Menerima Pembuatan TESIS-SKRIPSI-PKP UT, Silahkan Baca Cara Pemesanan di bawah ini

Lencana Facebook

banner image

Friday, 21 August 2015

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH UNTUK PENGAWAS







LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH


UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYUSUNAN ADMINISTRASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)  MELALUI SUPERVISI MANAJERIAL DI DAERAH BINAAN I KECAMATAN ................
KABUPATEN ................
TAHUN 2014



Diajukan untuk Memenuhi Syarat Kenaikan Pangkat IV/b
Bidang Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah







Oleh:

................
NIP. ................







UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
KECAMATAN ................
 KABUPATEN ................
2014



LEMBAR PENGESAHAN


1.
Judul Penelitian
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  Melalui Supervisi Manajerial di Daerah Binaan I Kecamatan ................  Kabupaten ................  Tahun 2014
2.
Identitas Peneliti
a.       Nama
b.      NIP.
c.       Pangkat Golongan
d.      Pengawas Satuan
e.       Kabupaten
f.       Provinsi
g.      Unit Kerja


................
................
Pembina, IV/a
TK/SD
................
Jawa Tengah
UPT Disdikpora Kecamatan ................ Kabupaten ................

3.
Lama Penelitian
4 bulan (Agustus 2014 s.d Nopember 2014)
4.
Sumber Dana
Mandiri



                     Mengetahui                                        ................, 17 Nopember 2014
            Koordinator Pengawas,                                       Pengawas Sekolah,



                       ................                                                         ................
                   NIP. ................                                               NIP. ................





ABSTRAK



................, NIP. ………………….., Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  Melalui Supervisi Manajerial di Daerah Binaan I Kecamatan ................  Kabupaten ................  Tahun 2014.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kepala sekolah dalam penyusunan administrasi RKAS. Hal tersebut dibuktikan dengan kurang lengkapnya dokumen-dokumen tentang standar penyusunan RKAS oleh 8 kepala sekolah di Daerah Binaan I Kecamatan ................. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan kepala sekolah di Daerah Binaan I Kecamatan ................ dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Subjek penelitian adalah 8 orang kepala sekolah di daerah binaan I Kecamatan ................. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil pada kondisi awal, hasil siklus I, hasil siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa hasil penilaian terhadap kemampuan kepala sekolah menunjukkan hasil yang kurang baik, hal tersebut ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan kepala sekolah yang hanya memperoleh angka nilai rata-rata 53,47 dan hanya masuk dalam kualifikasi kurang. Pada pelaksanaan siklus pertama hasil penilaian terhadap kemampuan kepala sekolah menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 69,53 dan hanya masuk dalam kualifikasi C atau cukup.  Pada pelaksanaan siklus kedua hasil penilaian terhadap kemampuan kepala menunjukkan hasil angka nilai rata-rata 88,89 dan hanya masuk dalam kualifikasi AB atau amat baik.  Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi manajerial yang dilakukan oleh pengawas sekolah terhadap 8 orang kepala sekolah di daerah binaan I Kecamatan ................, dinyatakan berhasil meningkatkan meningkatkan kinerja kepala sekolah dalam standar penyusunan RKAS

Kata Kunci : supervisi manajerial, kemampuan, kepala sekolah, RKAS















KATA PENGANTAR


            Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, Alhamdulillaah kami telah dapat  menyelesaikan penyusunan PTS ( Penelitian Tindakan Sekolah) ini. Masalah yang kami angkat berjudul  Upaya Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  Melalui Supervisi Manajerial di Daerah Binaan I Kecamatan ................  Kabupaten ................  Tahun 2014
        Peneliti mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan penelitian ini khususnya kepada:
1.        Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten ................ atas pemberian ijin untuk melaksanakan kegiatan penelitian.
2.    Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten ................ atas motivasi, bimbingan, serta saran dan kritik yang membangun bagi penulis.
3.    Rekan-rekan Pengawas di UPT Disdikpora Kecamatan ................  atas dukungan dan kerjasamanya.
4.        Kepala Sekolah di Daerah Binaan I  atas kesempatan, waktu, tenaga dan peran serta aktif dalam pelaksanaan penelitian tindakan sekolah ini.
5.    Pihak-pihak yang telah membantu yang tidak dapat peneliti sebutkan satu persatu.
        Peneliti    menyadari     bahwa    laporan     Penelitian    ini     masih   jauh  dari  sempurna,   ini disebabkan   keterbatasan   pengetahuan   penulis.Untuk  itu  kritik   dan  saran  dari   pembaca   yang    budiman  sangat    penulis   harapkan,    hingga   nantinya   dapat  penulis    gunakan sebagai bahan perbaikan dalam menyusun laporan penelitian yang akan datang.


................,      Nopember 2014

Penulis



DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL..........................................................................................      i
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................     ii
ABSTRAK..........................................................................................................    iii
KATA PENGANTAR........................................................................................    iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................     v
DAFTAR TABEL...............................................................................................    vi
DAFTAR GAMBAR..........................................................................................   vii
DAFTAR LAMPIRAN...................................................................................... viii

BAB    I     PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah..............................................................     1
B.   Identifikasi Masalah ...................................................................     3
C.   Rumusan Masalah .......................................................................     4
D.  Tujuan Penelitian ........................................................................     4
E.   Manfaat Penelitian ......................................................................     4

BAB    II   LANDASAN TEORI
A.  Kajian Teori.................................................................................     6
B.   Kerangka Berpikir........................................................................   25
C.   Hipotesis Tindakan......................................................................   27

BAB    III METODE PENELITIAN         
A.  Setting Penelitian ........................................................................   28
B.   Metode dan Rancangan Penelitian .............................................   28
C.   Subjek dan Objek Penelitian........................................................   31
D.  Teknik Pengumpulan Data...........................................................   31
E.   Validasi Data...............................................................................   32
F.    Analisis Data................................................................................   33
G.  Indikator Keberhasilan................................................................   34
H.  Prosedur Penelitian......................................................................   34

BAB    IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.  Deskripsi Data.............................................................................   36
B.   Hasil Penelitian............................................................................   38
C.   Pembahasan  Hasil Penelitian......................................................   58

BAB    V   KESIMPULAN DAN SARAN            
A.  Kesimpulan .................................................................................   64
B.  Saran ...........................................................................................   65

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN



DAFTAR TABEL


Tabel                                                                                                           Halaman

Tabel   4.1       Rekapitulasi Hasil Penilaian Kemampuan Penyusunan RKAS pada Kondisi Awal              37
Tabel   4.2       Rekapitulasi Hasil Penilaian Kemampuan Penyusunan RKAS pada Siklus Pertama             .................................................................................................. 46
Tabel   4.3       Rekapitulasi Hasil Penilaian Kemampuan Penyusunan RKAS pada Siklus Kedua               57
Tabel 4.4         Rekapitulasi Hasil Pelaksanaan Supervisi Manajerial Penyusunan RKAS  pada Kondisi Awal, Siklus I, Siklus II......................................................................      61
Tabel 4.5         Rekapitulasi Peningkatan Nilai Rata-Rata Penyusunan RKAS pada Kondisi Awal, Siklus I, Siklus II....................................................................................      62































DAFTAR GAMBAR

Gambar                                                                                                      Halaman

Gambar 2.1    Bagan Kerangka Pikir...............................................................      27
Gambar 3.1    Siklus dalam Penelitian Tindakan Sekolah...............................      34
Gambar 4.1    Grafik Hasil Penilaian Kinerja Penyusunan RKAS pada Kondisi Awal                    37
Gambar 4.2    Grafik Hasil Penilaian Kinerja Penyusunan RKAS pada Siklus Pertama                  46
Gambar 4.3    Grafik Hasil Penilaian Kinerja Penyusunan RKAS pada Siklus Kedua                     57
Gambar 4.4    Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah dalam Penyusunan RKAS Pada Kondisi Awal, Siklus I, dan  Siklus II............................................................................      62































DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                                                                  

Lampiran    1     Surat Ijin Penelitian
Lampiran    2     Jadwal Kegiatan Penelitian Tindakan Sekolah
Lampiran    3     Instrumen Pengumpulan Data
Lampiran    4     Contoh Hasil Kerja  Instrumen Penyusunan RKAS
Lampiran    5     Analisis Data Hasil Penelitian
Lampiran    6     Daftar Hadir Pelaksanaan Supervisi Manajerial Penyusunan RKAS
Lampiran    7     Foto Dokumentasi Kegiatan  Supervisi Manajerial





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pengawas sekolah sebagai salah satu pengembang pendidikan bertanggung jawab terhadap kelancaran pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sebagai pengembang peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran di sekolah tidaklah mudah sebagaimana di amanahkan Permendiknas No. 12 tahun 2007 tentang standar pengawas sekolah maka pengawas berkewajiban melaksanakan kepengawasan ses uai dengan peraturan-peraturan tersebut, khususnya layanan supervisi sebagai salah satu kompetensinya, dalam rangka mengembangkan kerja sama antar personal agar secara serempak selurunya bergerak ke arah pencapaian tujuan melalui kesediaan melaksanakan tugas masing-masing secara efisien dan efektif.
Pengawas pendidikan, dalam konteks perubahan pendidikan adalah
elemen yang dapat memberikan pencerahan yang bersifat komprehensif di
lingkungan persekolahan. Kemampuan pengawas memiliki kedudukan strategis dalam menciptakan situasi yang kondusif bagi pencapaian kemampuan setiap elemen yang ada di sekolah terutama kepala sekolah. Akhir dari pelaksanaan kemampuan pengawas, adalah terciptanya personil kepala sekolah yang memiliki kemampuan profesional, sehingga mampu melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih efektif bagi manajemen persekolahan.
Pengawas (supervisor) adalah salah satu tenaga kependidikan, yang bertugas memberikan pengawasan agar tenaga kependidikan (guru, kepala sekolah, personil lainnya di sekolah) dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Tenaga pengawas TK/SD, SMP, SMA dan SMK merupakan tenaga kependidikan yang peranannya sangat penting dalam membina kemampuan profesional tenaga pendidik dan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan sekolah. Pengawas Sekolah merupakan jabatan strategis dalam penyelenggaraan sistem pendidikan nasional yang memiliki tugas pokok menilai dan membina penyelenggaraan pendidikan di sekolah tertentu yang menjadi tanggungjawabnya.
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengawas merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan adanya pengawasan yang dilakukan pengawas (supervisor) akan menumbuhkan semangat dan motivasi kepada personil dan lembaga pendidikan. Kemampuan pengawas, walaupun adakalanya bersifat teknis, tetapi memiliki kedudukan yang strategis dalam menciptakan situasi yang kondusif bagi pencapaian kemampuan setiap elemen yang ada di sekolah, baik itu kepala sekolah, guru, tenaga administrasi, peserta didik dan lainnya yang terlibat secara langsung terhadap proses pembelajaran. Akhir dari pelaksanaan kemampuan pengawas adalah terciptanya personil sekolah yang dapat melaksanakan tugas sebagaimana tuntutan kemampuannya, sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih efektif bagi manajemen persekolahan.
Hal ini jika diadakan supervisi, pengawasan dan pembinaan lebih
intensif dari Pengawas sekolah tidak mustahil akan semakin meningkatkan
kemampuan profesional kepala sekolah. Hal itulah yang membuat peneliti
tertarik untuk mengungkap lebih dalam tentang supervisi manajerial
pengawas sekolah terhadap peningkatan kemampuan profesional kepala
sekolah dasar. Penelitian tentang supervisi manajerial yang dilakukan para Pengawas sekolah diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal terhadap peningkatan mutu profesional kepala sekolah khususnya di sekolah dasar binaan peneliti yang pada gilirannya berimplikasi terhadap peningkatan mutu Pendidikan Nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dalam hubungannya dengan penyusunan RKAS di masing-masing sekolah binaan khususnya di 9 sekolah dasar yang menjadi binaan peneliti ditemukan adanya permasalahan mendasar dalam penyusunan RKAS. Hal ini tentunya menjadi permasalahan tersendiri mengingat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berisikan program-program dan rencana kegiatan dalam jangka pendek (satu tahunan) yang menjadi acuan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di sekolah baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa RKAS inilah yang akan dipergunakan sebagai dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi, pembinaan, dan pembimbingan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan sekolah.
Dalam  Panduan   Pelaksanaan  Tugas  Pengawas   Sekolah/ Madrasah (Direktorat Tenaga Kependidikan, 2009:20) dinyatakan bahwa supervisi  manajerial adalah supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan  sekolah yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan,  penilaian, pengembangan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) kependidikan dan  sumberdaya  lainnya.
Dalam  melaksanakan  fungsi  supervisi  manajerial,  pengawas sekolah/madrasah berperan sebagai: (1) kolaborator  dan  negosiator  dalam proses perencanaan,  koordinasi,  pengembangan manajemen  sekolah,  (2)  asessor  dalam  mengidentifikasi kelemahan  dan  menganalisis  potensi  sekolah,  (3)  pusat informasi  pengembangan  mutu  sekolah, dan (4) evaluator terhadap pemaknaan hasil pengawasan
Dari penjelasan di atas, maka peneliti sebagai pengawas sekolah khususnya pada SD Binaan merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki kendala-kendala yang terdapat di lapangan khususnya yang berkaitan dengan masalah penyusunan RKAS. Perwujudan tindakan yang peneliti lakukan adalah dengan melaksanakan kegiatan penelitian tindakan sekolah dengan judul  “Upaya Meningkatkkan Kemampuan Kepala Sekolah melalui Supervisi Manajerial dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  di SD Binaan Kecamatan ................  Kabupaten ................ Tahun 2014”.
B.   Identifikasi Masalah
Dari penjelasan pada latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasi beberapa permasalahan yang ada, diantaranya :
1.    Belum semua kepala sekolah di wilayah binaan mampu menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dengan baik dan benar.
2.    Pemahaman kepala sekolah di wilayah binaan tentang pentingnya penyusunan  Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) masih rendah.
3.    Belum semua kepala sekolah di wilayah binaan pernah mengikuti kegiatan sosialisasi penyusunan  Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).
C.  Rumusan Masalah
Dari analisis masalah sebagaimana dijelaskan di atas, maka rumusan masalah dalam kegiatan penelitian ini adalah:
a.       Bagaimana meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  melalui Supervisi Manajerial SD Binaan di Kecamatan ................ Tahun 2014?
b.      Bagaimana pelaksanaan  supervisi manajerial meningkatkan kemampuan dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  melalui Supervisi Manajerial SD Binaan di Kecamatan ................ Tahun 2014?
D.  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan penelitian manajerial pada adalah untuk :
1.      Meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam Penyusunan Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  melalui Supervisi Manajerial SD Binaan di Kecamatan ................ Tahun 2014
2.      Mengetahui pelaksanaan supervisi manajerial dalam upaya meningkatkan kemampuan kepala sekolah menyusun Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  melalui Supervisi Manajerial SD Binaan di Kecamatan ................ Tahun 2014
E.   Manfaat Penelitian
Pelaksanaan kegiatan penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat antara lain :
  1. Manfaat Teoritis
Untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam pengembangan
ilmu manajemen sistem pendidikan, khususnya mengenai manajemen
kepengawasan dalam meningkatan kemampuan kepala sekolah menyusun Administrasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS)  melalui Supervisi Manajerial SD Binaan di Kecamatan .................
  1. Manfaat Praktis
Memberi masukan kepada Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah
Dasar yang menjadi binaan pengawas sebagai bahan pertimbangan atau bahan evaluasi tentang penerapan supervisi manajerial pengawas sekolah, kendala-kendala dan solusi yang diterapkannya untuk meningkatkan mutu pendidikan.




bila berkenan untuk bab selanjutnya secara lengkap sampai dengan lampiran dan halaman depan dalam format *.doc/*.docx silahkan
klik DOWNLOAD
atau hub. 081327121707 terima kasih.