering  kali  membuat  siswa  merasa  bosan  sehingga proses  pembelajaran  menjadi  monoton. Akhirnya   perolehan  nilai  pada  umumnya  berada  di  bawah  nilai  mata  pelajaran  lainnya. Upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya akan dilakukan melalui upaya penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 4 tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), mengamati (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK…..Tahun Pelajaran….. dengan jumlah siswa sebanyak 17 siswa terdiri dari siswa laki-laki siswa dan perempuan …. siswa. Teknik Pengumpulan Data menggunakan teknik observaso, penilaian  atau  tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komperatif dengan grafik yaitu membandingkan kondisi nilai tes awal, siklus I, setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode terbukti dapat meningkatkan keaktifan belajar dari 8 siswa atai 47,06% dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 11 siswa atau 64,71% pada siklus pertama dan 17 siswa atau 100% pada siklus kedua.dan peningkatan nilai rata-rata kelas terus mengalami peningkatan dari 58,24 , pada siklus  I  nilai  rata-rata  yang  diperoleh  siswa  adalah  64,12 dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 74,71 dengan peningkatan ketuntasan belajar pada keadaan awal sebanyak 4 siswa (23,53%), setelah dilaksanakan perbaikan dengan penerapan penerapan metode eksperimen pada siklus I meningkat menjadi 9 siswa atau 52,94% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 16 siswa atau 94,12%.. Kesimpulannya penerapan metode eksperimen pada pembelajaran … materi mengidentifikasi jenis-jenis zat ZPT dan karakteristiknya melalui Metode Eksperimen terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa Kelas XI SMK….. Tahun Pelajaran …...

Kata Kunci : eksperimen, keaktifan, hasil belajar




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Guru memiliki peran yang sangat strategis untuk menanamkan investasi berupa pengetahuan dan ketrampilan, sehubungan dengan itu guru dituntut menciptakan kondisi yang mempermudah pemahaman siswa, siswa mencoba belajar melalui pengalaman dengan melakukan eksperimen, pengamatan, dan diskusi yang dapat menanamkan daya ingat yang jelas dan tidak mudah hilang. Sehingga siswa menjadi senang, aktif dan mempunyai kemauan yang tinggi serta sadar untuk belajar dengan sungguh-sungguh.
Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang ikut mempengaruhinya. Salah satu factor tersebut adalah guru. Guru merupakan komponen pengajaran yang memegang peranan penting dan utama, karena keberhasilan proses belajar mengajarsangat ditentukan oleh faktor guru. Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada siswa melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar mengajar yang dilakukannya. Interaksi komunikasi, penerapan metode mengajar, dan pemakaian media pembelajaran yang baik dapat meningkatkan keaktifan  siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan demikian, diharapkan hasil belajar siswapun meningkat.
Dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan keaktifan siswa untuk belajar mata pelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya pada kelas XI SMK ........................., guru perlu menciptakan kondisi belajar yang kondunsif supaya siswa nyaman dan senang di dalam kelas. Tetapi nampaknya siswa masih kurang termotivasi untuk belajar karena siswa beranggapan pelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya sukar, menjemukan dan sulit dipahami. Maka tugas gurulah untuk membangkitkan kembali semangat belajar siswa. Dalam hal ini peneliti selaku guru bersama rekan guru yang bertindak sebagai observer akan bersama mencoba untuk melaksanakan perbaikan cara mengajar, cara menanamkan konsep pembelajaran kejuruan dan menggunakan media dan metode  pembelajaran yang menarik.   
           Dikaitkan dengan Standar Pendidikan Nasional tahun 2005 menyatakan bahwa, standar mutu proses merupakan salah satu indicator rendahnya mutu pendidikan dasar dan menengah disebabkan karena kurangnya penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran. Siswa cenderung hanya menghafal materi, tidak memahami essensi makna materi, bahkan tidak mengetahui aplikasi tentang materi pembelajaran di dunia nyata. Hal ini karena materi pembelajaran disekolah kurang terkait dengan konteks lingkungan kehidupan siswa, baik konteks sosial, budaya, geografi, dan karakteristik siswa itu sendiri. Disini menunujukkan bahwa ada hal yang kurang tepat dalam pendekatan pembelajaran yang selama ini berlangsung disekolah.
Ditinjau dari segi proses, maka mata pelajaran kejuruan di SMK memiliki berbagai keterampilan sains diantaranya keterampilan mengamati, menggunakan sebanyak mungkin indera, mengumpulkan fakta yang relevan, mencarai kesamaan dan perbedaan dan mengaplikasikannya. Kenyataan dilapanganpeserta didik kurang tertarik dan kurang aktif dalam belajar.
Berdasarkan pengalaman peneliti dilapangan selama menjadi guru, kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya pada kelas XI SMK ................., siswa kurang respon terhadap pelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya. Dalam proses pembelajaran, ada diantara mereka yang hanya duduk diam dan tidak mau bertanya, mengerjakan Lembaran Kerja asal-asalan dan ada juga diantaranya siswa yang sering minta izin keluar waktu proses pembelajaran berlangsung.
          Permasalahan di atas sangat tampak, kemudian permasalahan itu didiskusikan dengan waki kelas XII dan Kepala Sekolah, setelah dirumuskan maka peneliti mengambil kesimpulan untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan wali kelas XI sebagai observer.  Sebelum ini dilaksanakan protest atau test akhir pelajaran, ternyata nilai yang diperoleh siswa banyak yang dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dalam proses belajar yang bermutu seharusnya 85% siswa memperoleh nilai diatas KKM, tetapi kenyataannyadisekolah lebih sepertiga jumlah siswa memperoleh nilai dibawah KKM (7,0). Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya ditunjukkan oleh kenyataan kurangnya aktivitas belajar siswa dala mengikuti prose belajar di kelas. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, tentu banyak siswa yang tidak dapat melanjutkan pelajaran pada pokok bahasan berikutnya. Pada akhirnya siswa banyak yang diremedial dan menyebabkan waktu yang dijadwal tidak cukup dan akhirnya siswa harus tinggal kelas.
Berdasarkan penjelasan di atas, untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya akan dilakukan melalui upaya penelitian tindakan kelas dengan metode eksperimen pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya.
Metode ini merupakan salah satu upaya agar peserta didik dalam mengikuti proses belajar di Sekolah, sehingga dapat bertindak aktif membentuk sendiri pengetahuannya dengan mewujudkan gagasan dalam struktur kognitifnya. Metode eksperimen adalah metode yang siswanya mencoba mempraktekkan suatu proses tersebut, setelah melihat/mengamati apa yang telah didemonstrasikan oleh seorang demonstrator. Eksperimen dapat juga dilakukan untuk membuktikan kebenaran sesuatu, misalnya menguji sebuah hipotesis.  Eksperimen ialah suatu upaya atau praktek dengan menggunakan peragaan yang ditujukan pada siswa dengan tujuan agar semua siswa lebih mudah dalam memahami dan mempraktekan apa yang telah diperolehnya dan dapat belajar mengalami suatu proses dan menganalisa proses tersebut.
         Penggunaan teknik ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari dan menemukan sendiri berbagai jawaban atas persoalan-persoalan yang dihadapinya dengan mengadakan percobaan sendiri. Juga siswa dapat terlatih dalam cara berfikir yang ilmiah (sciebtific thinking). Dengan eksperimen siswa menemukan bukti kebenaran dari teori sesuatu yang sedang dipelajarinya

B.     Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalaha di atas peneliti meminta bantuan teman sejawat dan kepala sekolah untuk mengidentifikasi masalah pembelajaran. Dari hasil observasi dan diskusi terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Masalah tersebut antara
1.      Siswa kurang memahami konsep-konsep pelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya
2.      Minat Baca siswa terhadap buku mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya masih rendah
3.      Pendekatan dan metode yang digunakan guru kurang tepat, dan kurang bervariasi
4.      Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik bagi siswa

C.    Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah  di atas, maka dapat disimpulkan rumusan masalah sebagai berikut  :
1.      Apakah melalui penerapan metode eksperimen dapat  meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya siswa kelas XI SMK ................... Tahun Pelajaran .......................?
2.      Apakah melalui penerapan metode eksperimen dapat  meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya siswa kelas XI SMK ................... Tahun Pelajaran .......................?

D.    Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang di atas, agar memiliki arah yang jelas, maka ditetapkan tujuan sebagai berikut :
  1. Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran materi pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya siswa kelas XI SMK ................... Tahun Pelajaran ........................
  2. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya siswa kelas XI SMK ................... Tahun Pelajaran .........................

E.     Manfaat Penelitian

Diharapkan penelitian ini juga dapat memberikan manfaat bagi :
  1. Guru
a.       Untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya
b.      Memperbaiki kinerja guru untuk berkembang secara profesional
c.       Meningkatkan aktifitas guru dalam pembelajaran untuk berperan aktif  mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.
  1. Siswa
a.       Memperbaiki belajar siswa, agar hasil belajar siswa meningkat
b.      Siswa merasa mendapat perhatian khusus dari guru sehingga minat belajar siswa meningkat
c.       Siswa dapat berperan sebagai peneliti bagi hasil belajarnya sendiri
d.      Untuk memperbaiki pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya, sehingga hasil belajar siswa dan keaktifan belajar siswa meningkat.
  1. Sekolah
a.       Membantu sekolah untuk berkembang karena adanya peningkatan kemampuan pada diri guru dan pendidikan di sekolah
b.      Meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan bagi siswa
c.       Mempunyai kesempatan yang besar untuk berubah secara menyeluruh





BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    Kajian  Teori

1.      Zat Pengatur Tumbuh
Para ahli botani telah lama mengetahui bahwa satu bagian tumbuhan dapat memengaruhi bagian tumbuhan lain. Contohnya, menghilangkan ujung pucuk umumnya merangsang pertumbuhan tunas ketiak daun; biji biasanya berkecambah lebih cepat jika dipisahkan dari buahnya. Pengaruh ini sering dikaitkan dengan hormon tumbuhan atau zat pengatur tumbuh, yaitu molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan dan ditransportasikan ke bagian lain yang dipengaruhinya. Terdapat lima kelompok hormon tumbuhan, yaitu auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, dan gas etilen. Kelima jenis hormon tersebut memiliki kelebihan dan pengaruh yang berbeda-beda terhadap sel-sel pada jaringan. Misalnya, auksin dapat merangsang pembesaran sel, sedangkan sitokinin dapat merangsang pembelahan sel.
Hormon tumbuhan tidak spesifik seperti hormon hewan. Bahkan mungkin tidak ada satu fase pertumbuhan tumbuhan yang hanya dipengaruhi oleh satu jenis hormon. Pengaruh hormon tumbuhan tidak spesifik dan dipengaruhi oleh hormon lain dan molekul lain.
Berikut penjelasan secara rinci tentang beberapa hormon tumbuhan sebagaimana diuraikan di bawah ini
a.    Auksin
Sekitar tahun 1880, Charles Darwin dan putranya Francis Darwin, melakukan penelitian awal tentang fototropisme. Fototropisme adalah pertumbuhan tumbuhan menuju sumber cahaya. Darwin mencoba mengungkap pertanyaan, mengapa tumbuhan tumbuh menuju sumber cahaya. Mereka meneliti koleoptil rumput kenari (Phalaris canariensis) dan gandum (Avena sativa). Mereka menyimpulkan bahwa pertumbuhan koleoptil menuju cahaya dikendalikan oleh koleoptil..






Gambar 2.1  Percobaan yang dilakukan oleh Darwin dan Boysen–Jensen.

Beberapa tahun kemudian pada 1913, seorang ahli botani Denmark, Peter Boysen-Jensen, menguji penelitian Darwin. Penelitiannya menegaskan bahwa fototropisme disebabkan oleh zat kimia yang dapat berpindah tempat. Akhirnya pada 1926, Frits Went, seorang peneliti dari Belanda memodifikasi penelitian Boysen-Jensen dan berhasil mengekstrak zat pengatur fototropisme pada tumbuhan rumput. Zat tumbuh atau hormon ini diberi nama auksin. Secara kimiawi, auksin ini bernama indolacetic acid (IAA). Setelah banyak penelitian tentang hormon, diketahui bahwa IAA ditemukan pada banyak tumbuhan. IAA merupakan salah satu senyawa auksin alami. Terdapat beberapa auksin alami lain yang ditemukan pada tumbuhan, yaitu 4-chloro-IAA dan phenylacetic acid, namun, mereka lebih tidak aktif dibandingkan IAA.
Selain auksin alami, terdapat juga auksin sintetis, yakni 2,4 D (2,4- dichlorophenoxyacetic acid) dan NAA (naphthaleneacetic acid).
IAA bergerak melalui sel-sel parenkim di korteks dan jaringan
pembuluh. Pada batang, IAA bergerak secara basipetal, artinya IAA
bergerak menuju dasar, bahkan jika batang dibalikkan. Pada akar, IAA
bergerak secara akropetal, artinya bergerak menuju pucuk. Pengaruh
auksin terhadap pertumbuhan dan perkembahan adalah sebagai berikut.
1)   Merangsang pemanjangan sel pada kecambah rumput dan tumbuhan herba. Penyebaran auksin pada batang tidak merata sehingga daerah dengan banyak auksin mengalami pemanjangan sel dan membuat
batang membengkok.
2)   Merangsang pembentukan akar
3)   Merangsang pembentukan buah tanpa biji
4)   Merangsang diferensiasi jaringan pembuluh sehingga merangsang pertumbuhan diameter batang
5)   Merangsang absisi (pengguguran daun)
6)   Berperan dalam dominansi apikal, yaitu keadaan pertumbuhan batang terus ke atas dan tidak menghasilkan cabang. Jika ujung batang
dipotong, dominansi apikal akan hilang dan tumbuhan menghasilkan
cabang dari tunas ketiak.
Auksin merangsang pemanjangan sel pada konsentrasi tertentu.
Rentang konsentrasi ini berbeda pada akar dan batang. Jika konsentrasi
auksin terlalu tinggi, pemanjangan akar dan batang akan terhambat.
Karena hal itu, auksin konsentrasi tinggi dapat digunakan sebagai
herbisida
b.    Giberelin
Setelah penelitian Frits Went dipublikasikan, para ahli botani Jepang pada tahun 1926 mulai melakukan penelitian yang mengungkap adanya hormon tumbuhan baru, giberelin. Ewiti Kurosawa dan rekan-rekannya meneliti tanaman padi (Oryza sativa) yang terkena penyakit foolish seedling. Penyakit ini menyebabkan tanaman pucat dan luar biasa panjang. Diduga disebabkan infeksi jamur Gibberella fujikuroi.
Akhirnya E. Kurosawa berhasil mengisolasi zat yang dihasilkan jamur Gibberella yang menyebabkan penyakit tersebut. Zat ini dinamakan giberelin. Lebih dari delapan jenis giberelin telah didapatkan dari berbagai jamur dan tumbuhan. Penamaan giberelin disingkat GA (gibberellic acid) dan diberi nomor. Contohnya, GA3 adalah giberelin yang didapat dari jamur Gibberella fujikuroi dan paling banyak dipelajari. Giberelin terdapat pada tumbuhan angiospermae, gymnospermae, lumut, tumbuhan paku, dan jamur. Dalam angiospermae, giberelin terdapat pada biji muda, pucuk batang, ujung akar, dan daun muda. Giberelin ditransportasikan ke seluruh bagian tumbuhan melalui xilem dan floem. Terdapat beberapa pengaruh giberelin terhadap tumbuhan, yaitu:
1) merangsang pemanjangan batang dan pembelahan sel;
2) merangsang perkecambahan biji dan memecah dormansi biji;
3) merangsang perbungaan dan pembentukan buah.
c.    Sitokinin
Pada 1940, ahli botani Johannes van Overbeek melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa embrio tanaman tumbuh lebih cepat jika ditambahkan air buah kelapa. Air buah kelapa tersebut merupakan cairan endospermae buah kelapa yang banyak mengandung asam nukleat. Kemudian pada 1950, Folke Skoog dan siswanya, Carlos Miller mencampurkan DNA sperma ikan hering pada kultur jaringan tembakau.
Sel-sel kultur jaringan tersebut mulai membelah diri.
Setelah sekian lama melakukan percobaan, Skoog dan Miller berhasil mengisolasi zat yang menyebabkan pembelahan sel. Zat ini dinamai kinetin. Adapun kelompok zat kinetin ini disebut sitokinin karena zat tersebut merangsang pembelahan sel (sitokinesis). Selain kinetin, ditemukan juga sitokinin lain, seperti zeatin (dari jagung), zeatin ribosida, dan BAP (6-benzilaminopurin). Sitokinin diisolasi dari tumbuhan angiospermae, gymnospermae, lumut, dan tumbuhan paku. Pada angiospermae, sitokinin banyak terdapat pada biji, buah, dan daun muda. Sitokinin ditransportasikan melalui xilem, floem, dan sel parenkim. Sitokinin memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan, antara lain:
1)   bersama auksin mengatur pembelahan sel, pembentukan sistem tajuk dan sistem akar;
2)   merangsang pembelahan sel dan pembesaran kotiledon;
3)   memengaruhi organogenesis (pembentukan organ);
4)   menghambat kerusakan klorofil pada daun gugur;
5)   merangsang pembentukan tunas batang.
d.   Gas Etilen
Etilen merupakan hormon tumbuhan pertama dalam bentuk gas. Jika buah jeruk yang sudah matang disatukan bersama buah pisang, buah pisang tersebut matang lebih cepat karena jeruk mengeluarkan gas etilen. Penemuan hormon ini pada tumbuhan kali pertama
diungkapkan oleh R. Gane pada 1934. Etilen dibuat tumbuhan dan menyebabkan pematangan yang lebih cepat pada banyak buah, termasuk pisang. Pembentukan gas etilen memerlukan O2 dan dihambat oleh CO2. Semua bagian tumbuhan angiospermae dapat menghasilkan gas etilen. Pembentukannya terutama terjadi di akar, meristem apikal pucuk, modus, bunga yang gugur, dan buah matang.
Gas etilen memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan, di antaranya sebagai berikut.
1)   Pematangan buah. Para pedagang sering menyimpan buah dalam wadah yang diberi gas CO2 pada saat pengiriman agar buah lebih lama matang dan matang setelah sampai tujuan. Terkadang pedagang memeram buah matang dengan buah yang baru agar cepat matang.
2)   Gas etilen menghambat perbungaan pada banyak tumbuhan. Akan tetapi, pada beberapa jenis tumbuhan, gas etilen merangsang
perbungaan. Contohnya pada pohon mangga dan nanas.
3)   Merangsang absisi (pengguguran daun).
4)   Bersama giberelin menentukan ekspresi organ kelamin tumbuhan, contohnya pada mentimun.
e.    Asam Absisat
Penemuan berbagai hormon tumbuhan memberikan jalan baru untuk menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan. Para ilmuwan menduga bahwa ada zat atau hormon tumbuhan lain yang tidak hanya merangsang, tetapi menghambat pertumbuhan dan perkembangan. Pada sekitar 1940-an Torsten Hemberg dari Swedia melaporkan adanya zat inhibitor (penghambat) yang mencegah efek IAA terhadap dormansi tunas kentang. Hemberg memberi nama zat penghambat ini dormin, karena pengaruhnya terhadap dormansi tunas.
Pada awal 1960, Philip Woreing meneliti temuan Hemberg. Ia
melaporkan bahwa pemberian dormin dapat menginduksi dormansi. Pada waktu yang sama, F.T. Addicott menemukan zat yang merangsang absisi buah tanaman kapas. Ia memberi nama zat ini abscisin. Para ahli botani terkejut mengetahui bahwa dormin dan abscisin adalah zat yang sama. Zat ini kemudian diberi nama asam absisat atau ABA. Asam absisat terdapat pada angiospermae, gymnospermae, dan lumut tetapi tidak pada lumut hati. ABA bergerak ke seluruh bagian tumbuhan melalui xilem, floem, dan parenkim. Tidak terdapat ABA sintetik.
ABA memiliki beberapa pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan, di antaranya sebagai berikut.
1) Mengatur dormansi tunas dan biji
2) ABA memiliki pengaruh yang berlawanan dengan hormon tumbuhan lain. Misalnya, ABA menghambat produksi amilase pada biji yang diberi giberelin. ABA juga menghambat pemanjangan dan per
tumbuhan sel yang dirangsang oleh IAA.
3) Menyebabkan penutupan stomata
4) Meskipun ABA menghambat pertumbuhan, tetapi tidak bersifat racun terhadap tumbuhan.
2.      Keaktifan Belajar Siswa
a.    Pengertian Keaktifan
Proses pembelajaran pada hakekatnya untuk mengembangkan aktivitas dan kreatifitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting bagi keberhasilan proses pembelajaran. Keaktifan adalah kegiatan yang bersifat fisik maupun mental, yaitu berbuat dan berfikir sebagai suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan (Sardiman, 2001: 98).
Belajar yang berhasil harus melalui berbagai macam aktifitas, baik aktifitas fisik maupun psikis. Aktifitas fisik adalah siswa giat aktif dengan anggota badan, membuat sesuatu, bermain maupun bekerja, ia tidak hanya duduk dan mendengarkan, melihat atau hanya pasif. Siswa yang memiliki aktifitas psikis (kejiwaan) adalah jika daya jiwanya bekerja sebanyak–banyaknya atau banyak berfungsi dalam rangka pembelajaran. Keaktifan siswa dalam kegiatan belajar tidak lain adalah untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Mereka aktif membangun pemahaman atas persoalan atau segala sesuatu yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia aktif berarti giat (bekerja, berusaha). Keaktifan diartikan sebagai hal atau keadaan dimana siswa dapat aktif. Rousseau dalam (Sardiman, 1986: 95) menyatakan bahwa setiap orang yang belajar harus aktif sendiri, tanpa ada aktifitas proses pembelajaran tidak akan terjadi. Thorndike mengemukakan keaktifan belajar siswa dalam belajar dengan hukum “law of exercise”-nya menyatakan bahwa belajar memerlukan adanya latihan-latihan dan Mc Keachie menyatakan berkenaan dengan prinsip keaktifan mengemukakan bahwa individu merupakan “manusia belajar yang aktif selalu ingin tahu” (Dimyati,2009:45). Segala pengetahuan harus diperoleh dengan pengamatan sendiri, pengalaman sendiri, penyelidikan sendiri, dengan bekerja sendiri dengan fasilitas yang diciptakan sendiri , baik secara rohani maupun teknik.
Dari penjelasan di atas dapat  disimpulkan bahwa keaktifan siswa dalam belajar merupakan segala kegiatan yang bersifat fisik maupun non fisik siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar yang optimal sehingga dapat menciptakan suasana kelas menjadi kondusif.
b.    Klasifikasi Keaktifan
Banyak jenis aktivitas yang dapat dilakukan oleh siswa di sekolah. Aktivitas siswa tidak hanya mendengarkan dan mencatat seperti yang lazim terdapat di sekolah – sekolah tradisonal. Jenis – jenis aktivitas siswa dalam belajar adalah sebagai berikut (Sardiman, 1988: 99) :
1) Visual activities, yang termasuk didalamnya misalnya membaca, memperhatikan gambar demonstrasi, percobaan, pekerjaan orang lain.
2) Oral activities, seperti: menyatakan, merumuskan, bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan wawancara, diskusi.
3) Listening activities, sebagai contoh mendengarkan: percakapan, diskusi , musik, pidato.
4) Writing activities, seperti menulis cerita, karangan, laporan, angket, menyalin.
5) Drawing activities, misalnya menggambar, membuat grafik, peta, diagram.
6) Motor activities, yang termasuk didalamnya antara lain: melakukan percobaan, membuat konstruksi, bermain.
7) Mental activities, sebagai contoh misalnya: menanggapi, mengingat, memecahkan soal, menganalisa, mengambil keputusan.
 8) Emotional activities, seperti: menaruh minat, merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, tenang.
Salah satu penilaian proses pembelajaran adalah melihat sejauh mana keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Nana Sudjana (2004: 61) menyatakan keaktifan siswa dapat dilihat dalam hal: (1) turut serta dalam melaksanakan tugas belajarnya; (2) terlibat dalam pemecahan masalah; (3) Bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapinya; (4) Berusaha mencari berbagai informasi yang diperlukan untuk pemecahan masalah;(5) Melaksanakan diskusi kelompok sesuai dengan petunjuk guru;(6) Menilai kemampuan dirinya dan hasil– hasil yang diperolehnya; (7) Melatih diri dalam memecahkan soal atau masalah yang sejenis; (8) Kesempatan menggunakan atau menerapkan apa yang diperoleh dalam menyelesaikan tugas atau persoalan yang dihadapinya. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan keaktifan siswa dapat dilihat dari berbagai hal seperti memperhatikan (visual activities), mendengarkan, berdiskusi, kesiapan siswa,bertanya, keberanian siswa, mendengarkan,memecahkan soal (mental activities).
c.       Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keaktifan
Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya, peserta didik juga dapat berlatih untuk berfikir kritis, dan dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Di samping itu, guru juga dapat merekayasa sistem pembelajaran secara sistematis, sehingga merangsang keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Keaktifan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa adalah
1)         Memberikan motivasi atau menarik perhatian peserta didik, sehingga mereka berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran;
2)         Menjelaskan tujuan instruksional (kemampuan dasar kepada peserta didik);
3)         Mengingatkan kompetensi belajar kepada peserta didik;
4) Memberikan stimulus (masalah, topik, dan konsep yang akan dipelajari);
5)         Memberikan petunjuk kepada peserta didik cara mempelajari;
6) Memunculkan aktifitas, partisipasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran,
7)         Memberikan umpan balik (feedback);
8)         Melakukan tagihan-tagihan kepada peserta didik berupa tes sehingga kemampuan peserta didik selalu terpantau dan terukur;
9)         Menyimpulkan setiap materi yang disampaikan diakhir pembelajaran.
Keaktifan dapat ditingkatkan dan diperbaiki dalam keterlibatan siswa pada saat belajar. Hal tersebut seperti dijelaskan oleh Moh. Uzer Usman (2009:26-27) cara untuk memperbaiki keterlibatan siswa diantaranya yaitu abadikan waktu yang lebih banyak untuk kegiatan belajar mengajar, tingkatkan partisipasi siswa secara efektif dalam kegiatan belajar mengajar, serta berikanlah pengajaran yang jelas dan tepat sesuai dengan tujuan mengajar yang akan dicapai. Selain memperbaiki keterliban siswa juga dijelaskan cara meningkatkan keterlibatan siswa atau keaktifan siswa dalam belajar. Cara meningkatkan keterlibatan atau keaktifan siswa dalam belajar adalah mengenali dan membantu anak-anak yang kurang terlibat dan menyelidiki penyebabnya dan usaha apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa, sesuaikan pengajaran dengan kebutuhan-kebutuhan individual siswa. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan usaha dan keinginan siswa untuk berfikir secara aktif dalam kegiatan belajar.
Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan keaktifan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti menarik atau memberikan motivasi kepada siswa dan keaktifan juga dapat ditingkatkan, salah satu cara meningkatkan keaktifan yaitu dengan mengenali keadaan siswa yang kurang terlibat dalam proses pembelajaran.
3.      Hasil Belajar
a.       Pengertian
Hasil  belajar  adalah  kemampuan-kemampuan  yang  dapat  diamati  setelah  siswa  menerima  pengalaman  belajarnya.  Agar  hasil  belajar  dapat  dicapai  dengan  hasil  yang  baik,  maka  siswa  harus  banyak  mendapat  pengalaman  belajar,  dalam hal ini pengalaman dapat diperoleh dari aktivitas belajar siswa. Jadi hasil belajar pada  hakekatnya  adalah  perubahan  tingkah  laku  yang  terjadi  pada  siswa  setelah menempuh pengalaman belajar Yamanoto dalam (Setiawan, 2008:17).
Dimyati dan Mudjiono (2002:3) mengartikan hasil belajar sebagai hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Dari sisi guru, tindakan mengajar diakhiri dengan proses evaluasi belajar. Dari sisi siswa, hasil belajar merupakan penggalan dan puncak proses belajar. Hasil belajar, untuk sebagian adalah berkat tindakan guru, suatu pencapaian tujuan pengajaran. Pada bagian lain, merupakan peningkatan kemampuan mental siswa.
Hasil belajar adalah perubahan perilaku baik berupa pengetahuan, keterampilan atau sikap sebagai hasil dari proses belajar. Dalam pedoman pelaksanaan kurikulum sekolah dasar (1995:69) disebutkan bahwa pencapaian hasil belajar adalah informasi tentang pengetahuan sikap dan perilaku serta keterampilan yang dicapai oleh siswa setelah berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar selama kurun waktu tertentu.
Hasil belajar tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dampak pengajaran dan dampak pengiring. Dampak pengajaran adalah hasil yang dapat  diukur, seperti tertuang pada angka rapor, angka dalam ijazah, atau kemampuan meloncat setelah latihan. Sedangkan dampak pengiring adalah terapan pengetahuan dan kemampuan di bidang lain, suatu transfer belajar. Peran guru dalam proses pembelajaran yaitu membuat desain intruksional, menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bertindak mengajar atau membelajarkan, mengevaluasi hasil belajar yang berupa dampak pengiring
Adapun  menurut  pendapat  Maehr  (dalam  Semiawan,  2003:24)  tentang hasil belajar, yaitu :
1)      Hasil  belajar  merupakan  tingkah  laku  yang  dapat  diukur  dengan menggunakan tes prestasi belajar.
2)      Hasil  belajar  merupakan  hasil  dari  perubahan  individu  itu  sendiri bukan hasil dari perubahan orang lain.
3)      Hasil  belajar  dapat  dievaluasi  tinggi  rendahnya  berdasarkan  criteria  yang telah ditetapkan oleh penilai atau menurut standar yang telah ditetapkan oleh  kelompok.
4)      Hasil  belajar  merupakan  hasil  dari  kegiatan  yang  dilakukan  secara sengaja dan disadari, jadi bukan suatu kebiasaan atau perilaku yang tidak disadari.
Hasil belajar siswa dapat dinyatakan dalam proses skor atau angka dari hasil  tes  seperti  yang  dikemukakan  oleh  Makmun  dan  Nurmala  (2003:26) bahwa  hasil  belajar  merupakan  hasil  usaha  atau  kalimat  yang  mencerminkan hasil yang dicapai oleh setiap siswa. Hasil  belajar  dapat  diperoleh  dari  hasil  tes  (formatif,  sub  sumatif  dan sumatif),  unjuk  kerja  (performance),  penugasan  (proyek),  hasil  kerja  (produk), porto folio, sikap serta penilaian diri.
b.      Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar
Ada  beberapa  faktor  yang  mempengaruhi  tingkat  keberhasilan  hasil belajar  siswa.  Menurut  Purwanto  (1984:101)  bahwa  faktor-faktor  yang mempengaruhi hasil belajar adalah :
1)      Faktor  individu,  yaitu  faktor  yang  ada  pada  diri  individu  itu  sendiri. Kematangan/pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi.
2)      Faktor  sosial,  yaitu  faktor  yang  ada  dari  luar  individu.  Factor  sosial terdiri dari  factor  keluarga,  guru  dan  cara  mengajar,  lingkungan  dan  kesempatan yang tersedia serta motivasi sosial.
Sementara  itu  berhubungan  dengan  hasil  belajar,  Sudjana  dalam  Kadir (2000:63)  mengatakan  hasil  belajar  yang  dicapai  siswa  dipengaruhi  oleh dua factor  utama  yaitu  factor  yang  datang  dari  dalam  diri  siswa  dan  factor  yang datang  dari    luar  siswa  atau  factor  lingkungan.  Factor  yang  datang  dari  diri  siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Di samping itu, motivasi belajar, minat  dan  perhatian,  sikap  dan  cara  belajar,  ketekunan,  sosial  ekonomi,  factor fisik  dan  factor  psikis.  Sedangkan  factor  dari  luar  siswa  atau  lingkungan  yaitu keluarga, sekolah, kelompok bermain dan masyarakat.
4.      Ketuntasan Belajar
Konsep ketuntasan belajar didasarkan pada konsep pembelajaran tuntas. Pembelajaran tuntas merupakan istilah yang diterjemahkan dari istilah“mastery Learning”. Nasution, S (1982: 36) menyebutkan bahwa mastery learning atau belajar tuntas, artinya penguasaan penuh. Penguasaan penuh ini dapat dicapai apabila siswa mampu menguasai materi tertentu secara menyeluruh yang dibuktikan dengan hasil belajar yang baik pada materi tersebut. Nasution, S (1982: 38) juga menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi penguasaan penuh, yaitu: (1) bakat untuk mempelajari sesuatu, (2) mutu pengajaran, (3) kesanggupan untuk memahami pengajaran, (4) ketekunan, (5) waktu yang tersedia untuk belajar. Kelima faktor tersebut perlu diperhatikan guru, ketika melaksanakan pembelajaran tuntas. Sehingga siswa dapat mencapai ketuntasan belajar sesuai kriteria yang telah ditetapkan.
 Block, James H. (1971: 62) menyatakan bahwa mastery learning dapat memberikan semangat pada pembelajaran di sekolah dan dapat membantu mengembangkan minat dalam pembelajaran tersebut. Pembelajaran yang berkesinambungan ini harus menjadi tujuan utama dalam pendidikan yang modern. Ciri-ciri pembelajaran tuntas antara lain: (1) pendekatan pembelajaran lebih berpusat pada siswa (child center), (2) mengakui dan melayani perbedaan-perbedaan perorangan siswa (individual personal), (3) strategi pembelajaran berasaskan maju berkelanjutan (continuous progress), (4) pembelajaran dipecah-pecah menjadi satuan-satuan (cremental units) (KTSP SDN Sumberkembar 02, 2007).
 Dalam pembelajaran tuntas seorang siswa yang dapat mempelajari unit pelajaran tertentu dapat berpindah ke unit satuan pelajaran berikutnya jika siswa yang bersangkutan telah menguasai secara tuntas sesuai standar ketuntasan belajar minimal yang telah ditentukan oleh sekolah. Dalam pembelajaran tuntas terdapat dua layanan yang diberikan pada siswa, yaitu layanan program remedial dan layanan program pengayaan. Pertama, layanan program remedial dilaksanakan dengan cara: (a) memberikan bimbingan secara khusus dan perorangan bagi siswa yang mengalami kesulitan, (b) memberikan tugas-tugas atau perlakuan secara khusus yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran reguler, (c) materi program remedial diberikan pada Kompetensi Dasar (KD) yang  belum dikuasai siswa, (d) pelaksanaan program remedial dilakukan setelah siswa mengikuti tes/ujian semester.
Kedua, layanan program pengayaan dilaksanakan dengan cara: (a) memberikan bacaan tambahan atau diskusi yang bertujuan untuk memperluas wawasan yang masih dalam lingkup seputar KD yang dipelajari, (b) pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf dan lainnya, (c) memberikan soal-aoal latihan tambahan yang bersifat pengayaan, (d) membantu guru dalam rangka membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan, (e) materi pengayaan diberikan sesuai dengan KD yang dipelajari, (f) program pengayaan dilaksanakan setelah mengikuti tes/ujian KD tertentu atau tes/ujian semester. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tuntas menjadi dasar dari konsep ketuntasan belajar. Sehingga guru diharapkan menerapkan pembelajaran tuntas dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan pembelajaran tuntas, siswa dapat mencapai kriteria ketuntasan belajar yang ideal.
Ketuntasan belajar merupakan salah satu muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Standar ketuntasan belajar siswa ditentukan dari hasil prosentase penguasaan siswa pada Kompetensi Dasar dalam suatu materi tertentu. Kriteria ketuntasan belajar setiap Kompetensi Dasar berkisar antara 0-100%. Menurut Departemen Pendidikan Nasional, idealnya untuk masing-masing indikator mencapai 75%. Sekolah dapat menetapkan sendiri kriteria ketuntasan belajar sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, sekolah perlu menetapkan kriteria ketuntasan belajar dan meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara berkelanjutan sampai mendekati ideal.
5.      Metode Eksperimen
a.    Pengertian Metode Eksperimen
Eksperimen adalah metode penelitian yang bertujuan untuk meneliti hubungan (bisa berupa hubungan sebab akibat atau bentuk hubungan lainnya) antara dua variabel atau lebih pada satu atau lebih kelompok eksperimental, serta membandingkan hasilnya dengan kelompok yang tidak mengalami manipulasi yakni yang disebut dengan kelompok kontrol. Manipulasi di sini maksudnya adalah mengubah secara sistematis sifat-sifat atau nilai-nilai pada variabel bebas (Kartini Kartono, 2003 : 47).
  Dalam eksperimen, gejala yang diamati biasanya disederhanakan sedemikian rupa sehingga hanya beberapa faktor saja yang memang perlu diamati, sementara faktor-faktor lainnya bisa diabaikan, atau dianggap konstan, sehingga peneliti bisa sepenuhnya menguasai seluruh proses penelitian tersebut.
  Dalam kondisi tertentu, proses sosial bisa diamati dengan menggunakan teknik atau metode eksperimen ini. Meskipun metode lain juga bisa dilakukan.  Ada eksperimen eksploratif dan ada eksperimen pengembangan. Yang pertama bertujuan untuk mencari atau menemukan masalah-masalah sosial tertentu yang sangat berguna untuk bahan hipotesis, sedangkan yang kedua berguna untuk menguji hipotesis dan juga memverifikasikannya.
Beberapa langkah dalam teknik eksperimentasi adalah sebagai berikut :  (1) Menentukan masalah khusus yang akan diteliti dalam eksperimen, (2) Merumuskan hipotesis kerja,  (3) Mengadakan percobaan pendahuluan (try out) untuk memprediksikan pelaksanaan eksperimen yang  sebenarnya, (4) Mengumpulkan sampel atau kasus yang akan digunakan dalam eksperimen, (5) Melaksanakan eksperimen yang sebenarnya,(6) Mengecek hasil eksperimen dalam situasi yang sesungguhnya. Metode ini  adalah metode pemberian kesempatan kepada siswa perseorangan dan kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan
b.    Kebaikan dan Kelemahan Metode Eksperimen
Syaiful Sagala (2010: 220-221) menuturkan bahwa metode eksperimen memiliki kebaikan dan kelemahan sebagaimana yang akan dijelaskan dibawah ini.
1)   Kelebihan metode eksperimen : (1) Dapat membuat siswa lebih percaya atas kebenaran atau kesimpulan berdasarkan percobaannya sendiri, (2) Siswa dapat mengembangkan sikap untuk mengadakan studi eksplorasi tentang ilmu dan teknologi, (3) Akan terbina manusia yang membawa terobosan-terobosan baru dengan penemuan sebagai hasil percobaan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia
2)   Kekurangan Metode Eksperimen : (1) Tidak cukup alat-alat mengakibatkan tidak setiap siswa berkesempatan mengadakan eksperimen, (2) Metode ini menuntut ketelitian, keuletan dan ketabahan, (3) Memerlukan jangka  waktu yang lama, (4) Metode ini lebih sesuai untuk menyajikan bidang-bidang ilmu dan teknologi.  
Melihat kelemahan-kelemahan metode eksperimen, ternyata ada beberapa cara untuk mengatasi kelemahan tersebut, diantaranya sebagai berikut :
1)   Guru  harus  menjelaskan  secara  gamblang  hasil  yang  ingin  dicapai dengan eksperimen;
2)   Guru harus menjelaskan prosedur eksperimen, bahan-bahan eksperimen yang  diperlukan,  peralatan  yang  diperlukan  dan  cara  penggunaannya, variabel  yang  perlu  dikontrol,  dan  hal  yang  perlu  dicatat  selama eksperimen; 
3)   Mengawasi  pelaksanaan  eksperimen  dan  memberi  bantuan  jika  siswa mengalami kesulitan;
4)   Meminta setiap siswa melaporkan   hasil eksperimennya, membanding-bandingkannya  dan  mendiskusikannya,  untuk  mengetahui  kekurangan dan kekeliruan yang mungkin terjadi.
c.    Prosedur Penggunaan Metode Eksperimen
Adapun prosedur pelaksanaan suatu eksperimen yang dikemukakan oleh Roestiyah N. K (2008: 81-82) sebagai berikut:
1)   Perlu dijelaskan kepada siswa tentang tujuan eksperimen, mereka harus memahami masalah yang akan dibuktikan melalui eksperimen.
2)   Kepada siswa perlu diterangkan pula tentang:
a)    Alat serta bahan yang akan digunakan dalam percobaan.
b)   Agar tidak mengalami kegagalan siswa perlu mengetahui variabel-variabel yang harus dikontrol dengan ketat.
c)    Urutan yang akan ditempuh sewaktu eksperimen berlangsung.
d)   Seluruh proses atau hal-hal penting saja yang akan dicatat.
e)    Perlu menetapkan bentuk catatan atau laporan berupa uraian, perhitungan, grafik, dsb.
3)   Selama eksperimen berlangsung guru harus mengawasi pekerjaan siswa. Bila perlu memberi saran atau pertanyaan yang menunjang kesempurnaan.
4)   Setelah eksperimen selesai guru harus mengumpulkan hasil penelitian siswa, mendiskusikan ke kelas, dan mengevaluasi dengan tes atau sekedar tanya jawab.
d.   Langkah-langkah Metode Eksperimen
A. Tabrani Rusyan (1993: 113-114) menyatakan langkah langkah menggunakan metode eksperimen adalah sebagai berikut:
1)   Langkah persiapan eksperimen
Persiapan yang harus dilakukan sebelum eksperimen antara lain sebagai berikut:
a)    Memberikan penjelasan tentang tujuan yang hendak dicapai dalam eksperimen dan prosedur yang ditempuh selama eksperimen serta tata tertib yang harus dipatuhi.
b)   Mengemukakan data-data apa yang akan dikumpulkan selama eksperimen berlangsung melalui pengamatan yang cermat.
c)    Melakukan pengecekan alat dan fasilitas untuk keperluan eksperimen.
2)   Langkah pelaksanaan eksperimen
Langkah-langkah pelaksanaan eksperimen adalah sebagai berikut:
a)    Peserta didik memulai eksperimen dibawah bimbingan guru.
b)   Guru membimbing peserta didik yang sedang melakukan eksperimen dengan penuh kesungguhan dengan memberi petunjuk tentang segala kesalahan yang diperbuat serta cara mengatasinya, mendiskusikan pertanyaan yang akan diajukan.
c)    Guru mendorong peserta didik berbuat aktif melakukan eksperimen dengan cermat dan penuh hati-hati. Guru memberi peringatan sekali lagi tentang data-data yang perlu dicatatnya.
d)   Melakukan evaluasi selama berlangsungnya eksperimen.
3)   Langkah pengambilan kesimpulan hasil eksperimen
Langkah-langkah pengambilan kesimpulan hasil eksperimen adalah sebagai berikut:
a)    Peserta didik memberi laporan hasil eksperimen yang telah dilakukannya di depan kelas.
b)   Laporan didiskusikan bersama di bawah bimbingan guru.
c)    Kesimpulan-kesimpulan hasil eksperimen harus sederhana dan terarah.

B.     Kerangka Berpikir

Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas XI SMK …………. Tahun Pelajaran ………. pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya secara klasikal hasil belajar siswa masih rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adanya rendahnya keaktifan belajar siswa yang berujung pada rendahnya hasil belajar siswa secara keseluruhan.  Berdasarkan data tersebut, peneliti meminta bantuan teman sejawat untuk membantu mengidentifikasi masalah dalam proses pembelajaran. Dari hasil diskusi terungkap beberapa masalah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran, yaitu  rendahnya keaktifan dan hasil belajar belajar siswa. Dari hal di atas peneliti ingin melaksanakan penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya melalui penerapan metode eksperimen siswa kelas XI SMK …………. Tahun Pelajaran ………..
Metode adalah alat atau cara untuk mencapai tujuan. Semakin tepat metode yang digunakan, semakin efektif pula pencapaian tujuan. Metode dan tujuan yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah metode dan tujuan pembelajaran. Agar pencapaian tujuan pembelajaran IPA di SD diperlukan kemampuan guru dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar yang disajikan. Kegiatan pembelajaran lebih diarahkan pada “learning” (belajar) daripada “teaching” (mengajar). Dengan kegiatan pembelajaran yang demikian, guru di posisikan lebih banyak sebagai fasilitator. Agar posisi guru sebagai fasilitator dapat benar-benar berjalan sebagaimana mestinya, tampaknya metode eksperimen dapat menjadi salah satu pilihan dalam metode pembelajaran.
Dalam bentuk diagram, kerangka berpikir pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :


 





















Gambar 2.2. Kerangka Berpikir  Penelitian Tindakan Kelas

C.    Hipotesis Tindakan

Berdasarkan kajian teori dan kerangka pikir di atas, maka hipotesis dalam penelitian ini  dirumuskan sebagai berikut :
1.      Penerapan metode eksperimen akan meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas kelas XI SMK …………. Tahun Pelajaran ……….. pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya.
2.      Penerapan metode eksperimen akan meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas XI SMK …………. Tahun Pelajaran ……….. pada pembelajaran materi mengidentifikasi jenis-jenis ZPT dan karakteristiknya.




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.