Lencana Facebook

banner image

Wednesday 20 March 2013

LAMPIRAN SIKLUS I



Lampiran 1

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I

Kelas/Semester               :     V / 2
Mata Pelajaran               :     Bahasa Indonesia
Waktu Pelaksanaan        :     26 Maret 2012 dan 27 Maret 2012

A.    Standar Kompetensi      
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B.     Kompetensi Dasar          
Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.
C.    Indikator 
Menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disiapkan dengan pilihan kata yang menarik / berkonotatif
D.    Tujuan Pembelajaran
1.   Membacakan puisi dengan penghayatan sesuai dengan isi dan memerhatikan penggunaan lafal dan intonasi yang sesuai dengan isi.
2.   Menjelaskan isi puisi.
3.   Siswa dapat membaca puisi untuk dipahami isi dan makna yang dikandungnya.
4.   Siswa mampu memahami isi dan makna puisi anak yang dibacanya.
5.   Siswa dapat memaknai gambar yang tersedia melalui diskusi kelompok.
6.   Siswa mampu mencari kata-kata yang tepat (bermakna konotasi)  berdasarkan gambar yang ada.
6.   Siswa mampu menyusun puisi sederhana berdasarkan gambar yang tersedia.
E.     Tujuan Perbaikan Pembelajaran
1.   Melalui gambar siswa dapat menulis puisi dengan pilihan kata yang menarik.
2.   Dengan menggunakan gambar, dapat meningkatkan minat dan kreatifitas siswa  dalam menulis puisi.
3.   Dengan menggunakan media gambar siswa dapat menyusun puisi dengan pilihan kata yang menarik / berkonotatif
F.     Materi Pembelajaran
Menulis Puisi

Pernahkah kamu belajar menulis puisi? Menulis puisi sederhana sebenarnya bukan hal yang sulit kamu lakukan.
Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan dalam menulis puisi, antara lain:
1. Pilihlah pengalaman, peristiwa, atau suatu benda yang berkesan bagimu.
2. Pilihlah kata yang tepat untuk mengungkapkan gagasan.
3. Susunlah kata-kata tersebut dalam beberapa kalimat singkat.
4. Jadikanlah kalimat-kalimat tersebut dalam sebuah bait atau beberapa bait.
5. Berilah judul yang sesuai dengan isi puisi
Bagaimanakah cara menulis puisi yang bagus? Sebenarnya, dalam penulisan puisi tidak ada nilai bagus atau jelek. Semua puisi yang ditulis adalah puisi yang bagus. Berikut adalah cara mudah agar dapat menulis sebuah puisi.
1. Jadikan semua yang terjadi pada dirimu sebagai hal yang menarik untuk ditulis.
2.   Jangan pikirkan untuk menggunakan kata yang indah, tetapi pilih kata yang mewakili perasaanmu saat itu.
3.   Jangan pikirkan berapa panjang puisimu. Puisi modern tidak terikat pada jumlah bait atau baris. Yang penting, puisimu mewakili apa yang ingin kamu sampaikan.
4. J angan gunakan kalimat yang bertele-tele. Gunakan kalimat yang singkat dan padat, tetapi berisi.
Langkah-langkah menulis puisi adalah sebagai berikut:
1.   Pilihlah tema yang menarik.
2.   Carilah sumber tema yang sesuai dengan pilihan.
3. Cermati objek, kemudian datalah objek-objek yang dijadikan bahan penulisan puisi.
4.   Diskripsikan objek-objek yang diamati menjadi larik-larik puisi yang sesuai bentuknya.
5.   Gunakan diksi atau pilihan kata, rima, majas yang tepat.
6.   Tulislah puisi secara runtut.
7.   Suntinglah puisi yang kamu tulis agar menjadi lebih sempurna
Mari, perhatikan contoh berikut















G.    Sumber Belajar
1.   Teks bacaan dan puisi
2.   Gambar-gambar
3.   Kamus Bahasa Indonesia
4.   Buku Bahasa Indonesia Kelas v SD/MI, ham. 73–84, Nunung Yuli Eti dkk., 2010
5.   Buku Bahasa Indonesia v, Mei Sulistyaningsih, Depdiknas, hal. 54-56
H.    Metode Pembelajaran
Tanya jawab, latihan, pemberian tugas, model
I.       Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.   Kegiatan Awal
a.   Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang sebuah puisi.
b.   Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.
c.   Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam menulis puisi.
2.   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)   Siswa dapat menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat
2)   Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan
b)   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1)   Guru membagikan gambar-gambar kepada para siswa.
2)   Siswa memperhatikan dan memahami makna gambar yang sudah dibagikan.
3)   Berdasarkan gambar siswa diberikan tugas untuk membuat kalimat-kalimat yang mewakili makna gambar.
4)   Tanya jawab dengan guru tentang makna gambar-gambar tersebut.
5)   Dalam kelompoknya siswa mencari kata-kata yang bagus/menarik (bermakna konotasi) berdasarkan gambar yang ada.
6)   Secara individu siswa mencoba membuat puisi sederhana berdasarkan kata-kata yang telah terinvetaris berdasarkan gambar yang ada.
7)   Secara bergantian siswa membacakan puisi yang telah dibuatnya di depan kelas.
c)   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1)   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2)   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.   Kegiatan Akhir
a.  Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui dengan melaksanakan tes formatif.
b.  Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
c.   Guru memberikan komentar terhadap hasil kerja siswa.
Pertemuan ke-2
1.   Kegiatan Awal
a.   Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang sebuah puisi.
b.   Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah pembelajaran usai.
c.   Bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam menulis puisi.
2.   Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1)   Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman melalui kegiatan ceramah dan latihan
2)   Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok dengan menggunakan pilihan kata yang tepat melalui kegiatan latihan dan penugasan.
b)   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1)   Siswa membaca contoh puisi dengan suara nyaring.
2)   Guru menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca puisi.
3)   Siswa berlatih memberi jeda dan intonasi pada puisi dengan bimbingan guru.
4)   Mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi pada buku siswa.
5)   Guru membaca sebuah puisi dengan ekspresi yang baik.
6)   Sesuai yang ditunjuk guru siswa mencoba membaca puisi tersebut dengan ekspresi yang tepat.
7)   Guru memberikan tugas membuat puisi berdasarkan gambar yang disajikan secara berkelompok dalam bentuk LKS.
8)   Dalam kelompoknya siswa memahami dan mencari makna gambar yang disajikan.
9)   Setelah selesai mengerjakan tugas, salah satu wakil dalam setiap kelompok membacakan hasil penulisan puisi di depan kelas.
10) Guru menanggapi hasil diskusi tiap kelompok
c)   Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1)   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2)   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  1. Kegiatan Akhir
a.  Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui dengan melaksanakan tes formatif.
b.  Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
c.   Guru memberikan komentar terhadap hasil kerja siswa.
J.      Penilaian
1.      Bentuk tes :
a.       Lisan               : tanya jawab pada saat pelaksanaan pembelajaran
b.      Tertulis            : mengerjakan LKS dan tes formatif
c.       Bentuk soal     : 

Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.   Dalam membaca puisi kita harus mampu berekspresi. Yang dimaksud ekspresi adalah ....
      a. cara pengucapan
      b. kuat lemahnya pembacaan dan tinggi rendahnya suara
      c. pengungkapan perasaan
      d panjang pendeknya pengucapan
2.   Kegiatan membaca puisi termasuk kegiatan ....
      a. membaca cepat
      b. membaca sekilas
      c. membaca indah
      d. membaca dalam hati
3.   Bacalah puisi berikut.






      Puisi tersebut bercerita tentang ....
      a. berbakti kepada dokter
      b. cita-cita
      c. belajar sungguh-sungguh
      d.  dokter yang baik hati
4.   Judul yang tepat untuk puisi tersebut adalah ....
      a. Cita-Cita Dokter
      b. Aku Ingin Berbakti
      c.  Dokter yang Baik Hati
      d.  Aku Ingin Menjadi Dokter
5.   Kau mengalir ke hilir
      Lewati batu-batu
      Kau anggap bukan rintangan
      Yang dimaksud kau dalam puisi di atas adalah ....
      a. air
      b. batu
      c. daun
      d. bunga
6.   Tetesan rahmat Tuhan
      Basahi persada nan kering
      Daun dan rumput tak lagi layu
      Angsa kegirangan
      Hujan basahi badan
      Puisi di atas bercerita tentang ....
      a. datang atau turunnya hujan
      b. musim kemarau yang panjang
      c. padang rumput yang subur
      d. pepohonan yang rindang
7.   Anakku sayang
      Jadilah anak budiman
      Tingkah laku baik dan sopan
      Agar senantiasa disayang teman
      Puisi di atas bertutur tentang ....
      a. nasihat kakak kepada adiknya
      b. nasihat guru kepada muridnya
      c. nasihat ibu kepada anaknya
      d. nasihat ibu kepada temannya
8.             Guruku
      Dengan sabar kau didik aku
      Dengan tekun kau bimbing aku
      Hingga kutahu segala ilmu
      Isi puisi di atas adalah ....
      a. Guru selalu mengajarkan keterampilan.
      b. Guru hanya mengajarkan ilmu pengetahuan.
      c. Guru sabar dalam mendidik murid.
      d. Tugas guru adalah mengajar murid.
9.   Kicau burung
      Dan sinar mentari pagi
      Terasa sejuk di hati
      Tetes embun dan pepohonan
      Mendatangkan ketenteraman
      Puisi tersebut bertutur tentang ....
      a. kehidupan desa
      b. kehidupan kota
      c. suasana alam
      d. suasana rumah
10. Membacakan puisi dengan nada dan sajak ialah ....
      a. berdeklamasi
      b. berpantun
      c. berdialog
      d. berbicara

d.      Kunci Jawaban
1.   c                                                    6.   a
2.   c                                                    7.   c
3.   b                                                    8.   c
4.   d                                                    9.   c
5.   a                                                    10. a

e.       Pedoman Penilaian
Pedoman Penilaian tes formatif  untuk tiap siklus adalah sama, yaitu :
·         Tiap jawaban benar diberi skor           :           10
·         Tiap jawaban salah diberi skor            :           0



                                                 Jumlah Perolehan Skor
·         Nilai Akhir   =    ---------------------------------- x 10
                                                               10

Contoh         =    Perolehan Skor = 70

                                    70
Nilai Akhir   =    ----------------- x 10
                                    10
                     =    70

K.    Tindak Lanjut
1.      Diadakan remidial bagi siswa yang mendapat nilai kurang dari 70
2.      Diadakan pengayaan bagi siswa yang mendapat nilai lebih dari 70


Mengetahui
Pamulihan, 26 Maret 2012
Kepala Sekolah
Peneliti




ADMAN, S.Pd. M.Pd
NIP. 19621023 198608 1 001



TARKINEM

NIM. 815208983






















LEMBAR KERJA SISWA

SIKLUS  I

Kelas/Semester                  :     V / 2
Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia
Standar Kompetensi         :     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Kompetensi Dasar             :     Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.
Materi Pokok                    :     Menulis puisi.
Indikator                           :     Menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disiapkan dengan pilihan kata yang menarik / berkonotatif
Waktu Pelaksanaan           :     26 Maret 2012 dan 27 Maret 2012


Petunjuk
Kerjakan dengan sebaik-baiknya, kemudian kemudian kumpulkan untuk dibahas dan diberikan penilaian.


Buatlah puisi dari gambar berikut ini !





















LEMBAR TES FORMATIF
SIKLUS I


Kelas/Semester                  :     V / 2
Mata Pelajaran                  :     Bahasa Indonesia
Standar Kompetensi         :     Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
Kompetensi Dasar             :     Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.
Indikator                           :     Menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disiapkan dengan pilihan kata yang menarik / berkonotatif
Waktu Pelaksanaan           :     26 Maret 2012 dan 27 Maret 2012


Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.      Dalam membaca puisi kita harus mampu berekspresi. Yang dimaksud ekspresi adalah ....
         a. cara pengucapan
         b. kuat lemahnya pembacaan dan tinggi rendahnya suara
         c. pengungkapan perasaan
         d panjang pendeknya pengucapan
2.      Kegiatan membaca puisi termasuk kegiatan ....
         a. membaca cepat
         b. membaca sekilas
         c. membaca indah
         d. membaca dalam hati
3.      Bacalah puisi berikut.





         Puisi tersebut bercerita tentang ....
         a. berbakti kepada dokter
         b. cita-cita
         c. belajar sungguh-sungguh
         d.  dokter yang baik hati
4.      Judul yang tepat untuk puisi tersebut adalah ....
         a. Cita-Cita Dokter
         b. Aku Ingin Berbakti
         c.  Dokter yang Baik Hati
         d.  Aku Ingin Menjadi Dokter
5.      Kau mengalir ke hilir
         Lewati batu-batu
         Kau anggap bukan rintangan
         Yang dimaksud kau dalam puisi di atas adalah ....
         a. air
         b. batu
         c. daun
         d. bunga
6.      Tetesan rahmat Tuhan
         Basahi persada nan kering
         Daun dan rumput tak lagi layu
         Angsa kegirangan
         Hujan basahi badan
         Puisi di atas bercerita tentang ....
         a. datang atau turunnya hujan
         b. musim kemarau yang panjang
         c. padang rumput yang subur
         d. pepohonan yang rindang
7.      Anakku sayang
         Jadilah anak budiman
         Tingkah laku baik dan sopan
         Agar senantiasa disayang teman
         Puisi di atas bertutur tentang ....
         a. nasihat kakak kepada adiknya
         b. nasihat guru kepada muridnya
         c. nasihat ibu kepada anaknya
         d. nasihat ibu kepada temannya
8.                Guruku
         Dengan sabar kau didik aku
         Dengan tekun kau bimbing aku
         Hingga kutahu segala ilmu
         Isi puisi di atas adalah ....
         a. Guru selalu mengajarkan keterampilan.
         b. Guru hanya mengajarkan ilmu pengetahuan.
         c. Guru sabar dalam mendidik murid.
         d. Tugas guru adalah mengajar murid.
9.      Kicau burung
         Dan sinar mentari pagi
         Terasa sejuk di hati
         Tetes embun dan pepohonan
         Mendatangkan ketenteraman
         Puisi tersebut bertutur tentang ....
         a. kehidupan desa
         b. kehidupan kota
         c. suasana alam
         d. suasana rumah
10.    Membacakan puisi dengan nada dan sajak ialah ....
         a. berdeklamasi
         b. berpantun
         c. berdialog
         d. berbicara